Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menikah – Akta nikah merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan sebuah pernikahan. Sebelum menikah, ada banyak dokumen atau berkas dan izin yang harus Anda miliki. Tata cara dan syarat menikah di KUA diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2004 Tentang Retribusi Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Departemen Agama ( departemen).

Memang butuh proses yang cukup lama untuk mengurus surat nikah, tapi tenang saja, kamu bisa mengurusnya sendiri lho? Selain itu, di masa pandemi Covid-19, pencatatan nikah di KUA juga bisa dilakukan secara online di halaman Simkah Kementerian Agama yang bisa diakses di sini. Lalu dokumen apa saja yang harus disiapkan? Yuk, baca artikel ini sampai selesai.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menikah

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menikah

Yang pertama dilakukan adalah mendapatkan surat pengantar dari RT setempat dan RT untuk dibawa ke kecamatan. Dokumen yang diperlukan adalah:

Tes Kesehatan Sebelum Menikah Di Malang (premarital Check Up)

Setelah menerima surat pengantar RT dan RW setempat, bawalah dokumen tersebut ke kantor kecamatan untuk mendapatkan surat nikah dan juga akta tunggal. Anda akan diberikan formulir seperti:

Anda kemudian akan menerima akta nikah jika Anda telah melengkapi surat nikah dan juga akta non-nikah. Dokumen tambahan yang harus disediakan adalah:

Surat rekomendasi dari KUA, sepanjang surat ini dapat Anda proses di Kantor Urusan Agama (KUA) tempat tinggal Anda. Anda akan menerima surat rekomendasi untuk menikah di tempat Anda akan dilangsungkan. Dokumen yang diperlukan adalah:

Surat Permohonan Tujuan KUA ditujukan apabila Anda akan menikah di tempat lain selain tempat tinggal Anda. Anda hanya perlu membawa semua dokumen yang telah Anda lengkapi di atas ke KUA tempat Anda akan melangsungkan pernikahan. Biaya jika merayakan pernikahan di luar hari kerja pihak yang merayakan adalah Rp 600.000. Untuk menghindari biaya, prosesi pernikahan yang dilaksanakan di kantor KUA berlangsung pada jam operasional kerja Senin hingga Jumat.

Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Akad Nikah Anda

Nah, itu saja informasi terkait cara membuat akta nikah dan dokumen-dokumen yang perlu disiapkan di tahun 2021. Semoga bermanfaat. Dan jangan lupa juga gunakan aplikasi Pintar RT untuk memudahkan pengelolaan dokumen di lingkungan RT/RW/paguyuban/cluster/perumahan. Download aplikasi Smart RT di Play Store dan App Store sekarang! Menikah dan berkeluarga merupakan salah satu tujuan hidup yang ingin dicapai banyak orang. Modal pernikahan memerlukan banyak persiapan, baik mental maupun finansial. Pernikahan bukan sekedar niat ingin membuka babak baru bersama orang yang kita cintai, namun membutuhkan persiapan yang matang. Tonton video di bawah ini untuk memulai:

Persembahan tersebut bersifat simbolis dan diharapkan dapat membawa hal baik bagi pasangan. Umumnya benda-benda yang disampaikan mempunyai makna tertentu. Contoh barang yang ditawarkan antara lain alat salat, perhiasan, perawatan kulit dan badan, pakaian, sepatu, dan lain-lain. Sedangkan hantaran biasanya berupa jamuan makan yang bisa dinikmati oleh keluarga baik calon pengantin. Contoh pengirimannya seperti roti buaya, ketupat ketan, lemper, dll. Biaya yang perlu Anda persiapkan untuk pengiriman dan pengantaran berbeda-beda, tergantung jumlah barang, merek, dan berat perhiasan. Untuk estimasi ongkos kirim dan pengantaran sederhana, Anda bisa menyiapkan antara Rp 5 hingga 7 juta.

Tak kalah pentingnya dengan hadiah dan hadiah, modal perkawinan lain yang cukup krusial adalah biaya mahar atau mahar. Mahar adalah harta yang diberikan pihak laki-laki kepada mempelai wanita. Umumnya mahar terdiri dari seperangkat alat salat dan perhiasan atau logam mulia (emas batangan). Jumlah gram emasnya bisa disesuaikan dengan keahlian Anda. Misalnya, seorang laki-laki ingin memberikan mahar berupa logam mulia senilai 10 gram. Berdasarkan harga emas di aplikasi, harga per gram emas ANTAM per 17 Oktober 2022 adalah Rp 873.263 per gram. Nah, jika mahar Anda berupa emas batangan senilai 10 gram, maka anggaran yang Anda siapkan kurang lebih Rp 9 juta.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menikah

Pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) sebenarnya tidak dipungut biaya jika dirayakan pada hari biasa (Senin hingga Jumat). Jika acara diadakan pada hari libur, kedua mempelai akan dikenakan biaya sebesar Rp 600 ribu. Biaya tersebut merupakan tambahan dari uang jajan pihak selebran yang biasa diberikan oleh keluarga calon pengantin sebagai ucapan terima kasih.

Siap Nikah? Eits Cek Dulu Syarat Menikah Dan Tata Cara Daftarnya!

Cincin kawin merupakan simbol penting dalam pernikahan, sehingga mudah untuk menentukan mana yang tepat. Harga cincin tergantung model, merk, berat dan bahan. Anda bisa mendiskusikan hal ini dengan pasangan agar tidak salah mengambil keputusan. Perkiraan harga sepasang cincin kawin bervariasi, mulai dari Rp 1 jutaan.

Jika Anda dan pasangan sedang sibuk dengan pekerjaan dan tidak ingin pusing memikirkan persiapan pernikahan, maka menggunakan jasa wedding planner (WO) adalah solusinya. WO dapat membantu Anda, mulai dari persiapan hingga hari pelaksanaannya. Pastikan untuk membaca dan meminta informasi rinci tentang layanan WO. Biaya layanannya cukup bervariasi, mulai dari Rp 10 juta.

Generasi milenial umumnya lebih memilih melangsungkan pernikahan di gedung dibandingkan di rumah. Namun, terkadang sulit menemukan bangunan yang sesuai dengan budget dan selera. Jika budget Anda terbatas, Anda bisa mengadakan acara di aula masjid atau gedung serbaguna dekat rumah Anda. Normalnya, sewa gedung per hari berkisar Rp 5 juta. Jika Anda ingin menikah di gedung perkantoran dengan lokasi strategis dan kapasitas besar. 1000 orang tentunya harus merogoh kocek lebih dalam. Harga sewa gedung perkantoran mulai dari Rp 30 juta per hari.

Seperti kata orang yang sudah menikah, modal terbesar untuk sebuah pernikahan adalah biaya catering. Semakin banyak tamu yang diundang, semakin besar pula biayanya. Sebelum membuat anggaran, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah menentukan jumlah tamu di pesta pernikahan Anda. Bicarakan dengan pasangan dan keluarga Anda tentang siapa saja yang akan diundang. Baru setelah itu Anda bisa memilih paket catering berdasarkan perhitungan budget dan jumlah undangan. Misalnya biaya catering per porsi Rp 100.000 dengan total undangan 500 orang. Artinya, total biaya konsumsi yang harus dibayarkan minimal Rp 50 juta.

Daftar Lengkap List Persiapan Pernikahan

Salah satu aspek yang menunjang suasana dan estetika hari pernikahan adalah konsep dekorasi. Harga jasa dekorasi cukup bervariasi, Anda bisa menyesuaikannya dengan budget dan selera. Setiap penjual memiliki karakter dekoratifnya masing-masing. Anda bisa membandingkan dari segi harga, tampilan dan kelengkapan dekorasi yang ditawarkan. Biaya dekorasi pernikahan minimalis berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp. 15 crore.

Di era digital modern seperti sekarang, konsep undangan cetak perlahan mulai ditinggalkan. Tren undangan digital dengan berbagai desain dan animasi yang elegan cukup diminati generasi muda karena simpel dan tidak membuat pemborosan kertas. Harga undangan digital cukup bervariasi, mulai dari Rp 200 ribu untuk desain dan link khusus undangan Anda yang bisa dibagikan ke semua undangan.

Namun, bagi generasi tua seperti kakek dan nenek, bibi, paman, dan anggota keluarga lainnya, undangan cetak tetap menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, Anda dapat mencetak undangan terbatas untuk mereka. Harga undangan cukup bervariasi, mulai dari Rp 1.000 per potong. Misalnya saja Anda mencetak 100 undangan cetak, artinya Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 100 ribu untuk mencetak undangan tersebut.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menikah

Selain itu, Anda perlu menyisihkan anggaran untuk membeli oleh-oleh untuk para tamu. Souvenir bisa berupa barang kecil yang berguna seperti kipas angin, kacamata, hand sanitizer, dll. Harga satuan oleh-olehnya bervariasi, mulai dari Rp 5.000 per butir. Jumlah tamu bisa Anda sesuaikan dengan jumlah souvenir yang disiapkan.

Intip Persyaratan Nikah Dan Rukun Yang Harus Dipenuhi

Pernikahan ibarat menjadi raja dan ratu sehari, jadi sebisa mungkin kita berhati-hati saat berjalan menuju pelaminan. Oleh karena itu, perlu menyiapkan modal pernikahan untuk biaya busana dan tata rias pengantin. Biasanya ada beberapa penyedia yang menyediakan jasa persewaan pakaian dan makeup artist (MUA). Harganya pun sangat bervariasi, tergantung jenis pakaian dan riasannya. Biaya jasa MUA dan paket pakaian sekitar Rp 8 juta.

Tentu saja momen-momen sekali seumur hidup perlu diabadikan dalam bentuk dokumentasi fotografi dan video, oleh karena itu Anda membutuhkan jasa fotografer dan videografer. Anda akan dapat membaca secara detail paket-paket yang tersedia, apakah termasuk layanan pengeditan dan pencetakan album foto secara bersamaan. Anda bisa menyewa jasa fotografer dan videografer mulai dari Rp 5 juta.

Selain sebelas biaya utama di atas, Anda juga perlu menyiapkan anggaran untuk kebutuhan lainnya seperti seragam keluarga, pengiring pengantin, pagar cantik, dll. Baik pengiring pengantin maupun keluarga seringkali menyediakan kain untuk mereka jahit sendiri. Bahan pakaian per orang 200.000 rupee. Sedangkan untuk seragam pagar Ayu biasanya bisa menyewa satu paket beserta riasan dan baju pengantin.

Anda dapat menyesuaikan total biaya di bawah ini dengan kebutuhan Anda. Jadi, bisa lebih kecil, bisa lebih besar.

Resepsi Pernikahan ‘wajib’ Diadakan, Kenapa?

Sebelum menyiapkan modal untuk pernikahan, ada baiknya Anda menentukan target tanggal pernikahan dan mengadakan pertemuan dengan keluarga untuk menyepakati konsep pernikahan dan jumlah tamu. Baru setelah itu Anda bisa mencari supplier dan menghitung biaya yang diperlukan sesuai kemampuan Anda dan pasangan.

Agar dana pernikahan Anda lebih optimal dan bisa meraup keuntungan ketika mencapai target waktu yang ditentukan, Anda bisa berhemat pada produk reksa dana. Anda bisa menyesuaikan produk reksa dana dengan target tanggal pernikahan Anda. Berikut rekomendasi reksa dana yang cocok berdasarkan tujuan waktu Anda.

Anda dapat berinvestasi di reksa dana dan emas melalui aplikasi. Mulai dari Rp 10.000 saja, kamu sudah bisa mulai mewujudkan impian membeli rumah di masa depan.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Menikah

Sekarang Anda dapat mewujudkan impian Anda dengan fitur Plant Dreams di aplikasi. Menanam Impian merupakan fitur yang membantu investor khususnya pemula dalam mencapai tujuan keuangannya di masa depan, mulai dari dana pernikahan, pendidikan anak, uang muka rumah, pembelian mobil dan masih banyak lagi.

Persiapan Pernikahan Yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Menikah

Anda bisa menentukan sendiri target anggaran yang ingin dihemat dan waktu untuk mencapainya sesuai keinginan dan kemampuan finansial Anda. Selain itu, fitur Dream Planting juga memiliki:

Lulusan Sastra Indonesia, dengan minat besar di dunia keuangan dan pengalaman bekerja di industri fintech selama lebih dari 2 tahun. Menikah merupakan salah satu momen bahagia yang hanya terjadi satu kali dalam hidup kita. Oleh karena itu, kami pasti akan sangat senang jika bisa menyelenggarakan acara pernikahan yang sesuai dengan ekspektasi dan menjadi kenangan indah.

Sayangnya, biaya pernikahan belum tentu murah. Biaya pernikahan paling standar.

Apa saja yang dibutuhkan untuk seserahan pernikahan, apa saja yang dibutuhkan untuk makeup pemula, apa saja yang dibutuhkan untuk melamar kerja, apa saja yang dibutuhkan untuk make up, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website, apa saja yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan, apa saja yang dibutuhkan untuk pernikahan, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat podcast, apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi youtuber, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat npwp, foto yang dibutuhkan untuk menikah, apa saja yang dibutuhkan untuk lamaran kerja

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *