Aplikasi Podcast Yang Menghasilkan Uang – Dengan perkembangan teknologi, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari mana saja. Tidak perlu pergi ke kantor atau selalu menghadap layar laptop, cukup mengandalkan koneksi internet dan bisa dilakukan di rumah.

Spotify kini menjadi platform untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tidak hanya sebagai media mendengarkan musik, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuat podcast yang membahas apapun yang Anda inginkan, sekaligus bermanfaat bagi orang lain.

Aplikasi Podcast Yang Menghasilkan Uang

Aplikasi Podcast Yang Menghasilkan Uang

Spotify adalah aplikasi layanan streaming musik digital yang mencakup segala hal mulai dari lagu lokal hingga lagu dari berbagai negara. Selain itu, Spotify juga menawarkan lagu-lagu dari berbagai genre.

Cara Membuat Podcast Dalam 4 Langkah Mudah [update 2023]

Yang membahas apapun yang disukai dan dapat menarik perhatian orang. Hal ini juga bisa menjadi peluang untuk menghasilkan pendapatan tambahan

Anda bisa mendapatkan hingga jutaan rupee untuk setiap episodenya. Pundi-pundi ini bisa terkumpul dengan baik jika mendapat dukungan

Sedikit informasi, Anda bisa menggunakan trik lainnya yaitu agar keesokan harinya Anda mendapatkan uang yang banyak. Pada artikel kali ini kami akan membahas sekilas tentang profesi atau pekerjaan yang berpotensi menghasilkan uang.

Ternyata konten bernilai di podcast juga bisa mendatangkan kekayaan baru. Misalnya, ada orang yang mendengarkan Anda saat membawakan podcast, merasa tertarik dengan gaya bicara Anda atau sudut pandang menarik lainnya, lalu merekrut Anda untuk menjadi pembawa acara.

Podcast: Apa Itu, Bentuk, Tipe Tipe, Dan Aplikasi Mendengarkannya

Ini bukan sekadar omong kosong belaka. Banyak orang yang mendapatkan peluang tersebut dari berbagai kalangan, dengan cara menghasilkan uang di Spotify ini, kamu hanya perlu fokus untuk lebih meningkatkan skill dan memantapkan fokus pada materi agar terlihat lebih menarik.

Oleh karena itu, ingatlah selalu untuk membangun jaringan media dengan sesama pembuat konten atau hubungan di bidang lain. Tanpa disadari, kebiasaan baik ini akan berdampak positif. Bukan tidak mungkin suatu saat Anda bisa menghasilkan banyak uang hanya dengan membuat podcast di Spotify dan tidak perlu lagi bekerja di kantor.

Jika Anda menghasilkan banyak penggemar, Anda juga bisa membuat barang dan menjualnya. Barang dagangan yang dijual antara lain perlengkapan minum, kaos, jaket, dan topi. Pemilik

Aplikasi Podcast Yang Menghasilkan Uang

. Kreator meminta kontribusi dari pengikut, pendengar, dan penonton untuk mendonasikan dana ke akun kreator. Mereka berjanji untuk menyediakan konten reguler, berkualitas, dan terkadang tanpa iklan (terutama konten YouTube). Platform yang umum digunakan adalah “Kak, bagaimana cara menghasilkan uang dari podcast di Spotify?” Ini adalah pertanyaan yang wajib ada setiap saya mengisi kuliah atau webinar tentang podcasting untuk pemula. Keberadaan monetisasi YouTube rupanya menjadi motivasi banyak orang untuk mencari niche baru untuk menghasilkan uang di platform lain, salah satunya podcast ini. Tapi bisakah podcast dimonetisasi? Bagaimana podcast Indonesia dimonetisasi? Apakah sistem monetisasi podcast mudah digunakan?

Pilihan Aplikasi Podcast Yang Bisa Diakses Lewat Pc Maupun Smartphone

Sederhananya, monetisasi adalah komersialisasi situs/platform atau konten yang kita miliki. Jadi bagaimana konten yang kita miliki, baik itu teks, gambar, audio atau video, bisa menghasilkan uang bagi kita.

Monetisasi bisa didukung oleh platform itu sendiri, atau bisa juga dari pihak ketiga berupa penempatan iklan dan sponsorship. Tidak peduli pihak mana yang memberikan uang tersebut. Intinya, kita bisa menghasilkan pendapatan dari konten yang kita buat.

Perkembangan podcast memang sedang naik daun di Indonesia. Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Siberkreasi beberapa waktu lalu membuat kelas podcast yang berhasil menghasilkan 1.000 podcast baru dari kelas yang mereka adakan selama enam minggu melalui streaming YouTube. Begitulah cara lahirnya semakin banyak podcaster. Entah dari latar belakang penyiarnya atau bukan.

Antusiasme yang besar terhadap podcast ini juga didukung dengan hadirnya hosting podcast yang sudah tersedia. Meski terdapat beberapa host podcast di Indonesia, Anchor terbukti masih menjadi hosting referensi bagi Anda yang ingin membuat podcast dengan mudah dan gratis. Apalagi dengan sistem distribusi multichannel, podcaster tidak perlu repot mengunggah materi kesana kemari. Anchor yang diakuisisi oleh Spotify juga memungkinkan podcast kami muncul secara otomatis di Spotify.

Cara Untuk Mendapatkan Penghasilan Dari Spotify

Spotify sendiri masih menjadi platform nomor satu yang digunakan untuk mendengarkan podcast di Indonesia. Melihat tingginya antusiasme pendengar tersebut, Spotify secara eksklusif bermitra dengan beberapa podcast top-charting untuk memproduksi konten eksklusif untuk mereka. Sebut saja podcast Do You See What I See, Podkesmas, Suara Puan, Rintik Sedu, 30 Hari Makan Siang, dan beberapa podcast lainnya yang hampir tidak pernah masuk dalam 10 besar podcast dengan pendengar terbanyak.

Jika kita perhatikan, podcast-podcast yang menduduki peringkat teratas hampir pasti dipimpin oleh tokoh masyarakat, penyiar radio, atau mereka yang memiliki pengikut media sosial yang besar. Sebut saja Rintik Sedu, meski tak berlatar belakang dunia penyiaran dan kualitas suaranya (menurut saya) jauh dari kata enak, namun dengan aset 2 juta follower sepertinya mudah untuk mengajak audiensnya ke podcast. Terbukti Rintik Sedu tak pernah beranjak dari posisi 3 besar. Hal serupa juga terjadi pada podcast Suara Puan. Bermodal 349.000 follower Instagram di akun @katapuan, ia terbukti mampu mengkonvergensi kontennya dalam bentuk audio podcast.

Lalu bagaimana dengan kita yang mungkin awam atau masih mencari tips mendengarkan podcast agar bisa mendapatkan penghasilan podcast? Benarkah podcast menghasilkan uang?

Aplikasi Podcast Yang Menghasilkan Uang

Sebagai layanan hosting podcast gratis, Anchor memungkinkan pengguna memonetisasi podcast mereka. Kita hanya perlu menyesuaikan pengaturan pada halaman “uang”, dan kemudian kita dapat menempatkan slot iklan di episode podcast. Anchor akan secara otomatis menentukan iklan mana yang cocok untuk podcast kita.

Ketahui 12 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet! Coba Sekarang Juga!

Cara menghasilkan uang dari Anchor podcast pada dasarnya begini: Pengaturan – siapkan slot iklan – catat iklan yang diperlukan (tergantung kebutuhan) – iklan otomatis terpasang

Namun monetisasi Anchor hanya dapat dilakukan di AS. Namun kita bisa menggunakan bantuan Payoneer untuk membuat akun AS. Dari Payoneer kita bisa mentransfer dana yang kita tarik (cash out) ke bank lokal Indonesia dengan potongan persentase tertentu.

Jika sebelumnya monetisasi bisa dilakukan langsung dari platform Anchor, kini podcaster juga bisa bekerja sama dengan brand/perusahaan untuk memasang iklan di episode podcast.

Konten eksklusif sekilas mirip dengan sponsorship. Namun, jika kolaborasi konten eksklusif ini disepakati, biasanya podcast tidak dapat didistribusikan tanpa adanya kekhawatiran. Hanya khusus pada platform tertentu.

Apa Itu Podcast? Cara Membuat Dan Contoh

Indonesia, yang merupakan konsumen podcast Spotify terbesar di Asia Tenggara, terbukti menjadi daya tarik tersendiri. Maka Spotify pun membuat konten eksklusif di platformnya yang menonjolkan budaya lokal. Yakni, The Sacred Riana Horror Story yang bergenre horor fiksi, Dear Dearest yang bertemakan hubungan dan cinta, serta Serial Killers (adaptasi dari podcast Serial Killers) dan Lenyap yang bertema kriminal sejati dan menceritakan sebuah cerita tentang kejahatan dan misteri.

Podcast premium biasanya menggunakan sistem berlangganan. Pendengar menerima konten khusus yang hanya tersedia untuk pelanggan berbayar. Pendengar bisa mendapatkan episode khusus atau akses ke grup, atau bisa berdiskusi intensif dengan podcaster. Bisa dibilang model monetisasi ini akan memanfaatkan basis pendengar untuk tetap setia pada podcast.

Sejujurnya saya belum menemukan podcast berlangganan di Indonesia (jika ada yang ingin memberikan informasi silahkan tulis di kolom komentar). Namun ada beberapa podcast luar negeri yang sudah menggunakan sistem monetisasi berlangganan ini, seperti Comedy Bang!Bang!, Now Playing, dan The American System.

Aplikasi Podcast Yang Menghasilkan Uang

Kalau di blog kita mengenal guest post, di podcast kita mengenal guest spot, dimana tamu akan membayar untuk tampil di podcast kita. Tentu saja, untuk menarik “orang-orang penting, orang kaya, atau siapa pun” untuk tampil sebagai tamu, kita perlu memastikan bahwa podcast kita memiliki jangkauan audiens yang luas.

Aplikasi Audio Streaming Noice, Download Secara Gratis Fitur Lengkap

Monetisasi ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Podcaster akan menerima sejumlah uang, dan tamu yang tampil juga akan menerima eksposur yang luas. Apalagi jika ada misi politik, pemasaran, branding dan lain sebagainya.

Saat ini, mulai tersedia platform untuk mengapresiasi para kreator digital. Jika dulu kita mengenal Patreon, kini ada platform serupa KaryaKarsa di Indonesia, salah satunya. KaryaKarsa membantu para pengembang konten kreatif untuk tetap berkarya dari apresiasi penggemar dalam bentuk tips atau langganan. Untuk menjaga engagement, kreator juga bisa menawarkan konten eksklusif yang hanya bisa diakses melalui KaryaKars. Atau Anda dapat menawarkan kegiatan lain seperti fanmeeting, diskusi dan talkshow, dll. Wadah donasi lain selain KaryaKars antara lain Saweria, Trakteer dan Gokreator.

Jika ingin membuka saluran donasi tanpa pihak ketiga, sebenarnya sah saja bagi para podcaster. Siapa tahu dengan dukungan finansial dari fanbase, podcaster akan semakin produktif dalam berkarya.

Saat ini, industri radio bisa dikatakan sedang terpuruk. Mengingat banyak orang yang mulai meninggalkan kebiasaan mendengarkannya. Dan bagi pendengar muda, mereka mungkin lebih sering mendengarkan podcast dibandingkan radio.

Cara Hasilkan Uang Dengan Kerja Modal Hp Dan Internet

Guna menekan biaya operasional penyiaran yang melibatkan lembaga penyiaran, bukan tidak mungkin sebuah stasiun radio harus membeli lisensi podcast agar dapat memutar konten audio di radio tersebut. Selain itu, karena radio dan podcast bersifat auditori, maka dengan model format yang serupa, maka akan sangat mudah untuk mengadaptasi podcast menjadi program siaran radio.

Sekali lagi, jika kita sudah mempunyai banyak penggemar atau pendengar setia, maka ini bisa menjadi modal berharga untuk menggaet keuntungan. Beberapa podcaster sudah mulai menjual merchandise podcastnya seperti kaos, tas, bahkan buku.

Pemasaran afiliasi adalah pemasaran berbasis kinerja, yaitu pengiklan akan mendapatkan imbalan, pembayaran, atau komisi, berdasarkan hasil kinerja yang disepakati. Misalnya, pengiklan akan membayar Rp100.000 untuk setiap 10 orang yang menggunakan kode promosi atau mendaftarkan pengguna baru di website tertentu.

Aplikasi Podcast Yang Menghasilkan Uang

Sistem afiliasi ini cukup sederhana, walaupun belum cukup populer untuk podcast (sudah banyak di blog atau Instagram).

Apa Ada Aplikasi Penghasil Uang Hanya Bermodalkan Ponsel Android?

Menarik bukan? Sebaiknya jika ada tawaran kerjasama dengan sistem partner ini, pilihlah produk yang relevan dengan podcast kita. Agar penonton pun semakin percaya dengan “tawaran” yang kami sampaikan.

Cara menghasilkan uang dari podcast yang terakhir bisa dibilang susah-susah gampang. Karena yang menjadi nilai jualnya bukan hanya podcast yang kita punya, tapi juga orang di baliknya

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *