Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat – KOMPAS.com – Ginjal merupakan salah satu organ pelindung tubuh yang dapat menyeimbangkan cairan, elektrolit, dan zat terlarut untuk menyaring air dan limbah dari darah kita untuk menghasilkan sekitar 1.500 mililiter (50 ons cairan) urin setiap hari.

Hal ini dilakukan oleh satu juta unit fungsional masing-masing ginjal yang disebut “nefron”, yang mencakup tubulus, anggota badan, dan struktur lain bersama dengan glomeruli yang menghasilkan ultrafiltrat.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

Ada dua penyakit kronis yang meningkatkan risiko penyakit ginjal, yaitu diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi).

Kebiasaan Merusak Ginjal, Kaum Rebahan Hati Hati Nomor 7

Penyakit ginjal pada akhirnya diklasifikasikan menjadi empat kondisi yang meliputi batu ginjal, cedera ginjal akut, penyakit ginjal kronis (CKD), dan penyakit ginjal stadium akhir (ESRD).

Untuk mengurangi risiko atau mengendalikan diabetes dan tekanan darah tinggi yang dapat melindungi kita dari penyakit ginjal, hal utama yang dapat dilakukan adalah membatasi asupan natrium dan lemak jenuh.

Nah, seperti dilansir laman Eat This Not That, berikut empat makanan teratas yang harus dihindari untuk melindungi ginjal Anda dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Asupan natrium berlebih melebihi 2.300 miligram (mg) per hari diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan juga menimbulkan tekanan ekstra pada ginjal.

Asupan Terbaik Dan Terburuk Untuk Ginjal Menurut Ahli Diet

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi protein hewani dibandingkan protein nabati dapat meningkatkan perkembangan penyakit ginjal.

Seringkali dianggap sebagai makan siang ringan atau cara untuk meredakan sakit tenggorokan jika Anda menderita gejala pilek atau flu, sayangnya supnya penuh dengan garam.

Faktanya, sup buatan sendiri pun sering kali menggunakan kaldu daging sapi, ayam, atau sayuran, yang mengandung lebih dari 800 miligram natrium per cangkir.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

Saat ini terdapat garam versi rendah sodium di pasaran, namun sebagian besar konsumen menganggap rasanya tidak enak dan hal ini dapat membuat kita menggunakan lebih banyak garam.

Makan Yang Perlu Dihindari Oleh Orang Dengan Gangguan Ginjal :: Newfemme :: Artikel

Sebagai gantinya, kita bisa membuat kaldu bebas natrium dengan sisa sayuran dan rempah-rempah untuk memberikan rasa yang nikmat pada sup.

Selain itu, kentang juga kaya akan potasium atau mineral yang umumnya dianjurkan untuk dipantau jika ginjal mengalami gangguan dan mencapai CKD stadium 3A atau gagal ginjal stadium berikutnya.

Produk ini mengandung 950 miligram natrium per satu sendok makan porsi, yang hampir 50% dari Nilai Harian (DV) untuk natrium.

Namun kita bisa menggantinya dengan bahan rendah sodium seperti jamur, pasta tomat, ragi nutrisi atau cuka rasa.

Cara Mudah Menjaga Ginjal Tetap Sehat Dan Berfungsi Baik, Wajib Tahu

Dapatkan update berita kurasi dan berita terhangat setiap hari di Kompas.com. Ayo gabung di Grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Tag ginjalPenyakit ginjalmakanan yang mengandung natrium tinggiKesehatan ginjal pemeliharaan kesehatan ginjaldampak kelebihan natriumbahaya natriummakanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan ginjaldampak buruk kelebihan natrium pada ginjal

Berita Terkait Anjuran Diet untuk Mencegah Gagal Ginjal7 Anjuran Diet untuk Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal Kenali Bahaya Minum Es Teh Manis Setiap Hari untuk Kesehatan Ginjal7 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal6 Langkah Bijak Minum Air Putih untuk Kesehatan Ginjal, Jakarta – Ginjal merupakan organ vital manusia . Ginjal bertugas menyaring semua kotoran, limbah, dan zat berlebih dari dalam tubuh. Hal ini dilakukan untuk memastikan tubuh dapat berfungsi dengan baik. Satu hal yang menarik adalah ginjal bekerja dengan sangat baik.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

Artikel tentang makanan dan minuman yang harus dihindari untuk kesehatan ginjal adalah yang paling populer di saluran Citizen6. Dilanjutkan dengan artikel tentang zodiak yang paling kecil kemungkinannya untuk selingkuh.

Rekomendasi Makanan Yang Baik Untuk Pengidap Penyakit Ginjal

Ginjal bekerja dengan sangat baik. Itu sebabnya kerusakan sekecil apa pun bisa berdampak negatif pada seluruh tubuh. Oleh karena itu, ginjal Anda harus selalu dijaga kesehatannya.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menghindari atau mengurangi beberapa asupan berikut. Dengan menghindari atau mengurangi berbagai asupan, ginjal Anda akan tetap sehat.

Pastinya sebagian dari kita menginginkan pasangan yang setia dan tidak selingkuh. Sebab perselingkuhan merupakan salah satu masalah yang membuat sebuah hubungan hancur dan menyakitkan.

Ternyata ada beberapa zodiak yang dikenal paling jujur ​​dalam menjalin hubungan. Faktanya, kecil kemungkinan mereka akan menjalin hubungan asmara. Nah, penasaran ingin tahu apa saja zodiak yang cenderung jujur ​​dan bisa dipercaya?

Hindari, 4 Makanan Yang Buruk Bagi Kesehatan Ginjal

Jika Anda berpikir lipstik yang Anda gunakan harus sesuai dengan pakaian atau tas Anda untuk mendapatkan tampilan yang sempurna. Namun, sepertinya Anda salah.

Pemilihan warna bibir bisa menjadi ciri paling menarik di mata pria dan warna yang dipilih menunjukkan kepribadian Anda. Nah, penasaran ingin tahu kepribadianmu berdasarkan warna lipstik favoritmu? Berikut ulasannya.

Sahabat Fimela, kepribadian seseorang bisa dilihat dari banyak hal, termasuk dari jumlah bantal yang digunakannya untuk tidur. Ingin tahu seperti apa kepribadian Anda?

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, kirim WhatsApp ke Cek Fakta di 0811 9787 670, cukup masukkan kata kunci yang diinginkan Makanan Berbahaya untuk Ginjal Tanggal terbit: 14 Februari 2019 Terakhir diperbarui: 12 Oktober 2020 Waktu baca: 5 menit

Sayuran Yang Perlu Dihindari Pengidap Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Ginjal berfungsi menyaring darah, membuang limbah melalui urin, memproduksi hormon, menyeimbangkan mineral, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Namun, untuk mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit ginjal, Anda juga perlu menghindari dan membatasi makanan tertentu dalam pola makan sehari-hari. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu mengurangi penumpukan limbah dalam darah, meningkatkan fungsi ginjal, dan mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut.

Penerapan diet ketat dan pola makan pada makanan tertentu akan bergantung pada tingkat kerusakan ginjal. Pengobatan pada penderita penyakit ginjal yang masih dalam kategori ringan tentunya akan berbeda dengan pengobatan pada penderita penyakit ginjal stadium akhir atau penderita gagal ginjal, meski keduanya memerlukan pemantauan ketat terhadap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Alpukat dinilai mengandung banyak kandungan nutrisi, antara lain lemak, serat, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan jantung. Namun alpukat merupakan salah satu buah yang sebaiknya dihindari penderita ginjal karena banyak mengandung potasium.

Ingin Lebih Sehat, Hindari 10 Jenis Makanan Ini

Selain kalori dan gula yang terdapat pada cola dan minuman ringan lainnya (softdrink), bahan tambahan berupa fosfor juga terdapat pada minuman bersoda, terutama minuman berwarna gelap. Fosfor digunakan dalam minuman untuk meningkatkan rasa, memperpanjang umur simpan (tanggal kedaluwarsa), dan mencegah perubahan warna pada minuman. Tambahan fosfor ini juga mudah diserap tubuh dan tidak terikat dengan protein sehingga sebaiknya dihindari oleh mereka yang menderita masalah ginjal.

Makanan kaleng berupa sup, sayur mayur, kacang-kacangan atau sarden yang dikemas dalam kaleng sebaiknya dihindari oleh penderita ginjal karena seringkali mengandung kadar sodium atau natrium yang tinggi. Natrium sendiri berfungsi sebagai pengawet untuk meningkatkan umur simpan. Bagi penderita ginjal, sebaiknya batasi penggunaan makanan dengan kadar natrium rendah.

Penderita ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi roti gandum dan memilih mengonsumsi roti tawar dengan kandungan tepung olahan. Meskipun roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, namun juga mengandung fosfor dan potasium yang tinggi sehingga kurang bermanfaat bagi mereka yang menderita masalah ginjal. Selain itu, kedua jenis roti tersebut juga biasanya mengandung natrium, jadi ada baiknya Anda memperhatikan label nutrisi pada setiap isi roti.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

Seperti halnya roti gandum utuh, nasi yang dibuat dengan beras merah adalah gandum utuh yang memiliki kandungan kalium dan fosfor lebih tinggi dibandingkan nasi putih biasa. Untuk itu, disarankan untuk terus mengonsumsi nasi putih atau mencoba soba sebagai alternatif yang baik bagi penderita ginjal.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Sama seperti alpukat, pisang juga merupakan buah yang berbahaya bagi ginjal. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalium pada buah pisang. Meskipun pisang secara alami rendah natrium, pisang juga tinggi potasium. Sebagai pilihan lainnya, Anda bisa mencoba mengonsumsi nanas dengan jumlah potasium yang lebih rendah.

Susu dan produk berbahan dasar susu lainnya mengandung beberapa vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsi susu disertai makanan lain yang mengandung fosfor dapat membahayakan kesehatan tulang, terutama bagi penderita ginjal. Hal ini terjadi karena kerusakan ginjal sehingga menyebabkan penumpukan fosfor dalam darah, melemahkan tulang seiring berjalannya waktu, dan meningkatkan risiko patah tulang. Selain itu, susu juga mengandung potasium dan protein yang tinggi sehingga jumlahnya perlu dibatasi untuk menjaga kesehatan ginjal.

Jeruk dan jus jeruk diketahui kaya akan vitamin C, namun juga tinggi potasium sehingga sebaiknya dihindari atau dibatasi, terutama oleh penderita penyakit ginjal. Anggur, apel, dan cranberry bisa menjadi penggantinya karena memiliki kandungan potasium yang lebih rendah

Daging olahan yang telah diasinkan, dikeringkan, atau disimpan dalam kaleng seringkali dianggap tidak sehat karena mengandung bahan pengawet dan tinggi protein. Contoh daging olahan yang sebaiknya dihindari adalah bacon, pepperoni, hot dog, dendeng, dan sosis. Garam dalam jumlah besar juga biasanya terkandung dalam daging olahan untuk meningkatkan cita rasa.

Makanan Tinggi Oksalat Yang Perlu Dihindari Oleh Pengidap Batu Ginjal

Acar atau makanan asinan atau asinan seringkali mengandung kandungan garam (natrium) yang tinggi. Oleh karena itu, makanan yang mengandung natrium tinggi perlu dibatasi, terutama bagi penderita penyakit ginjal.

Aprikot kaya akan vitamin A, vitamin C dan serat, serta mengandung potasium dalam jumlah besar, sehingga tidak baik untuk ginjal Anda. Mungkin hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah aprikot kering karena kandungan potasiumnya lebih sedikit, namun sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal.

Kentang dan ubi jalar merupakan sayuran yang kaya kalium, namun merendam atau mencuci beberapa makanan tinggi kalium dan memasaknya selama kurang lebih 10 menit juga dapat mengurangi kandungan kaliumnya. Kandungan potasiumnya mungkin berkurang, namun bukan berarti hilang sama sekali.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

Tomat merupakan buah dengan kandungan potasium yang tinggi sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Memilih makanan alternatif dengan kandungan potasium lebih rendah akan membantu mengontrol kondisi ginjal Anda agar berfungsi dengan baik.

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Makanan olahan juga cenderung mengandung kadar natrium tinggi karena banyak diproses, misalnya pizza, mie instan, atau makanan siap saji yang nantinya bisa dipanaskan di microwave. Selain itu, makanan olahan juga akan menurunkan kadar nutrisi sebenarnya.

Sayuran hijau

Makanan yang harus dihindari untuk penyakit ginjal, makanan yang harus dihindari gagal ginjal, makanan yang harus dihindari batu ginjal, makanan yang harus dihindari penyakit batu ginjal, makanan yang harus dihindari penderita gagal ginjal, makanan yang harus dihindari penderita gangguan ginjal, makanan yang harus dihindari saat sakit ginjal, makanan yang harus dihindari penderita batu ginjal, makanan yang harus dihindari penderita ginjal, makanan yang harus dihindari penyakit ginjal, makanan yang harus dihindari sakit ginjal, makanan yang harus dihindari ginjal

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *