Contoh Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari – Listrik statis (dalam bahasa Inggris disebut electrostatic) adalah ilmu yang mempelajari tentang penimbunan muatan listrik dan sifat-sifatnya pada suatu benda. Listrik statis berkaitan dengan fenomena listrik yang diam atau tidak mengalir. Listrik statis tidak dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain, melainkan hanya berkedip sebentar di satu tempat. Jadi listrik statis tidak dapat menghasilkan arus listrik.

Listrik statis pertama kali ditemukan oleh ahli matematika Yunani kuno Thales dari Miletus (BC). Saat itu, dia mengambil batu kuning yang disebut amber. Kemudian Thales menutupi batu itu dengan kain wol. Bulu ayam di sekitarnya tiba-tiba tertarik dan menempel padanya. Selama penggosokan, ditemukan bahwa Thales telah memberikan muatan listrik pada amber melalui kain wol. Muatan ini menyebabkan bulu ayam yang berada di sekitar damar menarik dan mengikat ambar. Hal inilah yang kemudian menjadi sejarah awal ditemukannya listrik statis.

Contoh Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Fenomena listrik statis dapat terjadi baik pada isolator maupun konduktor. Listrik statis dihasilkan ketika materi menjadi bermuatan karena gesekan. Ini disebut pengisian gesekan atau pengisian gesekan. Gesekan atau pergesekan antara kedua bahan akan menyebabkan elektron berpindah dari atom bahan yang satu ke atom bahan yang lain, sehingga kedua bahan tersebut menjadi bermuatan. Suatu bahan yang melepaskan elektron akan bermuatan positif, sebaliknya akan bermuatan negatif. Jadi, perpindahan elektron pada listrik statis terjadi karena adanya proses gesekan atau gesekan.

Latihan Soal Beserta Kunci Jawaban Ipa Kelas 9: Apa Fungsi Elektroskop?

Setelah bahan menjadi bermuatan listrik, terjadi fenomena listrik statis, seperti penggaris plastik bermuatan yang menarik potongan kertas. Penggaris plastik yang awalnya tidak bermuatan atau netral digosok dengan kain wol, elektron dari kain wol tersebut akan berpindah ke penggaris plastik. Oleh karena itu, penggaris plastik dikatakan sebagai benda yang bermuatan listrik negatif. Saat penggaris mendekati kertas, maka potongan kertas tersebut akan tertarik ke arah penggaris. Hal ini menunjukkan bahwa benda yang bermuatan listrik negatif dapat menarik benda lebih ringan disekitarnya yang bermuatan listrik positif.

Sisir yang telah digosok dengan kain wol dapat menarik sisa-sisa kertas. mengapa ini terjadi Awalnya, kain wol dan sisir sama-sama tidak bermuatan. Kurangnya muatan berarti jumlah elektron dan proton pada atom plastik dan wol adalah sama. Saat kain wol disisir, elektron pada kain wol dipindahkan ke sisir. Dengan cara ini sisir akan menerima elektron dari kain wol sehingga jumlah elektronnya lebih banyak dibandingkan proton. Sisir menjadi bermuatan negatif. Saat Anda mendekati potongan kertas tersebut, potongan kertas tersebut tertarik oleh sisir. Dengan menggosokkan dua benda (sisir dan kain wol), Anda dapat menghasilkan muatan listrik. Metode ini disebut metode gesekan.

Contoh lainnya adalah ebonit akan bermuatan negatif jika digosok dengan kain wol, sedangkan kaca akan bermuatan positif jika digosok dengan kain sutra. J Jadi dapat disimpulkan bahwa suatu benda yang bermuatan listrik dapat menarik benda-benda yang ada disekitarnya. Listrik statis adalah listrik yang muatannya tidak mengalir atau tidak ada dalam keadaan stasioner.

11 Muatan Listrik Atom terdiri dari inti atom yang terdiri dari proton dan neutron. Inti atom ditutupi oleh cangkang atom. Ada elektron di kulit atom. Proton disebut juga muatan positif dan neutron adalah muatan listrik netral. Elektron adalah muatan listrik negatif.

Penerapan Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari » Maglearning.id

12 Muatan Listrik (2) Suatu bahan mempunyai jumlah proton yang sama dengan jumlah elektronnya, maka bahan tersebut dikatakan tidak bermuatan atau bersifat netral. Jika jumlah proton lebih besar dari jumlah elektron, sehingga atom kekurangan elektron, maka atom tersebut bermuatan positif. Suatu atom dikatakan bermuatan negatif jika jumlah elektronnya lebih besar dari jumlah protonnya, sehingga atom mempunyai kelebihan elektron.

Suatu benda disebut bermuatan listrik apabila atom-atom benda tersebut kekurangan atau kelebihan elektron. Besarnya muatan listrik tergantung pada berapa banyak atom yang hilang atau kelebihan elektron. Semakin besar kekurangan atau kelebihan elektron dalam atom, semakin besar muatannya. Dalam Satuan Sistem Internasional (SI), satuan muatan adalah coulomb (C). Berapakah muatan listrik elektron, proton, dan neutron? Muatan Elektron = –1,6 × Muatan Proton Coulomb = +1,6 × Muatan Neutron Coulomb = 0 (tanpa muatan)

15 1. Pengecatan Mobil Saat menyemprotkan cat, partikel halus cat akan bermuatan jika bersentuhan dengan udara. Permukaan kendaraan yang dicat diberi muatan yang berlawanan dengan muatan tetesan cat sehingga menarik tetesan cat tersebut ke permukaan kendaraan. Cara ini sangat efektif pada permukaan yang tidak rata. Hal ini terjadi karena butiran cat menempel pada medan listrik yang ada. Akibatnya, tetesan cat akan menutupi seluruh permukaan mobil yang mungkin tertutup cat semprot. Cara ini dapat mengakibatkan noda dan menjangkau area tersembunyi.

Contoh Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

16 2. Mesin Fotocopy Mesin fotocopy mempunyai bagian utama berupa film foto yang bersifat konduktif. Pelat ini tidak dapat menghantarkan listrik bila berada di ruangan gelap. Pelat konduktif ini hanya akan menghantarkan listrik jika terkena cahaya. Pertama, pelat foto konduktif dibentuk dengan menggerakkan kawat bermuatan negatif melintasi permukaannya. Muatan induksi dihasilkan pada permukaan pelat foto, yang bermuatan positif. Ketika kertas transfer disinari, cahaya yang dipantulkan mengenai pelat fotografi konduktif yang mengandung muatan induksi. Hasilnya, muatan listrik tercipta persis seperti pada kertas fotokopi. Kemudian, tinta bermuatan negatif disemprotkan ke piring. Tinta tersebut kemudian dipindahkan ke kertas lain untuk membuat salinan. Kertas ini dipanaskan agar tintanya melekat kuat.

Listrik Statis Dan Listrik Dinamis

18 1. Petir Udara panas yang naik ke langit pada hari cerah dapat mengandung muatan. Muatan ini ditransfer ke tetesan air di awan. Jika melewati suatu bangunan, awan yang bermuatan negatif besar menyebabkan induksi pada atap bangunan tersebut. Karena muatan induksi berlawanan dengan muatan awan, hal ini menyebabkan gaya tarik-menarik di antara keduanya. Jika kedua muatan ini sangat besar maka akan menyebabkan aliran elektron yang besar pada atap bangunan. Arusnya berbentuk percikan listrik yang disebut petir. Petir selalu mencari cara terpendek untuk mencapai bumi. Dengan cara ini, muatan listrik di awan dapat dinetralkan. Oleh karena itu, gedung-gedung tinggi, pepohonan, bahkan orang-orang yang berada di tengah lapangan saat hujan bisa menjadi sasaran petir.

Tangki minyak yang kosong akan banyak mengandung uap gas yang mudah terbakar. Uap ini dapat meledak atau terbakar jika terdapat percikan api yang disebabkan oleh aktivitas listrik statis. Oleh karena itu, orang yang bekerja di dalam atau di dekat tangki harus mengenakan pakaian antistatis khusus.

Apa itu listrik statis? Berikan contoh penggunaan listrik statis! Jelaskan muatan dasar listrik! Tuliskan bahaya listrik statis! Masuk ke detektor listrik statis!

Agar situs web ini berfungsi, kami mengumpulkan data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Di dunia nyata, petir merupakan fenomena alam yang ditakuti banyak orang. Selain menyambar, petir juga mempunyai suara yang nyaring. Di sisi lain, petir juga sangat berbahaya karena jika seseorang tersambar petir maka tubuhnya akan terbakar.

Memahami Konsep Medan Listrik: Sifat, Rumus, Dan Contohnya

? Jadi, petir merupakan fenomena yang berhubungan dengan listrik statis. Sebelum pusing membayangkan petir apalagi Thor, yuk kita belajar bersama tentang listrik statis.

Listrik statis merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari fenomena kelistrikan pada muatan listrik diam (statis). Fenomena listrik statis ini terjadi ketika benda bermuatan listrik saling berinteraksi. Lalu apa yang salah dengan listrik statis ini? baca penjelasannya

Pernahkah Anda mendengar istilah atom? Atom adalah bahan dasar yang terdiri dari inti atom dan kulit atom. Partikel penyusun atom adalah:

Contoh Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Inti atom terdiri dari proton dan neutron, sedangkan kulit atom terdiri dari elektron yang mengelilingi inti dengan cara tertentu.

Pengertian Listrik Dinamis Dengan Sifat Dan Contohnya

, elektron pada kulit atom ini bebas berpindah dari satu atom ke atom lainnya. Apabila elektron dari atom suatu benda berpindah ke atom benda lain, maka akan terjadi ketidakseimbangan jumlah elektron pada kedua benda tersebut. Sehingga akan menimbulkan perbedaan muatan listrik pada kedua benda tersebut.

Secara tidak langsung hal ini memberitahu kita bahwa muatan listrik pada suatu benda bergantung pada jumlah elektron. Suatu benda dikatakan bermuatan netral jika jumlah elektronnya sama dengan jumlah protonnya, dan dikatakan bermuatan positif jika jumlah elektronnya lebih sedikit (kekurangan) dibandingkan dengan jumlah protonnya. Dikatakan bermuatan negatif bila jumlah elektronnya lebih besar (berlebihan) dibandingkan jumlah protonnya.

Pada tahun 1785, Charles Augustine de Coulomb menemukan hukum dasar gaya listrik antara dua partikel bermuatan, yang menyatakan: “Besarnya gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan listrik berbanding lurus dengan besar muatan pada masing-masing benda. dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda.” Hukum ini dikenal dengan hukum Coulomb. Hukum Penjelasannya dapat dilihat pada artikel Pengertian Hukum Coulomb.

Ada tiga cara untuk mengisi listrik statis: pelepasan, konduksi, dan induksi. Kami terus menjelaskannya di bawah ini

Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning (pbl) Pada Praktikum Ipa Materi Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Benda-benda di bawah ini dapat menjadi bermuatan listrik jika disentuh oleh benda lain. Periksa tabel di bawah ini.

Cara kedua adalah konduksi. Apa itu konduktivitas? Konduksi adalah afinitas suatu benda bermuatan listrik terhadap benda yang tidak bermuatan listrik. Dengan cara ini, benda yang sebelumnya tidak bermuatan listrik akan menjadi bermuatan listrik.

Terakhir adalah induksi, yaitu pemisahan muatan listrik pada suatu penghantar. Caranya adalah dengan mendekatkan suatu benda bermuatan listrik ke benda lain yang bersifat netral. Fenomena konduksi ini sering kita jumpai ketika kita memeriksa muatan listrik suatu benda menggunakan elektroskop.

Contoh Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sebelumnya di awal artikel sudah kami uraikan sekilas tentang fenomena alam yang sering terjadi di sekitar kita ya? Ya, kilat. Petir merupakan salah satu fenomena alam yang berhubungan dengan listrik statis yang dapat kita saksikan.

Handout Listrik Statis Nora Aprina

Fisika tentunya ada dimana-mana dan kapan saja, termasuk fenomena listrik statis

Contoh gejala listrik statis dalam kehidupan sehari hari, pemanfaatan listrik statis dalam kehidupan sehari hari, contoh fluida statis dalam kehidupan sehari hari, kegunaan listrik statis dalam kehidupan sehari hari, aplikasi listrik statis dalam kehidupan sehari hari, peristiwa listrik statis dalam kehidupan sehari hari, gejala listrik statis dalam kehidupan sehari hari, listrik statis dalam kehidupan sehari hari, penggunaan listrik statis dalam kehidupan sehari hari, contoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari, manfaat listrik statis dalam kehidupan sehari hari, penerapan listrik statis dalam kehidupan sehari hari

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *