Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara – Kanker payudara bisa menyerang siapa saja. Baru-baru ini, Nunung Srimulat divonis mengidap penyakit kanker. Kanker payudara bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat ini.

Dalam podcast YouTube Ruben Onsu, aktor Nunung Srimulat membeberkan kabar mengejutkan. Ia mengaku menderita kanker payudara.

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara

Sebelum kabar buruk itu terjadi, Nunung sudah rutin memeriksakan diri ke dokter. Namun, Nunung kaget saat dokter mendiagnosisnya menderita kanker payudara. Sejak itu, Nunung kembali diuji.

Bawang Inilah Yang Disarankan Okke Rajasa Untuk Dikonsumsi Ibu Ani Yudhoyono, Dirinya Sembuh Dari Kanker Karenanya

Kanker payudara adalah jenis kanker mematikan lainnya. Jenis kanker ini mempengaruhi jaringan payudara dimana sel-sel dalam tubuh membelah dan tumbuh secara tidak terkendali.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit ini. Mulai dari merokok dan merokok, hingga menopause, hingga pola makan tidak sehat seperti pola makan tinggi lemak dan rendah lemak.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Di antaranya dengan berolahraga, mengonsumsi makanan tinggi serat, dan menghindari makanan tinggi lemak jenuh.

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin. Mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli dapat membantu mencegah kanker payudara.

Buku Makanan Dan Diet Penderita Kan 1

Menurut penelitian, brokoli juga dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mencegah penyebaran kanker. Mary Marian, RDN, selaku asisten profesor di Universitas Arizona menyarankan untuk mengonsumsi satu atau dua porsi sayuran setiap harinya.

Apel dikenal sebagai buah yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mencegah kanker payudara.

Apel merupakan sumber antioksidan, serat dan nutrisi penting lainnya untuk melawan kanker. Hal ini juga bisa diketahui jika apel dimakan bersama kulit buahnya. Pasalnya penelitian laboratorium menunjukkan bahwa kulit apel mampu melawan penyebaran sel kanker.

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara

Nunung nunung srimulat kanker payudara nunung makanan kanker payudara untuk mencegah kanker makanan untuk kanker makanan sehat untuk mencegah kanker makanan sehat Deteksi Zat Besi yang Tidak Memadai Anemia Defisiensi Besi pada Anak Deteksi Dini Protein HPV pada Anak Dibutuhkan untuk Pertumbuhan Vaksin Rotavirus Tes Gangguan Kecemasan Periksa Tingkat StresLihat Semua

Ampuh, 7 Makanan Terbaik Untuk Dikonsumsi Penderita Kanker

Deteksi Dini HPV Apakah Anda berisiko tertular HPV? Lihat selengkapnyaKalkulator BMIApakah berat badan Anda tepat? Lihat selengkapnya Kalkulator Kalori Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Lihat selengkapnya

HestiParenting•Dua bulan Benarkah demam berdarah bisa multiinfeksi? HestiGigi dan Mulut•bulan#Pertanyaan Komunitas: Penyebab Bau Mulut

Setiap orang harus makan makanan yang sehat untuk mengurangi risiko kanker payudara. Makanan bergizi juga membantu kesembuhan pasien kanker dan mencegah sel kanker tumbuh kembali. Berikut jenis makanan pencegah kanker payudara yang baik untuk Anda konsumsi.

Para peneliti menyebutkan bahwa pola makan kaya sayur dan buah kaya serat dapat menurunkan risiko kanker payudara sebesar 15 persen.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan

Oleh karena itu, pasien kanker payudara disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima kali makanan berbeda yang berserat setiap hari.

Lantas, makanan berserat apa saja yang baik untuk mencegah dan membantu pemulihan kanker payudara? Baca penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Sayuran umbi-umbian atau yang sering disebut cruciferoussay seperti kembang kol, brokoli, sawi, dan kubis dipercaya sebagai makanan pembunuh sel kanker payudara.

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara

Kelompok sayuran banyak mengandung zat yang disebut glukosinolat. Nutrisi ini bekerja melawan kanker dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan DNA.

Jenis Makanan Pemicu Kanker Payudara Yang Perlu Dibatasi

Glukosinolat juga dapat membunuh sel kanker dengan cara menghambat pembentukan pembuluh darah dan pergerakan sel tumor penyebab metastasis (penyebaran kanker).

Sayuran ini mengandung serat dan antioksidan. Sedangkan antioksidan membantu melawan efek radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat dan menyebabkan kanker.

Sayuran berwarna hijau tua seringkali mengandung antioksidan tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa memilih sayuran berwarna hijau yang memiliki warna gelap agar manfaatnya paling baik.

Wortel, tomat, dan jeruk kaya akan karotenoid. Karotenoid adalah pigmen merah, kuning dan oranye (karotenoid) yang ditemukan pada buah-buahan dan sayuran.

Tazakka Kulit Manggis 60 Kapsul Untuk Kanker Payudara

Karotenoid merupakan antioksidan kuat yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab kanker payudara.

Selain ketiga makanan di atas, Anda bisa mengonsumsi jambu biji, mangga, ubi, labu kuning, dan semangka yang juga mengandung karotenoid.

Menurut Global Cancer Observatory (Globocan) pada tahun 2020, kanker payudara menempati urutan pertama dari seluruh penderita kanker di Indonesia. Penyakit ini juga menduduki peringkat kedua dengan jumlah kematian terbanyak, yakni 22.430 jiwa.

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara

Seledri, kemangi, dan ketumbar mengandung apigenin, yaitu antioksidan flavonoid yang diketahui memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker.

Alasan Kita Tidak Boleh Sering Makan Makanan Yang Dibakar :: Newfemme :: Artikel

Sebuah penelitian dalam jurnal Cell & Bioscience (2017) menemukan bahwa apigenin dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara HER2 dalam tubuh.

Selain seledri, kemangi, dan ketumbar, teh kamomil merupakan sumber apigenin yang baik untuk mencegah kanker payudara.

Minyak zaitun merupakan sumber asam lemak omega-3. Penelitian lain di Amerika pada tahun 2015 menunjukkan manfaat makanan omega-3 seperti mencegah kanker payudara.

Menurut penelitian pada pasien kanker payudara tahap awal, asupan omega-3 yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker sebesar 25% dalam tujuh tahun setelah diagnosis.

Makanan Sehat Ini Efektif Mencegah Kanker Payudara, Berminat Mencoba?

Hal ini diduga karena asam lemak omega-3 mampu mengurangi peradangan pada tubuh yang merupakan salah satu penyebab utama kanker payudara.

Selain minyak zaitun, beberapa jenis makanan yang mengandung omega-3 adalah ikan berminyak, tiram, kedelai, kenari, dan alpukat.

Kelompok buah-buahan, antara lain blueberry, stroberi, dan raspberry, mengandung antosianin. Golongan ini memiliki sifat anti inflamasi (anti inflamasi) dan antitumor yang dipercaya baik untuk melawan tumor payudara.

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara

Oleh karena itu, buah-buahan ini bisa menjadi makanan yang baik bagi penderita kanker payudara dan dianggap dapat menyembuhkan penyakitnya.

Makanan Pencegah Kanker Payudara Yang Patut Dicoba

Kacang-kacangan ini kaya akan protein, lemak sehat, vitamin dan mineral. Tak hanya itu, kedelai juga mengandung antioksidan bernama isoflavon.

Ulasan ilmiah dalam jurnal Frontiers in Nutrition (2022) menemukan bahwa mengonsumsi kedelai secara signifikan mengurangi risiko kanker sebesar 10 persen.

Selain memakannya secara langsung, Anda juga bisa mengonsumsi makanan olahan pelawan kanker ini, seperti tahu, tempe, atau susu kedelai.

Biji-bijian utuh atau gandum utuh merupakan jenis biji-bijian yang belum banyak diproses. Hal ini menjaga nutrisi di dalamnya tetap padat dan tahan terhadap erosi.

Rutin Konsumsi Buah Dan Sayur Kurangi Risiko Kanker

Jenis makanan yang baik untuk penderita kanker payudara ini kaya akan karbohidrat, serat, vitamin dan mineral. Ramuan ini baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Jenis makanan lain yang termasuk biji-bijian adalah beras merah, beras hitam, gandum, jagung, dan sorgum.

Vitamin D dalam susu dan produk susu mungkin bermanfaat bagi pasien kanker payudara. Sayangnya, susu sering kali mengandung banyak lemak sehingga perlu dijaga agar tetap minimum.

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Kanker Payudara

Vitamin D diyakini berperan penting dalam mengatur pertumbuhan sel payudara. Hal ini dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

Sindografis: Ingin Terhindar Dari Kanker Payudara? Yuk Coba Cara Berikut Ini!

Para peneliti dari Universitas Puerto Rico menemukan bahwa wanita yang makan lebih banyak bawang bombay memiliki risiko 67% lebih rendah terkena kanker payudara.

Hal ini dicapai setelah 6 tahun penelitian di Puerto Rico. Masyarakat yang tinggal di daerah ini diketahui banyak mengonsumsi bawang merah, baik putih maupun merah.

Dibandingkan dengan wilayah lain di Amerika Serikat dan Eropa yang penduduknya lebih sedikit mengonsumsi bawang bombay, Puerto Riko memiliki jumlah pasien kanker yang lebih sedikit.

Namun penelitian ini masih terbatas. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan apakah makanan ini benar-benar dapat membantu mencegah kanker payudara.

Tanaman Obat Kanker Payudara Untuk Perawatan Alternatif

Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Anda Menderita Kanker Payudara. (2022). Klinik Cleveland. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://health.clevelandclinic.org/the-best-foods-to-eat-when-you-have-breast-cancer/ Karotenoid. (2022). Institut Linus Pauling – Universitas Negeri Oregon. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://lpi.oregonstate.edu/mic/dietary-factors/phytochemicals/carotenoids Sayuran Cruciferous. (2023). Institut Linus Pauling – Universitas Negeri Oregon. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://lpi.oregonstate.edu/mic/food-beverages/cruciferous-vegetables Tingkat Rendah Vitamin D. (2023). Kanker Payudara.org. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://www.breastcancer.org/risk/risk-factors/low-vitamin-d-levels Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3. (2023). Kanker Payudara.org. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://www.breastcancer.org/managing-life/diet-nutrition/breast-cancer-risk-reduction/foods/omega-3 Makanan yang Mengandung Fitokimia. (2023). Kanker Payudara.org. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://www.breastcancer.org/managing-life/diet-nutrition/breast-cancer-risk-reduction/foods/phytochemicals Fan, Y., Wang, M., Li, Z. , Jiang, H., Shi, J., Shi, X., Liu, S., Zhao, J., Kong, L., Zhang, W., & Ma, L. (2022). Asupan Kedelai, Isoflavon Kedelai dan Protein Kedelai serta Risiko Kejadian dan Kematian Kanker. Frontiers dalam nutrisi, 9, 847421. https://doi.org/10.3389/fnut.2022.847421 In, L., Freudenheim, J.K., dkk. (2019). Konsumsi Bawang Merah dan Bawang Putih dan Kanker Payudara, Studi Kasus-Kontrol di Puerto Rico. Makanan dan Kanker. 72(5):791-800. https://doi.org/10.1080/01635581.2019.1651349 Yan, X., Qi, M., Li, P., Zhan, Y., & Shao, H. (2017). Apigenin dalam pengobatan kanker: efek antikanker dan mekanisme aksi. Sel & biosains, 7, 50. https://doi.org/10.1186/s13578-017-0179-x Shareef, M., Ashraf, MA, & Sarfraz, M. (2016). Obat alami untuk kanker payudara. Jurnal Farmasi Saudi: SPJ: publikasi resmi Saudi Pharmaceutical Society, 24 (3), 233-240. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2016.04.018 Jiang, Y., Pan, Y., Rhea, P., Tan, L., Gagea, M., & Cohen, L. dkk. (2016). Diet Sukrosa Meningkatkan Tumorigenesis di Kelenjar Susu Sebagian Melalui Jalur 12-Lipoksigenase. Penelitian Kanker, 76(1), 24-29. https://doi.org/10.1158/0008-5472.can-14-3432 Fabian, C., Kimler, B., & Hursting, S. (2015). Asam lemak omega-3 dalam pencegahan dan kelangsungan hidup kanker payudara. Penelitian Kanker Payudara, 17 (1). https://doi.org/10.1186/s13058-015-0571-6 Link, LB, Canchola, A.J., Bernstein, L., Clarke, CA, Stram, DO, Ursin, G., & Horn-Ross, PL ( 2013). Pola makan dan risiko kanker payudara pada kohort California Teachers Study. Jurnal Nutrisi Klinis Amerika, 98(6), 1524-1532. https://dx.doi.org/10.3945%2Fajcn.113.061184 Buah baru yang Sahabat Sayur makan ternyata sangat penting dalam mencegah dan melawan sel kanker dan tumor di dalam tubuh. Buah-buahan perusak kanker dan tumor seringkali mengandung antioksidan, senyawa yang dikenal dapat melindungi tubuh dari risiko pertumbuhan sel kanker. Simak buah-buahan berikut ini untuk melawan sel kanker dan tumor.

Blueberry merupakan buah yang mengandung serat, vitamin C dan mangan dalam makanan apapun. Tingginya kandungan antioksidan pada blueberry membuat buah ini disebut mampu mendukung sistem kekebalan tubuh

Sayuran yang tidak boleh dimakan penderita kanker payudara, makanan yang tidak boleh dimakan penderita kanker usus, buah yang tidak boleh dimakan penderita kanker payudara, makanan yang boleh dikonsumsi penderita kanker payudara, makanan yang boleh dimakan penderita kanker, makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita kanker payudara, makanan yang tidak boleh dimakan penderita kanker, makanan yg tidak boleh dimakan penderita kanker payudara, makanan yang boleh dimakan penderita tumor payudara, makanan yang tidak boleh dimakan oleh penderita penyakit kanker payudara, makanan yang tidak boleh dimakan penderita kanker payudara, makanan yang tidak boleh dimakan penderita tumor payudara

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *