Cara Membuat Dompet Koin Dari Kain Perca – Apakah tempat sampah di rumah selalu penuh? Apakah sebentar kosong lalu sampahnya menumpuk lagi? Hal ini juga terjadi pada saya. Apalagi sampah kardus, eh, paling banyak memakan tempat. Itu sebabnya saya begitu bersemangat ketika mengetahui blogger perempuan di Semarang diundang ke lokakarya daur ulang sampah rumah tangga menjadi barang bermanfaat. Dalam pelatihan ini, karton bekas menjadi dompet koin yang cantik. Jadi saya bertanya-tanya, apakah mudah membuatnya?

Alfamart selaku penyelenggara yang bekerja sama dengan Nia Nurdiansyah (pendiri @detiktengahpartnership) meyakini perempuan mempunyai peran penting dalam penghijauan dan pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional dan Hari Air dan Bumi, acara ini diadakan pada hari Kamis, 22 Maret 2018 dengan dipandu oleh MC Ira Sulistiana dan Ibu Alfa Yuniar dari Laquinna Creative Handmade. Bu Yuni sudah siap dengan bungkusan kecil yang akan digunakan untuk mengajarkan cara membuat koin.

Cara Membuat Dompet Koin Dari Kain Perca

Cara Membuat Dompet Koin Dari Kain Perca

Sekitar 25 blogger perempuan yang berkumpul di ruang lantai 8 Hotel Allstay, Jalan Veteran 51-53 Semarang, dengan penasaran membuka paket kerajinan tangan yang dibagikan. Bungkusan kecil tersebut berisi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dompet koin.

Kreasi Dari Kain Perca Yang Bisa Kamu Buat

2 lembar karton bekas berbentuk setengah lingkaran (hampir) dengan ukuran: Diameter 7 cm, tinggi 4 cm; B diameter 7 cm tinggi 3.8 cm

Saat saya fokus mengikuti langkah demi langkah cara membuatnya, topik fotografi pun terabaikan…lol. Tapi saya coba latihan sendiri di rumah lho. Jadi ya lumayanlah, kamu bisa memotretnya untuk memberikan gambaran tentang proses pembuatan dompet koin.

Masukkan kain A dengan motif kain menghadap ke bawah. Selanjutnya setengah lingkaran A dan karton A direkatkan pada bahan (lihat gambar bawah). Beri jarak 6 mm antara karton persegi panjang A dan karton setengah lingkaran A. Lakukan hal yang sama dengan karton B dan kain. Sisakan jarak 4 mm untuk B.

Setelah karton direkatkan dengan kain, pinggiran kain juga kita rekatkan hingga membentuk pembatas. Lakukan hal yang sama pada A dan B.

Bagaimana Cara Menemukan Ide Untuk Membuat 101 Karya Dari Kain Perca?

Lalu kita ambil bahan untuk bagian sampingnya. Lipat kain menjadi dua dan rekatkan ujung-ujungnya. Lakukan hal yang sama pada kedua sisi kain.

Sekarang saatnya memasang tombol. Tombol yang digunakan saat latihan adalah tombol magnet. Tapi karena saya punya kancing datar di rumah, saya hanya menggunakan apa yang saya punya. Cara pemasangannya, jahit kancing depan (atau tempelkan magnet kancing) pada ujung tengah setengah lingkaran B. Setelah selesai menjahit kancingnya, tekuk B menjadi bentuk U dan rekatkan kain samping di sisi kiri. dan di sisi kanan. Misalkan B adalah lapisan dalam dompet.

Sekarang giliran A yang melengkung dan merekatkannya ke B sehingga menjadi lapisan luar dompet. Namun sebelum itu, kita harus menjahit terlebih dahulu sepasang kancing depan ke ujung tengah persegi panjang A.

Cara Membuat Dompet Koin Dari Kain Perca

Segera setelah kancing dijahit, rekatkan A ke B dengan lem Aica Aibon, agar bagian luar dan dalam dompet menyatu sempurna. Terakhir, kami menutup dompet dan menyatukan kedua tombol; tekan sampai muncul tulisan “ceplisss” *harus banget.. dan dompet siap menyimpan beberapa koin yang sangat berharga di hari tua anda.

Jual Cara Membuat Dompet Kecil Dari Kain Kudus Harga Terbaik & Termurah Oktober 2023

Ternyata membuat dompet koin sendiri dari bahan karton daur ulang di rumah tidaklah sulit. Workshop dua jam ini sangat bermanfaat untuk latihan. Si bungsu tidak percaya bahwa dompet kecil cantik yang saya bawa pulang dari pelatihan itu dibuat sendiri.

Gerakan blogger perempuan ini sangat bagus. Selain mengurangi jumlah sampah rumah tangga, kami juga memproduksi barang-barang bermanfaat. Maklum, bahkan bisa dikembangkan menjadi bisnis. Jadi, ada yang tertarik untuk membuatnya? Mango, semoga tutorial diatas dapat sangat membantu.

Profesional pendidikan yang suka menulis. Ia tidak lagi mengajar di suatu lembaga pendidikan, namun ia masih berkecimpung di dunia tersebut. Seorang guru sekolah minggu seumur hidup yang sesekali bepergian dan meluangkan waktu di dapur. Siapa disini yang punya banyak sisa bahan jahit? Kadang dilema kalau dibuang karena motifnya sudah cantik atau bekas, tapi masih bingung mau ganti apa? Kreasi tambal sulam ini bisa menjadi beragam benda multifungsi.

Selain itu, penggunaan berbagai jenis motif juga menambah nilai estetika. Nah, dari pada penasaran yuk tonton 10 video yang bisa kamu jadikan alternatif karya tambal sulam, biar sisa pakaian di rumahmu nggak tersimpan begitu saja!

Dompet Denim Keren Yang Dibuat Dari Jeans Bekas

1. Kamu bisa memberikan kado sederhana kepada ibumu dengan jaket tambal sulam tahan panas ini untuk masakan sehari-hari

2. Bingung penempatan koin yang benar? Sebaiknya tas mini ini dibuat agar tas kecil longgar Anda tidak lagi berantakan

3. Para fashionista bisa menjadikan aksesoris alternatif untuk melengkapi penampilannya dengan membuat bros cantik dari bahan tambal sulam

Cara Membuat Dompet Koin Dari Kain Perca

4. Manfaatkan waktu luang Anda secara produktif dengan mengubah kain perca menjadi alas kaki yang estetis, sungguh bermanfaat!

Dompet Koin Dari Botol Bekas

5. Kreasi tambal sulam menjadi tas serut yang eye catching ini sangat berguna untuk sehari-hari, kombinasi warna yang berbeda membuatnya menarik

6. Berhijab! Dari pada beli baju mahal, buat saja sisa kainnya sendiri, ada baiknya untuk dijual kembali

7. Bagi yang punya kemampuan menjahit dan suka berkreasi, kain tambal sulam bisa dijadikan outfit yang keren

8. Buat bunda, syal tambal sulam ternyata bisa dijadikan tas bayi, sangat berguna untuk beraktivitas bersama si kecil

Biasanya Sebelum Membuat Boneka Dari Kain Flannel Atau Kain Felt Kita Terlebih Dahulu Membuat Pola Dari Kertas

9. Bosan dengan desain dompet yang itu-itu saja? Mungkin Anda bisa memulai tren baru dengan menghilangkan noda tersebut

10. Gunakan dekorasi mini seperti boneka tambal sulam ini sebagai gantungan kamar, hiasan pohon Natal, dll.

Menarik atau tidak menarikkah karya yang disajikan di atas? Sekarang rencanakan mana yang ingin Anda lakukan terlebih dahulu. Ubah bahan kain yang sering diabaikan menjadi barang berguna. Daripada beli, mending bikin sendiri kan?

Cara Membuat Dompet Koin Dari Kain Perca

Komunitas IDN Times merupakan media yang menyediakan wadah untuk menulis. Segala karya tulis yang dihasilkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.Jika Anda memiliki banyak sisa jahitan dan tidak tahu harus membuangnya ke mana, Anda bisa mempelajari salah satu teknik penggunaan kembali dengan membuat dompet dari bahan quilting. Ini pasti akan lebih bermanfaat karena bisa digunakan kembali dalam kehidupan sehari-hari.

Diy Kain Perca Jadi Kreasi Multifungsi, Bernilai Ekonomis

Jika Anda berkreasi dengan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai lagi seperti limbah jahit atau konveksi pasti akan menghasilkan penghasilan tambahan. Karena mempunyai fungsi yang berbeda dan lebih bermanfaat. Untuk membuat dompet dibutuhkan beberapa bahan. diantara yang lain:

Dapat mendatangkan keuntungan tambahan. Pemula pun bisa membuatnya karena cukup sederhana dan murah. Berikut langkah-langkah membuat dompet dari kain perca:

Saat membuat pola, gunakan kertas yang cukup tebal seperti karton atau sejenisnya agar tidak bergerak saat dipotong. Namun, jika Anda ahli dalam memotong, Anda cukup menggunakan koran bekas.

Sebelum memotong polanya, gambarlah terlebih dahulu bentuk yang diinginkan. Kali ini dompet sederhana berukuran panjang 19 cm dan lebar 8 cm berbentuk persegi panjang dengan sudut melengkung, cukup untuk pita saja berukuran 6 x 4 cm.

Cara Membuat Boneka Flanel Minions

Pada saat membuat pola, gambarnya dilakukan dengan spidol agar lebih mudah dilihat. Kemudian potong sepanjang garis. Cobalah untuk melampaui batas sehingga kesalahan apa pun dapat diperbaiki. Jadi jangan terlalu kecilkan dan ubah bentuknya.

Sebaiknya dipotong dengan gunting yang tajam agar polanya mudah dibentuk. Lalu jika sudah matang, jauhkan dari kain, karena takut tersangkut di kain dan menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Untuk membuat bentuk sesuai pola, tempelkan peniti agar bahan tidak berpindah dari karton. Kemudian potong dengan hati-hati dengan gunting. Semua motif harus dibuat sama persis agar menyatu dengan baik saat dijahit.

Cara Membuat Dompet Koin Dari Kain Perca

Guntingan dibuat sebanyak 2 buah per motif pada bagian samping dompet. Sisakan flare atau kelebihan sekitar 1 cm di setiap sisinya. Begitu pula untuk membuat pita, ikuti ukuran pola kecil yang ingin menghiasi bagian depan dompet.

Daur Ulang Kardus Bekas Jadi Dompet Koin

Selain bahannya, busa juga harus dipotong sesuai pola, ditambah kelebihan sekitar 1 cm. Namun, hanya bagian sisinya yang diisi pelapis. Jangan gunakan lapisan untuk kaset. Agar tidak mudah bergerak, tempelkan pin pada bagian samping lalu potong.

Dengan menggunakan busa, Anda bisa membuat dompet tambal sulam yang tahan lama. Pastikan mengandung serat. Jenis ini khusus digunakan untuk pelapis dompet atau tas. Karena ada beberapa ketebalan dan tipe yang beredar di pasaran.

Setelah Anda selesai memotong busa, tempelkan ke kain dengan peniti. Tempelkan pada bagian tepi dan tengahnya agar tidak mudah bergerak. Jika ada sisa yang terlalu berbeda, bisa langsung diganti, asalkan tidak berubah bentuk.

Tujuan dari busa ini adalah untuk menjaga bahan tetap kokoh agar tidak melemah saat digunakan. Dengan cara ini ia bisa mempertahankan bentuknya. Ini akan membuat dompet semakin cantik.

Teramila 7 Atau 8 Buah/set 30×3 0cm/25x25cm Kain Jahit Tetas Kain Perca Selimut Kain Katun Buatan Tangan Untuk Menjahit

Bagi yang terbiasa memasang resleting, proses menjahitnya tentu akan mudah. Namun jika Anda masih pemula, biasanya sulit mendapatkan posisi yang tepat. Jadi lebih baik menggunakannya dengan sepatu penindas di satu sisi.

Pemasangan resleting diawali dengan meletakkan resleting secara terbalik, kemudian disejajarkan dengan pola bagian atas dompet. Namun sisi yang bermotif menghadap ke arah sebaliknya, sehingga jika dibalik maka penempatannya akan tepat.

Dalam proses ini, Anda perlu mencocokkan pola dompet yang resletingnya terpasang dengan baik dan rapi. Jika Anda takut bergerak, gunakan peniti untuk memperbaiki posisinya. Ini memudahkan penjahitan nantinya.

Cara Membuat Dompet Koin Dari Kain Perca

Gunakan motif lucu yang berbeda dengan bagian luar dompet agar hasilnya lebih menarik dan menawan. Hal ini sesuai dengan tujuan pemasangan liner yaitu membuat bagian dalam pouch menjadi kurang mulus.

Cara Membuat Dompet Dari Kain Perca Yang Elegan Dan Menarik

Untuk mempercantik bagian tepi dompet, Anda bisa menjahit biband pada bagian tepinya. Lebarnya sekitar 3 cm. Sesuaikan panjangnya dengan panjang lingkar tas, jangan lupa tambahkan kira-kira. 2 cm untuk lipatannya.

Agar rel tidak bergerak, kencangkan pin agar bagian samping dompet dapat tertutup, tetapi jangan menyentuh besi resleting agar lebih mudah menjahit. Pemasangan: letakkan sisi bermotif di sisi dalam.

Setelah dompet sudah jadi, saatnya mendekorasinya agar tidak terlihat terlalu besar

Cara membuat dompet dari kain perca, dompet koin dari kain perca, dompet koin kain perca, cara membuat dompet dari kain perca tanpa resleting, tutorial membuat dompet dari kain perca, cara membuat dompet koin dari kain flanel, cara membuat kerajinan dompet dari kain perca, dompet dari kain perca, membuat dompet dari kain perca, cara membuat dompet pensil dari kain perca, cara membuat dompet kain perca, cara membuat dompet hp dari kain perca

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *