Mengajar Matematika Sd Yang Menyenangkan – 24 Juli 2021 07:45 24 Juli 2021 07:45 Diperbarui: 24 Juli 2021 07:58 2285 0 0

Seperti yang kita ketahui, pada era sekarang ini sangat diperlukan adanya media pengajaran yang mampu menarik minat belajar siswa. Penggunaan media secara maksimal dalam proses pembelajaran sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru memegang peranan penting dalam proses pembelajaran dengan menjadi fasilitator di dalam kelas. Artinya guru harus memahami cara mengkomunikasikan suatu konsep tanpa atau dengan bantuan media yang ada, sehingga guru memerlukan pelatihan untuk dapat mengkomunikasikan pengetahuan atau metode penggunaan media pengajaran.

Mengajar Matematika Sd Yang Menyenangkan

Mengajar Matematika Sd Yang Menyenangkan

Khususnya dalam pembelajaran matematika, diketahui pula bahwa pelajaran matematika dianggap sangat sulit oleh siswa di sekolah. Hal ini disebabkan siswa belum memahami konsep matematika. Kurangnya pemahaman konsep atau salah memahami konsep matematika khususnya perkalian dan pembagian akan berdampak fatal terhadap kelangsungan belajar siswa, karena konsep perkalian banyak digunakan dalam pembelajaran lain atau dalam kehidupan kita secara keseluruhan. Oleh karena itu diperlukan media pengajaran yang sangat menghibur agar siswa tetap tertarik mempelajari matematika.

Buku Guru Matematika Untuk Sd/mi Kelas V

Dalam menyampaikan konsep matematika, alat atau media manipulatif akan sangat membantu dalam proses pembelajaran khususnya pada tingkat sekolah dasar bawah yang masih dalam tahap eksplorasi. Pembelajaran dengan media manipulatif memungkinkan siswa mengamati konsep-konsep matematika yang tentu saja sangat abstrak.

Media pembelajaran manipulatif hasil KKN UM 2021 Desa Tenggiring merupakan media pembelajaran matematika berhitung perkalian dan pembagian, media pembelajaran ini diberi nama gelas hitung karena isi utamanya untuk menghitung perkalian dan pembagian, yaitu menggunakan gelas plastik dan es krim. tongkat sebagai media pengajaran. Alasnya terbuat dari karton bekas yang dilapisi kertas manila agar karton bekas terlihat lebih rapi dan menarik.

Media pembelajaran matematika berhitung perkalian dan pembagian, gelas hitung merupakan media yang digunakan dengan cara meletakkan stik es krim ke dalam gelas sesuai dengan soal yang diberikan kemudian meminta siswa untuk menghitungnya. Langkah penggunaan media ini adalah pertama guru memerintahkan siswa untuk mengambil salah satu soal yang diberikan, ketika siswa mendapatkan soal tersebut maka siswa mengambil stik es krim tersebut.

Contohnya adalah ketika siswa mendapat soal perkalian 3×2, perkalian 3×2 berarti menjumlahkan bilangan 2 sebanyak 3 kali, bila dilaksanakan melalui media ini siswa harus memasukkan 2 batang ke dalam 3 gelas, dari batang gelas tersebut setelah terisi siswa menjumlahkan batang dari tiga gelas, maka jumlah batang yang didapat adalah 6 buah. Begitu pula pada soal perkalian, misal siswa mendapat soal 4:2, membagi 4:2 artinya 4 dikurangi 2 berulang-ulang sampai selesai, 4 – 2 = 2 – 2 = 0 (digunakan ) 2 kali setelah selesai pengurangan maka hasilnya adalah 4: 2 = 2. Bila diterapkan melalui media ajar ini, siswa mengambil 4 batang es krim, kemudian memasukkan 2 batang es krim ke dalam masing-masing gelas hingga habis, ternyata setelah ditaruh 2 kali maka dilakukan pengurangan pada gelas tersebut, sehingga diperoleh hasil 4: 2 adalah 2. Dengan menggunakan media pembelajaran ini siswa dapat mengamati konsep-konsep matematika yang pada hakikatnya sangat abstrak.

Bermain Sambil Belajar Matematika Dengan Permainan

Karena saat ini sedang diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di seluruh Indonesia termasuk di Desa Tenggiring, maka seluruh kegiatan di Desa Tenggiring khususnya di SD Negeri Tenggiring dan MI Al Aziz Desa Tenggiring dibatalkan artinya tidak ada kegiatan baik belajar mengajar. kegiatan, kegiatan administrasi, atau kegiatan lainnya. Karena kendala tersebut maka pelatihan ini tidak dapat dilakukan secara tatap muka dan juga tidak dapat dilakukan secara online karena keterbatasan jaringan di Desa Tenggiring, namun mahasiswa KKN UM 2021 di Desa Tenggiring telah mengambil inisiatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu membuat video tentang pembuatan dan penggunaan media kemudian dibagikan kepada guru-guru di SDN Tenggiring dan MI Al-Aziz Desa Tenggiring. Tenggiring artinya guru dapat mengakses video secara bebas tanpa batasan waktu dan lokasi, dan video tersebut juga dapat diakses oleh guru di luar Tenggiring.

Sosialisasi dilakukan di rumah masing-masing guru. Para siswa datang menemui Bu Uni salah satu guru SDN Tenggiring, beliau menjelaskan latar belakang mengapa perlu dibuatnya media manipulatif ini dan juga menjelaskan konsep media pembelajaran ini, kemudian Bu Uni menonton video YouTube Gave tautannya. Untuk mencermati bersama-sama, dan juga jangan lupa untuk meminta masukan dan saran sehubungan dengan pelaksanaan program kerja ini. Kemudian melalui Ibu Uni, mahasiswa KKN UM 2021 asal Desa Tenggiring diminta meneruskan link YouTube tersebut kepada rekan-rekannya. Hal serupa juga dilakukan oleh Pak Sholeh selaku perwakilan guru MI Al-Aziz Desa Tenggiring.

Video yang diunggah di platform YouTube tersebut mendapat tanggapan positif dari kedua lembaga terkait, SD Tenggiring dan MI Al-Aziz. Guru mengapresiasi konsep pembuatan dan penggunaan media pembelajaran matematika untuk menghitung perkalian dan pembagian. Dengan adanya video mengenai pembuatan dan penggunaan media pembelajaran matematika kacamata hitung perkalian dan pembagian hasil karya tim KKN UM Desa Tenggiring 2021 diharapkan : 1) Guru dapat meningkatkan keterampilannya dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran di Sekolah Dasar akan mampu untuk meningkatkan keterampilan, 2) meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menciptakan media pembelajaran, 3) meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menciptakan media pembelajaran, 4) meningkatkan kualitas guru di sekolah dalam menciptakan media pembelajaran. Karena dengan cara ini guru dapat membantu memaksimalkan proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika untuk SD kelas bawah () – Peningkatan kualitas pembelajaran dan kepemimpinan sekolah merupakan bagian penting dalam pengembangan sumber daya manusia khususnya di Kalimantan Timur. Ibu Kota Negara (IKN). Hal itu diungkapkan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Mengajar Matematika Sd Yang Menyenangkan

Inovasi pengajaran merupakan faktor kunci dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, yang pada gilirannya membuka jalan bagi agenda besar pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Tips Belajar Matematika Yang Menyenangkan, Anak Pasti Suka!

“Besar harapan kami adalah generasi muda dapat memperoleh pendidikan dasar yang berkualitas melalui sekolah dan guru terbaik,” ujarnya dalam sambutan untuk buku “Cahaya Pembelajaran, Perjuangan Insan Pendidikan Penopang Nusantara.”

Diproduksi bekerja sama dengan Tanoto Foundation, buku ini menampilkan kisah inspiratif 20 tokoh pendidikan dari empat kabupaten/kota di Kalimantan Timur.

Melalui program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Pembelajaran Berkualitas), lembaga filantropi independen yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tina Bingei Tanoto sejak tahun 1981 ini telah bermitra dengan 25 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Pada tahun 2021, program tersebut berhasil menjangkau 8.490 guru dan kepala sekolah sebagai model penerapan pembelajaran aktif bagi lebih dari 198.000 siswa.

SMPN 05 Tanah Grogot, guru matematika Supriyaten di Kabupaten Pasar, merupakan salah satu juara pendidikan yang mengikuti program PINTAR. Dikatakannya, di awal pengalamannya menjadi guru selama 22 tahun, ia mengajar sama seperti guru-guru sebelumnya. Proses pembelajaran berlangsung satu arah, sehingga interaksi antar siswa sangat minim.

Pdf) Upaya Peningkatan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Pendidikan Matematika Realistik (pmr) Siswa Kelas 4 Sd N 1 Wonodoyo

“Hal ini diperparah dengan stigma bahwa matematika adalah mata pelajaran yang menakutkan,” ujarnya. Lulusan Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Purvorejo ini menyadari stigma tersebut harus dihilangkan. Oleh karena itu, ia terus berupaya menciptakan model pengajaran yang lebih menarik. Ketika Supriyaten bergabung sebagai fasilitator daerah (Fasda) dan menjadi fasilitator nasional (Fasnas) program PINTAR, terdapat sambutan yang baik.

Persepsi negatif berubah menjadi persepsi positif. Bagaimana tidak, pengalaman dan ilmu yang diperoleh Supriyatane melalui program PINTAR bisa memberikan cara belajar matematika yang menyenangkan. Misalnya saja penggunaan platform Kahoot untuk kuis yang biasa digunakan pada sesi informal.

Kurikulum Merdeka yang mengharuskan adanya pertanyaan-pertanyaan pencetus sebelum perkuliahan dimulai, juga menjadi salah satu cara Supriyaten memanfaatkan platform Padlet dan TriSider yang dapat menjadi ruang brainstorming dan wadah komunikasi siswa.

Mengajar Matematika Sd Yang Menyenangkan

“Kami juga menggunakan alat peraga di dalam kelas sehingga dapat tercipta proses pembelajaran yang interaktif,” jelasnya. Dengan cara ini siswa lebih menikmati proses pembelajaran yang sekaligus mengembangkan logika dan kreativitas. Tak sampai disitu saja, Supriyaten juga aktif membagikan ilmunya kepada khalayak yang lebih luas, termasuk mendorong siswanya untuk mengunggah tugas-tugas dalam bentuk video di media sosial agar dapat menjadi bahan pembelajaran bagi banyak orang. Ia berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi masyarakat, terutama dalam hal logika dan kreativitas.

Guru Sd Se Kabupaten Agam Dilatih Smart Teaching Matematika

Sementara itu, Margareta Ari Widowati, Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, mengatakan pendidikan dasar (tingkat SD dan SMP) merupakan landasan penting dalam pembentukan sumber daya manusia, khususnya kapasitas kognitif, sosial, dan emosional. Selain itu, penilaian prestasi siswa internasional PISA 2018 menunjukkan mayoritas anak Indonesia usia 15 tahun masih di bawah standar minimal kemampuan literasi, numerasi, dan sains, ujarnya.

Bekerja sama dengan pemerintah daerah, misi program PINTAR adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kepemimpinan sekolah. “Melalui program PINTAR, kami tidak hanya mencontohkan pembelajaran aktif tetapi juga mendorong percepatan pembelajaran berbasis teknologi,” jelasnya.

Supriyaten tidak sendirian. Tokoh inspiratif perjuangan pendidikan di Kabupaten Pasar, Kalimantan Timur yang kisahnya dimuat dalam buku Pijar Belajar, Sriatun (Kepala SDN 004 Tanah Grogot), Johari (Kepala Bagian Kurikulum SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasar) adalah. Bambang Tjiptadhi (Kepala SMPN 03 Tanah Grogot), dan Dewi Marcia (Guru IPA SMPN 03 Tanah Grogot). (Mass) Siapa yang tidak tahu matematika? Bagi sebagian besar siswa, pelajaran ini terkadang menjadi ancaman tersendiri di antara pelajaran lainnya

Berbeda dengan mata pelajaran lain, yang mungkin memperoleh nilai dari gaya, kreativitas, atau penalaran analitis, yang ada hanya benar dan salah dalam matematika. Sering terjadi ketika mengerjakan soal matematika yang panjang semua langkah yang dilakukan sudah benar. Namun jika terjadi kesalahan dalam perhitungan atau penulisan nilai minus, kesalahan kecil saja akan membuat perhitungan matematis menjadi salah.

Belajar Matematika Lebih Menyenangkan Dengan Jarimatika: Pendampingan Kreatif Dalam Proses Pembelajaran”

Diadaptasi dari Oxford Learning Salah satu alasan orang tidak menyukai matematika adalah terbatasnya cara untuk mendapatkan nilai matematika. Berbeda dengan mata pelajaran lain, yang mungkin memperoleh nilai dari gaya bahasa, kreativitas atau penalaran analitis, hanya ada benar dan salah dalam matematika. Sering terjadi ketika menyelesaikan soal matematika yang panjang, semua langkah yang diambil sudah benar. Namun terjadi kesalahan kecil dalam perhitungan atau penulisan nilai minusnya

Metode mengajar yang menyenangkan, cara mengajar calistung yang menyenangkan, cara mengajar bahasa inggris yang menyenangkan, cara mengajar vocab yang menyenangkan, cara mengajar iqro yang menyenangkan, metode mengajar matematika yang menyenangkan, cara mengajar matematika yang menyenangkan, mengajar matematika yang menyenangkan, metode mengajar mengaji yang menyenangkan, cara mengajar matematika yang mudah dan menyenangkan, cara mengajar tpa yang menyenangkan, cara mengajar simple present tense yang menyenangkan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *