Latar Belakang Rasulullah Hijrah Ke Madinah – Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat membuka lembaran baru dalam upaya dakwah mereka menyebarkan agama Islam. Untuk itu, ada beberapa alasan hijrahnya Nabi Muhammad ke Madinah.

Bukan hanya atas kehendak Allah SWT saja yang memilih Madinah sebagai tempat dar al hijrah atau hijrah dan markaz ad dakwah atau puasa dakwah, alasan lain dipilihnya Madinah adalah letak wilayah tersebut yang sangat strategis.

Latar Belakang Rasulullah Hijrah Ke Madinah

Latar Belakang Rasulullah Hijrah Ke Madinah

“Madinah memiliki benteng pertahanan militer alami yang tidak dimiliki oleh kota terdekat di Jazirah Arab,” tulis Abul Hasan al-Ali Hasani dalam an-Nadwi Sirah Nabawiyah.

Isi Piagam Madinah Beserta Latar Belakang Dan Tujuannya

Medina adalah kota yang dipenuhi pohon kurma dan tumbuh-tumbuhan lebat yang memberikan pertahanan militer alami. Karena tentara hanya bisa melewati jalan sempit dan tidak cocok untuk strategi militer.

Selain itu, ciri khas kota Madinah juga sesuai dengan gambaran Nabi Muhammad SAW ketika Allah SWT memberikan inspirasi kota yang hendak dipilihnya sebagai tempat hijrah. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya aku telah melihat tanah tempat kalian berhijrah yang terdapat pohon kurma dan terletak di antara dua desa,” (HR Ahmad).

Tidak sedikit dari pengikut Nabi Muhammad SAW yang disiksa oleh kaum Quraisy saat mereka masih hidup. Pada saat yang sama, dia tidak selalu bisa melindungi mereka.

Sejarah Masjid Quba: Masjid Yang Pertama Kali Dibangun Rasulullah

Lalu ia berkata kepada mereka, “Seandainya kalian pergi ke negeri Habsia. Sesungguhnya di sana ada seorang raja yang tidak dirugikan oleh orang-orang yang berada di dekatnya. Tanah Habsia adalah negeri yang penuh kebenaran. Hendaknya kalian tinggal di sana sampai Tuhan memudahkan segalanya bagimu.”

Atas ajakan Rasulullah SAW, rombongan umat Islam yang terdiri dari 10 laki-laki dan 4 perempuan akhirnya berangkat ke negeri Habsyah. Ini menjadi hijrah pertama bagi umat Islam.

Tidak cukup menyiksa pengikutnya saja, berbagai upaya juga dilakukan kaum Quraisy untuk mengganggu dan menghalangi Rasulullah SAW dalam dakwahnya. Hal ini disebabkan kegagalan mereka dalam menarik generasi muda untuk masuk Islam, sedangkan dakwah Rasulullah SAW tidak kunjung melambat.

Latar Belakang Rasulullah Hijrah Ke Madinah

Sebelum melakukan hijrah kedua, masyarakat Madinah mengucapkan dua kali sumpah. Ikrar Kesetiaan pertama terjadi di Gunung Aqaba yang dihadiri 13 orang.

Pdf) Sejarah Peranan Perempuan Dalam Hijrah Rasulullah Saw Pada 622 M

Selanjutnya, ikrar setia yang kedua pada tahun 622 M dikenal dengan Perjanjian Aqabah II. Beberapa tradisi mengatakan bahwa 73 orang memenuhi janji ini.

Nabi Muhammad SAW meminta kesetiaan kaum Ansar untuk melindungi Islam dan melindungi dirinya serta para pengikutnya. Ia kemudian memerintahkan teman-temannya dan umat Islam di Mekah untuk pergi ke Madinah.

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memberikan kepadamu saudara-saudara di negeri yang aman.”

Teman-teman dan pengikutnya berkumpul di Madinah. Sedangkan Nabi Muhammad SAW tetap berada di Makkah hingga menunggu izin Allah SWT untuk berhijrah.

Nabi Muhammad Saw

Terakhir dan terpenting, alasan Nabi Muhammad hijrah ke Madinah adalah untuk memajukan kepentingan dakwah Islam, sekaligus memberikan dorongan untuk meringankan beban tugasnya.

Hal ini karena melalui emigrasi dapat diketahui luas wilayah kemanusiaan, jenis dan cakupannya pada berbagai tingkatan dan status sosial masyarakat Makkah.

Peristiwa hijrah rasulullah ke madinah, sejarah hijrah nabi ke madinah, hijrah rasulullah ke madinah, kisah perjalanan rasulullah hijrah ke madinah, sejarah nabi muhammad hijrah ke madinah, latar belakang hijrah rasulullah ke madinah, kisah perjalanan nabi muhammad hijrah ke madinah, perjalanan rasulullah ke madinah, hijrah rasulullah dari mekah ke madinah, sejarah hijrah rasulullah ke madinah, tujuan rasulullah hijrah ke madinah, hijrah nabi ke madinah

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *