Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang – KOMPAS.com – Jantung kita berdetak setiap detiknya memompa darah agar tubuh dapat berfungsi normal. Secara umum, detak jantung orang dewasa berkisar antara 60 hingga 100 detak per menit dengan ritme yang teratur.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab jantung berdebar tiba-tiba, seperti setelah berolahraga terlalu keras, masalah psikologis (seperti stres, ketakutan, kecemasan, atau serangan panik), konsumsi kafein berlebihan, dan makanan tertentu seperti makanan tinggi karbohidrat, lemak, dan makanan. misin (MSG).

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang

Palpitasi juga bisa disebabkan oleh masalah jantung yang lebih serius. Irama jantung yang tidak teratur biasanya menyebabkan penyakit jantung koroner, serangan jantung, gagal jantung kongestif, gangguan katup jantung, dan gangguan otot jantung.

Penyebab Jantung Berdebar Tak Selalu Soal Penyakit

Jika jantung berdebar disebabkan oleh penyakit jantung, biasanya disertai gejala lain, seperti pusing, badan terasa melayang atau tidak stabil, nyeri dada, dan sesak napas.

Saat detak jantung meningkat, tekanan darah turun, yang bisa menyebabkan pingsan. Denyut jantung yang terlalu cepat, seperti pada fibrilasi atrium, dapat menyebabkan terbentuknya bekuan darah.

Penting untuk mencatat kapan jantung berdebar terjadi secara tiba-tiba dan apa yang Anda lakukan atau baru saja lakukan sebelum hal itu terjadi. Catatan ini berguna untuk mengidentifikasi pola dan pemicu.

Jika setelah menggunakan cara-cara di atas Anda masih merasakan jantung berdebar atau semakin bertambah pusing, rasa melayang, nyeri dada dan sesak, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memeriksakan kondisi Anda.

Jantung Berdebar Kencang: Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengatasinya

Jika masalah detak jantung tidak teratur tersebut memang disebabkan oleh penyakit jantung, maka dokter akan meresepkan pengobatan sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.

Dapatkan berita pilihan harian dan berita terhangat dari Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Berita Terkait: 9 Kebiasaan yang Harus Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Jantung Seberapa Besar Kemungkinan Terkena Serangan Jantung Saat Berhubungan Seks Makanan Manis dan Pengaruhnya terhadap Kesehatan Jantung Serangan Jantung Bisa Terjadi Saat Anda Tidur! Tahu 5 Gejala Mengapa Obesitas Picu Penyakit Jantung?

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang

Jixie mencari berita yang mendekati preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita pilihan yang lebih relevan dengan minat Anda. Apakah jantung Anda tiba-tiba berdetak kencang tanpa sebab yang jelas? Jangan panik. Ini merupakan cara mengatasi jantung berdebar yang efektif dan mudah untuk dipraktikkan.

Cara Alternatif Rumahan Untuk Mengatasi Jantung Yang Berdebar Secara Berlebihan

Mengalami situasi gugup dan panik dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Bahkan tanpa alasan yang jelas, jantung Anda mungkin berdetak kencang.

Jantung manusia berdetak sekitar 36 juta kali dalam setahun. Tak heran jika sesekali Anda merasa jantung kehilangan ritme atau berdetak lebih cepat.

Pada beberapa kasus, jantung berdebar disebabkan oleh hal yang wajar dan Anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Nah dalam hal ini, berikut cara mengatasi jantung berdebar:

Duduk dan “gantung” kaki Anda tinggi-tinggi di atas jantung Anda. Bernapaslah dalam-dalam dan perlahan; biarkan rongga perut mengembang setiap kali bernapas.

Cara Mengobati Jantung Berdebar Karena Cemas Dan Gugup Ala Dokter Zaidul Akbar, Konsumsi Ini

Posisi ini bisa sedikit membuat Anda rileks dan juga membantu melancarkan sirkulasi darah. Hasilnya, jantung bisa menyesuaikan ritmenya kembali normal.

Anda bisa melakukan manuver Valsava untuk mengatasi detak jantung yang cepat. Tekan kedua hidung dan tutup mulut Anda. Cobalah untuk menghembuskan napas perlahan.

Dehidrasi menyebabkan jantung Anda tegang. Jumlah darah yang beredar di tubuh Anda, atau volume darah, berkurang saat Anda mengalami dehidrasi. Sebagai kompensasinya, jantung Anda akan mulai berdetak lebih cepat.

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang

Stres dapat menyebabkan jantung berdebar atau gugup. Oleh karena itu, manajemen stres yang baik dapat membantu meringankan keluhan jantung berdebar.

Penyebab Jantung Berdebar Kencang Dan Cara Mengatasi

Untuk itu, usahakan luangkan setidaknya 30 menit sehari untuk menenangkan pikiran. Misalnya dengan bermeditasi, melakukan latihan pernafasan dalam (

Kelelahan bisa menjadi pemicu jantung berdebar. Oleh karena itu, mengatur waktu tidur mungkin bisa menjadi salah satu cara mengatasi jantung berdebar.

Rata-rata orang dewasa dianjurkan untuk tidur malam selama 7-8 jam. Sementara itu, balita membutuhkan waktu tidur 9-10 jam.

Jenis obat tertentu dapat menyebabkan jantung berdebar. Misalnya beberapa jenis obat asma, beberapa jenis obat alergi, dan beberapa obat diet.

Sindografis: Waspadai Jantung Berdebar Dan Berdetak Tak Beraturan

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui dosis yang paling tepat sehingga risiko efek samping jantung berdebar dapat diminimalisir.

Perlu diketahui bahwa kafein dalam kopi, teh, dan minuman berenergi dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Risiko ini mungkin lebih tinggi jika Anda memiliki tubuh yang sensitif.

Lakukan tindakan ini sambil menarik napas. Fokus pada napas Anda saat Anda menarik dan membuang napas. Detak jantung Anda perlahan akan kembali normal.

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang

Segera dapatkan pertolongan medis jika sering terjadi keluhan berdenyut disertai berbagai gejala lain seperti nyeri dada, sesak napas, pusing, dan kehilangan kesadaran.

Ayo, Perlambat Detak Jantung Demi Hidup Sehat

Padahal, jantung berdebar yang tidak kunjung membaik dan disertai gejala tersebut mungkin merupakan tanda penyakit yang lebih serius.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai jantung berdebar, konsultasikan saja dengan dokter secara online. Pastikan juga download aplikasinya agar tidak ketinggalan fakta kesehatan lainnya Cara Menyembuhkan Jantung Berdebar Tanpa Obat Tanggal Terbit: 22 Februari 2019 Terakhir Diperbarui: 12 Oktober 2020 Diulas 13 Juni 2019 Waktu Baca: 5 menit

Jantung berdebar atau detak jantung yang cepat dan kuat belum tentu menandakan bahwa penyebabnya adalah penyakit jantung. Sebenarnya mengatasi jantung berdebar tidak selalu membutuhkan pengobatan, ada cara alami yang bisa Anda andalkan.

Dalam dunia medis, jantung berdebar dikenal dengan sebutan jantung berdebar, dimana jantung berdetak kencang dan cepat dari biasanya, detak jantungnya terlihat kuat bahkan hingga ke dada dan terasa hingga ke leher dan tenggorokan. Tak jarang membuat siapa pun yang mengalaminya merasa takut, padahal rasa takut membuat jantung berdebar kencang.

Apa Artinya Jika Jantung Berdebar Disertai Cemas Dan Sesak Napas?

Kabar baiknya, jantung berdebar-debar umumnya bukanlah masalah yang serius atau berbahaya dan sering kali dapat hilang dengan sendirinya. Penyebabnya antara lain stres dan kecemasan, terlalu banyak mengonsumsi kafein, nikotin, atau alkohol, olahraga atau aktivitas fisik yang berat, dan kehamilan, seperti yang dijelaskan di sini: Penyebab Palpitasi.

Namun jangan terkecoh dengan pernyataan ini, meski jarang terjadi, jantung berdebar bisa menjadi pertanda adanya masalah jantung yang lebih serius. Apalagi jika jantung berdebar disertai sesak napas, pusing, nyeri dada, pingsan, dan keluhan serius lainnya. Jika hal ini terjadi, segera dapatkan bantuan medis dan abaikan jantung berdebar di bawah ini.

Stres dapat memicu atau memperparah jantung berdebar karena stres dan kegembiraan dapat mempengaruhi kadar adrenalin dalam tubuh. Mengelola stres melalui relaksasi dapat membantu mengatasi jantung berdebar. Pilihannya antara lain dzikir, meditasi, tai chi atau yoga.

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang

Cobalah duduk bersila dan tarik napas perlahan melalui lubang hidung dan keluarkan melalui mulut. Ulangi sampai Anda merasa tenang. Fokus dan bersantai sepanjang hari juga sangat diperlukan, tidak hanya untuk jantung berdebar-debar.

Penyebab Jantung Berdebar Dan Cara Mengatasinya

Saraf vagus memiliki banyak fungsi, termasuk menghubungkan otak dengan jantung. Tujuan dari manuver vagal adalah untuk merangsang saraf vagus sehingga dapat membantu mengatur detak jantung yang cepat. Anda bisa merangsang saraf vagus di rumah, namun sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

Dehidrasi dapat menyebabkan jantung berdebar. Hal ini tidak mengherankan karena darah kita mengandung air, sehingga ketika kita dehidrasi, darah kita bisa menjadi semakin kental. Semakin kental, semakin sulit jantung memompanya ke pembuluh darah. Akibatnya, detak jantung meningkat dan bisa menyebabkan jantung berdebar.

Saat Anda mulai merasakan denyut nadi semakin cepat, ambillah segelas air dan minum sambil duduk. Untuk mengetahui apakah anda cukup air atau kurang perhatikan warna urine anda, jika masih kuning atau gelap anda tetap perlu banyak minum hingga urine yang anda keluarkan tidak berwarna (bening) atau kuning bening.

Elektrolit membantu memindahkan sinyal listrik ke seluruh tubuh. Sinyal listrik penting bagi jantung untuk memompa darah. Beberapa elektrolit yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan jantung meliputi:

Kenapa Jatuh Cinta Bikin Jantung Berdebar Kencang? Halaman All

Sebagian besar elektrolit ini paling baik diperoleh dari makanan. Alpukat, pisang, ubi jalar, dan bayam merupakan sumber potasium yang baik. Makan lebih banyak sayuran berdaun gelap dan produk susu untuk meningkatkan asupan kalsium Anda. Sayuran berwarna hijau tua juga merupakan sumber magnesium, begitu pula kacang-kacangan dan ikan. Sedangkan natrium (garam meja) bisa didapat dari makanan sehari-hari, terutama yang rasanya asin.

Jika diperlukan, suplemen juga dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit untuk membantu mengatasi jantung berdebar. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen.

Jadi perhatikan asupan Anda dalam beberapa hari terakhir, jika salah satu sumber makanan di atas ada yang berlebihan atau kurang, usahakan seimbang. Terlalu banyak elektrolit dapat menyebabkan masalah, termasuk jantung berdebar-debar. Jika Anda mencurigai adanya ketidakseimbangan, dokter Anda dapat menguji urin dan darah Anda untuk memastikannya.

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang

Ada banyak zat yang bisa membuat jantung berdetak lebih cepat. Menghilangkan hal-hal berikut dari rutinitas harian Anda dapat mengurangi atau bahkan menghentikan jantung berdebar:

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Setelah Minum Kopi

Pencetusnya pada setiap orang bisa berbeda-beda, jadi cobalah untuk mencatat makanan atau produk apa saja yang Anda konsumsi yang menyebabkan jantung berdebar. Jika memungkinkan, hindari sekarang dan lihat apakah dapat mengatasi jantung berdebar.

Konsultasikan dengan dokter jika Anda mencurigai obat resep sebagai penyebabnya. Dokter Anda akan meresepkan obat alternatif yang cocok untuk Anda.

Kebanyakan kasus jantung berdebar tidak memerlukan pengobatan khusus. Sebaliknya, Anda perlu mewaspadai jantung berdebar dan menghindari aktivitas, makanan, atau apa pun yang dapat menyebabkannya.

Beda lagi, jika Anda sudah mencoba tips di atas namun masih mengalami jantung berdebar-debar, sebaiknya periksakan ke dokter. Dokter meresepkan pengobatan setelah menentukan penyebabnya. Misalnya, jika tes diagnostik menentukan bahwa Anda menderita penyakit jantung, pilihan pengobatan yang berbeda akan digunakan, seperti pengobatan, pembedahan, atau implantasi perangkat seperti alat pacu jantung.

Normalkah Jantung Berdebar Saat Hamil? Ketahui 10 Penyebabnya!

Selain menerapkan beberapa tips mengatasi jantung berdebar di atas, Anda juga harus menjalani gaya hidup yang mendukung kesehatan jantung:

Tim editorial berdedikasi untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari otoritas terkait. Pelajari lebih lanjut tentang proses pengeditan kami di sini.

Artikel ini

Cara Menghilangkan Jantung Berdebar Kencang

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *