Membeli Barang Online Dari Luar Negeri – Pemerintah berencana membatasi praktik penjualan lintas negara atau perdagangan lintas negara melalui e-commerce dalam negeri. Pasalnya, pemerintah sulit mendeteksi penjual dari luar sehingga sulit menjamin harga jual produk yang ditawarkan.

Karena tidak dapat diaksesnya hal tersebut, pemerintah pun kesulitan untuk menindak para penjual tersebut karena mereka berada di yurisdiksi yang berbeda. Dan lagi-lagi mereka tidak melayani keluhan konsumen.

Membeli Barang Online Dari Luar Negeri

Membeli Barang Online Dari Luar Negeri

Hal ini tentu merugikan konsumen, apalagi jika barang yang dijual dari luar negeri adalah kosmetik, obat-obatan, dan vitamin yang memerlukan evaluasi menyeluruh, misalnya harus lulus SNI atau memiliki sertifikasi BPOM.

Toko Online Atau Website Untuk Menjual Barang Di Luar Negeri

Pemimpin Harian Dana Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mengatakan pemerintah Indonesia harus tegas dalam memantau bisnis di platform e-commerce. Menurutnya, ketentuan ini sangat penting terutama dalam hal perlindungan hak konsumen.

“Yang terjadi selama ini penjualnya ada di luar negeri dan melakukan transaksi dengan konsumen Indonesia melalui e-commerce luar negeri di Indonesia. Ini masuk kategori impor. Penjualnya harus di Indonesia. Jadi kalau ada kendala konsumen bisa Sudaryatmo, dalam keterangannya, Kamis (7/7/2022) mengatakan, “mengeluh, jangan ke platform-platform yang selama ini ada. Dengan begitu, akan lebih adil bagi konsumen.”

Tidak hanya harus berada di Indonesia, lanjut Sudaryatmo, penjual asing juga harus berbadan hukum Indonesia. Dengan cara ini, mereka mematuhi aturan hukum yang ada di negaranya.

“Penjual asing yang menjual produk di e-commerce harusnya berbadan hukum di Indonesia sehingga jika terjadi sesuatu bisa menuntut tanggung jawab kepada pemerintah. Dalam hal ini konsumen terlindungi dalam bertransaksi. Penjual dari luar negeri juga bisa dikenakan pajak. Jadi ada pemasukan negara,” ujarnya.

Pengalaman Membeli Barang Dari Luar Negeri Secara Online Tanpa Jastip — Winny Irmarooke

Sementara itu, pakar e-commerce Hodi Kunkoro juga mengatakan betapa pentingnya perlindungan konsumen dalam e-commerce. Menurutnya, hal tersebut mutlak harus disediakan oleh platform e-commerce.

“Harusnya ada. Dulu call center, sekarang ada tambahan pengaduan yang masuk secara digital, jadi lebih ampuh lagi,” tuturnya.

Hadi mengatakan, perlindungan konsumen harus diterapkan pada semua produk, terutama produk yang digunakan untuk tubuh seperti kosmetik, dan produk konsumsi seperti vitamin. Ia menambahkan, permasalahan ini tidak lepas dari tanggung jawab perusahaan e-commerce itu sendiri.

Membeli Barang Online Dari Luar Negeri

“Penyelenggara e-commerce harus bertanggung jawab dan memastikan barangnya boleh diedarkan. Kementerian Perdagangan juga harus mengawasi. BPOM juga harus diperkenalkan untuk obat-obatan,” ujarnya.

Dampak Positif Dan Negatif Belanja Online Yang Marak Terjadi Saat Ini

Tak hanya perlindungan konsumen, kehadiran penjual asing juga berdampak negatif terhadap perkembangan ekonomi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UKM) dalam negeri.

Murahnya produk yang dijual membuat konsumen membelinya tanpa memikirkan dampaknya. Oleh karena itu, perlu upaya tegas dari pemerintah untuk melindungi masyarakat sebagai konsumen. Belanja online saat ini tidak hanya terbatas pada pasar lokal saja, namun sudah merambah ke pasar internasional. Secara khusus, tiga platform e-commerce terbesar di Tiongkok, antara lain Taobao.com, 1688.com, dan Tmall.com, telah menjadi pilihan utama banyak pengusaha dan pembeli yang ingin mengimpor produk berkualitas tinggi dari Tiongkok. Namun berbelanja di situs tersebut bisa jadi sulit, terutama bagi mereka yang tidak fasih berbahasa Mandarin. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang ketiga platform e-commerce ini dan bagaimana Chipo membantu Anda membeli barang dari platform tersebut dengan mudah.

Taobao adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Tiongkok, yang menawarkan berbagai produk dari penjual independen dan merek terkenal. Taobao lebih fokus pada konsumen akhir dan menawarkan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan platform lain.

1688.com adalah platform e-commerce yang menyasar pasar B2B (Business to Business). Platform ini menyediakan produk dengan harga pabrik dan umumnya memerlukan pembelian dalam jumlah besar. 1688.com adalah pilihan utama bagi bisnis yang ingin mengimpor produk langsung dari produsen.

Cara Aman Untuk Belanja Online Dari Luar Negeri

Tmall adalah platform e-commerce yang menawarkan produk dari merek terkenal dan penjual resmi. Tmall lebih fokus pada kualitas dan keaslian produk serta menawarkan layanan pelanggan yang lebih baik. Namun, harga di Tmall biasanya lebih tinggi dari Taobao dan 1688.com.

1. Taobao lebih fokus pada konsumen akhir, 1688.com fokus pada pasar B2B, dan Tmall lebih fokus pada konsumen yang mencari merek terkenal dan produk asli.

2. 1688.com menawarkan produk dengan harga pabrik dan memerlukan pembelian dalam jumlah besar, sedangkan Taobao dan Tmall menawarkan harga lebih tinggi dengan jumlah pembelian lebih besar.

Membeli Barang Online Dari Luar Negeri

3. Kualitas dan keaslian produk lebih terjamin di Tmall, sedangkan Taobao dan 1688.com mungkin memiliki lebih banyak pilihan kualitas.

Tips Belanja Online Dari Luar Negeri, Bisa Jadi Ladang Bisnis Lho!

1. Kendala bahasa: Situs web ini biasanya hanya tersedia dalam bahasa Mandarin, sehingga menimbulkan kesulitan bagi pengguna yang tidak memahami bahasa tersebut.

3. Pengiriman dan Bea Cukai: Pengiriman barang dari Tiongkok ke Indonesia bisa menjadi proses yang rumit dan mahal, terutama dalam hal bea cukai dan izin impor.

Chipo adalah platform yang membantu Anda mengimpor barang dengan mudah dari Taobao, 1688 dan Tmall. Layanan Chipo meliputi:

Daftar ke Chipo sekarang untuk mendapatkan panduan gratis tentang cara membeli item dari 1688.com! Kunjungi tautan di bawah dan selesaikan pendaftaran Anda.

Aplikasi Belanja Online Luar Negeri

6. Lanjutkan ke checkout dan pilih metode pembayaran pilihan Anda (misalnya kartu kredit, transfer bank, atau PayPal)

7. Chipo akan menangani proses pembelian, pengiriman dan pemeriksaan kualitas produk sebelum mengirimkannya ke alamat Anda di Indonesia.

Ini cara mudah membeli barang dari 1688.com melalui Chipo. Dengan Chipo, Anda dapat dengan mudah dan aman mengimpor produk berkualitas dari Tiongkok. Manfaatkan peluang untuk meningkatkan bisnis Anda dengan produk impor terbaik dari China. Daftar sekarang dan nikmati layanan Chipo terbaik! Belanja online dari luar negeri kini semakin mudah dengan internet. Anda cukup mengakses e-commerce atau marketplace dari luar negeri lalu membayar.

Membeli Barang Online Dari Luar Negeri

Namun terkadang ada rasa was-was saat melakukan transaksi pembelian di luar negeri. Namun Anda tidak bisa memastikan secara langsung kualitas produknya, apalagi jika produk tersebut tidak tersedia di Indonesia. Tak perlu dikatakan, prosesnya memakan waktu lebih lama. Jadi, yuk ikuti tips berikut ini agar tetap aman saat belanja online dari luar negeri!

Beli Barang Import ? Lewat Jasa Pembelian Barang Luar Negeri

Membeli dari luar negeri sangat mudah saat ini. Ada banyak platform yang bisa Anda akses untuk bertransaksi, baik melalui e-commerce atau bahkan media sosial. Namun, bukan berarti Anda hanya bisa memilih tempat berbelanja. Sebaliknya, dengan semakin banyaknya situs kencan online, Anda harus berhati-hati.

Jangan terburu-buru menawar di tempat pertama yang Anda temukan. Coba bandingkan beberapa platform sekaligus. Baca review dari konsumen yang sudah pernah membeli. Anda juga bisa mendapatkan rekomendasi dari orang terdekat Anda yang pernah membeli secara online dari luar negeri.

Ini adalah bagian yang sering diabaikan saat berbelanja online dari luar negeri. Situs belanja biasanya meminta informasi pribadi pelanggan untuk memudahkan pengiriman. Informasi yang sering diminta meliputi nama, alamat lengkap dan contact person.

Mereka yang menggunakan kartu kredit atau debit juga akan diminta memberikan nomor kartunya. Anda harus berhati-hati jika situs tersebut meminta informasi yang tidak pantas seperti tanggal lahir, pekerjaan atau hobi. Ada baiknya untuk tidak menyimpan informasi pada situs tersebut agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tak Cuma Tiktok, Shopee Juga Tutup Lapak Jualan Dari Luar Negeri, Kini Tak Bisa Beli Barang Impor Lagi

Salah satu kendala saat membeli dari luar negeri adalah jarak. Dengan jauhnya jarak antara Anda dan penjual, otomatis biaya pengiriman akan meningkat. Bahkan tidak jarang biaya pengiriman jauh lebih tinggi dibandingkan harga barang. Untuk itu perhatikan baik-baik masalah biaya pengiriman. Cari tahu apakah penjual menawarkan opsi pengiriman yang lebih ekonomis. Beberapa situs menawarkan gratis ongkos kirim dengan nominal penjualan tertentu.

Jika pembelian pribadi Anda dirasa belum cukup, cobalah menawarkannya kepada orang-orang terdekat Anda yang mungkin berminat. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan biaya pengiriman yang lebih murah.

Metode pembayaran toko online internasional tidak jauh berbeda dengan toko online dalam negeri. Namun, beberapa metode tidak berlaku untuk transaksi luar negeri. Beberapa metode yang diterima termasuk kartu debit dan kartu kredit. Namun, ada juga yang menerima metode pembayaran lain. Anda harus sangat berhati-hati saat memasukkan informasi tentang biaya ini.

Membeli Barang Online Dari Luar Negeri

Pastikan situs tempat Anda berbelanja online benar-benar aman. Salah satu cara termudah untuk memastikan keamanan situs belanja online di luar negeri adalah dengan melihat URL-nya. Situs aman biasanya dimulai dengan “https://”. Karena huruf S disini menandakan adanya SSL (Secured Socket Layer) yang menandakan adanya lapisan keamanan.

Asyik, Belanja Online Bisa Bebas Bea Masuk Dan Pajak Impor

Terakhir, jangan lupakan bea masuk. Sebab, setiap barang yang diimpor dari luar negeri harus melewati cukai terlebih dahulu. Cukai berkaitan dengan pajak barang. Untuk barang yang nilainya kurang dari atau sama dengan 50 USD, barang tersebut tidak dikenakan pajak dan termasuk dalam kategori hadiah. Namun, jika nilai barang melebihi 50 USD, maka akan dikenakan pajak.

Barang tidak akan dikirim ke alamat Anda sebelum pajak dibayar. Oleh karena itu, sebaiknya selalu memantau posisi barang. Jika Anda sudah sampai di negara Anda, sebaiknya bersiaplah untuk membayar bea masuk agar barang dapat segera dikirim ke alamat Anda. Besaran bea masuk dapat Anda ketahui di situs resmi Departemen Bea dan Cukai.

Nah berikut beberapa tips belanja online dari luar negeri. Penting untuk selalu berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Tidak ada salahnya bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman.

Untuk mempermudah pembayaran, Globe kini tersedia. Globe menawarkan layanan transfer uang ke 50+ negara. Prosesnya sederhana dan Anda dapat memantaunya secara real time.

Membeli Barang Dari Luar Negeri, Bayar Pajak Apa Saja?

Tak hanya itu, biaya administrasinya pun relatif murah sehingga tidak memberatkan Anda. Anda dapat menemukan Globe di aplikasinya, yang tersedia gratis melalui Google Play dan App Store. Ayo unduh sekarang!

6 Tips Investasi untuk Anak Muda 6 Cara Berinvestasi di Reksa Dana untuk Pemula Simak 8 universitas di Selandia Baru yang menawarkan beasiswa ini! Lihat semua item berbeda di sini. Cara melihat Tagihan BPJS Kesehatan bisa menggunakan aplikasi ini! Bisnis online merupakan suatu hal yang sedang menjadi trend akhir-akhir ini

Membeli barang dari luar negeri, bagaimana cara membeli barang dari luar negeri, cara membeli barang bekas dari luar negeri, cara membeli barang thrift dari luar negeri, membeli barang bekas dari luar negeri, cara membeli barang luar negeri, cara membeli barang dari luar negeri secara online, membeli barang dari luar negeri disebut, cara membeli barang dari website luar negeri, cara membeli barang dari luar negeri, aturan membeli barang dari luar negeri, cara membeli barang luar negeri secara online

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *