Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung – KOMPAS.com – Seolah menjadi suatu keharusan, penderita GERD harus mengubah gaya hidup, termasuk pemilihan menu makanan, untuk mengantisipasi gejala GERD yang mengganggu aktivitasnya.

Bahkan terkadang pecinta buah pun ragu, amankah mengonsumsi buah? Kabar baiknya, ada beberapa buah-buahan yang aman untuk penyakit asam lambung dan bisa menjadi pilihan.

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Jenis makanan yang dikonsumsi ternyata berpengaruh signifikan terhadap jumlah asam lambung yang diproduksi di lambung. Buah yang aman untuk penyakit asam lambung adalah buah non jeruk, juga buah non asam.

Makanan Dan Minuman Pencegah Asam Lambung

Untuk menghindari penumpukan asam lambung yang dapat menyebabkan penderita GERD merasakan nyeri, mual, dan kembung, penting untuk memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh, termasuk buah-buahan. Pasalnya tidak semua buah-buahan aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Pada tahun 2013, peneliti di Universitas Tongji di Shanghai melakukan penelitian terhadap 500 pasien GERD. Hasilnya, jenis makanan tertentu bahkan terbukti mampu menurunkan frekuensi gejala GERD.

Sebaliknya, buah-buahan yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu peningkatan asam lambung adalah buah-buahan yang bersifat asam, seperti:

Bahkan olahan tomat dalam bentuk saus atau makanan dengan saus tomat seperti pizza dan lasagna juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung pada penderita GERD.

Kunci Pola Makan Bagi Penderita Asam Lambung

Selain itu, olahan buah-buahan seperti jus tomat dan jus jeruk juga dapat merangsang peningkatan asam lambung.

Beberapa penderita GERD juga kesulitan menoleransi bawang putih dan bawang bombay serta makanan yang diolah dengan bahan-bahan tersebut.

Bagi penderita GERD, jangan sepelekan daftar makanan yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Jika perlu, buatlah daftar makanan yang paling ramah dan tidak bersahabat.

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Namun ada pendapat lain yang datang dari American College of Gastroenterology. Mereka sebenarnya tidak menyarankan untuk menghindari makanan pemicu. Yang perlu disembuhkan adalah masalah pada sistem pencernaan seseorang.

Inilah 6 Pilihan Buah Yang Aman Untuk Asam Lambung, Bisa Dikonsumsi Kapan Saja Tanpa Takut Asam

Selain itu, masih banyak hal lain yang juga menjadi pemicu kambuhnya penyakit asam lambung atau gejala GERD lainnya yang tidak berhubungan langsung dengan makanan.

Misalnya saja bagaimana posisi tubuh seseorang setelah makan siang, apakah waktu makan terlalu dekat dengan waktu tidur, dan berapa porsi yang dikonsumsi.

Baik itu catatan harian makanan atau membiasakan tubuh dengan makanan berisiko, pilihan ada di tangan masing-masing individu.

Tentu saja tidak lengkap hanya menuliskan daftar buah-buahan untuk asam lambung. Selain itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan penderita GERD untuk mengantisipasi gejala nyeri.

Daftar Jus Buah Untuk Penderita Asam Lambung

Penting untuk diingat bahwa dibutuhkan waktu sekitar 4-5 jam sebelum perut benar-benar kosong dan siap diisi kembali. Inilah sebabnya mengapa penderita GERD tidak dianjurkan makan pada jam yang mendekati jam istirahat.

Dapatkan update berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Kompas.com. Ayo gabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, klik link https://t.me/kompascomupdate lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita Terkait Panduan Memilih Makanan untuk Penderita Maag Kenali Berbagai Ciri Penyakit Maag dan Cara Mengatasinya Sakit Perut Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah? Kenali “Intoleransi Makanan” Salah Satu Pemicu GERD dan “Usus Bocor”. Berikut 6 Makanan Penderita Maag yang Aman Dikonsumsi. Asam Lambung dalam Tubuh Berfungsi Membantu Saluran Pencernaan dan Mencegah Infeksi Bakteri pada Tubuh saluran Jika produksinya terlalu berlebihan, akan muncul gejala maag.

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Oleh karena itu, perlu adanya pola hidup dan pola makan yang sehat. Sebaiknya cari tahu dulu apakah setiap makanan yang Anda makan bisa memicu kekambuhan.

Buah Untuk Asam Lambung Yang Aman Dan Perlu Dihindari

Buah asam lambung yang pertama adalah buah kelapa. Air buah ini mengandung mineral potasium dan beberapa senyawa yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Tak hanya itu, air kelapa juga dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap normal dan menghambat peradangan lambung.

Pepaya merupakan pilihan buah yang aman untuk lambung. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki enzim papain.

Dalam sistem pencernaan, enzim ini berfungsi mempercepat proses pencernaan dan memperlancar pemecahan protein. Dengan demikian, protein akan lebih mudah dipecah menjadi asam amino.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Mineral magnesium dalam melon dapat meringankan gejala sakit maag. Oleh karena itu, melon merupakan salah satu buah untuk mengatasi asam lambung tinggi.

Buah untuk asam lambung selanjutnya adalah apel. Buah ini aman dikonsumsi karena kaya akan serat baik, kalsium, magnesium, dan potasium.

Buah untuk asam lambung yang terakhir adalah pisang. Kandungan keasaman buah pisang cukup rendah, dengan tingkat pH antara 4,5 hingga 5,2.

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Buah ini juga memiliki potasium dan serat, teksturnya halus. Oleh karena itu, sangat bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan.

Buah Untuk Penderita Asam Lambung Yang Aman Dikonsumsi Tanpa Takut Asam Lambung , Cek Disini

Nah itulah beberapa buah-buahan untuk asam lambung yang bisa dikonsumsi oleh penderita maag. Hindari buah-buahan yang mengandung buah jeruk atau asam, dan alpukat agar gejala maag tidak muncul. Tahukah Anda ternyata ada beberapa obat maag buah alami. Buah apa saja yang ampuh untuk maag? Lihatlah buah penyembuhan ajaib di sini.

Makanan pemicu keluarnya asam lambung, seperti makanan pedas, berlemak, dan kurang matang, sebaiknya dihindari sepenuhnya. Orang yang menderita maag atau penyakit lambung juga sebaiknya mengonsumsi buah yang baik untuk meredakan gejala maag.

Jenis buah yang dipilih harus memiliki tingkat keasaman yang rendah. Jeruk, lemon, grapefruit dan sejenisnya sebaiknya dihindari karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

Namun jangan khawatir, ada beberapa buah-buahan yang mengandung nutrisi yang dapat membantu menjaga bahkan menurunkan kadar asam lambung.

Penyakit Asam Lambung, Ciri Ciri, Gejala, Penyebab Dan Pantangannya

Buah ini mengandung potasium yang bermanfaat dalam menyeimbangkan pH atau keasaman lambung. Kandungan potasium yang tinggi juga mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stres.

Namun pada beberapa kasus, pisang bisa memperburuk kondisi maag. Oleh karena itu, tidak semua gangguan asam lambung cocok diobati dengan mengonsumsi buah pisang.

Pepaya mengandung papain atau enzim proteolitik yang meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan asam asetat dan asam askorbat berkhasiat sebagai obat penyakit lambung.

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Rasa manis pepaya juga menjadi pilihan yang aman bagi penderita gangguan lambung. Kandungan serat pada pepaya juga dapat memperlancar fungsi saluran pencernaan.

Menu Sarapan Yang Bisa Menurunkan Risiko Terkena Gerd, Enak Semua

Selain rasanya yang enak dan manis, mangga merupakan buah untuk sakit maag yang menyehatkan, kaya nutrisi serta dapat berfungsi sebagai antioksidan alami dan anti inflamasi.

Namun jika Anda menderita diabetes, hindari mengonsumsi buah ini dalam jumlah berlebihan. Mangga dapat meningkatkan gula darah jika dikonsumsi berlebihan.

Enzim ini dapat memperlancar pencernaan dan metabolisme. Air kelapa efektif mengendalikan naiknya asam lambung pemicu sakit maag. Minum air kelapa secara rutin dapat mencegah gangguan lambung penyebab sakit maag.

Buah yang memiliki kandungan air tinggi ini banyak mengandung citrulline, asam amino yang membantu tubuh menciptakan anomie. Anomie bermanfaat dalam menjaga kadar asam dalam tubuh.

Bermasalah Dengan Asam Lambung Yang Tinggi? Ini 9 Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Menurunkan Asam Lambung

Apel sangat kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin D dan vitamin B. Buah ini juga dapat membantu pencernaan dan buang air besar.

Buah persik dapat membantu mengobati diabetes dan masalah kulit. Kandungan asam pada buah persik cukup rendah sehingga baik dikonsumsi bagi penderita penyakit lambung.

Buah ara memiliki beberapa manfaat kesehatan. Kandungan serat pada buah ara juga baik untuk mengatasi gangguan pencernaan dan dapat mencegah sembelit.

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Pir mengandung beragam vitamin B yang baik untuk pencernaan dan sistem saraf. Konsistensinya yang lembut dan mudah dicerna membuat buah pir menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Jual Parcel Buah Bagi Penderita Sakit Asam Lambung Dan Maag ( Biasa / Akut / Kronis )

Melon bisa menjadi pilihan buah bagi penderita maag. Buah ini tidak hanya enak, juga mengandung banyak vitamin. Melon mengandung beberapa vitamin seperti vitamin K, vitamin C dan vitamin A.

Rasanya yang manis bisa menjadi salah satu pilihan buah yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Potong melon menjadi potongan-potongan kecil dan bisa Anda jadikan camilan saat istirahat.

Saat mengobati gejala maag, penting untuk memahami terlebih dahulu pemicunya. Hindari makan larut malam, konsumsi kopi dan konsumsi alkohol. Disarankan juga untuk memantau tingkat stres.

Jika gejala asam lambung terus muncul, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Cari tahu lebih lanjut tentang kesehatan dengan membaca artikel di aplikasi. Apakah buah naga termasuk makanan yang harus dihindari penderita asam lambung? Apa saja efek samping buah naga untuk asam lambung? Jangan salah, ini faktanya.

Asupan Makanan Yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung Halaman 1

Tak hanya menimbulkan gejala yang tidak nyaman, penyakit asam lambung juga kerap mengharuskan penderitanya berhati-hati dalam memilih makanan.

Salah satu makanan yang perlu diperhatikan adalah buah-buahan. Beberapa buah-buahan bersifat asam, sehingga bisa membuat perut Anda “kesal” dan memicu gejala yang mengganggu kehidupan sehari-hari.

Lalu bagaimana dengan buah naga? Apakah buah naga aman untuk penyakit asam lambung? Cari tahu faktanya di bawah ini.

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Buah naga merupakan salah satu jenis buah tropis yang memiliki bentuk yang unik. Daging buahnya yang berwarna merah atau putih dengan rasa manis yang khas membuatnya digemari banyak orang.

Asam Lambung Boleh Konsumsi Jus Buah? Cek Faktanya Di Sini!

Tak hanya itu, buah naga juga mengandung beragam nutrisi penting yang dapat membantu menjaga fungsi tubuh. Berikut penjelasannya:

Semua kandungan dalam buah naga dapat menimbulkan rasa asam yang dapat mempengaruhi kondisi asam lambung. Oleh karena itu, tidak hanya rasanya yang manis, tetapi juga mengandung asam yang patut diwaspadai oleh penderita penyakit ini.

Meski demikian, bukan berarti penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi buah naga. Buah ini cukup aman dikonsumsi oleh penderita penyakit ini asalkan memperhatikan ukuran porsinya.

Mengonsumsi buah naga yang masih dianggap aman bagi penderita penyakit asam lambung adalah sekitar setengah atau satu buah dalam sehari.

Mengenal 10 Manfaat Buah Matoa Dan Nutrisinya

Selain memperhatikan porsinya, pastikan perut Anda tidak dalam keadaan kosong saat mengonsumsi buah naga. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah sakit perut akibat asam yang dihasilkan buah tersebut.

Ada pula hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu jangan memadukan konsumsi buah naga dengan buah atau makanan lain yang memiliki rasa asam.

Penderita asam lambung juga tidak disarankan mengonsumsi buah naga atau makanan lainnya terlalu cepat. Pasalnya, mengunyah atau menelan makanan terlalu banyak dapat menyebabkan perut meregang sehingga menyebabkan gas naik ke kerongkongan dan memicu gejala.

Buah Yang Bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Yang terakhir adalah tetap aktif. Penderita asam lambung disarankan untuk berolahraga secara rutin dan sesuai kemampuan tubuh, agar keluhannya tidak selalu kambuh.

Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Jika Anda masih khawatir dengan efek buah naga terhadap asam lambung, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Makanan yang bisa menyembuhkan asam lambung, buah apa yg bisa menyembuhkan asam lambung, sperma bisa menyembuhkan asam lambung, buah menyembuhkan asam lambung, buah yang bisa menyembuhkan lambung, obat herbal yang bisa menyembuhkan asam lambung, buah yang bagus untuk menyembuhkan asam lambung, buah apa yang bisa menyembuhkan asam lambung, buah yang dapat menyembuhkan asam lambung, buah yg bisa menyembuhkan asam lambung, buah yang menyembuhkan asam lambung, buah buahan yang bisa menyembuhkan asam lambung

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *