Budaya Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari Hari – 2 DEFINISI DEMOKRASI Suatu bentuk atau cara sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warga negara) atas negara yang dilaksanakan oleh pemerintahan negara tersebut.

1. Menurut Komisi Ahli Hukum Internasional, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan oleh rakyat di mana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan dijalankan oleh mereka atau oleh wakil-wakil mereka yang dipilih berdasarkan sistem pemilihan umum yang bebas. Oleh karena itu, yang didahulukan dalam pemerintahan demokratis adalah rakyat.

Budaya Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Budaya Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari Hari

2. Menurut Lincoln, demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat (pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat). 3. Menurut C.F Strong suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewasa suatu masyarakat politik berpartisipasi berdasarkan sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah pada akhirnya bertanggung jawab atas tindakannya kepada mayoritas tersebut.

Makalah Demokrasi Indonesia

Kata “demokrasi” berasal dari bahasa Yunani kuno yang diungkapkan di Athena kuno sebelum abad ke-5 SM. Negara ini secara umum dianggap sebagai contoh awal sistem hukum demokrasi modern. Namun arti istilah tersebut telah berubah seiring berjalannya waktu, dan definisi modern telah berkembang sejak abad ke-18, seiring dengan berkembangnya sistem “demokratis” di banyak negara.

Kata demokrasi berasal dari dua kata yaitu demos yang berarti rakyat dan kratos/cretin yang berarti pemerintahan, sehingga dapat diartikan pemerintahan dari rakyat atau yang kita sebut dengan pemerintahan oleh rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. .seperti yang lebih tahu. Orang-orang ini. Konsep demokrasi menjadi kata kunci tersendiri dalam bidang ilmu politik. Hal ini wajar, karena demokrasi kini disebut-sebut sebagai salah satu indikator perkembangan politik suatu negara.

Demokrasi mempunyai tempat yang penting dalam kaitannya dengan pembagian kekuasaan dalam negara (umumnya berdasarkan konsep dan prinsip trias politica). Kekuasaan negara yang berasal dari rakyat hendaknya juga dipergunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Teori semacam trias politica ini menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan ketika fakta sejarah mencatat bahwa kekuasaan pemerintah (eksekutif) yang sangat besar ternyata tidak mampu menciptakan masyarakat yang adil dan beradab, bahkan kekuasaan absolut pemerintah seringkali berujung pada pelanggaran. hak asasi manusia.

Dalam lingkungan keluarga, pemanfaatan budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga dapat diwujudkan dalam bentuk: – kesediaan menerima kehadiran sanak saudara; – menghormati pendapat anggota keluarga lainnya; – Selalu mempertimbangkan pembagian kerja; – Terbuka untuk memecahkan masalah bersama.

Contoh Sikap Sila Ke 1 Sampai 5 Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari

Di lingkungan masyarakat, pemanfaatan budaya demokrasi di lingkungan masyarakat dapat diwujudkan dalam bentuk: – kesediaan menerima kesalahan yang dilakukan individu; – Kesediaan untuk hidup bersama dengan anggota masyarakat tanpa diskriminasi; – menghormati pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapatnya; – Memecahkan masalah dengan memprioritaskan solusi; – Terdengar tidak pantas atau merugikan diri sendiri jika berbicara dengan warga lain.

Implementasi budaya demokrasi di lingkungan sekolah dapat diwujudkan dalam bentuk: – siap bergaul dengan teman sekolah tanpa diskriminasi; – menyambut teman-teman dari latar belakang budaya, etnis dan agama yang berbeda; – menghormati pendapat teman, meskipun berbeda dengan pendapat kita; – Mengutamakan musyawarah, membuat kesepakatan untuk menyelesaikan masalah; – Sikap tanpa kekerasan.

Pemanfaatan budaya demokrasi dalam lingkungan kehidupan bernegara dalam lingkungan kehidupan bernegara dapat diwujudkan dalam bentuk: – siap menerima kesalahan atau kekalahan secara dewasa dan ikhlas; – Kesediaan pemimpin untuk selalu mendengarkan dan menghormati pendapat warganya; – Memiliki kejujuran dan integritas; – memiliki rasa malu dan tanggung jawab terhadap masyarakat; – menghormati hak-hak kelompok minoritas; – menghormati perbedaan yang ada pada manusia; – Mengutamakan pembahasan untuk kesepakatan bersama penyelesaian permasalahan negara.

Budaya Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dari pengalaman bangsa kita di masa lalu, nampaknya demokrasi masih belum mapan. Kita sudah benar-benar menganut demokrasi dan hal ini sudah lazim dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, bahkan berbangsa dan bernegara. Namun, kami belum memisahkannya. Penyempitan artinya sudah menjadi kebiasaan. Mengatakan “demokrasi sudah menjadi budaya” berarti penghayatan terhadap nilai-nilai demokrasi sudah menjadi kebiasaan di kalangan warga negara. Dengan kata lain, demokrasi telah menjadi bagian integral dari kehidupan. Seluruh hidupnya dipenuhi dengan nilai-nilai demokrasi.

Bab 2 Sistem Dan Dinamika Demokrasi Pancasila

Namun, hal itu belum terjadi. Di media massa sering kita mendengar bagaimana warga negara, bahkan pemerintah sendiri, kerap melanggar nilai-nilai demokrasi. Masyarakat tidak menghargai kebebasan orang lain, tidak menghargai perbedaan, supremasi hukum kurang didukung, kesetaraan kurang dipraktikkan, partisipasi warga negara atau individu dalam kehidupan sehari-hari dan kehidupan politik tidak maksimal, musyawarah tidak maksimal. Digunakan sebagai cara untuk merencanakan sesuatu. Bahkan di dalam keluarga dan komunitas kita sendiri, nilai-nilai demokrasi belum cukup dipraktikkan.

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami mencatat data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie. Perilaku budaya demokrasi hendaknya dikembangkan dalam kehidupan demokratis, baik suprastruktur maupun infrastruktur. Perilaku budaya demokrasi yang dikembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara akan menciptakan demokrasi yang beradab dan berbudaya. Kondisi seperti ini merupakan iklim yang cukup kondusif bagi terwujudnya masyarakat sipil.

Untuk mewujudkan negara demokratis, negara harus menerapkan prinsip-prinsip demokrasi yang didukung oleh warga negaranya.

Nilai-nilai demokrasi tersebut antara lain: keadilan, keterbukaan, rasa hormat, pengakuan terhadap perbedaan, non-kekerasan, perdamaian, tanggung jawab dan kerjasama.

Prinsip Pokok Demokrasi Pancasila Yang Pernah Diterapkan Indonesia

Sistem politik demokrasi yang dianut di Indonesia adalah Sistem Politik Demokrasi Pancasila. Budaya demokrasi Pancasila merupakan ideologi demokrasi yang berpedoman pada prinsip-prinsip masyarakat yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, Indonesia yang bersatu, dan mengedepankan keadilan sosial secara bersama-sama. Seluruh masyarakat Indonesia. Aspirasi masyarakat dapat terealisasi baik pada institusi suprastruktur politik (lembaga negara) maupun infrastruktur politik (partai politik, ormas, dan media politik lainnya).

1.     Menjunjung kesetaraan: Menjunjung kesetaraan berarti kita bersedia berbagi dan menerima perbedaan pendapat, kritik, dan saran dari pihak lain.

2.      Menjunjung keseimbangan antara hak dan tanggung jawab: Dalam kehidupan bermasyarakat, terdapat batasan-batasan yang harus dipatuhi secara bersamaan berupa hak-hak orang lain agar sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Budaya Demokrasi Dalam Kehidupan Sehari Hari

3. Menumbuhkan sikap arif dan adil Arif dan adil dalam arti sederhana adalah tindakan yang benar-benar penuh perhitungan, sadar diri, siap memahami apa yang dilakukan orang lain, proporsional, tidak diskriminatif, terbuka, memiliki dan menjaga persatuan dan kesatuan. Lingkungan masyarakat sekitar.

Demokrasi Religius Sebagai Tawaran Untuk Indonesia Yang Lebih Berkeadaban

4. Berunding secara bijaksana untuk mencapai mufakat dalam pengambilan keputusan Musyawarah untuk mufakat artinya dalam setiap kesempatan yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, pengambilan keputusan memerlukan kesadaran dan kebijaksanaan.

5.      Mengutamakan Persatuan dan Persatuan Bangsa: Yang penting dalam memahami sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan adalah bagaimana kita bisa tanpa pamrih bertindak demi kepentingan bangsa dan negara sekecil apapun yang kita lakukan dalam posisi kita. dan bisnis.

Pembiasaan menerapkan budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari dapat dilakukan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, organisasi masyarakat (ormas) dan partai politik (partai politik), serta di DPR sebagai lembaga pembuat undang-undang.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *