Bea Balik Nama Sertifikat Tanah – JAKARTA, KOMPAS.com – Perubahan nama sertifikat tanah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan setelah membeli atau mewarisi tanah. Hal ini memastikan bahwa hak kepemilikan tanah mengikat secara hukum.

Tentu penting untuk mengetahui berapa biaya penggantian nama sertifikat tanah. Apalagi jika Anda ingin mengurus peralihan nama sertifikat tanah secara mandiri atau tanpa menggunakan jasa notaris.

Bea Balik Nama Sertifikat Tanah

Bea Balik Nama Sertifikat Tanah

Dengan mengetahui berapa biaya perubahan nama sertifikat tanah, Anda bisa menyiapkan anggaran yang akan dikeluarkan. Terlebih lagi, sertifikat tanah merupakan bukti terkuat dan dokumen penting hak atas tanah ketika menghadapi berbagai persoalan hukum.

Begini Prosedur Dan Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah

Selain mengetahui biaya penggantian nama sertifikat tanah, Anda juga harus mempelajari tata cara dan persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan.

Sebelumnya, tata cara penggantian nama sertifikat tanah harus melalui setidaknya 2 tahap. Pertama, pemilik tanah atau calon pemilik tanah harus mendatangi Pejabat Penyiapan Akta Tanah (PPAT).

Hal ini mengacu pada Pasal 37 Undang-Undang Pendaftaran Tanah Nomor 24 Tahun 1997, dimana setiap proses perubahan nama sertifikat tanah harus melalui PPAT.

Untuk melegalkan suatu transaksi pembelian tanah oleh negara, Anda harus terlebih dahulu memperoleh Akta Jual Beli atau AJB. Akta ini merupakan suatu dokumen resmi yang menjadi bukti sah peralihan hak atas tanah dari penjual kepada pembeli.

Infografik: Syarat Dan Prosedur Balik Nama Sertifikat Tanah Warisan

Kantor PPAT kemudian akan memeriksa kesesuaian keterangan hukum dan keterangan teknis sertifikat tanah pemilik tanah lama dengan keterangan tanah pada buku tanah di Kantor Pertanahan (BPN).

Hal ini harus dilakukan untuk mencegah sengketa tanah atau penjualan tanpa izin. Beberapa dokumen lain yang perlu dibawa oleh penjual dan pembeli tanah antara lain KTP, Kartu Keluarga, NPWP, dan surat nikah.

Khusus bagi penjual tanah, wajib memiliki dokumen konfirmasi pembayaran PBB, surat keterangan tanah, dan surat keterangan dari penjual bahwa tanah miliknya tidak disengketakan.

Bea Balik Nama Sertifikat Tanah

Jika tanah tidak bermasalah, sesuai PP Nomor 34 Tahun 2016, Kantor PPAT akan meminta pembeli tanah membayar pajak PPh sebesar 2,5 persen dari total nilai (nilai jual tanah).

Biaya Balik Nama Sertifikat Rumah Tahun 2023

Sementara itu, kantor notaris menetapkan tarif berbeda untuk biaya pemeriksaan dan penerbitan AJB. Oleh karena itu, pembeli dan penjual tanah dapat sepakat untuk memilih kantor PPAT yang akan digunakan terlebih dahulu.

Biasanya, kantor PPAT akan mengenakan biaya sekitar 0,5 persen hingga 1 persen dari total nilai transaksi hingga AJB diterbitkan.

Pada umumnya biaya-biaya tersebut meliputi jasa notaris, pemindahan nama, pembuatan akta jual beli. Seluruh proses memakan waktu 30 hari. Selanjutnya disiapkan 2 lembar AJB asli dan 1 eksemplar.

Biaya pengalihan sertifikat tanah lainnya yang harus dibayar adalah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (L&B) yaitu sebesar 5 persen dari harga rumah dan tanah dikurangi Nilai Perolehan Barang Kena Pajak Tidak Kena Pajak.

Ajb Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Dan Syarat Pembuatannya

Komponen biaya perubahan nama bidang tanah atau perubahan nama sertifikat tanah ini hanya dibayarkan pada saat mengajukan permohonan ke kantor BPN untuk perubahan nama sertifikat tanah.

Setelah selesai pengurusan AJB di kantor PPAT, pemilik tanah dapat segera memproses peralihan hak sertifikat tanah di kantor BPN setempat untuk mengubah status AJB menjadi SHM atau HGU.

Pengolahan alih sertifikat nama dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, peduli secara mandiri; kedua, dengan menyerahkannya ke kantor PPAT. Berapa biaya peralihan kepemilikan sertifikat tanah ke notaris?

Bea Balik Nama Sertifikat Tanah

Tentunya jika dilakukan oleh kantor PPAT akan dikenakan biaya pemrosesan. Keuntungannya, pemilik tanah tidak perlu membuang waktu untuk mengurusnya di BPN karena semuanya diurus oleh PPAT.

Ini Cara Membuat Atau Mencari Sertifikat Tanah

Biaya penggantian nama sertifikat tanah atau biaya penggantian nama tanah yang harus dibayar di Kantor BPN adalah biaya sebesar Rp 50.000 untuk verifikasi keaslian sertifikat tanah asli.

Biaya penggantian nama sertifikat tanah yang harus dibayar di Kantor BPN merupakan biaya jasa penggantian nama sertifikat. Jumlah tersebut sama dengan nilai jual tanah dibagi 1000 (nilai tanah (meter persegi) x luas tanah (meter persegi) / 1000).

Misalnya pembeli sebidang tanah seharga Rp 500.000 per meter persegi 1.000 meter persegi, maka biaya penggantian nama sertifikat tanah di Kantor BPN adalah Rp 500.000.

Demikianlah informasi mengenai biaya perubahan nama sertifikat tanah, dokumen-dokumen yang diperlukan serta tata cara pengurusannya. Biaya penggantian nama sertifikat tanah secara mandiri tentunya akan berbeda dengan biaya penggantian nama sertifikat tanah dengan menggunakan jasa Notaris.

Kabar Baik! Ini Syarat Dan Cara Balik Nama Sertifikat Tanah Tanpa Notaris

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini harian dari Kompas.com. Gabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita Terkait Berapa lama proses pengurusan sertifikat tanah di BPN BPN: Sertifikat Tanah Elektronik belum sah. Aset BMN dan BUMN akan diterbitkan sertifikat tanah elektronik, mau bikin sertifikat tanah? Berikut Syarat, Cara dan Biayanya, Gampang, Begini Cara Cek Keaslian Sertifikat Tanah

Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan preferensi Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita pilihan yang lebih relevan dengan minat Anda.

Bea Balik Nama Sertifikat Tanah

[POPULER CABODETABAK] Tetangga Firli Bahuri Kaget Rumahnya Dirampok | Sekelompok Remaja Menyerang Pos Penjaga | Anies mengatakan banyak jalan yang macet di Depok

Ini Tips Melakukan Transaksi Pembelian Lahan

[POPULER ] Hanya orang yang sudah vaksinasi dua kali yang boleh beroperasi di tempat umum | Sandiaga Soal Ancaman Bos MotoGP https:///read/2022/01/18/054000226/-popular–only-yang-aluh-vaksin-2-kali-dapat-berangkat-di-place https://asset .compass .com/crops/jvd4BdZ4lNjgnO2_LaBiiDUP1Tk=/0x0:0x0/195×98/data/photo/2021/11/15/6191f2df6a071.jpg

[POPULER ] Hanya orang yang sudah vaksinasi dua kali yang boleh beroperasi di tempat umum | Sandiaga Soal Ancaman dari Bos MotoGP

Informasi Anda akan digunakan untuk memverifikasi akun Anda jika Anda memerlukan bantuan atau jika aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda. pilihanmu

KPR Mandiri KPR BNI KPR BRI KPR OCBC NISP Dana Syariah KPR Permata KPR CIMB Niaga KPR BTN KPR Danamon KPR Maybank KPR Bank BCA Syariah Indonesia CIMB Niaga Syariah Danamon Syariah Bank Maybank Syariah Bank OCBC Syariah Bank BTN

Biaya Biaya Yang Ada Dalam Proses Jual Beli Rumah

Mentransfer pinjaman hipotek Meningkatkan pembayaran hipotek? Saatnya beralih ke KPR fixed rate dan cicilan rumah Pinjaman Multiguna Dapatkan pembiayaan berbagai kebutuhan sekarang juga dengan agunan properti

Simulasi keterjangkauan APR Hitung pembayaran hipotek berdasarkan pendapatan dan pilih properti dengan harga yang tepat Periksa kelayakan APR Sudahkah Anda memenuhi persyaratan aplikasi APR? Periksa kelayakannya di sini! Pusat Pelatihan CPR Pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang membeli rumah dengan CPR.

Penting untuk mengetahui cara menghitung biaya penggantian nama sertifikat tanah, terutama jika Anda berniat mengganti nama tanah dalam waktu dekat.

Bea Balik Nama Sertifikat Tanah

Misalnya biaya penerbitan AJB, BPHTB, dan verifikasi keabsahan sertifikat tanah dilakukan oleh notaris atau PPAT.

Contoh Surat Kuasa Balik Nama Sertifikat Tanah Pertama

Untuk mengurus AJB, Anda perlu mendatangi kantor PPAT setempat, lalu membawanya ke Badan Pertanahan Negara (BPN).

Langkah selanjutnya adalah membayar Biaya Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan juga mendaftar ke BPN.

Sebelumnya Cara Menghitung Penilaian Rumah Sebagai Agunan Bank Berikutnya Cara Cek Dokumen Tanah Terbaru Secara Online dan Offline

Memberikan beragam informasi sebagai panduan berbagai kebutuhan, mulai dari jual beli properti hingga inspirasi desain hunian nyaman.

Mustahilnya Milenial Miliki Tempat Tinggal

22 September 2023 Apartemen Taman Rasuna, Mega Superblock di Jakarta Selatan, Kuningan, Jakarta Selatan populer sebagai kawasan bisnis di DKI Jakarta dengan aktivitas manusia yang tinggi. Kawasan Kuningan memiliki banyak gedung perkantoran megah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan akses jalan tol. Oleh karena itu, Kuningan bisa dianggap sebagai salah satu kawasan terbaik untuk tinggal di ibu kota. Oleh karena itu,… Martha 4 min read 24 Mei 2023 Cara Menghitung Biaya Ganti Nama Sertifikat Tanah dengan Benar dan Syaratnya Mengetahui cara menghitung biaya ganti nama sertifikat tanah merupakan hal yang penting, apalagi jika Anda berniat mengganti nama tanah Anda dalam waktu dekat. masa depan. Seperti diketahui, perubahan nama sertifikat tanah dilakukan untuk mengubah nama kepemilikan atas tanah yang akan dibeli. Sebelum memperhatikan biaya pengalihan tanah, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Diantaranya cara menghitung biaya pindah nama ke sertifikat… Martha 3 min read 09 Jun 2023 Ini Biaya Notaris Jual Beli Rumah Baru, Tahukah Anda? Rincian biaya notaris untuk jual beli rumah merupakan hal yang perlu Anda ketahui jika ingin melakukan transaksi ini. Peran serta Notaris dalam transaksi jual beli sangatlah penting. Pasalnya, notaris mempunyai kewenangan untuk mengatur keabsahan suatu transaksi, termasuk menerbitkan berbagai dokumen yang menjamin legalitas dalam transaksi jual beli rumah. Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui biaya notaris sehubungan dengan jual beli rumah. Some… Martha 5 min read Sep 14, 2023 8 Cara Menabung Beli Rumah dengan Gaji $1 Juta Mau beli rumah, tapi gaji kecil menghambat? Pertanyaan ini kerap membuat khawatir kaum milenial yang ingin memiliki hunian pribadi. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membeli rumah idaman, salah satunya adalah dengan rutin menabung. Harus sabar dan konsisten dalam menabung untuk membeli rumah, meski tidak memakan waktu sebentar… Martha 4 min read 05 April 2023 5 Desain Tata Letak Kantor yang Nyaman dan Ideal Tata ruang kantor adalah tentang dekorasi dan desain kantor . Tata ruang kantor yang baik dan ideal akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat, ramah lingkungan, dan efisien. Sederhananya, tata ruang kantor dirancang untuk memudahkan alur kerja. Misalnya, seluruh tim pemasaran menempati area tertentu untuk membantu manajer tim mengoordinasikan anggotanya. Lalu… Martha 4 min read 20 Maret 2023 6 Cara Memilih Rumah Sewa yang Nyaman untuk Keluarga Ada berbagai cara dalam memilih rumah sewa yang nyaman. Simak ulasan lengkapnya di artikel ini. Rumah sewa adalah pilihan perumahan yang disukai banyak orang. Pasalnya, menyewa atau mengontrak rumah dinilai lebih praktis dibandingkan membelinya. Seperti yang Anda ketahui, harga rumah cenderung tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuat sejumlah orang kesulitan untuk membeli… Martha 4 min read 09 Maret 2023 7 Furnitur Minimalis Agar Apartemen Makin Nyaman Foto: Pinterest Desain Apartemen Minimalis

Biaya bea balik nama sertifikat tanah, bea balik nama tanah, mengurus balik nama sertifikat tanah, cara balik nama sertifikat tanah online, urus balik nama sertifikat tanah, biaya bea balik nama sertifikat rumah, cara urus balik nama sertifikat tanah, cara balik nama sertifikat tanah, bea balik nama sertifikat rumah, harga balik nama sertifikat tanah, biaya balik nama sertifikat tanah di notaris, balik nama sertifikat tanah

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *