Dokumen Yang Harus Disiapkan Untuk Melahirkan – Sejak saya mengetahui saya positif hamil, saya berencana menggunakan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) untuk memeriksakan kehamilan saya setiap bulan dan melahirkan.

Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Jakarta Utara (fasilitas kesehatan BPJSku). Saya sudah nyaman dengan Puskesmas Kelapa Gading, sehingga walaupun pindah ke Bekasi saya tetap tidak mau pindah faskes (karena saya bekerja di kawasan Kelapa Gading).

Dokumen Yang Harus Disiapkan Untuk Melahirkan

Dokumen Yang Harus Disiapkan Untuk Melahirkan

Setiap bulan saya melakukan pemeriksaan ginekologi di Puskesmas dan selalu gratis, termasuk 2 sampel darah. Kalau tidak salah ada 1 jenis pemeriksaan yang tidak ditanggung oleh BPJS, kalau tidak salah itu tes fungsi hati dan saya diminta ±Rp30.000,-

Cara Mengurus Akta Kelahiran Secara Online Dan Syaratnya Halaman All

Periksakan rahim Anda secara rutin sebulan sekali hingga usia kehamilan bulan ke 7. Setiap dua minggu sekali saat Anda hamil 7-8 bulan. Seminggu sekali saat usia kehamilan 9 bulan. Sayangnya saat saya hamil 8 bulan sedang ada pandemi Covid-19, sehingga ibu hamil yang tidak mengeluh tidak diberikan pemeriksaan kehamilan kecuali ada keluhan, namun layanan persalinan tetap buka 24 jam. Dokter swasta semua tutup, jadi sudah beberapa minggu saya tidak periksa kandungan atau USG.

Jika ada tanda-tanda gawat janin atau ada masalah pada rahim, pemeriksaan USG juga ditanggung oleh BPJS (di RS Puskesmas), tentunya jika prosedur yang sudah ditetapkan diikuti, Alhamdulillah rahim saya selalu dalam keadaan baik. kondisinya jadi BPJS tidak menanggung USG hanya untuk melihat kondisi bayinya., setiap bulan saya melakukan pemeriksaan USG ke dokter.

Sebenarnya BPJS mencakup hampir semua pelayanan kesehatan, namun pasti ada prosedur dan ketentuan yang berlaku, sehingga jika kita ingin menggunakan BPJS maka kita perlu memahami prosedur dan ketentuan tersebut.

Saat saya hamil 7 bulan, bidan Puskesmas menceritakan kepada saya dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan untuk melahirkan di Puskesmas dengan layanan BPJS, serta perlengkapan ibu dan bayi yang perlu disiapkan. . Ini daftarnya.

Dokumen Persalinan Bpjs

Kecamatan Kelapa Gading dengan 2 buah tas besar berisi perlengkapan ibu dan bayi serta segala dokumen keperluan persalinan.

Singkat cerita, setelah hampir 13 jam di Puskesmas, ternyata kondisi saya tidak memungkinkan untuk melahirkan di Puskesmas karena detak jantung janin tidak normal (terlalu cepat), sehingga saya dirujuk ke RS Kartika Pulomas Timur. Jakarta. Saya sendiri memilih rumah sakit ini karena lokasinya yang cukup dekat, dulunya rumah sakit bersalin, tidak menerima pasien yang positif Covid-19 dan yang paling penting, rumah sakit tersebut menerima pasien dengan BPJS.

Bidan dari Puskesmas membawa saya ke rumah sakit, dan setibanya di rumah sakit, petugas medis disana menyambut saya dengan baik. Hampir 5 jam di rumah sakit, alhamdulillah saya bisa melahirkan secara normal.

Dokumen Yang Harus Disiapkan Untuk Melahirkan

Saya melahirkan pada hari Sabtu tanggal 18.4.2020 pukul 23.35 WIB dan saya diperbolehkan pulang sore hari tanggal 20.4.2020. Selama saya dirawat di rumah sakit, kondisi saya dan bayi saya baik dan normal. Saya pulang tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Persiapan Melahirkan Anak Pertama Paling Penting

Tidak ada batasan pada layanan ini, sehingga anggota BPJS dapat menggunakan layanan ini setiap kali mereka hamil atau melahirkan.

Jadi, selama saya di rumah sakit, ± 10 ibu melahirkan. Salah satunya adalah berat badan bayi 2,4 kg. Aturan di rumah sakit adalah jika berat badan bayi di bawah 2,5 kg harus dirawat di inkubator, meskipun bayi dalam keadaan sehat dan normal. Anak dengan perawatan, pelayanan dan sarana khusus ternyata tidak ditanggung oleh BPJS lho. Oleh karena itu, jika tidak ingin membayar biaya di inkubator, anak harus segera didaftarkan ke BPJS sebelum pulang dari rumah sakit.

Sebenarnya Bolehkah Membuat BPJS untuk Bayi Baru Lahir? Kamu bisa. Saya segera menghubungi bagian RĽZ kantor saya untuk membuatkan BPJS untuk anak saya, syaratnya hanya akta kelahiran dari RS, FC KTP ibu dan BPJS ibu, kurang dari 2 jam BPJS anak saya sudah siap, padahal anak saya saat itu belum membutuhkan BPJS.

Jika Anda peserta BPJS mandiri, Anda bisa meminta bantuan ayah anak untuk segera membantu Anda mengurus BPJS. Entah apa kondisinya, tapi kurang lebih sama.

Daftar Persiapan Persalinan Dan Perlengkapan Bayi

Seminggu setelah pulang dari RS, saya kembali ke RS untuk memeriksakan kondisi jahitan perineum pasca melahirkan ke dokter umum. Singkat cerita, jahitannya lepas sehingga saya harus bolak-balik ke puskesmas dan rumah sakit untuk memeriksakan jahitannya. Semuanya gratis. Bahkan ada beberapa obat yang tidak ditanggung oleh BPJS dan harga obatnya tidak murah karena dokter saya memberikan obat yang bagus dan mahal.

Nah bagaimana menurut Anda, apakah Anda sudah mempunyai gambaran mengenai tata cara dan persyaratan jika ingin melahirkan dengan BPJS? Mudah bukan?. Selama menggunakan BPJS saya tidak pernah merasakan ribet atau berbeda dengan pasien non BPJS, pelayanannya sama saja. Untungnya saya menggunakan BPJS senyaman mungkin.

Selanjutnya mungkin saya akan share tentang proses melahirkan normal dan masalah jahitan perineum pada postingan selanjutnya, jadi sering-seringlah mampir ke blog saya ya. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Dokumen Yang Harus Disiapkan Untuk Melahirkan

Peralatan yang harus disiapkan sebelum melahirkan, barang yang harus disiapkan untuk melahirkan, yang harus disiapkan untuk melahirkan, apa saja yang harus disiapkan untuk melahirkan, barang yang harus disiapkan sebelum melahirkan, yang harus disiapkan sebelum melahirkan, perlengkapan yang harus disiapkan untuk ibu melahirkan, yang harus disiapkan saat melahirkan, dokumen yang harus disiapkan saat melahirkan, perlengkapan yang harus disiapkan sebelum melahirkan, peralatan yang harus disiapkan saat melahirkan, perlengkapan melahirkan yang harus disiapkan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *