Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan – Selain mempersiapkan fisik dan mental, ibu hamil juga perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi yang diperlukan setelah melahirkan. Perlengkapan bayi perlu Anda persiapkan dengan baik sebelum proses kelahiran.

Waktu untuk membeli kebutuhan bayi menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh ibu hamil. Walaupun banyak item bagus, tapi jangan membeli item terlalu banyak, nanti tidak berguna.

Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan

Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan

Agar tidak bingung dan menyia-nyiakannya, Anda perlu mengetahui perlengkapan bayi apa saja yang harus disiapkan. Jadi mari kita simak bersama informasi lengkapnya.

Daftar Barang Dan Harga Grosir Perlengkapan Bayi

Mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum bayi lahir merupakan cara yang efisien. Hal ini akan memastikan kebutuhan bayi tersedia dan orang tua juga akan lebih siap dalam mengasuh anaknya.

Pakaian bayi merupakan bagian paling dasar dalam mempersiapkan ibu hamil. Bahkan terkadang ibu hamil membeli banyak baju karena melihat betapa lucunya modelnya.

Saat berbelanja baju dan celana bayi, disarankan untuk memilih pakaian yang praktis dan tetap membuat nyaman bayi. Perhatikan juga bahan kainnya, pastikan menyerap keringat dan tidak panas.

Baju bayi yang Anda beli juga sebaiknya berukuran lebih besar agar tidak cepat melar saat dikenakan oleh bayi yang sedang tumbuh.

Anti Mubazir! Ini Daftar 13 Perlengkapan Bayi Yang Harus Dibeli

Memilih baju dengan kancing di bagian depan tidak hanya untuk kenyamanan si kecil saja, tapi juga untuk memudahkan ibu hamil dalam memakai dan melepas bajunya.

Bagi bayi, penggunaan popok kain dapat mencegah terjadinya permasalahan kulit pada bayi, seperti lecet atau ruam.

Jika Anda berencana menggunakan popok kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali, sebaiknya pilih bahan katun yang mudah menyerap dan lembut.

Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan

Namun, pada malam hari atau saat Anda bepergian, penggunaan popok sekali pakai akan memudahkan penggantian popok. Jadi, tidak ada salahnya juga membeli popok sekali pakai.

Persiapan Melahirkan Yang Sering Terlupakan

Saat membeli popok sekali pakai, perhatikan juga ukuran popok untuk si kecil. Hindari membeli popok yang terlalu ketat atau terlalu besar agar bayi merasa nyaman dan terhindar dari iritasi.

Perlengkapan untuk bayi ini terkadang terabaikan padahal fungsinya tidak kalah penting. Anda juga perlu menyiapkan minimal 3-4 pasang kaos kaki dan sarung tangan, serta 2-3 topi berbahan katun.

Barang-barang ini sangat penting untuk menjaga si kecil tetap aman dan nyaman dalam kondisi dingin. Sarung tangan juga berguna untuk mencegah si kecil menggaruk dan melukai wajahnya.

Ibu hamil harus memperhatikan, tidak disarankan memakai sarung tangan dan kaki serta menggunakannya sepanjang hari. Menurut IDAI melalui situs resminya, tangan dan kaki merupakan indera peraba yang menjadi alat bagi bayi untuk belajar mengenal rasa.

Ketahui 5 Daftar Peralatan Bayi Baru Lahir Yang Harus Dibeli

Saat di dalam kandungan, posisi bayi seperti dibalut atau dikelilingi. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan setidaknya 8-10 lembar selimut atau kain untuk membungkus si kecil demi kenyamanan setelah lahir.

Anda bisa menggunakan selimut atau kain katun tipis saat cuaca panas. Bila dingin ruangan ber-AC dan pada malam hari bisa menggunakan selimut dengan bahan yang lebih tebal.

Pada awalnya, Anda mungkin akan kesulitan membedong bayi Anda. Namun jangan khawatir, bungkus yang banyak dijual saat ini cukup praktis untuk digunakan.

Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan

Kulit bayi masih sangat halus, lembut dan sensitif sehingga memerlukan perlengkapan mandi dan produk khusus untuk bayi yang tidak menimbulkan alergi atau iritasi.

Perlengkapan Baby Newborn

Minyak telon dapat menjaga kehangatan tubuh bayi setelah mandi, meredakan perut kembung, serta mencegah masuk angin dan gigitan nyamuk.

Agar si kecil bisa tidur dengan nyaman, Anda harus menyiapkan bahan pendukungnya. Beberapa perlengkapan tidur bayi yang sebaiknya Anda persiapkan adalah:

FYI, mengutip On Safety, penggunaan bantal dan selimut sebagai perlengkapan si kecil sangat berbahaya bagi bayi.

Selimut dan bantal bayi dapat mengganggu tidur dan meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Excel Perlengkapan Bayi By Khoirurosida

Namun kini sudah banyak produk selimut dan bantal yang diformulasikan khusus untuk bayi. Jika diperlukan, item ini dapat ditambahkan ke daftar.

Setelah melahirkan, terkadang pemberian ASI tidak berjalan dengan baik sehingga Anda memerlukan perlengkapan menyusui untuk membantu bayi Anda tetap menerima ASI.

Menurut situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), penggunaan dot yang terlalu sering dapat menyebabkan teknik menghisap bayi menjadi tidak tepat.

Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan

Jika bayi sudah terbiasa minum susu dengan dot, bisa saja Si Kecil menolak menyusu langsung di payudara ibunya. Hal ini membuat bayi cenderung tidak menyusu pada payudara ibu (bingung puting) dan dapat menyebabkan penyapihan dini.

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Bersalin

Sebagai penggantinya, Anda bisa menggunakan cup feeder kecil untuk bayi yang minum ASI atau susu formula.

Semua ibu pasti ingin menggendong bayinya agar menyatu dengan si kecil, dan itu merupakan hal yang membahagiakan juga.

Namun, terlalu sering menggendong bayi dapat membuat Anda mudah lelah dan menjadi tidak praktis. Jadi, Anda membutuhkan gendongan bayi ini.

Alat ini akan membantu Anda menggendong si kecil dengan baik. Pilihlah gendongan bayi yang sesuai dengan kebutuhanmu ya.

Hitungan Biaya Penting Dari Masa Kehamilan Sampai Pasca Melahirkan

Selain itu, Anda juga membutuhkan tas bayi saat berpergian. Sebaiknya pilih tas bayi yang memiliki banyak ruang penyimpanan sehingga lebih mudah mencari barang yang dibutuhkan.

Bayi masih rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, perlengkapan ini untuk bayi perlu Anda persiapkan juga.

Anda mungkin memiliki waktu 30 hari untuk menambahkan anak ke polis asuransi kesehatan Anda setelah kelahirannya dan hingga 60 hari untuk menanggung tunjangan anak.

Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan

Pentingnya mengatur dan merencanakan dana pendidikan sejak dini. Jika Anda membutuhkan panduan dalam menyiapkan dana pendidikan anak Anda, Anda bisa membaca e-book gratis berikut ini.

Rekomendasi Perlengkapan Bayi Yang Wajib Disiapkan Jelang Kelahiran

Bayi umumnya menerima imunisasi. Ada 9 jenis imunisasi yang sebaiknya diberikan pada bayi sebelum satu tahun yaitu BCG, Hepatitis B, Polio, DTP, Campak, HIB, Rotavirus, Pneumococcus, Influenza.

Oleh karena itu, perencanaan keuangan perlu dilakukan sejak awal, sehingga Anda juga bisa mengatur tidak hanya setelah bayi Anda lahir, namun pembiayaan hingga ia besar nanti.

Simulasi ini hanya untuk menunjukkan perkiraan biaya kebutuhan perlengkapan bayi. Harga yang tertera dapat berubah tergantung merk dan tipe barang yang Anda pilih.

Pastikan untuk mempersiapkan perlengkapan bayi 1-2 bulan sebelum kelahiran. Saat itulah Anda masih kuat dan sehat untuk bepergian. Jadi jangan lupa, buatlah daftar belanjaan barang apa saja yang akan Anda beli.

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Persalinan Caesar

Selain itu, jangan lupa persiapkan keuanganmu ya. Daftar perlengkapan di atas bisa Anda masukkan ke dalam anggaran bulanan Anda, sehingga Anda bisa lebih siap dalam mempersiapkan biayanya.

Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi dengan menu ‘Anggaran’. Anda dapat mencatat semua transaksi keuangan Anda di aplikasi ini. Coba aplikasinya sekarang, unduh dari Play Store atau App Store.

Berikut rincian perlengkapan bayi yang Anda perlukan untuk menyambut si kecil. Ayo persiapkan tim sekarang! Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke calon ibu lainnya ya.

Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan

Ike Nofalia, S.Kom. dia adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis lepas. Beliau meraih gelar Sarjana Teknik Komputer dari Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 hingga sekarang beliau bekerja sebagai penulis konten, dan memiliki pengalaman sebagai webmaster, pemasaran web online, manajer media sosial, dan saat ini terlibat dalam bisnis online.

Daftar Perlengkapan Untuk Persiapan Melahirkan

Paskal Hyper Square Blok D 26-27, Jl. Pasir Kaliki No.25, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181

Hak Cipta 2013 – 2024  Hak cipta dilindungi undang-undang | Peta Situs | Kebijakan Privasi | Redaksi | Pedoman Siber | Legal Ada banyak sekali perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan menjelang ulang tahun si kecil. Apakah Anda mulai merasa kewalahan dan bingung menentukan langkah atau item mana yang harus diprioritaskan?

Terlepas dari kebutuhan persalinan, Bunda dan Ayah ingin si Kecil kembali berada di lingkungan keluarga yang nyaman dengan suasana hangat dan tenang. Nah, untuk menghindari sakit kepala yang lebih parah, berikut beberapa panduan yang perlu Anda ingat sebelum membeli barang-barang penting untuk bayi Anda.

Salah satu prinsip yang perlu diingat adalah tidak semua perlengkapan bayi yang Anda lihat di toko atau e-commerce wajib dimiliki lho. Jadi, siapkan benda-benda yang pasti akan digunakan si kecil, misalnya taman bermain dan bak mandi khusus.

Daftar Perlengkapan Bayi Ini Penting Disiapkan, Awas Terlewat!

Jangan lupa sesuaikan semua rencana belanja perlengkapan dengan anggaran yang sudah Ayah dan Bunda buat ya. Ingat, belilah barang yang benar-benar dibutuhkan si kecil.

Disarankan agar bayi berada di ruangan yang sama dengan ibu dan ayah. Jadi, berhubung si Kecil masih akan bersama Ayah dan Ibunya untuk sementara waktu, ada baiknya Anda mempertimbangkan luas ruangan sebelum membeli terlalu banyak barang namun tidak tahu harus menaruhnya di mana.

Padahal, Si Kecil tidak disarankan menggunakan bantal dan selimut sebelum usia 12 bulan. Jadi ayah dan ibu tidak perlu membeli bantal di masa awal ini. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan dana yang ada untuk hal lain yang tidak kalah pentingnya.

Barang Yang Harus Dibeli Untuk Persiapan Melahirkan

Namun, ayah dan ibu tetap bisa menyiapkan selimut dan mengisi ruangan dengan barang-barang seperti monitor bayi dan pelembab udara. Selain itu, Anda juga bisa memilih jenis lemari pakaian yang juga berfungsi sebagai tempat mengganti popok sehingga Anda tidak perlu sering mengganti seprai saat popok si kecil bocor. Jika masih ada ruang di dalam kamar, Anda juga bisa menambahkan kursi untuk menopang si kecil.

Ini 10 Daftar Barang Persiapan Untuk Melahirkan, Apa Saja?

Belanja baju bayi biasanya menjadi aktivitas paling menyenangkan untuk menyambut kehadiran si kecil di keluarga. Hati-hati, jangan gila belanja. Pertimbangkan juga faktor ukurannya, ingatlah bahwa bayi tumbuh dengan cepat.

Siapkan saja baju untuk dipakai sehari-hari dengan ukuran yang lebih besar agar awet dan tidak perlu terlalu sering membeli baju. Anda juga dapat melihat label pakaian untuk menemukan ukuran yang tepat. Selain standar usia, biasanya beberapa merek pakaian juga akan mencantumkan ukuran berat badan dan tinggi badan.

Jika masih memiliki budget, Anda pasti bisa menyiapkan satu atau dua potong lucu untuk dikenakan si kecil di acara-acara khusus, misalnya hari raya keagamaan.

Memutuskan perlengkapan mandi dan produk popok yang aman untuk si kecil sudah cukup

List Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Barang yang harus dibeli sebelum melahirkan, persiapan yang harus dibeli sebelum melahirkan, perlengkapan yang harus dibeli untuk melahirkan, barang yang harus dibeli saat melahirkan, persiapan mpasi yang harus dibeli, barang yang harus dibeli untuk persiapan lahiran, yang perlu dibeli untuk persiapan melahirkan, perlengkapan newborn yang harus dibeli, perlengkapan ibu melahirkan yang harus dibeli, yang harus dibeli untuk persiapan lahiran, yang harus dibeli saat melahirkan, barang persiapan melahirkan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *