Kerajinan Dari Kain Perca Batik – Bagi para muslimah dan ibu-ibu shaleh yang selalu berjilbab atau berhijab pasti sering ingin memasangkan bros pada jilbabnya. Benda kecil ini, walaupun kecil, namun sangat bermanfaat. Tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antar bahan topi agar terlihat rapi, namun sekaligus memiliki daya tarik tersendiri untuk mempercantik penampilan Anda. Namun bukan berarti kita harus memamerkan kecantikan atau ketampanan kita… hehe…

Nah kali ini kita akan membuat bros bunga sendiri. Bahan yang kami gunakan adalah kain perca. Apa itu tambal sulam? Tambal sulam merupakan sisa kain atau sisa potongan kain yang sudah tidak terpakai lagi. Misalnya saja ketika kita menjahit baju pastinya akan ada sisa potongan kainnya, nah sisa kain tersebut dinamakan tambal sulam yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat bros.

Kerajinan Dari Kain Perca Batik

Kerajinan Dari Kain Perca Batik

Disini saya menggunakan kain perca dari batik. Motif batik ini sudah hidup, jadi tidak perlu menambahkan warna lain, cukup menambahkan sentuhan warna sederhana, bisa kalem atau seperti mutiara di tengah bunga (putik) atau dengan kancing.

Produksi Kerajinan Dari Kain Perca Batik Kalteng

Untuk membuat model bunga yang lain, kita tinggal membuat lingkaran untuk mahkotanya pada pola kain, kita akan melipatnya menjadi bentuk lingkaran. Buatlah 5-6 buah mahkota, lalu haluskan seperti di atas, lipat bagian sampingnya, lalu sikat dan cukur, buatlah rangkaian mahkota bunga. Kemudian letakkan manik-manik/kancing di tengahnya, letakkan dudukan bunga dan terakhir pasang peniti.

Cantik sekali bukan?… Sederhana, tapi hasil kreasi sendiri. Bagi putri kita yang sedang belajar berhijab pasti akan sangat cantik juga jika memakai bros ini. Ketika teman-temannya bertanya betapa lucunya brosmu, di mana kamu mendapatkannya?… dan putrimu dengan bangga menjawab, “Ibuku yang membuatnya…”

Mengisi waktu dengan merangkai bunga di taman salah satu cara mengalihkan perhatian anak yang kecanduan permainan Membuat hiasan dari daun kering Ananda Apa itu batik tambal sulam? Bagaimana cara memanfaatkan batik tambal sulam agar mempunyai nilai ekonomi yang tinggi? Yuk cari tahu jawabannya disini..

Foto samping adalah beberapa contoh kain perca batik Pekalongan yang admin punya, dengan ukuran yang cukup lebar untuk digunakan kembali untuk menjahit.

Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta

Pengertian Batik Patchwork Batik Patchwork merupakan kain sisa dari produksi keseluruhan kain batik yang telah melalui proses pola. Sisa-sisa kain dari pola yang tidak terpakai biasa disebut tambal sulam, istilah batik tambal sulam karena bahan batik yang dijadikan bahan dasar pada umumnya disebut tambal sulam saja.

Dahulu tidak ada yang menggunakan batik tambal sulam. Jadi kalaupun dibuang orang tidak akan mengambilnya, namun di tangan orang-orang kreatif yang pandai memanfaatkan sisa-sisa batik, kini mereka bisa jual beli potongan batik. Dia tidak lagi bebas seperti dulu.

Batik tambal sulam yang masih bisa digunakan adalah batik tambal sulam dengan lebar minimal sebesar tangan. Banyak kreasi/karya yang bisa dibuat dengan menggunakan kain perca batik ini. Kerajinan tangan yang dapat dibuat dari batik tambal antara lain adalah selimut batik tambal, kalung batik tambal, bunga batik tambal, aksesoris batik tambal, pakaian batik tambal, hiasan dinding batik tambal, brosur tambal sulam. Kerajinan tangan dari kain perca dan masih banyak produk lainnya dari batik tambal sulam.

Kerajinan Dari Kain Perca Batik

Jika bisa, pada artikel berikut ini juga akan dibahas tentang tutorial cara membuat kerajinan batik tambal sulam seperti contoh di atas, termasuk cara membuat dompet batik tambal sulam, cara membuat model tas tambal sulam terbaru, dan masih banyak lagi.

Pemanfaatan Kain Perca 1

Harga Batik Tambal Sulam Dengan semakin banyaknya produk yang dihasilkan dengan menggunakan batik tambal sulam, kini harga batik tambal sulam semakin meningkat. Seperti yang telah disebutkan di atas, harga jual batik perca dikelompokkan berdasarkan ukurannya. Semakin lebar kain perca batiknya maka semakin mahal pula harganya. Sebab, semakin luas batiknya maka semakin mudah dalam pembuatannya.

Setelah dikelompokkan berdasarkan ukurannya, batik tambal sulam biasanya dijual dalam hitungan kilo/kilo. Dengan harga yang cukup menjanjikan, ada yang khusus membuat usaha jualan kain perca batik kiloan, bukan laundry saja yang menghasilkan kiloan ya? Hehehe…

Selain mengurangi sampah, lapangan kerja baru tercipta di tangan orang-orang kreatif tersebut. Ternyata penjualan barang kreatif berbahan batik tambal sulam bisa menembus pasar luar negeri sehingga bisnis ini cukup dipertimbangkan.

Itulah sedikit informasi bagaimana cara memanfaatkan batik, limbah yang semula tidak berguna menjadi suatu barang yang bernilai ekonomi tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda tentang pemanfaatan barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Kota Pekalongan, Informasi Masyarakat – Dengan kreatifitas, siapa sangka batik tambal sulam dan scrap bisa menjadi sebuah kerajinan yang menarik dan bernilai tinggi. Seperti yang dilakukan salah satu warga Perumahan Griya Swadaya Asri di Kecamatan Kandang Panjang, Yuli Iravati yang mengolah sampah menjadi berbagai kerajinan tangan yang menarik.

Kerajinan Kain Perca

Di tangan terampil Yule, sampah-sampah yang selama ini dianggap tidak berguna oleh sebagian orang disulap menjadi berbagai kerajinan sampah daur ulang, seperti bros, pernak-pernik, talenan, hiasan dinding, bingkai foto, tas, mainan sepeda, dan masih banyak lagi. Usaha ini sudah ia jalankan sejak tahun 2017. “Saya membuat kerajinan tangan dari sisa-sisa batik dan sampah yang bertema batik karena Pekalongan merupakan pusat kota batik,” kata Yuli saat ditemui di kediamannya, Senin sore (1/7/2019).

Yuli menjelaskan, dirinya hanya belajar secara otodidak dan menggunakan kreativitas. Ia juga tidak segan-segan membagi ilmunya kepada kelompok perempuan lain atau siapapun yang ingin belajar dan menambah penghasilan. “Saya biasa ngajar ibu-ibu rumah tangga, ibu-ibu PKK, anak sekolah juga biasanya datang ke sini kalau mau belajar, diajak jadi nara sumber. Kami juga sering memberikan narasumber untuk pelatihan-pelatihan,” jelas Yuli.

Yuli bisa membuat 50-100 kerajinan cantik dalam satu bulan. Harga kerajinan tangan yang Yuli buat cukup terjangkau, mulai dari 3000,00 rubel – 50.000,00 rubel.

Kerajinan Dari Kain Perca Batik

Yuli mengatakan, bahan pembuatan kerajinan tersebut dikumpulkan dari pemulung dan penjahit yang ada di Kota Pekalongan. Meski produknya masih dipasarkan di kota dan tenaga kerja terbatas, namun karya Yule yang diberi nama “YW Collection” rupanya cukup digemari masyarakat, terbukti dengan omsetnya yang satu kali pesanan. Pemasarannya masih door to door. Door to door dan online, pesanan datang dari kota. Yang paling laris adalah bros dan bingkai foto. Masalah terbesar wastafel adalah terbuat dari kayu, yaitu lumayan sulit di Pekalongan, saya harus ambil langsung dari Magelang,” kata Yuli.

Pcs Kerajinan Kain Perca Batik Campuran Bahan Katun Kotak Bundel Diy Jahit Quilting Lemak Perempat Bahan Jaringan

Yuli berharap usahanya semakin dipromosikan dan dikenal dengan keinginan mengangkat kehadiran batik di Pekalongan. “Saya ingin usaha saya laku, dikenal karena ingin menunjukkan Pekalongan sebagai kota batik. Limbah dan sampah batik juga bisa dimanfaatkan. “- dia menyimpulkan. Dompet Jakarta merupakan aksesoris yang digunakan untuk menyimpan uang, KTP dan barang penting lainnya. Salah satu cara membuat dompet unik dan ramah lingkungan adalah dengan menggunakan bahan tambal sulam. Dompet tambal sulam bisa menjadi aksesoris yang cocok untuk menyimpan uang menyambut lebaran. Desain dompet yang unik dan ramah lingkungan akan membuat penampilan Anda semakin menarik di hari raya.

Cara membuat dompet dari bahan kain bekas dengan berbagai macam corak dan warna yang menarik. Selain itu, cara membuat dompet juga dapat memberikan sentuhan personal dan unik pada tampilan pemakainya. Kombinasi pola dan tekstur tambal sulam yang tak terduga akan menciptakan desain yang unik dan indah. Dompet tambal sulam bisa digunakan sebagai tempat menyimpan uang tunai ucapan selamat yang biasa dikirimkan saat lebaran. Dompet tambal sulam juga berukuran cukup kecil dan praktis sehingga mudah dibawa.

Bahan tambal sulam yang digunakan dalam pembuatan dompet ini juga merupakan limbah tekstil yang dapat didaur ulang, sehingga pembuatan dompet ini juga membantu mengurangi limbah tekstil dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Dengan desainnya yang unik dan fungsinya yang praktis, dompet tambal sulam dapat menjadi aksesoris yang cocok untuk menyimpan uang tunai untuk ucapan selamat hari raya. Membuat dompet tambal sulam juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan kreatif. Berikut cara membuat dompet yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/3/2023).

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa tas yang mereka bawa sehari-hari sebenarnya memiliki nilai feng shui tersendiri.

Dibuat Dari Kain Sisa, Enggak Nyangka Laku Dijual Hingga Ke Amerika

Cara membuat dompet menggunakan kain perca bisa dikatakan sulit sekaligus sederhana. Hal ini mudah karena bahan yang digunakan relatif mudah dalam pengerjaannya, namun sulit karena tambal sulam biasanya memiliki lebar yang terbatas. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti tentang cara membuat dompet dari kain perca.

Kain perca merupakan kain bekas, sehingga kain perca biasanya dibuat dalam potongan-potongan kecil. Untuk memudahkan proses pembuatan dompet, cobalah memilih bahan kain yang lebar. Jika sulit menemukannya, jahit beberapa helai kain menjadi kain yang cukup lebar untuk dijadikan dompet. Tips ini juga akan menambah keunikan pada dompet tambal sulam yang Anda buat.

Tambal sulam yang merupakan produk limbah biasanya dibiarkan tercampur dan diparut. Kain yang kusut akan lebih sulit untuk dikerjakan, jadi yang terbaik adalah menyetrika kain tersebut sebelum Anda mulai membuat dompet tambal sulam.

Kerajinan Dari Kain Perca Batik

Jika Anda tidak yakin cara membuat dompet tambal sulam, gunakan pola sebagai panduan. Ada banyak sekali templat dompet tambal sulam yang tersedia online dan dapat diunduh secara gratis.

Cara Membuat Kerajinan Tekstil Yang Mudah Dan Contohnya

Saat menjahit kain perca, pastikan Anda menggunakan teknik menjahit yang benar agar jahitan tetap kuat dan tahan lama. Pilih jenis jahitan yang sesuai dengan kain dan desain yang Anda inginkan.

Tambahkan detail kecil seperti kancing atau renda untuk memberikan sentuhan bagus pada tas tambal sulam Anda. Detail ini akan membuat dompet lebih menarik dan khas.

Jika Anda memiliki akses ke mesin jahit, gunakanlah untuk membuat segala sesuatunya menjadi cepat dan mudah

Contoh kerajinan dari kain perca, kerajinan bros dari kain perca, kerajinan tangan dari kain perca, kerajinan keset dari kain perca, buat kerajinan dari kain perca, kerajinan kain perca batik, gambar kerajinan dari kain perca, aneka kerajinan dari kain perca, hasil kerajinan dari kain perca, membuat kerajinan dari kain perca, kerajinan dompet dari kain perca, produk kerajinan dari kain perca

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *