Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda – Ada berbagai jenis pertanyaan yang bisa ditemukan dalam sebuah wawancara, namun satu hal yang pasti ditanyakan adalah “Ceritakan tentang diri Anda”. Pertanyaan ini dapat diungkapkan dalam berbagai bentuk kata seperti,

Namaku Rika. Saya 24 tahun. Saya tinggal di Taman Merapi No. 32, Tangsel. Pekerjaan saya saat ini adalah penerjemah Bahasa Inggris-Indonesia. Saya tertarik mendaftar sebagai Content Marketing karena saya suka menulis dan menguasai banyak bahasa.

Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda

Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda

Pada setiap tahapan proses lamaran kerja, pewawancara memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Pertanyaan “Ceritakan tentang diri Anda” bertujuan untuk menguji kesesuaian seorang kandidat dengan kriteria yang dibutuhkan untuk posisi tersebut. Seperti yang dikatakan Salsa Erwina, salah satu career coach RevoU

Pertanyaan Wawancara Kerja Ahli K3 Umum Yang Sering Ditanyakan

‘ di posisi itu?” Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah memberikan informasi tentang diri Anda yang relevan dan sesuai dengan posisi yang diinginkan. Misalnya, jika Anda mendaftar sebagai Spesialis Pemasaran Digital, maka bagikan bagian diri Anda yang terkait dengan pekerjaan tersebut; misalnya peran Anda adalah sebagai divisi pemasaran organisasi kampus, atau menjalankan

Catatan: Bukan berarti bagian lain dari diri Anda tidak menarik, namun ini bukan saat yang tepat untuk menceritakan seluruh kisah hidup Anda karena akan menyulitkan pewawancara mencapai tujuannya.

Menjawab pertanyaan “ceritakan tentang diri Anda” pada dasarnya adalah  kesempatan untuk ‘menghayati’ kata-kata yang tertulis di CV atau

Dengan menjelaskannya secara lisan. Saat kita menerima undangan wawancara, asumsinya pewawancara sudah tertarik dengan versi diri kita yang dibaca di CV dan ingin mengenal lebih dalam tentang orang yang tertulis di dokumen tersebut. Persiapkan garis besar pendahuluan Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

Pertanyaan Interview Organisasi & Jawabannya😍✨

Ceritakan kepada kami tentang hal-hal pribadi tentang diri Anda yang akan memberi nilai tambah pada posisi yang Anda inginkan. Misalnya tentang

Anda, kisah tentang bagaimana Anda pertama kali tertarik pada bidang tersebut, keahlian khusus, atau karakteristik lain yang akan mengingatkan pewawancara tentang Anda. Sebagai contoh, berikut kisah salah satu alumni RevoU bernama Sukraj yang bercerita tentang awal mula ketertarikannya pada digital marketing.

Saya besar di keluarga yang memiliki bisnis X. Dulu, semua aktivitas pemasaran kami dilakukan secara offline. Namun, sebagai anak bungsu di keluarga, saya menyadari ada perubahan perilaku belanja masyarakat ke arah digital. Jadi, saya membantu keluarga saya mengelola bisnisnya di platform pasar online seperti Shopee, Tokopedia, dll. Melihat peningkatan penjualan yang signifikan, saya lebih tertarik mempelajari digital marketing karena saya yakin itu adalah kunci sukses bisnis saat ini.

Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda

Perkenalkan, nama saya Nadif. Seperti yang tertulis di CV saya, saya sebenarnya lulusan Teknik Kimia dari ITB. Sejujurnya, saya memilih berdasarkan dukungan kerabat saya. Namun, ketika saya belajar teknik kimia, saya menemukan minat dalam pemasaran saat saya aktif dalam organisasi. Saya dipercaya menjadi Direktur Pemasaran ITB pada acara Move 2016 dan mengelola 5 divisi antara lain desain grafis, media sosial, dokumentasi, networker dan website. Meskipun jurusan utama saya adalah teknik, saya memilih untuk mengambil mata kuliah pilihan seperti kelas keuangan, kewirausahaan, dan inovasi yang memperkuat minat saya dan mempertajam keterampilan saya di bidang pemasaran.

Jawaban Interview Apa Rencana Karir Anda 5 Tahun Ke Depan?

Dengan menceritakan kisah ini, Nadif mudah diingat oleh pewawancara dengan label “anak teknis yang bergabung dalam organisasi sebagai staf penjualan”.

Dari sekian banyak pengalaman yang tertulis di CV Anda, pilihlah 1-2 pengalaman yang dirasa paling relevan dengan posisi yang Anda inginkan, namun perdalam pembahasannya dengan menjelaskan pencapaian Anda dan bagaimana Anda mendapatkannya. Pengalaman tidak selalu menjadi syarat pekerjaan

Yang kuat. Anda harus menyatakan korelasi antara pengalaman ini dan bagaimana perusahaan akan memperoleh manfaat serupa jika Anda berhasil diterima untuk posisi tersebut. Misalnya saja berikut jawaban Trias salah satu alumnus RevoU saat menceritakan pengalamannya di dunia KOL (Key Opinion Leader):

Saya memiliki pengalaman magang sebagai Brand Ambassador PT. Gudang Garam Tbk dalam 6 bulan. Saya adalah salah satu dari 67 orang yang dipilih dari sekitar 100.000 pelamar. Sebagai duta merek, saya bertanggung jawab merencanakan, membuat, mengedit, dan menerbitkan konten setiap hari melalui media sosial Instagram. Hasilnya mencapai standar yang ditetapkan oleh brand, saya mampu memiliki tingkat keterlibatan sebesar 12%.

Cara Menjawab 7 Pertanyaan Interview Kerja Dari Hrd

(waktu yang dibutuhkan). Berdasarkan cerita Trias, ia mempelajari social media marketing saat menjadi brand ambasador selama 6 bulan. Ada baiknya jika dijumlahkan prestasinya, usahakan menggunakan angka atau persentase dan matriks. Berdasarkan contoh, dia mendapat tingkat keterlibatan 12%. Berikut contoh lain dari Adi, alumni RevoU:

Saya sebelumnya bekerja magang di perusahaan properti Singapura, Noon Property sebagai bagian dari program RevoU Labs. Tugas saya adalah mengelola kampanye Iklan Facebook untuk pasar Asia Tenggara. Dalam dua minggu, saya bisa mendapatkan 150 prospek dan mengurangi CPL sebesar 40% dengan melakukan berbagai pengujian A/B untuk pengoptimalan dan penargetan materi iklan.

Berdasarkan metode SET, Adi bercerita tentang pengalamannya mengelola kampanye iklan Facebook selama bekerja di sebuah perusahaan properti di Singapura dan mendapatkan 150 lead dalam 2 minggu dengan melakukan A/B Testing.

Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda

Terakhir, tunjukkan bahwa Anda sudah mengenal perusahaan tersebut dengan menyebutkan sesuatu yang membuat Anda terkesan. Artinya sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang program, visi dan misi, nilai-nilai, atau informasi lain yang berkaitan dengan perusahaan. Setelah itu sesuaikan jawaban Anda dengan informasi yang Anda dapatkan. Berikut contoh salah satu alumni RevoU bernama Izhar:

Strategi Untuk Menjawab Pertanyaan “mengapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?”

Saya sangat menikmati menulis blog iPrice. Salah satu yang menarik adalah artikel tentang penelitian kebiasaan belanja konsumen selama Ramadhan di tengah pandemi. Menurut saya, informasi mengenai barang terlaris dan maraknya e-commerce sangat berarti. Data e-commerce triwulanan dari iPrice sebenarnya saya gunakan sebagai sumber data dalam tesis saya yang membahas tentang “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pengguna E-commerce Bukalapak”. Ketika saya melihat ada lowongan untuk posisi Content Marketing, saya langsung sangat tertarik untuk bergabung dan ingin berkontribusi dalam menyediakan konten yang bermanfaat bagi khalayak Indonesia.

Ingatlah bahwa Anda adalah salah satu dari ratusan atau bahkan ribuan kandidat lainnya. Anda hanya mempunyai waktu terbatas untuk menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang mampu memberikan kinerja terbaik untuk posisi tersebut, terkadang hanya 15 menit. Apa yang harus dilakukan?

Kabar baiknya, Anda bisa membekali diri dengan karakteristik yang membedakan Anda dengan kandidat lainnya. Selain menunjukkan kemampuan dan prestasi seperti yang dijelaskan di atas, ada 2 hal yang belum diketahui banyak orang namun akan menambah nilai jika dipersiapkan sebelum wawancara:

Pertama, cari informasi tentang pewawancara. Secara teknis, mengetahui apakah pewawancara berasal dari departemen Sumber Daya Manusia (SDM) atau pengguna akan membantu Anda menyesuaikan jawaban, terutama yang berkaitan dengan istilah. Selain itu, setelah kita mengenal orang tersebut, kita dapat menggunakan informasi ini untuk menjalin hubungan manusiawi dengan orang tersebut. Temukan kesamaan yang Anda miliki, misalnya Anda alumni universitas yang sama atau memiliki minat pada mata pelajaran yang sama. Wawancara pada dasarnya adalah percakapan antara dua orang, dengan topik yang telah ditentukan. Jika kita ngobrol dengan orang lain dan menemukan koneksi, tentu peluang pelamar tersebut akan diingat oleh kandidat lain akan lebih besar.

Jawaban Terbaik Untuk 7 Pertanyaan Sulit Tentang Kepribadian Saat Interview Kerja

Coba pikirkan: Jika Anda seorang manajer perekrutan, dan menemukan banyak kandidat yang memenuhi kualifikasi, pada akhirnya yang membedakan adalah hubungan yang berhasil dibangun melalui wawancara tersebut.

Tips yang kedua adalah dengan berlatih. Anda tidak perlu menghafal setiap kalimat dari jawaban yang telah disiapkan, tetapi pahami setiap poin penting yang perlu dibahas. Anda bisa berlatih dengan mengucapkannya dengan lantang di depan cermin. Jika berani, Anda juga bisa mencoba mockup wawancara dengan teman Anda dan mengajukan pertanyaan

Sehingga Anda dapat memberikan jawaban terbaik saat wawancara sebenarnya. Berlatih akan membantu Anda menentukan tingkat pemahaman Anda terhadap topik yang akan Anda bahas. Semakin Anda mengerti, Anda akan semakin percaya diri. Hasilnya, Anda bisa lebih rileks dan benar-benar menunjukkan kepribadian Anda dengan jujur ​​dalam waktu singkat. Wawancara yang baik adalah ketika percakapan mengalir lancar seperti dua saudara sedang bercerita.

Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda

Jawaban ini tidak sepenuhnya salah, namun masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Mari kita bahas setiap poin yang disebutkan Rika (fiktif).

Wawancara Kerja Ahli K3 Umum: 20 Pertanyaan Yang Sering Diajukan Dan Cara Menjawabnya Dengan Baik

Pernyataan ini cukup akurat dalam posisi yang diterapkan. Namun banyak perusahaan, khususnya di bidang teknologi, yang tidak terlalu memperdulikan usia atau tempat tinggal calon pekerjanya. Selain itu, informasi tersebut biasanya sudah tercantum di CV. Oleh karena itu, kalimat ini sebenarnya tidak terlalu penting untuk disebutkan di awal wawancara.

Rika bisa menguraikan bagian ini. Proyek apa yang sedang Anda kerjakan? Prestasi apa yang menurut Rika bisa Anda banggakan dan relevan dengan kebutuhan perusahaan? Sudah berapa lama Rika bekerja sebagai penerjemah?

Saat menyatakan minatnya untuk mendaftar, ini merupakan kesempatan bagi Rika untuk menjelaskan apresiasinya atas prestasi yang diraih perusahaan. Oleh karena itu, selain menunjukkan alasan pelamar tertarik pada suatu posisi, Rika juga harus menjelaskan alasan perusahaan harus tertarik padanya dengan penjelasan yang detail dan mudah dipahami.

Wawancara merupakan salah satu kunci sukses mendapatkan pekerjaan. Namun selain teknik yang baik, wawancara yang baik tentu saja dipengaruhi oleh kualitas pelamar itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelamar kerja untuk memiliki keterampilan yang tepat

Pertanyaan Jebakan Saat Interview Dan Contoh Jawabannya

Dan dapat ditunjukkan dengan baik pada saat proses pendaftaran pekerjaan sehingga dapat diterima oleh perusahaan yang diinginkan. RevoU hadir untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan pelatihan di salah satu bidang yang saat ini banyak diminati yaitu Digital Marketing. Selain mempelajari Full-Stack Digital Marketing seperti periklanan berbayar, pemasaran media sosial, Search Engine Optimization (SEO), dan Customer Relationship Management (CRM) dari instruktur profesional yang pernah bekerja di startup unicorn seperti Tokopedia, GoJek, Traveloka, dan Grab; Anda juga dapat mengikuti program ini

Di RevoU Berikutnya. Anda akan dipandu untuk membuat CV yang menarik, menyusun portofolio proyek yang dikerjakan selama di RevoU, dan membuat profil LinkedIn yang lebih profesional. Anda juga akan mendapatkan masukan langsung dari pelatih karir yang berpengalaman sebagai

Pada

Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda

Jawaban untuk pertanyaan ceritakan tentang diri anda, jawaban ceritakan tentang diri anda fresh graduate, ceritakan tentang diri anda fresh graduate, jawaban pertanyaan interview ceritakan tentang diri anda, contoh jawaban ceritakan tentang diri anda, ceritakan tentang diri anda, jawaban coba ceritakan tentang diri anda, cara menjawab interview ceritakan tentang diri anda, jawaban pertanyaan ceritakan tentang diri anda, contoh jawaban interview ceritakan tentang diri anda, contoh jawaban ceritakan tentang diri anda untuk fresh graduate, jawaban interview ceritakan tentang diri anda

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *