Dokumen Yg Dibawa Saat Melahirkan – Senang sekali dengan hari persalinannya ya, Bu? Ternyata enak, ah! Kegembiraan, emosi, ketakutan, bahkan kepanikan bercampur menjadi satu. Makanlah, tapi jangan lupa persiapan persalinan ya.

Salah satu langkah persiapan kelahiran yang biasa dilakukan adalah…kemasi tas rumah sakit Anda! Tas Rumah Sakit adalah tas yang berisi perlengkapan ibu dan bayi selama dirawat di rumah sakit, sebelum dan sesudah proses persalinan.

Dokumen Yg Dibawa Saat Melahirkan

Dokumen Yg Dibawa Saat Melahirkan

Moms perlu hati-hati saat mengemas tas rumah sakit ya! Tidak ada yang tertinggal, namun kami dapat mengemasnya secara efektif dan efisien. Jangan terlalu banyak membawa barang yang sebenarnya tidak diperlukan ya.

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Melahirkan

Tidak perlu koper besar! Moms bisa menggunakan travel diaper bag untuk membawa seluruh perlengkapan ibu dan si kecil ke rumah sakit.

Sebelum dan sesudah melahirkan, Moms pasti perlu berganti pakaian. Pilihlah pakaian yang berbahan lembut dan tidak akan membuat Anda kepanasan. Selain itu, gaun dalam bentuk gaun juga disarankan untuk memudahkan ibu melahirkan.

Pastikan juga ibu mengenakan pakaian yang memudahkannya menyusui. Sebab saat melahirkan, para ibu disarankan untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) pada bayinya. Seperti baju tidur piyama, ibu bisa lebih mudah menyusui bayinya dalam waktu singkat!

Bawalah perlengkapan mandi pribadi ibu seperti sabun, sikat gigi, dan sampo. Bawa perlengkapan mandi untuk ayah yang menemani ibu ke rumah sakit ya.

What’s On My Maternity Bag

Tak hanya mengganti baju, Moms juga harus menyiapkan pakaian dalam. Bawalah bra menyusui paling nyaman untuk ibu. Model Bra Ibu Hamil & Menyusui Seamless menjadi salah satu rekomendasinya.

Selain bra, ibu juga sebaiknya membawa pakaian dalam yang nyaman. Jika memungkinkan, gunakan bahan yang dapat menyerap keringat seperti kompresi bersalin pinggang tinggi tanpa jahitan.

Sebab, setelah melahirkan, kemaluan ibu akan mengeluarkan cairan lokia. Beberapa ibu mungkin mengalaminya setelah pulang ke rumah, namun tidak jarang ibu juga mengalaminya segera setelah melahirkan.

Dokumen Yg Dibawa Saat Melahirkan

Selain itu, ibu juga berisiko mengalami keputihan. Jika celana dalam tidak menyerap keringat dan terlalu ketat, dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi atau bau tidak sedap.

Dokumen Persalinan Bpjs

Cairan lochia pada dasarnya adalah gumpalan darah, mirip dengan darah menstruasi. Untuk mencegahnya, ibu bisa menggunakan pembalut secara rutin.

Kalau kamu punya rambut panjang, jangan lupa bawa ikat rambut ya! Penting untuk mengikat rambut ibu agar tidak mengganggu proses persalinan.

Tisu membantu Anda menjaga kebersihan di sekitar Anda, termasuk membersihkan tangan dan wajah. Baik tisu basah maupun tisu kering memiliki tekstur yang lembut sehingga membuat moms semakin nyaman saat menggunakannya.

Makan, tisu basah, dan tisu kering juga berfungsi menjaga kebersihan sekitar bayi setelah lahir, lho!

Barang Yang Harus Dibawa Ke Rumah Sakit Saat Melahirkan

Begitu memasuki masa inisiasi, biasanya nyeri mulai muncul. Agar proses persalinan lancar dan nyaman, ibu bisa meminta ayah membantu menggosok punggung atau memijat area tertentu seperti pergelangan tangan dan paha.

Pssst, proses pemijatan ini juga meningkatkan hormon oksitosin lho! Hormon oksitosin merupakan hormon yang menimbulkan perasaan bahagia sehingga dapat mempengaruhi kualitas hormon prolaktin yang memproduksi ASI.

Oleh karena itu, membawa minyak pijat seperti minyak zaitun adalah pilihan yang tepat. Pastinya Anda ingin ASI pertama bayi Anda lancar dan deras bukan?

Dokumen Yg Dibawa Saat Melahirkan

Setelah melahirkan, rahim Anda akan tenggelam dan kulit di perut Anda akan mengendur. Oleh karena itulah korset sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan ibu.

Persiapan Persalinan, Ini 15 Barang Yang Wajib Moms Bawa!

Korset Pita Perut Pasca Persalinan Bambu sangat efektif mengembalikan bentuk, ukuran dan posisi rahim seperti semula. Selain itu, korset hamil ini bagus untuk mengencangkan kulit perut dan melangsingkan pinggang.

Korset ini dapat digunakan segera setelah melahirkan, baik secara alami maupun melalui operasi caesar. Namun bagi ibu yang sedang menjalani persalinan caesar dan ingin segera menggunakannya, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu!

Tak jarang, menjelang persalinan, ASI ibu mulai mengalir. Juga cairan kolostrum, atau tetes pertama ASI yang keluar dari payudara ibu.

Selain itu, setelah melahirkan, ibu tidak bisa menyusui bayinya secara langsung. Moms bisa memompa sebagian besar ASI, namun moms harus menggunakan breast pad untuk mencegah kebocoran dan tetesan terus menerus.

Penting Mengetahui Persiapan Melahirkan Menjelang Persalinan

Sepatu sudah siap jika ibu perlu berjalan kaki sebelum melahirkan. Kaos kaki juga siap membantu moms saat cuaca dingin.

Ya, menurutku ini adalah bagian favoritku! Moms bisa memilihkan baju bayi terbaik untuk dikenakan bayi Anda pertama kali!

Kancing dasar Hamako adalah salah satu kebutuhan pokok para ibu secara keseluruhan! Tentunya bahannya sangat lembut karena terbuat dari 95% Tensel rajut rapat dan 5% spandeks.

Dokumen Yg Dibawa Saat Melahirkan

Selain lembut, bahan baju bayi Hamago juga sangat elastis! Hal ini membuat proses penggunaan lebih mudah bagi anak-anak.

Daftar Persiapan Persalinan Dan Perlengkapan Bayi

Saat Anda membawa pulang bayi, sebaiknya gunakan selimut dan topi bayi. Kedua bahan ini akan melindungi bayi Anda dari udara kotor dan membantu kulit bayi Anda beradaptasi dengan suhu luar.

Jadi, Bunda bisa pilih Hamako Baby Hat & Blanket Set di sini! Tersedia dalam 6 warna dan motif yang elegan, moms pasti suka semuanya. Apa kamu setuju?

Jangan lupakan ini! Dokumen penting untuk urusan administrasi di rumah sakit. Kalau sudah begini, ibu bisa menyerahkan sepenuhnya pada ayah, bukan?

Beberapa dokumen penting yang biasanya harus dibawa, antara lain KTP, kartu keluarga, kartu rumah sakit, dan kartu asuransi (bila menggunakan salah satunya).

Jangan Lupa, Ini Daftar Barang Yang Harus Dibawa Saat Persalinan Halaman 1

Melahirkan bayi berarti ibu harus dua kali lebih higienis dari biasanya! Sebab kulit dan indra bayi masih sensitif terhadap hal-hal kotor seperti udara, debu, dan kuman.

Nah, bunda bisa membawa 59S Mom Bag Portable Sterilizer ini untuk membantu bunda mensterilkan barang-barang di sekitar sebelum berinteraksi dengan buah hati!

Selain mudah dibawa kemana saja, produk ini dilengkapi dengan teknologi UVC LED yang membunuh 99,9% kuman dalam 180 detik! Cukup keren, bukan?

Dokumen Yg Dibawa Saat Melahirkan

Produk tas mumi 59S ini juga awet lho. Moms bisa menggunakannya setiap saat hingga bayi Anda tumbuh besar! Alat sterilisasi portabel ini juga berfungsi untuk mensterilkan botol susu, peralatan makan bahkan mainan bayi Anda. Desember lalu, saya menjalani operasi caesar yang direncanakan. Jadi, saya punya bayi melalui operasi caesar yang sudah direncanakan sebelumnya, tidak tiba-tiba. Saya tahu dari awal rencananya menginap 4 hari 3 malam. Jadi sebelumnya tentunya saya riset dan membuat list apa saja yang harus dibawa ke rumah sakit. Terakhir, inilah barang-barang yang saya bawa di tas saya. Saya membawa 3 tas, masing-masing untuk ibu hamil, ayah dan bayinya. Saya memilih untuk memisahkan kantongnya daripada isinya tercampur atau berantakan 🙂

Barang Yang Wajib Dibawa Ke Rumah Sakit Saat Melahirkan

Dua hari sebelum operasi caesar, pihak rumah sakit menelepon saya untuk memastikan dan mengingatkan saya perbekalan apa yang harus saya bawa. Selain barang pribadi, dokumen administrasi tersebut juga harus dibawa dan dijilid. Jangan lupa beritahu suami dimana kita menyimpan dokumen-dokumen penting tersebut karena biasanya suami akan mengurus pendaftaran, pembayaran dan lain sebagainya.

Buku rekam medis, karena saya masih di Surabaya pada awal kehamilan dan kemudian di Bandung pada trimester kedua kehamilan saya, saya mempunyai dua buku rekam medis. Saya membawa semuanya.

Kartu Asuransi Jauh sebelum bayi lahir, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu apakah rumah sakit tempat kita melahirkan dilindungi oleh asuransi. Jika ingin menggunakan BPJS, ketahui terlebih dahulu bagaimana prosesnya.

Formulir pemesanannya adalah 2 minggu sebelum hari saya diberikan surat pengantar oleh dokter juru bicara untuk melakukan operasi karena saya berencana menjalani operasi caesar.

Perlengkapan Yang Dibawa Saat Persalinan

Baju Tidur Depan Berkancing Pertama-tama konfirmasikan apakah rumah sakit akan menyediakan Anda baju tidur berkancing depan selama Anda menginap. Kebetulan rumah sakit saya tidak, jadi bawalah rumah sakit Anda sendiri.

Pakaian pulang dari rumah sakit Bawalah sesuatu yang mudah untuk menyusui jika bayi Anda ingin makan dalam perjalanan pulang.

Meski toilet disediakan, tapi enaknya sabun dan sampo yang kita pakai sehari-hari bukan? Bawalah travel size yang tidak penuh. Selain itu, jangan lupa membawa sabun cuci muka.

Dokumen Yg Dibawa Saat Melahirkan

Perawatan Kulit Tujuannya agar kulit lebih terawat selama di rumah sakit. Sebenarnya cuci muka + pakai pelembab saja sudah cukup, alhamdulillah. Jangan lupa membawa lipbalm. Setelah operasi, Anda tidak akan bisa langsung makan/minum sampai Anda buang angin atau usus Anda berfungsi kembali. Saya sendiri baru bisa minum jam 3 sore setelah operasi jam 6 pagi. Bayangkan Anda begitu haus dan sedih hingga bibir Anda kering.

Apa Saja Isi Tas Persiapan Melahirkan? Jangan Lupakan Ini!

Bawalah agar tidak terlalu bingung saat ada tamu yang datang. Tapi pada akhirnya aku bodoh sekali HAHAHA, aku jadi bingung sampai-sampai orang mengira drama itu seperti wajah bengkak karena alergi obat setelah operasi.

Korset Tanyakan terlebih dahulu kepada dokter apakah Anda bisa langsung menggunakannya setelah operasi atau tidak. Saat itu dokter saya tidak langsung menyarankan memakai korset. Pada akhirnya, saya hanya memakai korset ketika sampai di rumah. Saya membeli korset murah dari Sorella.

Pembalut pasca melahirkan tidak disediakan oleh rumah sakit. Jika mau, Anda dapat mengenakan biaya tambahan. Dari awal saya membawa 2 paket. Setelah selesai, lanjutkan dengan pembalut biasa. Saya membeli merek Taco.

Krim puting jika tergores. Btw pas drama awal menyusui itu sakit banget 🙁 Tapi aku ga pake krim puting, aku cuma pake asi aja kaya kata orang. Alhamdulillah beberapa hari membaik.

Peralatan Bayi Yang Harus Dibawa Saat Mau Lahiran

Shampo kering Saya bangun dari tempat tidur dan segera mulai mandi + 1 hari setelah operasi. Usai operasi, meski seluruh ruangan didinginkan, rambutmu malah kering, seperti lari keliling lapangan?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!?!? ! Anda harus menyimpan sampo kering sampai Anda mencuci rambut. Kalaupun saya berhijab, akan memalukan jika disentuh.

Pastikan kembali bahwa pakaian dari rumah sakit diberikan kepada pakaian bayi selama Anda berada di rumah sakit. Jika iya, Anda harus membawa pakaian untuk pulang. Saya memiliki berbagai macam pakaian (baju tidur, kemeja panjang dan celana panjang

Yg harus dibawa saat melahirkan, dokumen yang harus dibawa saat melahirkan di rumah sakit, dokumen yang harus dibawa saat melahirkan di bidan, dokumen yang dibawa saat melahirkan, keperluan yg dibawa saat melahirkan, barang yg dibawa saat melahirkan, dokumen yg harus dibawa saat persalinan, perlengkapan yg dibawa saat melahirkan, peralatan yg dibawa saat melahirkan, dokumen yang wajib dibawa saat melahirkan, dokumen yg harus dibawa saat melahirkan, dokumen yang perlu dibawa saat melahirkan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *