Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan – Persiapan melahirkan sebaiknya dilakukan jauh sebelum waktu melahirkan. Pasalnya, ibu hamil harus mempertimbangkan banyak hal untuk menyambut kedatangan buah hati tercinta, seperti memilih rumah sakit atau klinik bersalin serta cara persalinan yang diinginkan.

Kehamilan yang mendekati tanggal perkiraan melahirkan (HPL) bisa membuat ibu hamil bingung dengan banyaknya persiapan yang harus dilakukan, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertamanya. Oleh karena itu, agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya ibu hamil mengetahui dan mencatat dengan matang apa saja pengaturan yang perlu dilakukan sebelum hari persalinan tiba.

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Lantas, apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati Anda? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Persiapan Hospital Bag Untuk Melahirkan, 13 Barang Ini Wajib Ada!

Memilih dokter dan tempat persalinan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan ibu hamil jauh sebelum hari kelahirannya. Anda bisa memulai kehamilan sejak dini dengan mencari informasi mengenai dokter kandungan yang tepat untuk melahirkan.

Pemilihan dokter kemudian akan mempengaruhi pilihan tempat bersalin bagi ibu, karena biasanya Anda hanya bisa memilih tempat bersalin dimana dokter tersebut praktek. Beberapa informasi mengenai tempat melahirkan dan dokter yang perlu diketahui ibu hamil sebelum melahirkan:

Selain itu, jika seorang ibu hamil memiliki kehamilan berisiko tinggi, Anda perlu memastikan bahwa tempat bersalin yang Anda pilih menyediakan unit perawatan intensif neonatal atau NICU, dan apakah tempat bersalin tersebut memiliki tenaga medis. . Sebagai operasi caesar jika diperlukan.

Barang-barang yang akan dibawa ke tempat bersalin pada saat persalinan perlu dipersiapkan dengan baik terlebih dahulu, agar barang-barang tersebut tidak terlupa atau tertinggal. Di bawah ini beberapa hal yang perlu dibawa ibu dan bayinya ke ruang bersalin menjelang persalinan:

Asyiknya Melahirkan Di Bidan, Banyak Artis Melakukannya, Ini Syaratnya

Metode melahirkan ada banyak sekali dan masing-masing caranya dapat disesuaikan dengan kondisi ibu hamil dan kesukaan janin atau ibu hamil, jika tidak ada masalah pada kehamilannya. Untuk menentukan metode persalinan yang paling aman, Bumil bisa berkonsultasi dengan dokter saat menjalani pemeriksaan ginekologi.

Kebanyakan wanita merasa telah menjadi ibu seutuhnya ketika bisa melahirkan bayinya secara alami. Belajar mengatur pernapasan dengan mengikuti kelas melahirkan dapat membantu ibu hamil menjalani proses persalinan normal dengan lebih lancar.

Meski operasi caesar sebenarnya dilakukan karena kondisi medis tertentu, namun ada pula ibu hamil yang lebih memilih melahirkan dengan cara tersebut, misalnya karena takut mengalami nyeri kontraksi persalinan normal.

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Diskusi dengan pasangan juga penting dilakukan menjelang persalinan. Pastikan suami mengetahui kapan tanggal kelahiran Anda, sehingga ketika Anda mengalami kontraksi dan membutuhkan pertolongan, ia siap.

Rekomendasi Makanan Penambah Energi Menjelang Persalinan Mamypoko Indonesia

Beri tahu juga suami apa yang harus dilakukan saat Anda mulai merasakan nyeri persalinan, misalnya dengan memijat punggung atau menggosok atau menggunakan botol air panas yang ditutup handuk untuk mengompresnya.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara ibu dan pasangan, diharapkan proses kelahiran dan pasca melahirkan dapat berjalan dengan lancar.

Mendekati waktu persalinan, sebaiknya ibu juga berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk menentukan metode persalinan yang disarankan. Jika melahirkan secara umum aman, Anda bisa menanyakan apa yang perlu Anda lakukan saat Anda mulai merasakan nyeri atau kontraksi persalinan.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan gejala persalinan dan kapan harus ke tempat bersalin untuk melahirkan, sehingga tidak perlu menunggu lama di tempat bersalin hingga persalinan dapat dilakukan.

Bekal Persiapan Melahirkan Bagi Calon Bunda

Singkatnya, Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika ada hal yang belum Anda pahami seputar melahirkan, terutama menjelang bayi Anda lahir. Hal ini penting untuk memastikan ibu dapat mempersiapkan persalinan dengan baik.

Nah, itulah penjelasan mengenai berbagai persiapan yang perlu dilakukan seorang ibu hamil menjelang kelahiran buah hatinya. Apabila Anda mempunyai keluhan atau hal-hal yang masih belum Anda pahami terutama terkait dengan kehamilan dan persalinan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan lengkap. Kehamilan Ibu › Kanker › Kesehatan › Perlengkapan Bayi Baru Lahir › Perlengkapan Bayi › Perlengkapan Persalinan yang Sebaiknya Dibawa ke Rumah Sakit › Rafi

Perlengkapan melahirkan yang sebaiknya dibawa ke rumah sakit. Memasuki trimester ketiga, persiapan menyambut kelahiran buah hati cantik pasti sudah sangat matang. Namun terlepas dari banyaknya perlengkapan bayi yang Anda beli, apakah tas bersalin Anda siap untuk dibawa ke rumah sakit? Mirip sih, tapi tetap harus bersiap mengingat di rumah sakit kita akan kesulitan melahirkan bayi sampai kita membawanya pulang, yang bisa memakan waktu minimal 3 hari. Jadi minimal isi tasnya cukup untuk dipakai selama 3 hari itu.

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Kapan tas siap dibawa ke rumah sakit? Sebenarnya membaik di bulan ke 8. Padahal sebenarnya saya menyiapkannya sendiri di bulan ke 9 hehehe. Bisa dipastikan bayi bisa dilahirkan kapan saja setelah minggu ke-37, bahkan mungkin untuk bayi prematur. Jadi misalnya saat melahirkan (dan biasanya tiba-tiba), tas sudah siap untuk diambil.

Barang Wajib Bawa Saat Bersalin

Kita perlu mengatur peralatan apa saja yang dibawa ke rumah sakit karena fasilitas tiap rumah sakit berbeda-beda. Jadi tinggal survey ruangan rumah sakit dan fasilitas yang akan digunakan untuk persalinan. Nanti kita harus tanya detailnya, termasuk wadah plasentanya lho.

Saya mempunyai 3 tas yang siap untuk berangkat ke rumah sakit yaitu tas ibu saya, tas bayi saya dan tas suami saya. Mengapa harus berbeda? Sehingga memudahkan kita membawa barang-barang di dalam tas, tanpa perlu kemana-kemana. Dan semua tas sudah aku siapkan di lemari agar tidak dimainkan oleh Rafi. Setelah selesai, jelaskan pada suami di mana letak barang tersebut agar dia tidak bingung mencarinya. Hanya saja, jangan lupa di mana Anda meletakkan tas karena Anda gugup akan melahirkan. Menghirup napas…..

Karena ini pengalaman pertama saya melahirkan dan berhijab, saya langsung membawa daster panjang dan jilbab (ini hasil sharing di grup dengan ibu-ibu yang pernah merasakan melahirkan dan berhijab. Terima kasih. Anda).

Jangan terlalu banyak membawa perlengkapan bayi, karena biasanya kalau di rumah sakit, baju bayi dipakai di sana (biasanya). Orang-orang menggunakan popok, bedong, dan gurita (menurut pengalaman saya) dari rumah sakit. Tapi bawalah masing-masing 1-2 buah. Tidak ada salahnya, entah harus digunakan apa.

Tanda Tanda Melahirkan Bagi Ibu Hamil, Wajib Diketahui!

Suami yang menemani Anda ke rumah sakit juga harus siap dengan peralatannya. Karena bagaimanapun dia akan menemani kita selama proses kelahiran. Ya, beberapa cakar atau sorban seperti itu. Kapan kamu akan menemui suamimu seperti ini lagi? Suami juga akan bertanggung jawab untuk mengurus semua tugas-tugas kecil administrasi rumah sakit.

Dokumen ini harus disiapkan untuk kelahiran dan dilengkapi di tas Anda. Soalnya digunakan untuk administrasi rumah sakit dan pengurusan akta kelahiran anak. Jadi buat kamu yang belum mengurus eKTP dan KK, buruan urus! Yang penting suami istri (dan anak sebelumnya) harus memiliki kartu keluarga yang sama. Biasanya pihak rumah sakit membantu dalam pembuatan akta kelahiran.

Bagi para ayah, jangan membawa dokumen palsu ke rumah sakit. Pernah ada cerita, ada seorang suami yang panik hingga membawa berkas kantornya ke rumah sakit. Sebenarnya sang suami bekerja di bidang pertanian. Sehingga dia bingung di rumah sakit dimana mendapatkan akta kelahiran istrinya dan dimana mendapatkan akta istrinya yang mengontraknya. Jadi ingat, siapkan payung untuk berkas-berkas ini sebelum hujan.

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Poin ke 8 penting banget, melahirkan butuh tenaga yang besar. Pengasuhnya (suami) juga harus menjaga kesehatannya agar siap merawat ibunya. Bahkan di rumah sakit pun terkadang saya merasa malas makan karena kontraksi. Namun Anda tetap perlu mengisi perut untuk mendapatkan energi ekstra. Jangan biarkan dirimu lemas karena tak punya tenaga untuk kelaparan :D. Biasanya saat usia kehamilan sudah menginjak 7 bulan, bayi Anda akan mulai mempersiapkan kebutuhan bayi mulai dari pakaian, perlengkapan bayi, perlengkapan tidur, susu. Botol, perlengkapan menyusui dan perlengkapan bayi sendiri.

Buku Terbaik Untuk Ibu Hamil

Ketika saya memeriksakan diri ke dokter saat saya sedang hamil 8 bulan, dokter saya mulai mengingatkan saya tentang beberapa barang yang harus saya bawa untuk keperluan bayi saya atau untuk keperluan saya sendiri di rumah sakit. Apa yang diberitahukan kepada saya adalah hal-hal yang disiapkan rumah sakit dan hal-hal yang perlu saya bawa dari rumah.

Setelah saya baca dari dokter, bidan, teman saya, saudara saya, orang tua saya, nasihat orang tua saya dan teman saya serta membaca di google, akhirnya inilah beberapa barang yang saya persiapkan untuk dibawa ke rumah sakit saat saya melahirkan.

Setelah dokter saya menjelaskan bahwa selama saya di rumah sakit, perlengkapan bayi dan pakaian bayi disediakan oleh pihak rumah sakit, saya perlu membawa perlengkapan bayi untuk pulang dari rumah sakit. Hal ini mungkin berbeda-beda tergantung kebijakan rumah sakit luar negeri tempat Anda melahirkan. Jika Anda tidak melahirkan, sebaiknya Anda tidak menjelaskannya, sehingga Anda dapat bertanya langsung kepada dokter atau bidan di rumah sakit untuk memastikan barang-barang yang Anda bawa tidak hilang atau terbuang percuma.

7.     Dua popok kain dan dua popok kertas (belum tahu nanti dia akan menggunakan kertas atau popok kain)

Daftar Biaya Melahirkan Terbaru 2022, Siapkan Dari Sekarang!

1.      Empat set pakaian (saya hanya membawa satu piyama lengan pendek berkancing depan yang bisa saya pakai) selama di rumah sakit.

8.      Mengikat rambut (kenapa penting diungkit soal ini karena aku berencana melahirkan normal supaya tidak kepanasan, sebaiknya aku ikat rambut saja dan lebih fokus memegangnya, hahahaha)

(Supaya gak berantakan banget, aku bawa krim wajah, face spray, bedak padat, body lotion dan pensil alis, lip balm dan sisir rambut)

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Ini hanya untuk berjaga-jaga saja, saya berencana memberikan ASI eksklusif pada bayi saya, maka dari itu saya sudah menyiapkan beberapa hal sebagai berikut:

Berapa Pcs Baju Yang Harus Di Bawa? Bunda Untuk Persiapan Ba

1.      Gelas pemberi ASI (sebagai cadangan jika ASI belum keluar namun bayi perlu menyusu agar tidak bingung putingnya, jadi saya pakai ini juga, tapi omong-omong, susu di waktu yang tepat. Itu bisa keluar saat bayi juga perlu disusui.

Karena saya akan menemani saya sejak lahir hingga pulang dari rumah sakit, saya juga membutuhkan peralatan yang sesuai.

Apa saja yang harus dibawa saat akan melahirkan, apa saja yang harus dibawa ke rs saat melahirkan, apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit saat melahirkan, perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat akan melahirkan, apa saja yang harus dibawa saat melahirkan di bidan, apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan, apa saja yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit, apa saja yang harus dibawa saat mau melahirkan, persiapan apa saja yang harus dibawa saat mau melahirkan, barang apa saja yang harus dibawa saat akan melahirkan, perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat mau melahirkan, apa saja yang harus dibawa ke bidan saat melahirkan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *