Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan Online – Di era digital saat ini, kehadiran media sosial membuka berbagai peluang untuk mempromosikan bisnis dan produk dengan lebih hemat biaya. Oleh karena itu, setiap pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya harus melek dan Go Digital. Artinya kita harus bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memperkenalkan produk dan layanan kepada khalayak yang lebih luas. Hal ini dapat dilakukan melalui aplikasi chatting online (WhatsApp, LINE, Telegram, dll), media sosial (Facebook, Instagram, Linkdln, Twitter, dll), toko online di berbagai platform e-commerce (Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dll). .). GoFood, dll.), untuk menggunakan situs webnya, aplikasi kasir, akuntansi, pengelolaan stok dan sumber daya lainnya atau aplikasi atau perangkat lunak pendukung bisnis lainnya seperti perencanaan sumber daya perusahaan (ERP).

Namun untuk dapat menerapkan Go Digital secara efektif, diperlukan usaha yang tidak sedikit, tentunya waktu, tenaga, kreativitas atau pemikiran, bahkan biaya (jika membayar administrator khusus dan menggunakan jasa konsultan untuk menghasilkan konten dalam bentuk konten). foto atau grafik yang bagus untuk diunduh). Oleh karena itu, penting bagi para pebisnis untuk segera mempelajari digital marketing dan pemasaran digital! Jadi, dengan strategi Go Digital, strategi pemasaran dijalankan dengan tahapan terbaik, dengan tujuan utama meningkatkan penjualan. Langkah-langkah umum UMKM dalam melakukan pemasaran digital adalah sebagai berikut:

Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan Online

Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan Online

Patut kita syukuri saat ini sudah sangat lumrah para pelaku UMKM menggunakan aplikasi chatting online untuk menunjang bisnisnya. Oleh karena itu, artikel Digital Marketing 101 kali ini akan lebih banyak membahas tentang media sosial dan pertemanan. Jadi, jika berbicara tentang media sosial, jika kita tidak bisa menyewa manajer media sosial yang berdedikasi, mau tidak mau kita harus belajar menggunakan aplikasi digital ini sendiri dan mendapatkan keuntungan finansial. Sekadar informasi, administrator media sosial atau biasa disingkat administrator media sosial merupakan suatu bidang pekerjaan yang mencakup berbagai jenis media sosial. Gaji yang ditawarkan kepada pengelola media sosial bervariasi tergantung pada berapa banyak media yang mereka kelola. bisa serendah Rp1 juta per bulan atau bahkan setinggi Rp10 juta per bulan!

Cara Memasarkan Produk Melalui Media Sosial Secara Online Dengan Tepat

Jadi bagaimana kita bisa mengoptimalkan media sosial untuk membantu mendorong penjualan? Sebenarnya banyak hal yang perlu dilakukan agar media sosial kita efektif sebagai media periklanan; Untuk melakukan ini, pertama-tama kita perlu menentukan prioritas.

Secara umum, kebanyakan orang hanya aktif di 2-3 saluran media sosial; yang paling umum adalah Facebook, Instagram dan Twitter. Jadi, ketika memutuskan saluran media sosial mana yang paling cocok, penting untuk diingat bahwa jenis media sosial yang cocok untuk kita bukanlah saluran yang disukai pelanggan. Pilihan media sosial manakah yang merupakan produk/jasa yang tepat dan tentunya brand atau merek dagang dari bisnis kita? Bagaimana cara menentukan ini? Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih saluran:

Apakah kita bekerja di B2B (Business to Business) atau B2C (Business to Customer) atau Retail? Atau keduanya? Hal ini penting untuk dijawab karena setiap saluran media sosial memiliki manfaat tersendiri untuk setiap jenis bisnis.

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melakukan penilaian terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan survei sederhana terhadap pengguna kami; memberikan survei dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa membicarakan akun media sosialnya, atau Anda bisa mengajak pelanggan untuk berteman atau mengikuti akunnya (bisa akun pribadi dan bisnis). Saat ini, baik perusahaan (pengguna B2B) maupun individu (pengguna B2C) biasanya memiliki akun media sosial. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mendekatkan bisnis kepada konsumen dengan “hadir” di jejaring sosial yang sama.

Platform Sosial Media Terbaik Agar Bisnis Affiiate Marketing Semakin

Jika pertanyaan di atas terjawab, kita akan memiliki 1-2 kandidat media sosial kuat yang ingin kita prioritaskan. Namun sebelum memilih, ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri umum dari masing-masing saluran media sosial agar kita bisa lebih dekat dengan penggunanya.

Facebook adalah saluran yang efektif untuk bisnis B2C dan beberapa jenis bisnis B2B. Saat ini Facebook memiliki 2,37 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, dimana sekitar 120 juta diantaranya berasal dari Indonesia, baik tua maupun muda. Selain itu Facebook juga mempunyai fitur iklan berbayar untuk mempromosikan produk dengan menampilkan konten kita di timeline pengguna Facebook lain yang sesuai dengan karakteristik target pengguna kita. Fitur ini diterapkan melalui sistem dan algoritma Facebook, yang memungkinkan kami memilih pengguna dengan minat, rentang usia, dan lokasi geografis tertentu untuk melihat konten iklan.

Pada tahun 2019, Twitter diperkirakan memiliki 330 juta pengguna aktif bulanan dan 139 juta pengguna aktif bulanan. Berdasarkan statistik situs sosial kami, lebih dari 48 juta pengguna berasal dari Indonesia. Channel media sosial ini dikenal sebagai wadah dimana banyak orang mengutarakan pandangan atau pendapatnya terhadap suatu isu dan pandangan tertentu. Oleh karena itu, biasanya pelaku bisnis yang menggunakan Twitter sebagai media periklanan berada pada tahap branding, selalu aktif meneliti satu atau beberapa isu tertentu. Brand ini biasanya aktif membuat topik diskusi offline yang berfokus pada komunitas tertentu. Tentu saja komunitas yang dimaksud berkaitan dengan target pengguna kami. Misalnya saja jika kita menjalankan bisnis di bidang minuman jus yang sehat dan ramah lingkungan, kita tentu ingin menjangkau komunitas penggiat lingkungan hidup dan melakukan percakapan online dengan mereka di Twitter. Dengan strategi ini, Twitter bisa dikatakan menjadi salah satu saluran terbaik untuk mempromosikan bisnis dan meningkatkan awareness terhadap brand kita, serta membangun komunitas influencer yang mendukungnya. Dapat digunakan secara efektif untuk model bisnis B2C dan B2B.

Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan Online

LinkedIn saat ini memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan, 40% di antaranya menggunakan saluran tersebut setiap hari. Jumlah pengguna di Indonesia kini mencapai lebih dari 50 juta akun. Dengan lalu lintas konsumen yang padat, pemilik bisnis B2B dapat menggunakan LinkedIn untuk mempromosikan karakteristik dan budaya kerja perusahaan mereka dan secara efektif membagikan konten profil kepemimpinan perusahaan. Faktanya, menurut penelitian, LinkedIn adalah salah satu saluran yang mengarahkan pengguna ke situs web perusahaan tertentu.

Belajar Jualan Online Lewat Instagram

Berdasarkan statistik tahun 2019, Pinterest memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan, dengan lebih dari 100 juta pengguna di Indonesia. Pinterest adalah saluran media sosial yang fokus mengunggah foto dan gambar. Media sosial paling cocok untuk model bisnis B2C. Mengapa? Caranya mudah, pengikut dan pengunjung halaman kita akan lebih terlibat dengan gambar, foto, atau bahkan video yang menarik. Dengan membuat halaman akun yang mewakili setiap merek dan menautkan kembali ke situs web kami, Pinterest dapat membantu meningkatkan peringkat SERP (Halaman Hasil Mesin Pencari) kami.

Saluran media sosial utama adalah Instagram. Mirip dengan Pinterest, Instagram berfokus pada gambar, foto, dan video yang diunggah oleh pengguna. Oleh karena itu, Instagram merupakan platform yang tepat untuk model bisnis B2C, terutama jika bisnis kita melibatkan produk kesehatan, kebugaran, dan kecantikan. Selain itu, Instagram juga menjadi media sosial yang paling banyak digunakan, dengan ratusan influencer dan selebritis yang siap mempromosikan produk kita dengan harga terjangkau. Meskipun jauh lebih baik untuk model bisnis B2C, Instagram juga dapat berguna untuk model bisnis B2B, terutama dalam hal perekrutan karyawan dan pelanggan. Pengguna Instagram saat ini memiliki 1 miliar pengguna, 500 juta di antaranya menggunakan platform tersebut setiap hari. Di Indonesia sendiri penggunanya akan mencapai lebih dari 56 juta orang.

Nah, itulah berbagai saluran media sosial dan karakteristiknya yang dapat kita perhatikan saat mempromosikan bisnis kita. Semoga dapat membantu sobat UMKM semua dalam menentukan channel mana yang harus digarap untuk mengembangkan usahanya kedepannya. Untuk mempelajari lebih lanjut cara membuat konten yang sesuai dengan karakteristik masing-masing saluran media sosial, untuk membangun komunitas, fanbase, atau pelanggan tetap, baca artikel berikut.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, mohon bantu kami dengan membagikannya kepada teman-teman Anda. Sahabat wirausaha jangan lupa like, share dan komentar pada artikel ini.

Leyla Hana: Tren Belanja Online Dari Media Sosial Ke Marketplace

#Ultra Mikro #UKM Juwara #UKM Global #UMKM Go To Class # Saatnya Ke Kelas Riset Konten Viral #Strategi Pemasaran #Viral Marketing #Brand Awareness #Audience #Audience #Content Marketing #Youtube #Instagram #101 #102 Manfaat Sosial Media Foto dan Cerita Tak hanya menjadi tempat berbagi, namun juga semakin berkembang. kegiatan pemasaran atau penjualan online. Sebagian besar dari kita tentunya menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Menariknya, setiap media sosial memiliki segmen penggunanya masing-masing berdasarkan generasi dan usia pengguna.

Misalnya, pengguna media sosial Facebook mungkin tidak ingin memainkan TikTok karena merasa terlalu tua. Di sisi lain. Sebuah fakta. Menurut Statista, jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia adalah antara usia 18-34 tahun, dan 25-34 tahun untuk wanita.

Sedangkan menurut data Napoleon Cat, mayoritas pengguna media sosial di Indonesia berusia antara 18-24 tahun. Ini mencapai 30 juta pengguna. Sedangkan mayoritas pengguna TikTok di Indonesia adalah remaja berusia 14-24 tahun.

Media Sosial Yang Bagus Untuk Jualan Online

Manfaat pemasaran sosial bagi pengusaha atau pebisnis adalah membantu dalam pemasaran atau pengembangan usaha. Hal ini disebabkan oleh sifat pengguna media

Makin Cuan, Ini Usaha Online Shop Terlaris Tahun 2023!

Media jualan online, media sosial yang efektif untuk promosi, media sosial untuk pemasaran, media sosial untuk jualan online, cara pemasaran online dengan media sosial, aplikasi sosial media yang lagi trend, media sosial untuk promosi, jualan di media sosial, sosial media untuk bisnis online, sosial media untuk jualan, sosial media untuk bisnis, cara jualan di media sosial

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *