Makanan Khas Manado Yang Terkenal – Di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Mando, banyak sekali makanan unik yang khusus dikonsumsi. Selain keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, banyak wisatawan yang datang untuk mencicipi lezatnya makanan khas Sulawesi Utara.

Dengan bumbu asli yang pedas, asin dan asam. Apakah Anda juga tertarik untuk mencicipi lezatnya makanan khas Manado? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

Di bawah ini adalah beberapa kuliner khas Manado yang enak dan populer. Wajib kamu coba saat berkunjung ke Sulawesi Utara!

Resep Ayam Woku Kemangi Khas Manado Untuk Makan Malam, Pecinta Pedas Wajib Coba

Makanan khas Sulawesi Utara yang sangat populer adalah bubur mandu. Bubur ini dimasak dengan bahan labu kuning, bayam, kangkung, daun buncis, singkong, daun kemangi dan mentega. Selain itu, Bubur Manado juga dikenal dengan makanan khas Sulawesi Utara yaitu Tinutuan.

Karena menggunakan labu kuning, kuahnya akan pucat dan cukup kental. Mandu Daliri biasanya disantap dengan ikan asin atau ayam goreng sesuai selera. Mandu diliri juga disantap dengan sambal rava agar lebih nikmat. Anda bisa mengunjungi Tikala Coffee House untuk mencicipi Daliya Manado yang autentik.

Selain Manado Dal, Mie Keklang juga sangat populer di kalangan wisatawan. Sesuai dengan namanya, masakan ini terdiri dari mie dengan saus ikan cakalang.

Seporsi Mie Kakalang terbuat dari mie kuning, ikan Kakalang, kubis, daun bawang, bawang putih, singkong, bawang merah, dan cabai. Mie cakalang juga paling enak disantap dengan sambal rua atau sambal hijau.

Makanan Khas Maluku Yang Kaya Akan Rempah Khas Indonesia Timur

Untuk mencicipi mie cakalang, Anda bisa mengunjungi Bastianos Megamas. Restoran ini cukup populer di kalangan warga sekitar.

Anda juga bisa mencoba ayam goreng. Olahan ayam ini disajikan dengan kuah santan. Cara memasaknya hampir sama dengan Kakar Upur, hanya saja Kartoga Kakar berwarna merah tua. Sausnya dipadukan dengan jeruk nipis dan cabai merah untuk menghasilkan rasa tajam yang menyegarkan.

Untuk membuat sop ayam goreng, Anda perlu menggunakan jahe, tepung terigu, bawang putih, jinten, air jeruk lemon, garam dan gula. Ayam goreng ini paling enak disajikan dengan nasi panas. Untuk mencicipi makanan khas ini, Anda bisa mengunjungi Restoran Raja Osi.

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

Semua daerah mempunyai keunikan tersendiri seperti Kota Madura, Kota Marangi, dan Kota Techan. Begitu pula dengan Manado, Kolombia disebut Sati.

Oleh Oleh Khas Manado Yang Paling Terkenal

Jika biasanya sate terbuat dari daging ayam, sapi, dan kambing, sate kolombi terbuat dari daging keong mas. Biasanya sate ini disajikan dengan nasi panas dan bisa disantap siang atau malam hari. Anda bisa mencoba Sate Kolombia di HoHo Restaurant.

Cakalang fufu merupakan masakan khas Sulawesi Utara yang berbahan dasar ikan cakalang. Ikan cakalang kemudian dibumbui, diasapi, dan dijepit melalui bingkai bambu. Hal ini juga yang membuat fufu cakalang lebih matang yaitu sekitar 4 jam dan dinginkan selama 2 jam.

Agar lebih nikmat, fufu cakalang biasanya disajikan dengan sambal dabo-dabo dan nasi panas. Anda bisa mengunjungi Kios 88 Kalawat untuk mencicipi fufu cakalang terbaik di Manado.

Makanan khas Sulawesi Utara berikutnya adalah goho mando. Makanan ini merupakan makanan acar yang terbuat dari buah pepaya. Makanan ini biasanya disantap pada hari cerah.

Rasa Ikan Asli Khas Manado Halaman 1

Anda bisa menemukan banyak warung dan pedagang kaki lima yang menjual gohu Manado. Salah satu restoran terbaik yang menyajikan gohu Manado adalah Gohu Ka Anna di Singkal.

Manado juga punya branbone, sup kacang merah yang dicampur dengan berbagai sayuran. Branbone disajikan dengan kuah kaldu yang nikmat. Untuk membuat brenebon bisa menggunakan merica, gula pasir, bawang putih, bawang merah, cengkeh, pala dan garam.

Dahulu tulang otak merupakan makanan Belanda yang bernama bonin. Bunn artinya kacang dan brun artinya coklat. Anda bisa mencoba Brennan May di Emmanuel Restaurant.

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

Penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara juga sangat menyukai pampis. Pampis adalah ikan cakalang bakar yang disajikan dengan nasi panas. Selain ikan cakalang, pampis juga bisa dibuat dari ikan tuna atau daging ikan yang sedikit berlemak.

Resep Ayam Rica Rica, Makanan Khas Manado Yang Punya Rasa Pedas Menggugah Selera

Hal yang membedakan pampis dengan fufu cakalang adalah proses memasaknya. Pamppis dimasak kering tanpa campuran apa pun selain bumbu dapur. Selain disantap dengan nasi, pampa juga biasa dijadikan isian panada dan lalampa. Anda bisa mengunjungi warung Nasi Camper 153 untuk mencicipi pampas.

Anda juga harus mencoba wako nila bakarnya. Hidangan ini terbuat dari ikan nila yang dicampur dengan bumbu wako. Woku secara umum terbagi menjadi dua versi, yaitu woku pati dan woku belinga.

Ikan nila ini kemudian diberi bumbu wako lalu dibakar. Biasanya ikan nila woku juga dimasak dengan cara dipanggang. Untuk mencicipi menu ini, Anda bisa mengunjungi Bambuden Megamas.

Terakhir, kuliner khas Sulawesi Utara yang bisa Anda coba adalah Reka Rua. Rika Roa adalah hidangan ikan mentah yang dibumbui dengan Rika. Ikan roa sendiri merupakan ikan yang asin dan berwarna keperakan.

Mengecup Bubur Manado Tinutuan

Ikan mentahnya kemudian diasap lalu diolah menjadi sambal. Ikan mentah harus dimasak kering dan renyah. Untuk mencicipi Rica Rua Anda bisa mengunjungi Bastianos Megamas – salah satu restoran terkenal di Manado.

Itulah beberapa masakan khas Sulawesi Utara yang bisa Anda coba. Hidangan paling enak adalah seafood segar dengan kuah segar dan sambal. Kalau kamu berlibur ke Mando, pastikan kamu mencicipi beberapa makanan khas ini ya. Tintuan 2. Clappertart 3. Tumis 4. Nasi Jaha 5. Tenoransak 6. Kawok 7. Pinky 8. Mujir Woko Bakar 9. Keklang Fufu 10. Pangi 11. Ikan Piangka 12. Saat Columbi 13. Brenikon 14. Ruikabo 14. (RW ) ) khas Manado

Berkunjung ke Sulawesi Utara (Sulut) belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi ini. Daerah ini memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang menggugah selera.

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

Manado merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Utara yang terkenal dengan masakan Tintuan atau bubur Manado. Selain itu, masih banyak masakan dari daerah ini yang diolah dengan cara yang berbeda-beda.

Daftar Makanan Khas Manado Yang Menggoda Selera

Selain itu, Sulawesi Utara juga terkenal dengan kulinernya yang ekstrim. Terutama di Tomowon dan Minhasa, terdapat masakan yang terbuat dari daging hewan seperti tikus, ular, dan kelelawar.

Tambahan sayuran yang diberikan membuat masakan ini semakin nikmat. Jenis sayuran yang biasa digunakan : jagung, kangkung, kemangi, bayam dan lain-lain sesuai selera.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati kuliner ini bisa menuju Jalan Wakiki Kota Mando. Jalan ini telah berubah menjadi pusat perdagangan Tintuan atau Mandu Porji.

Klappertart adalah kue yang terbuat dari beberapa bahan yang digabungkan menjadi satu adonan. Bahan-bahan tersebut antara lain tepung terigu, mentega, susu, telur, santan, dan daging kelapa muda.

Perancangan Interior Pusat Kuliner Khas Manado Di Manado

Terlepas dari jenis kuenya, Anda bisa memilih dua jenis, yaitu jenis puding yang kelembutannya istimewa, atau biasanya keras seperti kue.

Kuliner khas Sulawesi Utara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah Sat. Makanan umum ini adalah sayur-sayuran yang terbuat dari potongan pohon pisang muda.

Batang pisang digunakan sebagai bagian dalam bila batangnya dibuang. Bagian dalam batang posang dipotong kecil-kecil sebelum diolah dan kemudian diberi bumbu khusus.

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

Biasanya sate ditambah dengan ikan atau ayam agar lebih nikmat. Proses memasak makanan khas ini sangat unik, yakni dimasak di dalam bambu selama 4 jam dengan bantuan kompor.

Pala Manis Makanan Khas Manado Sulawesi Utara, Ini Manfaat Dan Cara Mengkonsumsinya

Sayur yang dipotong dari pohon pisang muda ini sering dijadikan menu makanan dalam acara pernikahan yang diadakan di Menhasa.

Makanan khas Sulawesi Utara adalah jaha merah atau nasi jahe. Bahan utama masakan ini adalah beras ketan dan santan yang sudah dibumbui.

Setelah itu kedua komponen tersebut ditutup dengan daun bambu. Proses memasaknya dengan cara dipanggang.

Makanan ini sering dijadikan oleh-oleh oleh wisatawan. Beras Jaya juga selalu tersedia di setiap acara penting seperti syukuran setempat.

Resep Bumbu Legendaris Khas Manado, Bikin Masakanmu Spesial

Tenoransk merupakan makanan khas non-halal dari Sulawesi Utara. Hidangan ini terbuat dari daging babi yang diolah dengan cara dipanggang.

Tinoransak diolah menggunakan bumbu khas Sulawesi Utara dengan bumbu pilihan. Bumbu yang dimaksud adalah kunyit, bawang merah, serai, jahe dan lain-lain.

Namun, tidak semua jenis buncis dimasak dalam masakan yang rasanya enak. Masyarakat Sulawesi Utara hanya memanfaatkan tikus hutan ekor putih.

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

Sebelum diolah, tikus hutan dibersihkan. Tikus ini memiliki daging yang tebal dengan tekstur berserat. Kavok diolah dengan cara dipanggang, rasanya enak dan ada sedikit rasa pahit.

Resep Ikan Bakar Dabu Dabu, Cita Rasa Pedas Segar Khas Manado

Makanan ekstrem lainnya adalah paniki. Hidangan umum ini dibuat dengan bahan buah bit yang dibumbui menggunakan santan.

Rasa lezat makanan ini berbeda saat disantap. Sayap konon merupakan bagian yang memiliki rasa paling unik.

Hidangan populer dari Sulawesi Utara adalah Mujir Bakar Woko. Kuliner berbahan dasar ikan nila ini bisa Anda temukan di kawasan Manido.

Woku merupakan bumbu khas Manado yang terdiri dari dua versi yaitu woku belanga dan woku daun. Sebelum dibakar, ikan mujair diberi bumbu wako.

Resep Ayam Woku Khas Manado Untuk Makan Siang Enak, Termasuk Tips Memasak Agar Rempahnya Meresap

Cakalang fufu merupakan masakan khas Sulawesi Utara yang terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui. Ikan ini diasapi hingga matang.

Sebelum dimasak, ikan cakalang dibumbui dengan bumbu khas Minhasan yang terkenal pedas dan lezat. Hidangan ini disebut keklang fufu karena terbuat dari ikan klang dan diasapi. Fufu adalah bahasa lokal dari asap itu sendiri.

Daun pangi yang sudah dibersihkan kemudian dicampur dengan bumbu Mando yang umum, antara lain pala, kemangi, jahe, dan merica. Setelah semua bahan tercampur, pangi dimasukkan ke dalam bambu dan dimasak dengan cara dibakar.

Makanan Khas Manado Yang Terkenal

Masakan jenis ini ada dua versi, yaitu yang menggunakan campuran daging babi, dan juga ayam atau ikan.

Makanan Khas Manado Yang Hits, Bubur Manado Hingga Klappertaart

Sajian Pyangka merupakan salah satu masakan khas Sulawesi Utara yang sayang untuk dilewatkan. Jenis ikan ini melimpah di Danau Tandano, namun sulit ditemukan di perairan lain.

Bagi Anda penyuka cita rasa pedas, Sate Columbia bisa menjadi pilihan saat mencicipi kuliner khas Sulawesi Utara. Kolombi disebut ular nasi yang dicampur bumbu.

Hidangan bekicot nasi ini biasanya disajikan dengan saus kacang atau kecap ikan.

Makanan khas batam yang terkenal, makanan khas magelang yang terkenal, makanan khas manado yang terkenal adalah, makanan khas cirebon yang terkenal, oleh oleh khas manado yang terkenal adalah, makanan khas china yang terkenal, makanan khas bali yang terkenal, makanan khas bandung yang terkenal, makanan khas semarang yang terkenal, makanan khas solo yang terkenal, makanan khas bogor yang terkenal, makanan khas blitar yang terkenal

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *