Ceritakan Pengalamanmu Selama Belajar Di Rumah – Buat kamu yang sedang menikmati liburan panjang, entah karena pandemi atau baru lulus sekolah, pasti sedang mencari contoh aktivitas positif di rumah. Bersantai 24/7 di rumah memang menyenangkan pada awalnya, namun lama kelamaan membuat kita merasa bosan. Untuk itu, berikut 6 contoh aktivitas positif di rumah yang tidak hanya bermanfaat, tapi juga mudah untuk Anda lakukan.

Membaca buku memang menjadi salah satu aktivitas yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Secara umum, membaca buku dapat membuka wawasan, menumbuhkan rasa empati, meningkatkan kreativitas, mengurangi stres, dan mengasah kemampuan berbahasa.

Ceritakan Pengalamanmu Selama Belajar Di Rumah

Ceritakan Pengalamanmu Selama Belajar Di Rumah

Manfaat ini berlaku untuk buku fiksi dan nonfiksi. Banyak sekali genre buku yang bisa dipilih, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan tertentu, Anda dapat membaca buku spesialis. Kamu juga bisa mengasah kemampuan bahasa asingmu dengan membaca buku!

Pengalaman Positif Dalam Belajar Geografi

Berada di rumah terlalu lama terkadang membuat kita merasa bosan dengan suasana rumah kita. Hal ini bukanlah hal yang aneh, apalagi jika Anda biasanya bepergian secara aktif. Rumah yang kotor dan tidak tertata rapi tentu akan mempengaruhi mood dan produktivitas penghuninya.

Di waktu senggang ini, kumpulkan semangat Anda untuk membersihkan rumah. Ambil sapu untuk membersihkan debu di lantai dan langit-langit rumah. Jangan lupa lap dan kemoceng untuk menghilangkan debu pada perabot rumah tangga. Periksa setiap kamar tidur dan kamar mandi di rumah lalu bersihkan.

Setelah rumah bersih, Anda bisa lebih leluasa menata interior rumah sesuai keinginan. Carilah referensi di internet untuk membantu Anda. Tentu saja interior rumah yang bersih dan tampak baru akan membawa semangat baru!

Memasak juga merupakan salah satu contoh aktivitas positif di rumah yang bisa dilakukan semua orang. Asalkan mengikuti resepnya dengan cermat, masakan yang dihasilkan dijamin enak.

Kesan Dan Pesan Mahasiswa Unair Magang Di Perpustakaan Ub

Selain itu, memasak di rumah juga lebih hemat dan sehat dibandingkan membeli makanan di restoran. Cobalah resep baru setiap hari agar memasak semakin seru. Jika masih ada sisa bisa disimpan di wadah kedap udara, dimasukkan ke dalam kulkas dan dipanaskan kembali saat ingin disantap.

Latihan tidak harus di gym, kamu juga bisa berlatih di rumah. Sekarang ada banyak kursus online dengan pelatih profesional untuk membantu Anda berlatih. Anda juga bisa menonton latihan di rumah secara gratis melalui YouTube.

Olah raga merupakan salah satu contoh aktivitas positif di rumah yang sebenarnya perlu dilakukan secara rutin. Menurut Mayo Clinic, orang dewasa sebaiknya berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Akan lebih baik jika Anda berhasil mencapai 300 menit per minggu.

Ceritakan Pengalamanmu Selama Belajar Di Rumah

Setiap orang mempunyai hobinya masing-masing, entah itu menyanyi, menari, bersepeda, atau menggambar. Namun tak jarang orang merasa bosan dengan hobinya. Mungkin karena pekerjaan mereka berhubungan dengan hobi ini. Tidak ada aturan yang mengatakan seseorang hanya boleh mempunyai satu hobi.

Pengalaman Adalah Guru Terbaik

Anda sekarang punya banyak waktu untuk menemukan hobi baru yang menyenangkan. Ada banyak pilihan, tergantung preferensi Anda. Jika ingin hobi yang lebih menenangkan, cobalah merajut atau bermain musik. Bagi yang berjiwa petualang, cobalah hobi fotografi atau bertani.

Contoh aktivitas positif di rumah lainnya yang patut Anda coba adalah mengikuti kelas online. Bagi Anda yang ingin menapaki jenjang karier atau ingin lebih mapan dalam berbisnis, mengikuti kursus online di perguruan tinggi menjadi salah satu solusi alternatif. Apalagi di tengah pandemi yang tidak menentu ini, Anda memerlukan kebebasan dalam mengatur jadwal belajar.

Namun, waktu Anda akan terbuang percuma jika kursus online yang Anda ikuti hanya menawarkan sertifikat, bukan gelar sarjana. Jika hal ini menjadi kendala bagi Anda, Anda dapat mendaftar program pelatihan dasar di BINUS Online Learning. Disini Anda akan mengikuti perkuliahan online dengan sistem modular, dimana Anda dapat mengatur sendiri jadwal perkuliahan. Tidak hanya kuliah online saja, ujian juga akan dilakukan secara online, tidak perlu datang ke kampus.

Apa yang kamu tunggu? Saatnya mengisi waktu luang Anda dengan contoh kegiatan positif di rumah yang bermanfaat bagi masa depan Anda!Lombok, Indonesia – Setelah beberapa bulan mengikuti pembelajaran jarak jauh, Elma, 11 tahun, kembali bersekolah. Dia adalah salah satu dari sedikit anak yang beruntung. Pasalnya, sebagian besar dari 68 juta siswa di Indonesia masih harus bersekolah dari rumah. Namun, di sekitar separuh dari 34 provinsi di Indonesia, berbagai kabupaten/kota sudah mulai mengizinkan beberapa sekolah beroperasi kembali.

Merencanakan Masa Depanmu. Bagaimana Cara Mencapai Cita Citamu Dan…

Pertama, Elma harus memakai masker sejak berangkat hingga pulang. Di sekolah, suhu tubuh seluruh siswa dan guru diperiksa. Mereka juga harus mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan hand sanitizer setiap hendak memulai pembelajaran. Di ruang kelas, meja dipisahkan dan jumlah siswa dikurangi setengahnya.

“Setiap kelas harus dibagi menjadi dua kelompok siswa agar ruang kelas tidak terlalu ramai. – Siswa bersekolah tiga kali dalam seminggu dan kegiatannya terfokus pada beberapa mata pelajaran utama, ujar Hj. Nurul Huda, kepala sekolah.

“Belajar dari rumah bukanlah pengalaman yang mudah bagi anak-anak. Kalau di sekolah suka ketemu teman, jadi kadang lupa kalau harus jaga jarak. “Guru dan staf lainnya harus hati-hati memantau dan mengingatkan siswa,” jelasnya.

Ceritakan Pengalamanmu Selama Belajar Di Rumah

Sebelum sekolah Elma dinyatakan dapat dibuka kembali, sekolah Elma telah bekerja sama dengan dinas pendidikan setempat untuk memastikan seluruh persyaratan kesehatan terpenuhi.

Cara Menjawab Interview Magang Bagi Mahasiswa

Achmad Dewanto Hadi adalah Direktur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur. Ia bertanggung jawab atas sekitar 1.000 sekolah dasar dan menengah di wilayah tersebut. Menurut Achmad, sekolah harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Jika ada peraturan yang dilanggar, bukan tidak mungkin sekolah akan kembali diliburkan.

– Kami memiliki kerja sama yang erat dengan otoritas layanan kesehatan. “Jika ada guru atau siswa yang positif Covid-19, kami akan segera menutup sekolah selama 14 hari dan kemudian melakukan evaluasi situasi pada akhir periode tersebut,” jelas Hadi.

“Situasi saat ini bisa berubah dengan cepat, sehingga kita perlu terus mengevaluasi program dan melihat apa yang perlu diperbaiki,” tambahnya.

Mendukung upaya pemerintah agar pembelajaran anak tidak terganggu selama pandemi, yaitu dengan menyediakan modul dan materi pembelajaran serta pelatihan bagi orang tua dan guru tentang pembelajaran jarak jauh. juga memberikan dukungan psikososial kepada anak.

Suka Duka Belajar Online Dari Rumah

Kami kini bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memastikan sekolah siap dibuka kembali pada waktu yang tepat.

“Kami menggunakan perangkat seluler RapidPro dari , yang dapat mengumpulkan data langsung dari lapangan melalui saluran komunikasi online. Dengan cara ini kami dapat memperoleh informasi terkini dari sekolah, beserta status persyaratan kesehatannya sebelum diperbolehkan bekerja kembali.” Fokus kami saat ini adalah sekolah-sekolah di daerah terpencil dan pedesaan,” kata Nugroho Warman, pakar pendidikan.

“Rumah tangga dengan status ekonomi rendah dan anak-anak penyandang disabilitas merupakan kelompok yang terkena dampak pandemi ini,” ujarnya.

Ceritakan Pengalamanmu Selama Belajar Di Rumah

Data menunjukkan 47 persen anak belajar hanya 1-2 jam di rumah dan 35 persen mengatakan koneksi internet mereka kurang atau tidak ada. Tak hanya itu, sepertiga anak juga melaporkan kesulitan konsentrasi.

Suka Duka Belajar Daring Saat Pandemi Covid 19

“Kami memahami bahwa sekolah di zona berisiko tinggi tidak dapat dibuka. “Namun pembelajaran jarak jauh juga berdampak langsung pada anak-anak, yaitu pada pendidikan, kesehatan mental dan sosialnya,” tambah Nugroho yang menambahkan: “Semakin cepat sekolah dapat dibuka kembali dengan aman, semakin baik.”

Bagi anak seperti Elma, nilai-nilainya adalah kesabaran dan pantang menyerah, serta hikmah di balik proses pembelajaran yang telah mereka jalani selama setahun terakhir. Sebagai anggota Emergency Response Disaster And Medical Service (ERDAMS) Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta, banyak pengalaman yang saya dapatkan selama ini menjadi relawan tanggap bencana. Salah satu pengalaman yang ingin saya ceritakan adalah saat terjadi banjir besar di kawasan Puri Bintaro, Tangsel pada tanggal 23 September 2022.

Jumat sore itu, saya mengikuti kuliah online dari rumah saat hujan deras mengguyur kawasan Tangsel. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang saya lihat melalui ponsel, tampaknya beberapa titik di wilayah Tangsel berpotensi banjir.

Sesaat setelah perkuliahan berakhir, tiba-tiba muncul panggilan darurat dari ERDAMS FKM di grup WhatsApp. Tanpa pikir panjang, saya bergegas menyiapkan kebutuhan pencegahan banjir. Saat aku sedang mempersiapkan barang-barangku, telepon dari teman-teman relawan tidak berhenti berdering.

Dampak Covid 19 Terhadap Ekonomi Dan Pendidikan Melalui Tinjauan Pendekatan Environmental Justice

Sebagai anggota ERDAMS yang telah banyak mengikuti pelatihan kesiapsiagaan bencana, kita semua memahami bahwa kita harus melalui beberapa tahapan dalam penanggulangan bencana yaitu penilaian risiko, respon dan evaluasi. Sebagai langkah awal, saya yang kebetulan menjabat Sekretaris Bidang Darurat FKM Erdam ini mengajak ketua jurusan untuk berkoordinasi melalui sambungan telepon dengan jaringan relawan yang sudah ada di beberapa titik banjir.

Koordinasi dilakukan untuk memudahkan penilaian risiko sebelum kami tiba di lokasi. Penilaian risiko dilakukan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi pemulihan bencana. Langkah ini harus diselesaikan sebelum mengambil tindakan di lokasi kejadian dan membantu para penyintas yang terkena dampak bencana.

Tak lama kemudian, saya dan anggota ERDAMS lainnya berkumpul dan melakukan briefing sebelum berangkat ke lokasi. Kami juga meminta keselamatan dan kelancaran berkendara selama operasi penyelamatan. Setelah itu, kami langsung bergabung dengan tim relawan dari berbagai lembaga di Kantor DMC Dompet Dhuafa Ciputat di bawah pimpinan Potensi Tangsel.

Ceritakan Pengalamanmu Selama Belajar Di Rumah

Saya dan tiga anggota ERDAMS lainnya ditugaskan di kawasan Puri Bintaro, Tangsel. Kendaraan khusus penyelamat milik OI Crisis Center yang berada di bawah naungan Potensi Tangsel melaju dengan cepat membawa kami ke titik lokasi. Selama perjalanan, saya tak henti-hentinya berdoa agar tim relawan yang bertugas selalu sigap dan aman dalam membantu masyarakat.

Inilah 7 Perilaku Koruptif Mahasiswa, Ayo Hindari!

Sesampainya di lokasi kejadian, banjir setinggi dada orang dewasa ditemukan telah merendam kawasan Puri Bintaro sehingga mematikan aktivitas warga sekitar. Berbekal perahu karet, empat dayung, dan peralatan medis, kami menerobos banjir yang arus airnya cukup deras.

Manfaatkan perahu karet

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *