Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa – Saat berpuasa, terkadang kita merasa lesu karena tidak ada asupan makanan selama 12 jam. Bagaimana cara mengantisipasinya? Berikut tips yang bisa kita praktikkan di rumah agar tetap bugar saat berpuasa di masa pandemi Covid-19

Memasuki bulan Ramadhan, umat Islam mempunyai kewajiban untuk berpuasa. Upaya pencegahan penularan di masa pandemi COVID-19 sebenarnya antara lain dengan mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kebugaran tubuh. Lalu bagaimana caranya agar tetap bugar saat berpuasa di masa pandemi COVID-19?

Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Selama pandemi COVID-19, penting untuk melindungi diri Anda dari virus. Salah satu kuncinya adalah mengonsumsi makanan bergizi, menjaga kebersihan, dan menjalani pola hidup sehat.

Tips Berpuasa Agar Tetap Selamat Dan Sehat Di Bulan Ramadhan

Namun saat berpuasa terkadang kita merasa lesu karena tidak ada asupan makanan selama 12 jam. Bagaimana cara mengantisipasinya? Berikut tips yang bisa dilakukan di rumah agar tetap bugar saat berpuasa di masa pandemi COVID-19.

Kunci utama menjaga kesehatan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi. Saat berpuasa di tengah pandemi COVID-19, Anda bisa melakukannya saat sahur dan berbuka.

Jangan melewatkan sahur saat berpuasa karena dapat menyebabkan lemas dan badan tidak fit sepanjang hari. Pilihlah makanan yang bertepung sebagai sumber energi dan banyak serat, agar puasa dapat berjalan lancar di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Selain itu, makanan bertepung dapat membantu Anda merasa kenyang dan baik untuk pencernaan. Di bawah ini beberapa rekomendasi makanan yang boleh dikonsumsi saat sahur.

Sambut Ramadan Penuh Berkah Tanpa Takut Dompet Terkuras .:: Sikapi ::

Saat berbuka puasa, jangan makan terlalu banyak. Hal ini justru bisa menyebabkan perut Anda terasa kembung. Sebaiknya berbuka puasa dengan air putih, makanan rendah lemak, dan makanan yang mengandung gula alami untuk memberi energi pada tubuh, seperti jus dan smoothie tanpa tambahan pemanis, kurma, buah, atau sup.

Usai berbuka, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang, antara lain karbohidrat, protein, dan serat. Pola makan bergizi seimbang dapat membuat Anda tetap bugar selama berpuasa dan di masa pandemi COVID-19.

Pandemi COVID-19 mungkin mengharuskan kita untuk tinggal di rumah. Jadi kita bisa lebih sering memasak untuk sahur dan berbuka. Hal ini juga harus dilakukan untuk menjaga makanan yang Anda konsumsi tetap bersih, sehat, dan menghindari keluar rumah selama COVID-19.

Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Pastikan juga kita sudah membeli makanan yang kita perlukan. Saat berpuasa di tengah pandemi COVID-19, pilihlah makanan yang segar, namun bisa bertahan hingga minggu depan untuk menghindari belanja setiap hari. Sesuaikan juga bahan makanan tersebut dengan kebutuhan nutrisi Anda agar tubuh tetap bugar saat berpuasa.

Cara Turunkan Berat Badan Di Bulan Puasa

Dehidrasi dapat menyebabkan lemas dan lelah saat berpuasa. Oleh karena itu kita perlu mencukupi kebutuhan air putih saat berpuasa, yaitu delapan gelas sehari, agar tubuh kita tetap fit. Hal ini bisa kita lakukan saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur untuk mencukupi kebutuhan cairan. Hal ini juga sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Olahraga sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Namun, selalu ada cara khusus untuk berolahraga saat puasa, seperti olahraga ringan, saat berolahraga, dan situasi lainnya.

Namun di masa COVID-19, hal ini mungkin sulit kita sadari karena kita tidak bisa pergi ke mana pun, termasuk ke gym atau lapangan. Jadi, lakukanlah olahraga ringan di rumah agar tetap fit selama puasa dan selama COVID-19.

Tidur yang cukup dapat mengurangi stres. Mengelola stres mutlak diperlukan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik di tengah pandemi COVID-19.

Tips Menjaga Gigi Dan Mulut Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Selain itu, tidur juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Pastikan kita tidur 6-8 jam sehari agar tidak mudah lelah saat puasa dan saat COVID-19.

Hal utama untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah dengan menjaga kebersihan. Kita hendaknya sering mencuci tangan dan segera melepas sepatu, jaket, tas dan barang-barang lain yang kita bawa ketika keluar rumah.

Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, kita dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, hal ini sangat dibutuhkan di masa pandemi COVID-19 dan juga saat menjalankan ibadah puasa Kontributor: Ilham Choirul Anwar, – 28 Mar 2022 19:39 WIB | Diperbarui 20 Apr 2022 10:47 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Saat berpuasa, gangguan pernapasan memang tidak menyenangkan dan terkadang berujung pada rendahnya rasa percaya diri. Namun, munculnya aroma tidak sedap ini sebenarnya merupakan hal yang wajar. Dengan menggunakan cara-cara tertentu, intensitas bau mulut saat puasa bisa dikurangi.

Cara Menjaga Kesehatan Mulut Saat Puasa

Mengutip laman FK Universitas Indonesia, mulut biasanya mengeluarkan bau tak sedap saat kering dengan jumlah air liur yang lebih terbatas. Bakteri tumbuh lebih cepat dan menghasilkan bau. Bau mulut bisa terjadi akibat berkurangnya aktivitas mengunyah.

Sementara itu, dalam website Dinas Kesehatan Provinsi DIY disebutkan penyebab sesak napas saat puasa lainnya adalah bau makanan yang menyengat saat sahur. Namun bau mulut juga bisa terjadi karena kondisi penyakit pada tubuh seperti diabetes atau maag.

Cara mengurangi sesak nafas saat puasa Masalah sesak nafas saat puasa bisa diatasi dengan banyak cara. Solusi berikut dapat diterapkan untuk membuat mulut lebih netral:

1. Sikat gigi setelah berbuka puasa dan sahur. Pada dua waktu tersebut, orang yang berpuasa akan mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak. Menyikat gigi, termasuk lidah, akan mengurangi bau mulut lebih lama.

Asupan Gizi Sehat Selama Berpuasa Di Tengah Pandemi Covid 19

2. Gunakan obat kumur dan benang gigi. Benang gigi digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi penyebab bau mulut. Sedangkan penggunaan obat kumur akan membunuh kuman yang ada di rongga mulut. Mengutip dari laman Mayapada Hospital, penggunaan obat kumur tidak boleh berlebihan agar tidak merusak bakteri baik yang dibutuhkan dalam mulut.

3. Perbanyak minum air putih di luar waktu puasa. Puasa di siang hari sangat mengurangi produksi air liur. Hal ini dapat menyebabkan munculnya bau mulut.

Waktu antara buka puasa dan sahur merupakan kesempatan untuk minum cukup air untuk menyegarkan mulut. Gunakan formula minum berikut ini: 2-3 gelas air putih saat berbuka; 2-4 gelas air di malam hari; dan 2-3 gelas di pagi hari. Selain mengurangi sesak napas, meminum ramuan ini membantu mengatasi kekurangan cairan saat berpuasa.

Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa

4. Perbanyak makan buah dan sayur serta pertahankan pola makan seimbang. Mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur cenderung menjaga kebersihan rongga mulut. Makanan sehat ini juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri, peradangan, serta memberikan perlindungan pada gigi dan gusi.

Air Putih Saat Puasa Banyak Manfaatnya, Juga Untuk Si Kecil!

5. Hindari makanan manis. Makanan seperti ini berpeluang mengundang bakteri masuk dan menyebabkan bau mulut. Selain itu, makanan kaya gula dapat menyebabkan kerusakan gigi dengan merusak lapisan luar gigi.

6. Jauhi makanan berbau menyengat. Bau mulut juga dipicu oleh konsumsi makanan dengan aroma yang kuat. Misalnya makan petai, jengkol, durian, bawang merah, dll. Makanan dengan bau yang menyengat bisa bertahan lama di rongga mulut. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan agar kulit tetap sehat selama Ramadhan.

Ramadhan – 26 Juni 2014, 09:45 Tips Sehat Ramadhan dari Dokter: Penderita Migrain, Hipertensi, dan Ibu Hamil (5)

Ramadhan – 26 Juni 2014, 09:40 Tips Sehat Ramadhan dari Dokter: Pasien Cuci Darah, Iritasi Usus, dan Liver (9)

Tips Puasa Ramadhan Di Masa Pandemi Covid 19

Ramadhan – 26 Juni 2014, 09:37 Tips Sehat Ramadhan dari Dokter: Pasien Cuci Darah, Iritasi Usus, dan Liver (8)

Ramadhan – 26 Juni 2014, 09:35 Tips Sehat Ramadhan dari Dokter: Ketergantungan Obat, Ibu Menyusui, dan Dehidrasi (7)

Ramadhan – 26 Juni 2014, 09:32 Tips Sehat Ramadhan dari Dokter: Penderita Asma, Perokok, Anak-Anak, dan Thalassemia (6)

Cara Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Mari kita membaca Al-Qur’an hari ini.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Lifestyle – Selasa, 14 Feb 2023, 16:36 WIB Cegah Penyakit Jantung Bawaan pada Anak, Ibu Hamil Perlu Lakukan Ini

Lifestyle – Selasa, 14 Feb 2023, 15:52 WIB Menambah Berat Badan Mudah Di Usia 50-an, 2 Alasan Mengapa

Lifestyle – Selasa, 14 Feb 2023, 15:45 WIB 1 dari 100 Bayi Mengidap Penyakit Jantung Bawaan

Lifestyle – Selasa, 14 Feb 2023, 15:38 WIB Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Anak

Tips Menyiapkan Makanan Sahur Dan Berbuka Yang Aman

Lifestyle – Selasa, 14 Feb 2023, 14:17 WIB Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Jahat di Tubuh, 5 Langkah Ini Patut Ditiru

Tips menjaga kesehatan di bulan puasa, cara menjaga stamina saat puasa, menjaga kesehatan selama puasa, menjaga kesehatan selama pandemi, cara menjaga kesehatan selama pandemi, menjaga kesehatan selama hamil, tips menjaga kesehatan selama puasa, cara menambah berat badan selama puasa, cara menurunkan berat badan selama bulan puasa, cara menurunkan berat badan selama puasa, cara menurunkan berat badan selama puasa ramadhan, cara menaikkan berat badan selama puasa

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *