Cara Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses Berbisnis Dari Nol – Tidak sedikit pengusaha muda kaya Indonesia yang memulai karirnya dari usaha kecil-kecilan. Bahkan ada juga di antara mereka yang merintis usaha dengan modal nol rupee.

Bayangkan saja, dengan strategi keuangan yang baik, modal nol rupee bisa menghasilkan kekayaan melimpah. Jadi, mulailah perencanaan keuangan, misalnya menetapkan anggaran investasi dan menarik sejumlah pengusaha muda kaya Indonesia yang memulai karir mereka dari usaha kecil. Bahkan ada juga di antara mereka yang merintis usaha dengan modal nol rupee.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses Berbisnis Dari Nol

Cara Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses Berbisnis Dari Nol

Bayangkan saja, dengan strategi keuangan yang baik, modal nol rupee bisa menghasilkan kekayaan melimpah. Oleh karena itu, mulailah melakukan perencanaan keuangan, misalnya menetapkan anggaran investasi dan mendaftar polis asuransi kesehatan sejak dini.

Kunci Sukses Jadi Pengusaha

Perlu ditegaskan bahwa jalan menjadi pengusaha sukses tidak pernah instan. Ada pula yang bangkrut, namun mereka tetap bersabar dan tidak putus asa dalam berbisnis. Dengan ketekunan, usaha mereka bisa mengembalikan modal dan sukses.

Jika yang bergelar pengusaha muda Indonesia saja, otomatis usianya belum genap empat tahun. Ya, kita masih termasuk generasi milenial, yakni mereka yang lahir pada awal tahun 1980an hingga pertengahan tahun 1990an.

Bahkan banyak yang masih berusia 20-an dan ada beberapa nama yang masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021. Yang tergolong wirausaha tentunya ya.

Ia masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 pada tahun 2021 bersama rekan setimnya Jinanjar Ibn Sulekhin (25 tahun) dan Lokman Songkar (28 tahun). Ravi dan dua rekannya telah bergabung dalam daftar Forbes 30 Under 30 dalam kategori Keuangan dan Modal Ventura sebagai salah satu pendiri Flip. Flip adalah aplikasi layanan transfer antar bank gratis.

Kisah Pengusaha Sukses Indonesia, Muda Dan Inspiratif

Dengan Flip, pelanggan hanya perlu melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan bank Anda, kemudian Flip akan mengalihkan uang Anda ke rekening tujuan.

Perjalanan hidup Ravi sendiri pernah ia tulis di Forum Indonesia Youth (FIM). Ia mengaku lahir di Padang pada tahun 1994. Lulusan ilmu komputer Universitas Indonesia ini memiliki ambisi membangun startup teknologi sejak masa kuliahnya.

Dia sangat ingin membuat aplikasi yang membuat transfer antar bank menjadi gratis. “Kalau kita lihat di negara lain, rata-rata di negara maju transfer antarbank tidak dipungut biaya. Kenapa masih ada di Indonesia?” Kata Rafi dalam bukunya.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses Berbisnis Dari Nol

Ravi dan dua rekannya kemudian mulai fokus mengembangkan Flip. Awalnya, ide Rafi CS membuat aplikasi transfer antar bank gratis hanya dianggap sebagai lelucon. Tanpa modal, Ravi meluncurkan prototipe Flip pada tahun 2015.

Strategi Sukses Entrepreneur Muda Dalam Bisnis Era Digital

Awalnya, operasional Flip didanai oleh investor Angle. Namun, pada tahun 2019, Flip menerima pendanaan Seri A dari investor besar global.

Flip kini menjadi perusahaan muda yang semakin berkembang menjadi fitur yang sudah melayani jutaan transaksi antar bank dengan total triliunan rupee per bulan. Flip.id telah bermitra dengan 14 bank di Indonesia untuk menangani transfer antar bank gratis yaitu ke dan dari BCA, Mandiri, BRI, BNI, BNI Syariah, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, BTPN, BTPN Wow, Genius, Permata Bank, Permata. Bank Syariah dan Bank Muamalat.

Flip memperoleh izin operasional resmi dari Bank Indonesia (BI) pada tahun 2016. Nama Ravi memang pantas disebut sebagai salah satu pengusaha muda sukses di Indonesia.

Jika Anda warga Jakarta pasti pernah mendengar brand kuliner yang satu ini: EATLAH (selanjutnya disebut Eatlah). Salah satu menu pokoknya adalah nasi dengan telur ayam asin. Daftar ini juga merupakan tempat melonjaknya nama risotto sejak tahun 2016.

Inilah Kunci Sukses Menjadi Pengusaha Muda, Tertarik?

Charina Prenandeta adalah pengusaha muda Indonesia di balik berdirinya brand Eatlah. Berkat usahanya, Charina masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 tahun 2021. Sebelum merebaknya pandemi Covid-19, Eatlah Restaurant memilih lebih dari 22 gerai di Indonesia. Belum ada update resmi mengenai jumlah port saat ini.

Charina sebenarnya adalah lulusan Fashion Marketing and Management di Raffles Design Institute di Singapura. Sebelum memulai bisnis memasak, Charina adalah seorang perancang busana profesional.

Ide mendirikan “Itla” sebagai bisnis anak muda ternyata cukup sederhana. Sharina dan teman-temannya menyukai casserole telur ayam asin yang mereka makan di luar.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses Berbisnis Dari Nol

Menariknya, modal awal usaha Eatlah hanya Rp 15 juta dan dimulai dengan outlet di Pantai Indah Kapuk (PIK). Saat itu, Akla hanya menjual 20 dus sehari. Namun kini Etla telah berkembang pesat dan digandrungi banyak orang.

Kisah Sukses Pengusaha Muda Indonesia Yang Menginspirasi

Chinmayi adalah seorang pengusaha muda Indonesia yang bekerja sebagai salah satu pendiri startup fintech BukuWarung. Perusahaan ini membantu pemilik usaha kecil di Indonesia dalam mengelola transaksi tunai dan kredit. Pada tahun 2020, BukuWarung menerima pendanaan lebih dari 8 angka dalam USD.

BukuWarung didirikan oleh Chinmay pada tahun 2019 dengan tujuan membantu kesenjangan layanan keuangan yang dialami oleh 60 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Chinmayi berpendapat meski menyumbang lebih dari 60 persen PDB Indonesia sebesar US$1 triliun, UKM masih tertinggal jauh dalam hal transformasi digital.

Saat ini BukuWarung telah melayani lebih dari 1,2 juta pedagang di 750 kabupaten di Indonesia. Pada tahun 2020, BukuWarung juga mencatatkan total transaksi senilai miliaran dolar AS. Berkat prestasi Chinmi, namanya masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 tahun 2021.

Ali Muharram adalah seorang pengusaha muda Indonesia yang bekerja di bidang makanan. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan produk camilannya, Macaroni Ngihi.

Pengusaha Muda Inspiratif Versi Icdata

Sebelum menjelma menjadi pebisnis sukses, pemuda asal Tasikmalaya ini hanyalah seorang karyawan lulusan SMA dan bekerja di Bogor. Ia juga bekerja di kantin bank di Jakarta dengan gaji seadanya.

Siapa sangka perkataan Ngehe dalam Makaroni Ngehe ternyata menggambarkan kisah hidup Ali yang sangat sulit menghadapi kerja keras.

Asal usul Makaroni Ngihi berawal dari uang 20 juta rupiah yang ia pinjam dari temannya. Saat itu, Ali yang baru saja meminjam uang tidak memikirkan pekerjaan yang ingin dilakukannya. Namun akhirnya ia membuka usaha makanan dengan gerobak di Kebun Jerok.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses Berbisnis Dari Nol

Ali mengerjakan banyak tugas. Dia harus memasak, melayani pelanggan, dan mengatur tokonya sendiri. Singkatnya, volume penjualan meningkat selama delapan bulan. Berkat gaya hidupnya yang sederhana, ia mampu menabung dan akhirnya mengembangkan usahanya.

Mindset Bisnis Yang Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

Apakah Anda familiar dengan brand Men’s Republic? Jangan salah, brand ini didirikan oleh seorang pengusaha muda Indonesia yang masuk dalam daftar Forbes Under 30 pada tahun 2016.

Dialah Yasa Cengeh, seorang pria yang menekuni bisnis sejak duduk di bangku SMP, tepatnya saat ayahnya menjalani operasi akibat penyakit yang dideritanya.

Setelah memulai kiprahnya sebagai presenter panggilan, Yassa akhirnya terjun ke bisnis pakaian dengan sistem penjualan tanpa modal. Dia juga sukses menjalankan bisnis ini, dan itu luar biasa!

Setelah menutup usahanya pada tahun 2013 dan fokus menghadapi ujian nasional, Yassa terjun ke bisnis sepatu. Ia menggandeng salah satu produsen sepatu di Kota Kembang hingga akhirnya konsep bisnis ini meraup untung besar.

Profil Pengusaha Muda Sukses

Saat ini Republic of Men tak hanya laris manis di Indonesia saja. Sepatu pria Republic juga laris manis di negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, lalu Taiwan, Hongkong, Macau bahkan Nigeria!

Pria kelahiran 1993 ini tercatat menjabat sebagai Direktur Utama PT Hamasa Indonesia, perusahaan dengan omzet ratusan juta per bulan. Perusahaan ini memproduksi tempat tidur sofa.

Ketertarikan Hamza Ezzul Haq untuk membuka usaha sudah terlihat sejak ia masih duduk di bangku SMA. Pekerjaan pertamanya adalah mendistribusikan buku pelajaran. Dari pekerjaannya tersebut ia mampu mendapatkan penghasilan sebesar 950 ribu rupiah selama enam bulan.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses Berbisnis Dari Nol

Padahal, pengusaha muda Indonesia ini sebelumnya pernah menekuni bidang les privat. Bisnisnya berkembang dengan baik, namun dia akhirnya menyadari bahwa dia dapat memperoleh keuntungan besar dengan menjual tempat tidur sofa.

Inspiratif: 5 Profil Pengusaha Muda Yang Sukses Dalam Membangun Bisnis

Hamzah memahami bahwa sebelum mengalami kesuksesan, seseorang harus mengalami kegagalan terlebih dahulu. Namun kegagalan tersebut bukan berarti ia menjadi sedih dan menyerah.

Orang-orang dan netizen mungkin mengenalnya karena dia adalah adik ipar Ayo Azhari. Namun, ia sebenarnya adalah seorang pengusaha muda dan sukses asal Indonesia.

Medina memulai bisnisnya saat ia masih duduk di bangku sekolah menengah. Dia memulai dengan menjadi penjual produk.

Setelah berhasil mengumpulkan modal usaha, ia mendirikan usaha bisnis baru, produk kecantikan ciptaannya sendiri.

Pengusaha Sukses Wanita Asli Indonesia Yang Mendunia

Mulai tahun 2011, ia memulai bisnis perawatan kulitnya di Medina hanya dengan tiga karyawan. Penjualan masih sebatas konsep toko online. Medina pun tak segan merogoh kocek hingga Rp 400 juta untuk promosi Instagram.

Namun, penjualan produk perawatan kulit online Medina kini diperkirakan mencapai lebih dari $3 miliar per bulan. Itu sebabnya ia mampu membangun kerajaan bisnisnya dengan menciptakan banyak sektor bisnis lainnya. Kita sebut saja hijab, travelling, dan lain-lain.

Pengusaha muda Indonesia kelahiran 1995 ini dulunya hanyalah seorang pedagang online yang menjual hair extension warna-warni, sandal gabus, dan tas di Cascus. Namun siapa sangka ia akhirnya membuka usaha sepatu custom yang mampu menghasilkan penjualan puluhan juta rupee per bulan.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Yang Sukses Berbisnis Dari Nol

Valentina bahkan menjadi desainer sepatu koleksi Ionika Josue di Jakarta Fashion Week 2011. Ia pun mendapat pesanan khusus sepatu dari girl grup Cherry Belle.

Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses (dengan Gambar)

Namun dalam menghidupkan usahanya, Valentina juga mengalami pasang surut. Pada usia 18 tahun, Valentina mengalami kerugian hingga $100 juta. Hal ini pun menyebabkan dia mengalami stres tingkat tinggi.

Sejak membuat sepatu, Valentina selalu berusaha membuatkan sepatu yang nyaman untuk anak perempuan agar kakinya tidak sakit. Jadi, saat mencari materi, Valentina tak main-main. Ia pun rela melanglang buana hingga pelosok Indonesia demi mencari bahan-bahan berkualitas tinggi.

James tercatat dalam Forbes 30 Under 30 pada tahun 2019. Bersama rekannya dan juga pengusaha muda Indonesia, Edward Teranata, James mendirikan Kopi Kenangan yang gerainya kini tersebar di banyak kota di Indonesia. Pasti familiar dengan merek kopi yang satu ini kan?

Memories Coffee didirikan dengan konsep yang memadukan kafe pinggir jalan dengan kafe elit, menawarkan produk-produk berkualitas namun tetap terjangkau.

Kisah Hamzah Izzulhaq, Pengusaha Bimbel Dan Sofa Bed

Kopi Kenangan juga menerima pendanaan sebesar US$8 juta dari perusahaan modal ventura Alpha JW pada awal bisnisnya.

Aruna adalah pengusaha muda Indonesia di balik kesuksesan Decoroma. Startup ini menghubungkan konsumen

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *