Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Ginjal – Halodoc, Jakarta Penting untuk mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit ginjal. Ginjal bertugas menyaring darah, membuang limbah melalui urin, memproduksi hormon, menyeimbangkan mineral, dan menjaga keseimbangan cairan. Jika organ ini terganggu, masalah kesehatan bisa terjadi.

Penyakit ginjal yang umum termasuk batu ginjal, infeksi ginjal, dan gagal ginjal. Saat terjadi gangguan ginjal, perhatikan pola makan sehari-hari. Ada makanan tertentu yang sebaiknya dihindari atau dikurangi saat Anda memiliki masalah ginjal.

Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Ginjal

Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Ginjal

Menghindari atau membatasi makanan tertentu dalam diet Anda dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Pembatasan makanan berbeda-beda tergantung stadium penyakit ginjal. Diet ramah ginjal atau diet ginjal biasanya melibatkan pembatasan natrium dan kalium hingga 2.000 mg per hari. hari dan membatasi fosfor hingga 800-1.000 mg per hari.

Jenis Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Wajib Diwaspadai

Makanan kaleng seperti sup, sayur mayur, buah, ikan, dan kacang-kacangan biasanya menjadi pilihan yang nyaman untuk disantap. Namun sebagian besar makanan kaleng mengandung natrium dalam jumlah tinggi untuk meningkatkan umur simpannya. Pasien ginjal sebaiknya mengurangi makanan dengan kadar natrium tinggi.

Jeruk kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Namun jeruk mengandung potasium yang kurang baik bagi penderita masalah ginjal. Orang dengan masalah ginjal sebaiknya membatasi konsumsi jeruk atau jus jeruk dalam makanannya. Anggur, apel, dan cranberry mungkin merupakan pengganti vitamin C yang lebih aman.

Daging olahan adalah daging yang telah diasinkan, dikeringkan, diasapi atau dikalengkan. Beberapa contohnya termasuk hot dog, bacon, pepperoni, dendeng, dan sosis. Daging olahan biasanya mengandung banyak garam, sebagian besar untuk meningkatkan rasa dan mengawetkan rasa. Selain itu, daging olahan mengandung kandungan protein yang tinggi. Semua ini harus dikurangi atau bahkan dihindari bagi penderita penyakit ginjal.

Kentang merupakan umbi-umbian dengan kandungan kalium yang tinggi. Kentang sebaiknya dihindari atau setidaknya dikurangi bagi penderita masalah ginjal. Untungnya, beberapa makanan tinggi kalium, termasuk kentang, bisa direndam atau dicuci untuk mengurangi kandungan kaliumnya. Memotong kentang menjadi potongan-potongan kecil dan tipis dan merebusnya minimal 10 menit dapat menurunkan kandungan potasium sekitar 50%.

Diet Ginjal Kronis

Soda, terutama soda yang berwarna gelap, mengandung zat aditif yang mengandung fosfor sehingga tidak baik untuk ginjal. Berbeda dengan fosfor alami, fosfor dalam bentuk aditif tidak terikat pada protein. Tubuh menyerap fosfor ekstra ini lebih banyak daripada fosfor alami, hewani, atau nabati.

Roti gandum utuh mungkin merupakan pilihan yang lebih bergizi, terutama karena kandungan seratnya yang lebih tinggi. Namun penderita gangguan ginjal sebaiknya menghindari roti jenis ini karena banyak mengandung fosfor dan kalium. Semakin banyak dedak dan biji-bijian pada roti, semakin tinggi kandungan fosfor dan kaliumnya.

Seperti halnya roti gandum utuh, nasi merah merupakan gandum utuh yang memiliki kandungan kalium dan fosfor lebih tinggi dibandingkan nasi putih. Penderita gangguan ginjal mungkin tetap bisa mengonsumsi nasi merah, namun dalam porsi terkontrol dan diimbangi dengan makanan lain.

Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Ginjal

Pisang memang rendah natrium, namun buah ini juga dikenal dengan kandungan potasiumnya yang tinggi. 1 buah pisang menyediakan 422 mg potasium, yang harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal. Penderita penyakit ginjal kronis sebaiknya menghindari buah ini.

Menkes Rilis Penyebab Gagal Ginjal Akut Anak, Ini Makanan Yang Harus Dihindari

Susu dan produk olahannya seperti keju dan yogurt merupakan sumber alami fosfor, kalium, dan protein yang baik. Namun mengonsumsi terlalu banyak susu dan makanan kaya fosfor lainnya dapat membahayakan kesehatan tulang pada penderita penyakit ginjal. Ketika ginjal rusak, mengonsumsi terlalu banyak fosfor dapat menyebabkan penumpukan fosfor dalam darah, yang dapat menarik kalsium dari tulang. Hal ini dapat membuat tulang menjadi tipis dan lemah seiring berjalannya waktu.

Makanan instan bisa menjadi sumber utama natrium dalam makanan. Makanan instan tersebut antara lain mie, pizza beku dan lain sebagainya. Makanan instan berat tidak hanya mengandung natrium dalam jumlah besar, tapi umumnya juga kurang nutrisi.

Buah-buahan kering seperti kismis, kurma atau plum juga harus dibatasi konsumsinya. Saat buah dikeringkan, semua nutrisi terkonsentrasi, termasuk potasium. 4 buah kurma dapat menyediakan 668 mg potasium dan 1 cangkir buah plum menyediakan 1,274 mg potasium.

Tomat juga merupakan buah yang tinggi potasium. Penderita masalah ginjal sebaiknya menghindari tomat dan produk olahannya seperti saus tomat. 1 cangkir saus tomat bisa mengandung 900 mg potasium.

Daftar Makanan Pemicu Penyakit Ginjal, Hindari Paling Tidak Dikurangi

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp Nomor Cek Fakta 0811 9787 670 cukup dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan. Makanan yang berbahaya bagi ginjal Tanggal terbit: 14 Februari 2019 Terakhir diperbarui: 12 Oktober Waktu membaca 2020: 5 menit

Ginjal merupakan salah satu organ penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi menyaring darah, membuang limbah melalui urin, memproduksi hormon, menyeimbangkan mineral, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Namun, untuk mencegah atau mengurangi risiko terkena penyakit ginjal, Anda juga harus menghindari dan membatasi makanan tertentu dalam pola makan sehari-hari. Hal ini secara tidak langsung dapat membantu mengurangi penumpukan limbah dalam darah, meningkatkan fungsi ginjal, dan mencegah kerusakan ginjal lebih lanjut.

Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Ginjal

Penerapan pola makan yang ketat dan pola makan pada makanan tertentu akan bergantung pada tingkat kerusakan ginjal. Pengobatan penderita penyakit ginjal yang masih dalam kategori ringan jelas akan berbeda dengan penderita penyakit ginjal stadium akhir atau penderita gagal ginjal, meski keduanya memerlukan pemantauan ketat terhadap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan Pantangan Bagi Pasien Gagal Ginjal Menurut Rsud Banjarnegara

Alpukat dinilai tinggi nutrisi, termasuk lemak, serat, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan jantung. Namun alpukat merupakan salah satu buah yang sebaiknya dihindari ginjal karena mengandung potasium yang sangat tinggi

Selain kalori dan gula yang terdapat pada cola dan minuman ringan lainnya (softdrink), juga terdapat bahan tambahan berupa fosfor pada minuman bersoda, terutama minuman yang berwarna gelap. Fosfor digunakan dalam minuman untuk meningkatkan rasa, memperpanjang umur simpan (tanggal kadaluarsa) dan mencegah perubahan warna pada minuman. Kelebihan fosfor ini juga mudah diserap tubuh dan tidak terikat dengan protein sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita ginjal.

Makanan kaleng berupa sup, sayur mayur, kacang-kacangan atau sarden yang dikemas dalam kaleng sebaiknya dihindari oleh penderita ginjal karena umumnya mengandung kadar sodium atau natrium yang tinggi. Natrium sendiri berperan sebagai pengawet untuk meningkatkan umur simpan. Bagi pasien ginjal, sebaiknya batasi penggunaan makanan rendah sodium.

Penderita ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi roti gandum dan memilih mengonsumsi roti tawar dengan kandungan tepung olahan. Meski roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, namun juga mengandung fosfor dan kalium yang tinggi sehingga kurang baik untuk ginjal. Selain itu, kedua jenis roti tersebut juga normalnya mengandung natrium, sehingga ada baiknya Anda memerhatikan keterangan gizi pada setiap kandungan rotinya.

Sindografis: 5 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes Saat Sarapan

Seperti roti gandum utuh, nasi juga terbuat dari beras merah gandum utuh yang memiliki kandungan kalium dan fosfor lebih tinggi dibandingkan nasi putih biasa. Untuk itu, Anda disarankan untuk tetap mengonsumsi nasi putih biasa atau Anda bisa mencoba soba sebagai alternatif yang baik untuk penderita ginjal.

Seperti halnya alpukat, pisang juga merupakan buah yang berbahaya bagi ginjal. Hal ini disebabkan kandungan potasium yang tinggi pada buah pisang. Meskipun pisang secara alami rendah natrium, pisang juga tinggi potasium. Sebagai pilihan lainnya, cobalah mengonsumsi nanas dengan jumlah potasium yang lebih rendah.

Susu dan produk berbahan dasar susu lainnya mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, namun terlalu banyak mengonsumsi susu bersamaan dengan makanan lain yang mengandung fosfor dapat membahayakan kesehatan tulang, terutama ginjal. Hal ini terjadi karena kerusakan ginjal yang menyebabkan penumpukan fosfor dalam darah, yang seiring waktu melemahkan tulang dan meningkatkan risiko patah tulang. Selain itu, susu juga mengandung potasium dan protein yang tinggi sehingga jumlahnya harus dibatasi untuk menjaga kesehatan ginjal.

Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Ginjal

Jeruk dan jus jeruk memang dikenal tinggi vitamin C, namun juga kaya akan potasium sehingga sebaiknya dihindari atau dibatasi, terutama oleh penderita penyakit ginjal. Anggur, apel, dan cranberry bisa menjadi penggantinya karena memiliki kandungan potasium yang lebih rendah

Meski Bergizi Tinggi, 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Penyakit Ginjal

Daging olahan yang telah diasinkan, dikeringkan, atau dikalengkan seringkali dianggap tidak sehat karena mengandung bahan pengawet dan tinggi protein. Contoh daging olahan yang sebaiknya dihindari adalah bacon, pepperoni, hot dog, dendeng, dan sosis. Garam dalam jumlah tinggi juga biasanya terkandung dalam daging olahan untuk meningkatkan cita rasa.

Acar, atau makanan yang diawetkan atau diasamkan, biasanya mengandung banyak garam (natrium). Oleh karena itu, makanan tinggi natrium sebaiknya dibatasi, terutama bagi penderita penyakit ginjal.

Aprikot kaya akan vitamin A, vitamin C dan serat, serta mengandung kadar potasium yang tinggi sehingga tidak baik untuk ginjal. Mungkin hal tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi buah aprikot kering karena kandungan potasiumnya lebih sedikit, namun sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita penyakit ginjal.

Kentang dan ubi jalar merupakan sayuran yang kaya kalium, namun merendam atau mencuci makanan tinggi kalium dan merebusnya selama kurang lebih 10 menit juga dapat menurunkan kandungan kaliumnya. Kandungan potasiumnya mungkin berkurang, namun bukan berarti hilang sama sekali.

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Ginjal Sehat

Tomat merupakan buah dengan kandungan potasium yang tinggi sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita ginjal. Memilih makanan alternatif dengan kandungan kalium lebih rendah akan membantu mengontrol kondisi ginjal agar berfungsi dengan baik.

Makanan olahan juga biasanya mengandung kadar natrium yang tinggi karena banyak pengolahannya, misalnya pizza, mie instan, atau makanan siap saji yang nantinya bisa dipanaskan di microwave. Selain itu, makanan olahan juga akan menurunkan kadar gizi sebenarnya.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung banyak nutrisi dan mineral penting bagi tubuh, seperti potasium. Meski memasak sayuran berdaun hijau akan mengurangi ukuran porsinya menjadi lebih kecil, namun kandungan potasium (kalium) akan tetap sama, sehingga pasien ginjal perlu membatasi konsumsinya.

Makanan Yang Harus Dihindari Penyakit Ginjal

Kismis, plum, dan kurma merupakan jenis buah kering yang banyak tersedia di pasaran. Saat buah-buahan ini dikeringkan, nutrisinya terkonsentrasi, termasuk potasium. Namun kismis, plum, dan kurma kurang baik untuk ginjal, apalagi jika dikonsumsi berlebihan.

Gejala Gagal Ginjal Akut Yang Tak Bisa Disepelekan Halaman All

Camilan

Makanan yang harus dihindari batu ginjal, makanan yang harus dihindari penderita gagal ginjal, makanan yang harus dihindari penderita ginjal, makanan yang harus dihindari penderita batu ginjal, makanan yang harus dihindari gagal ginjal, makanan yang harus dihindari penderita gangguan ginjal, makanan yang harus dihindari agar ginjal sehat, makanan yang harus dihindari untuk penyakit ginjal, makanan yang harus dihindari ginjal, makanan yang harus dihindari saat sakit ginjal, makanan yang harus dihindari sakit ginjal, makanan yang harus dihindari penyakit batu ginjal

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *