Apa Yang Perlu Dibawa Saat Umroh – Umrah merupakan salah satu ibadah alternatif yang dapat dilakukan sambil menunggu antrian panjang ibadah haji karena penerapan sistem kuota. Namun ibadah umrah juga harus dipersiapkan dengan baik, termasuk mempersiapkan perlengkapan umroh yang harus dibawa.

Ibarat liburan ke luar negeri, saat berangkat umrah jangan sampai lupa membawa dokumen penting. Mulai dari membawa KTP, paspor, visa, dan sertifikat vaksin COVID-19 internasional yang terintegrasi dalam aplikasi SATUSEHAT.

Apa Yang Perlu Dibawa Saat Umroh

Apa Yang Perlu Dibawa Saat Umroh

Selain dokumen-dokumen penting tentunya jangan lupa membawa Al-Quran dan kitab shalawat agar ibadah sahabat semakin lancar.

Catat! 10 Perlengkapan Umrah Yang Wajib Dibawa Jamaah

Selanjutnya pastikan koper yang Anda bawa merupakan koper yang aman dan cukup besar untuk menampung seluruh barang bawaan Anda.

Untuk memudahkan mobilitas, sobat juga bisa membawa tas selempang atau waist bag yang praktis untuk dibawa kemana saja. Tas ini nantinya akan menyimpan KTP, dompet,

Hal ini akan memudahkan jika Anda ingin membawa sesuatu yang dibutuhkan tanpa harus membuka koper dan tanpa mengganggu aktivitas ibadah umrah Anda.

Teman-teman juga sebaiknya membawa obat-obatan, apalagi jika memiliki riwayat penyakit khusus. Obat-obatan pribadi yang bisa dibawa adalah obat flu, batuk, demam, diare, sakit kepala, plester, obat pereda nyeri, hingga vitamin.

Keperluan Umrah Yang Perlu Dibawa Wanita

Perlengkapan lain yang wajib dibawa saat menunaikan umrah adalah perlengkapan mandi seperti sampo, sabun cair, sikat dan pasta gigi, serta perawatan kulit.

Perawatan kulit esensial yang sebaiknya dilakukan baik oleh pria maupun wanita, yaitu pelembab dan tabir surya. Hal ini penting untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit di tengah cuaca dingin dan panas di Tanah Suci.

Jangan lupa membawa deterjen untuk mencuci baju, agar tidak perlu membawa banyak baju ganti saat umrah.

Apa Yang Perlu Dibawa Saat Umroh

Hal ini diperlukan karena biasanya jenis stopkontak di Indonesia dan di Mekkah, Madinah atau di negara lain berbeda-beda.

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Berangkat Haji

Nah, ini adalah hal yang paling penting, namun terkadang kita sering melewatkannya. Selain nomor telepon orang-orang terdekat Anda, jangan lupa untuk menuliskan nomor telepon Tour Leader dan pemerintah kota lain yang sekamar. Jika sewaktu-waktu kita tersesat atau membutuhkan bantuan, kita dapat menghubungi langsung Tour leader atau teman sekamar.

Normalnya ibadah umrah dilakukan selama 9 hari, pastikan membawa beberapa set pakaian baik ihram maupun baju ganti.

Seperti saat ini, tidak ada salahnya membawa peralatan makan sendiri agar tetap higienis. Mulai dari kotak makanan, botol minum, sendok, hingga garpu.

Seperti sekarang bukan berarti tidak membawa uang tunai sama sekali sob. Meski sudah membawa kartu debit atau kartu ATM, kita juga perlu menyiapkan uang tunai Saudi Riyal untuk memudahkan transaksi.

Apa Saja Yang Dibawa Saat Umroh Untuk Wanita? Catat 10 Perlengkapannya Yuk

Perlengkapan yang tidak kalah penting untuk dibawa tentunya adalah masker, sebagai upaya melindungi diri dari virus COVID-19. Teman-teman juga bisa membawa kacamata untuk melindungi mata dari angin dan debu.

Ada baiknya, semua perlengkapan ini bisa dipersiapkan secara detail dan jauh-jauh hari agar persiapannya lebih matang. Namun jika Anda biasa menggunakan travel umrah, akan ada panduan dan pengingat untuk menyiapkan perlengkapan umroh. Wisata umroh yang baik tentunya akan melayani jamaahnya dengan baik dan sistem yang jelas. Pemkot, harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Persiapan tersebut meliputi persiapan fisik, mental, serta perlengkapan atau harta benda pribadi.

Ibadah umroh atau yang biasa disebut dengan haji kecil memang menjadi ibadah yang tidak pernah berkurang peminatnya. Berbeda dengan haji, umrah bisa dilakukan kapan saja dan sepanjang tahun.

Apa Yang Perlu Dibawa Saat Umroh

Perlengkapan umrah wanita mungkin lebih banyak dibandingkan pria, berikut daftar perlengkapan umroh 12 hari yang wajib dibawa wanita:

Bekal Untuk Teman Atau Kerabat Yang Akan Berangkat Haji

Perlengkapan umrah yang pertama adalah baju Ihram, yaitu pakaian saat memasuki miqat atau perbatasan daerah suci. Umumnya baju ihram terdiri dari dua lembar kain putih tanpa jahitan.

Kain ini dililitkan di badan seperti sarung dan dikenakan dengan pakaian berwarna putih. Pastikan Anda membawa 2 atau 3 baju Ihram selama 12 hari umroh.

Untuk kegiatan di luar ibadah umrah, Anda bisa membawa pakaian muslim syar’i yang menutupi aurat. Pastikan pakaian Anda nyaman dipakai. Pakaian umrah 12 hari cukup untuk tiga hari tanpa dicuci atau 5-6 potong pakaian.

Sebaiknya kenakan pakaian dalam yang cukup longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh. Pastikan Anda juga membawa bra yang nyaman dan tidak menyulitkan dalam menjalankan salat. Bawalah pakaian dalam secukupnya untuk dipakai hingga 3 hari agar Anda punya waktu untuk mencucinya.

Barang Yang Wajib Dibawa Saat Umroh, Jangan Sampai Tertinggal!

Mukena digunakan saat salat di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Pastikan Anda membawa mukena yang ringan dan mudah dibawa. Anda bisa memakainya dengan bawahan, atau atasan saja, karena Anda bisa langsung mengenakannya dengan rok dan kaus kaki yang Anda kenakan, selama Anda masih menutupi bagian pribadi Anda dengan baik. Selama 12 hari umrah hanya boleh membawa 1 set mukena.

Hijab merupakan pakaian yang wajib dikenakan oleh wanita muslim. Pastikan Anda membawa hijab yang nyaman dan mudah dikenakan. Sebaiknya membawa 2-3 set hijab untuk aktivitas berbeda selama umroh 12 hari.

Sandal jepit dipakai saat berada di dalam kamar atau di sekitar komplek hotel. Pastikan Anda membawa sandal jepit yang nyaman dan mudah dipakai.

Apa Yang Perlu Dibawa Saat Umroh

Anda bisa memakai sepatu saat berjalan-jalan di luar hotel, misalnya saat Anda mengunjungi mall atau mall untuk membeli oleh-oleh.

Perlengkapan Umroh Wanita Yang Harus Dibawa

Tas ransel sangat berguna untuk membawa perlengkapan selama perjalanan umrah 12 hari. Pastikan tas ransel yang Anda bawa cukup besar untuk membawa semua perlengkapan yang diperlukan.

Selain tas punggung, Anda juga membutuhkan tas kecil untuk membawa perlengkapan kecil umroh 12 hari seperti kunci, uang jajan, handphone, dan lain-lain.

Pastikan Anda membawa obat-obatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, seperti obat sakit kepala, obat flu, obat maag, suplemen/vitamin, obat diare, obat flu, dll. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Perlengkapan umroh selama 12 hari

Pastikan Anda membawa sabun dan sampo yang ringan dan mudah dibawa. Sebaiknya gunakan sabun dan sampo yang pernah Anda gunakan sebelumnya untuk menghindari iritasi kulit.

Perlengkapan Umroh 12 Hari Untuk Pria Dan Wanita

Kebersihan harus dijaga selama menunaikan ibadah umrah. Oleh karena itu, selama perjalanan umrah sebaiknya juga membawa perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, dll. Pastikan Anda membawa perlengkapan mandi yang cukup untuk seluruh aktivitas umrah.

Bawalah alat rias yang biasa digunakan seperti bedak, pelembab dan hand body yang banyak digunakan untuk melindungi kulit, karena udara di sana kering.

Panty liner dan pembalut wanita untuk persiapan haid mendadak, keputihan, dan lain-lain, sehingga terhindar dari kotoran dan menghemat pakaian. 12 hari

Apa Yang Perlu Dibawa Saat Umroh

Jangan lupa membawa peralatan elektronik seperti kamera, telepon seluler, dan lain-lain. Ponsel memudahkan Anda berkomunikasi dengan jamaah atau keluarga lain di Tanah Air, sementara Anda bisa menggunakan kamera untuk mengabadikan momen berharga di Tanah Suci. Jangan lupa membawa charger dan powerbank untuk mengisi daya perangkat elektronik Anda.

Tips Umroh Bareng Anak

Bawalah koper yang aman dan mempunyai kapasitas penyimpanan yang cukup untuk membawa barang-barang Anda, terutama alat berat. Biasanya biro perjalanan menyediakan kasus khusus untuk setiap kotamadya. Koper yang baik akan memudahkan Anda membawa barang-barang yang dibutuhkan selama 12 hari.

Ibadah umrah merupakan momen yang tepat untuk selalu berdoa dan mengingat Allah SWT. Jika Anda belum hafal semua jenis bacaan sholat, disarankan untuk membawa panduan sholat. Di sisi lain, membaca Al-Quran di Tanah Suci akan membawa banyak pahala, Anda bisa memanfaatkan tempat-tempat suci seperti Masjid Agung di Mekkah atau Masjid Nabawi di Madinah.

Cuacanya bisa sangat berbeda dengan kondisi di negara asal Anda. Untuk menghindari cuaca dingin, sebaiknya membawa jaket dan kaos kaki. Jaket hangat dapat membantu Anda tetap nyaman dan tidak kedinginan saat menunaikan ibadah haji atau keluar malam. Anda hanya perlu membawa 1 – 2 kaos kaki.

Kacamata berguna saat berpergian ke luar untuk melindungi dari panasnya sinar matahari dan debu. Sedangkan masker dapat melindungi Anda dari potensi serangan penyakit dan virus.

Tips Barang Barang Yang Harus Dibawa Saat Umroh

Kurang lebih perlengkapan umrah pria dan wanita tidak jauh berbeda, berikut daftar perlengkapan umrah 12 hari pria yang sebaiknya dibawa:

Baju ihram laki-laki adalah satu atau lebih helai kain yang tidak dijahit yang digunakan untuk menutupi aurat di bagian bawah, dan sehelai kain lagi dikenakan di atas selendang, dan salah satunya dapat digunakan untuk pakaian. Warna baju ihramnya putih. Anda bisa membawa minimal 2 – 3 potong baju ihram.

Selain baju ihram, jamaah juga harus menyiapkan ikat pinggang ihram. Ikat pinggang ini berfungsi untuk mengikat baju ihram agar tidak mudah lepas. Ikat pinggang ihram biasanya terbuat dari bahan elastis dan mudah diatur ukurannya.

Apa Yang Perlu Dibawa Saat Umroh

Pakaian dalam dan baju tidur juga penting untuk dibawa saat menunaikan umroh. Sebaiknya membawa pakaian dalam secukupnya untuk 12 hari yaitu sekitar 5 – 6 potong, serta baju tidur yang nyaman dan ringan untuk dikenakan saat tidur di hotel atau guest house. Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat dan mudah dicuci agar lebih praktis dan efisien.

Apa Saja Perlengkapan Umroh Wanita Selama 12 Hari

Selain baju ihram, ada baiknya juga membawa baju muslim sehari-hari. Busana muslim yang dikenakan sehari-hari biasanya lebih nyaman dan praktis untuk digunakan saat melakukan aktivitas di luar ibadah umrah, seperti bepergian atau berbelanja. Sebaiknya pilih pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat agar tidak mengganggu pergerakan dan menjaga kenyamanan di tanah suci. Untuk perjalanan umroh 12 hari anda bisa membawa 5 – 6 set pakaian.

Sandal dan sepatu merupakan perlengkapan umroh 12 hari untuk pria yang tidak boleh dilupakan. Sebab pada saat menunaikan ibadah umrah, jamaah akan berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain. Maka dari itu sandal atau sepatu yang nyaman sangat penting untuk

Apa saja yang perlu dibawa saat persalinan, yang dibawa saat umroh, yang perlu dibawa saat umroh, apa saja yang dibawa saat umroh, apa saja yang perlu dibawa saat interview, yang perlu dibawa saat melahirkan, apa yang dibawa saat umroh, apa yang harus dibawa saat umroh, yang perlu dibawa saat persalinan, apa saja yang perlu dibawa saat umroh untuk wanita, apa saja yang perlu dibawa saat umroh, apa saja yang perlu dibawa saat melahirkan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *