Apa Saja Yang Dibawa Saat Persalinan – Persiapan persalinan sebaiknya dilakukan jauh sebelum waktu persalinan tiba. Pasalnya, banyak hal yang perlu diperhatikan ibu hamil demi menyambut kedatangan buah hati tercinta, seperti memilih rumah sakit atau klinik bersalin, serta metode persalinan yang diinginkan.

Masa kehamilan yang semakin dekat dengan perkiraan tanggal melahirkan (HPL) bisa membuat ibu hamil bingung dengan banyaknya persiapan yang harus dilakukan, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertamanya. Oleh karena itu, agar proses persalinan dapat berjalan lancar, ada baiknya ibu hamil mengetahui dan mencatat baik-baik perbekalan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum hari persalinan tiba.

Apa Saja Yang Dibawa Saat Persalinan

Apa Saja Yang Dibawa Saat Persalinan

Lantas, apa saja yang harus Anda persiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati Anda? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi Barang Yang Wajib Dibawa Ke Rumah Sakit Saat Lahiran

Pemilihan dokter dan tempat persalinan merupakan hal penting bagi ibu hamil yang harus dipersiapkan jauh sebelum hari persalinan. Anda bisa memulainya dengan mencari informasi mengenai dokter kandungan yang tepat untuk melahirkan sejak awal kehamilan.

Pemilihan dokter kemudian akan mempengaruhi pilihan tempat bersalin ibu, karena umumnya Anda hanya bisa memilih tempat bersalin dimana dokter tersebut praktek. Beberapa informasi mengenai tempat melahirkan dan dokter yang perlu diketahui ibu hamil sebelum melahirkan antara lain:

Selain itu, jika ibu hamil mempunyai kehamilan risiko tinggi, maka Anda perlu memastikan bahwa tempat bersalin yang Anda pilih menyediakan unit perawatan intensif neonatal atau ICU dan tenaga medis di tempat bersalin siap untuk menanganinya. melakukan prosedur medis seperti sayatan operasi caesar jika diperlukan.

Persiapan barang-barang yang akan dibawa ke tempat bersalin saat persalinan juga sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari agar barang-barang tersebut tidak terlupa atau tertinggal. Berikut beberapa barang yang dibutuhkan ibu dan bayinya dan sebaiknya dibawa ke tempat bersalin sebelum melahirkan:

Bekal Persiapan Melahirkan Bagi Calon Bunda

Metode persalinan ada bermacam-macam dan masing-masing cara dapat disesuaikan dengan kondisi ibu hamil dan janinnya atau sesuai dengan kesukaan ibu hamil jika kehamilannya tidak bermasalah. Untuk menentukan metode persalinan yang paling aman, Bumil bisa berkonsultasi dengan dokter saat menjalani pemeriksaan ginekologi.

Kebanyakan wanita merasa sudah menjadi ibu seutuhnya ketika bisa melahirkan anaknya secara alami. Belajar mengatur pernapasan dengan mengikuti kelas melahirkan dapat membantu proses persalinan alami ibu hamil berjalan lebih lancar.

Meski pada dasarnya operasi caesar dilakukan karena kondisi medis tertentu, namun ada pula ibu hamil yang lebih memilih melahirkan dengan cara tersebut, misalnya karena takut merasakan nyeri kontraksi persalinan normal.

Apa Saja Yang Dibawa Saat Persalinan

Berbincang dengan pasangan juga merupakan hal penting yang harus dilakukan menjelang persalinan. Pastikan suami Anda mengetahui kapan tanggal jatuh tempo Anda sehingga ketika Anda mengalami kontraksi dan membutuhkan pertolongan, suami Anda sudah siap.

Persiapan Yang Dibawa Untuk Persalinan

Selain itu, beri tahu suami apa yang harus dilakukan saat Anda mulai merasakan nyeri persalinan, misalnya dengan memijat atau menggosok punggung atau menggunakan botol air panas yang ditutup handuk untuk kompresi.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara ibu dan pasangan, semoga proses persalinan dan nifas dapat berjalan dengan lancar.

Mendekati waktu persalinan, sebaiknya ibu juga berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk menentukan metode persalinan yang dianjurkan. Jika melahirkan secara alami aman, Anda bisa menanyakan apa yang harus dilakukan saat Anda mulai merasakan nyeri atau kontraksi persalinan.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan tanda-tanda persalinan dan kapan sebaiknya Anda berangkat ke tempat bersalin agar tidak perlu menunggu lama di tempat bersalin hingga persalinan berlangsung.

Barang Wajib Bawa Saat Bersalin

Pada dasarnya, Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika ada yang belum Anda pahami seputar persalinan, terutama menjelang si kecil lahir. Hal ini penting untuk memastikan ibu dapat mempersiapkan persalinan dengan baik.

Nah, itulah penjelasan mengenai berbagai persiapan yang perlu dilakukan seorang ibu hamil menjelang kelahiran buah hatinya. Apabila anda mempunyai keluhan atau hal yang masih belum anda pahami terutama seputar kehamilan dan persalinan, maka anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan lengkap.Desember lalu saya telah merencanakan operasi caesar. Jadi saya menjalani operasi caesar yang sudah direncanakan sebelumnya, bukan tiba-tiba. Saya tahu dari awal rencananya menginap selama 4 hari 3 malam. Nah sebelumnya tentunya saya sudah riset dan membuat list barang-barang apa saja yang perlu saya bawa ke rumah sakit. Akhirnya, inilah barang-barang yang akhirnya saya bawa di tas saya. Saya membawa 3 tas, satu untuk calon ibu, calon ayah, dan bayi. Saya memilih untuk memisahkan tasnya daripada isinya campur aduk atau berantakan 🙂

Dua hari sebelum operasi caesar, pihak rumah sakit menelepon saya untuk memastikan dan mengingatkan saya barang apa saja yang harus dibawa. Selain barang-barang pribadi, dokumen administrasi tersebut juga harus dibawa dan dikumpulkan. Jangan lupa beritahu suami dimana kita menyimpan dokumen penting karena biasanya suami akan mengurus pendaftaran, pembayaran dan lain sebagainya, hehe.

Apa Saja Yang Dibawa Saat Persalinan

BUKU REKAM MEDIS Karena pada awal kehamilan saya masih di Surabaya, maka pada trimester kedua kehamilan saya di Bandung, saya mempunyai dua buku rekam medis. Saya membawa semuanya untuk berjaga-jaga.

Penting Mengetahui Persiapan Melahirkan Menjelang Persalinan

KARTU ASURANSI Jauh sebelum Anda melahirkan, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu apakah rumah sakit tempat Anda melahirkan dilindungi oleh asuransi. Jika ingin menggunakan BPJS, cari tahu terlebih dahulu bagaimana prosesnya.

LEMBAR RESERVASI Karena saya berencana operasi caesar, 2 minggu sebelum hari itu saya diberikan surat rekomendasi dari dokter spons untuk melakukan operasi.

MALAM DEPAN TOMBOL Periksa terlebih dahulu apakah rumah sakit akan menyediakan baju tidur berkancing depan selama Anda menginap. Kebetulan rumah sakit saya tidak, jadi bawalah rumah sakit Anda sendiri.

PAKAIAN UNTUK RUMAH DARI RUMAH SAKIT Bawalah sesuatu yang mudah untuk disusui dan berjaga-jaga jika bayi Anda ingin makan dalam perjalanan pulang.

Jangan Lupa, Ini Daftar Barang Yang Harus Dibawa Saat Persalinan Halaman 1

TOILETRIES Meski disediakan, sabun dan sampo enak yang biasa kita pakai sehari-hari bukan? Bawa saja travel size 1 supaya tidak dikemas. Selain itu, jangan lupa membawa sabun pembersih wajah.

PERAWATAN KULIT Niatnya tetap melakukan perawatan kulit selama di rumah sakit. Sebenarnya cuci muka + pakai pelembab saja sudah cukup alhamdulillah. Jangan lupa membawa lipbalm. Setelah operasi, Anda tidak bisa langsung makan/minum sampai Anda bisa buang angin atau sampai usus Anda bisa berfungsi kembali. Saya sendiri setelah operasi jam 6 pagi baru bisa minum jam 3 sore. Bayangkan Anda begitu haus dan sedih hingga bibir Anda kering.

Bawa saja MAKE UP agar tidak terlalu berantakan saat ada tamu yang datang. Tapi akhirnya aku bodoh banget HAHAHA, jengkel banget, orang-orang mikir drama wajah bengkak akibat alergi obat pasca operasi.

Apa Saja Yang Dibawa Saat Persalinan

CORSET Tanyakan terlebih dahulu kepada dokter Anda masing-masing apakah dapat digunakan segera setelah operasi atau tidak. Dokter saya saat itu tidak menyarankan untuk langsung memakai korset. Saya akhirnya memakai korset hanya ketika saya sampai di rumah. Saya membeli korset murah dari Sorella.

Ini 10 Daftar Barang Persiapan Untuk Melahirkan, Apa Saja?

Pembalut pasca melahirkan tidak disediakan oleh rumah sakit. Jika mau, Anda cukup mengenakan biaya tambahan. Dari awal saya membawa 2 paket. Setelah selesai, lanjutkan saja dengan pembalut biasa. Saya membeli merek Dacco.

KRIM PUTING Jika tergores. Memang saat drama awal menyusui itu sakit sekali 🙁 tapi aku nggak pakai krim puting, aku cuma pakai ASI saja seperti kata orang. Alhamdulillah sembuh dalam beberapa hari.

SAMPO KERING Saya mulai bisa langsung bangun dari tempat tidur dan mandi 1 hari setelah operasi. Dan kira-kira sehari setelah operasi, padahal ruangannya full AC ya, tapi kok rambutnya kering banget kayak lari ke lapangan??! Anda benar-benar perlu menyiapkan sampo kering sampai Anda bisa mencuci rambut. Meski berhijab, tetap saja aku merasa tidak nyaman jika terjatuh.

PAKAIAN RUMAH DARI RUMAH SAKIT Periksa kembali ke rumah sakit apakah pakaian telah disediakan untuk bayi selama Anda tinggal di rumah sakit. Jika iya, Anda hanya perlu membawa pakaian untuk pulang. Saya pribadi membawa berbagai model pakaian (baju tidur, kemeja panjang, dan celana terpisah) tetapi sebaiknya model dengan kancing di depan agar mudah dipakai.

Daftar Biaya Melahirkan Terbaru 2022, Siapkan Dari Sekarang!

KAOS KAKI + SARUNG TANGAN Untuk melindungi kaki dan tangan bayi dari hawa dingin. Kalau inget ya, tangan dan kaki bayi baru lahir masih kecil banget 🙂

TOPI ini juga melindungi kepala Anda dari hawa dingin. Saat membeli perlengkapan Bali, saya membeli topi yang paling kecil dengan harapan kepalanya kecil. Ternyata itu tidak cukup! Meski ukuran kepalanya saat lahir normal, yaitu 36,5 cm. Jadi saat membeli perlengkapan, ada baiknya Anda membeli beberapa ukuran topi saja. Saat itu akhirnya saya beli di RS store.

SPATRA / PANI STRANDAS Sebenarnya, selama di rumah sakit, hal itu direncanakan. Saya membawanya agar aman. Bisa juga digunakan bagi yang ingin menggendong bayi, agar tidak langsung mengenai pakaiannya.

Apa Saja Yang Dibawa Saat Persalinan

Popok Sekali Pakai Hal ini juga berlaku jika bayi kita tidak muat dengan popok yang disediakan oleh rumah sakit. Rumah sakit tempat saya melahirkan langsung menggunakan popok sekali pakai merek Mamy Poko untuk bayi baru lahir. Alhamdulillah pas dan tidak ada gegabah.

Persiapan Persalinan, Ini 15 Barang Yang Wajib Moms Bawa!

TOILETRIES Sebenarnya saya tidak menggunakannya karena selama perawatan saya tidak pernah memandikan bayinya hehe. Bayi selalu dibawa ke kamar bayi untuk dimandikan.

Aku tak mau suamiku bertanya saat aku di rumah sakit (ya, paling tidak diminimalisir) “Yang, itu di mana? Yang, di mana itu?” Hehehe. Pada dasarnya, saya sudah mengemas barang-barang yang dia butuhkan ke dalam tas.

BANTAL + SELIMUT Kasihan suami. Dari rumah sakit saya kemarin, kalau bukan kelas VVIP, tidak ada kasur untuk penjaganya, hanya disediakan sofa. Jadi agar bisa tidur dengan nyaman, cukup bawa bantal dan selimut dari rumah.

CHARGER + POWERBANK Bawalah terminal sekaligus, agar Anda tidak perlu bersusah payah mengisi daya ponsel. Ditambah lagi, bukan hanya suami yang menunggu di rumah sakit Beranda › cerita › cerita kehamilan › curhat › daftar perlengkapan bayi › ibu hamil › kanker › kesehatan › perlengkapan bayi baru lahir › perlengkapan bayi › Perlengkapan melahirkan untuk dibawa ke rumah sakit › rak

Persalinan Bawa Apa Aja Nih?? ✓✨

Perlengkapan melahirkan sebaiknya Anda bawa ke rumah sakit. Memasuki trimester ketiga, persiapan menyambut kehadiran buah hati lucu pastinya sudah sangat matang. Namun terlepas dari semua perlengkapan bayi yang Anda beli, apakah tas bersalin Anda siap untuk dibawa ke rumah sakit? Mirip tetapi Anda tetap harus bersiap karena di rumah sakit kami akan berjuang untuk melahirkan sampai kami membawa pulang bayinya

Apa saja yang harus dibawa saat persalinan caesar, barang apa saja yang perlu dibawa saat persalinan, apa saja yang harus dibawa ketika persalinan, perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat persalinan, apa saja yang perlu dibawa saat persalinan, barang apa saja yang harus dibawa saat persalinan, perlengkapan apa saja yang dibawa saat persalinan, apa saja yang harus dibawa saat persalinan, dokumen apa saja yang harus dibawa saat persalinan, persiapan apa saja yang harus dibawa saat persalinan, barang apa saja yang dibawa saat persalinan, apa saja yg dibawa saat persalinan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *