Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar – Olahraga penting untuk melatih ketangkasan, kelincahan, kekuatan, kecepatan dan kelenturan. Salah satunya dengan melakukan senam lantai.

Terdapat enam kategori kelompok senam yaitu senam artistik, senam ritmik olah raga, senam akrobatik, senam olah raga aerobik, senam trampolin, dan senam umum.

Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar

Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar

Latihan lantai merupakan bagian dari jenis senam artistik. Efek artistik merupakan hasil ukuran (amplitudo) atau hambatan gerakan dan kesempurnaan gerakan untuk mengendalikan tubuh melalui berbagai jenis posisi.

Manfaat Aktivitas Senam Lantai Yang Jarang Diketahui Dalam Mengembangkan Keterampilan

Keterampilan gerak senam lantai akan berguna dalam aktivitas sehari-hari karena dapat melatih keseimbangan, koordinasi gerak, kecepatan, kelenturan dan daya tahan. Misalnya keterampilan menyelamatkan diri saat terjatuh dari sepeda motor, melakukan pendaratan yang benar saat terjatuh dari ketinggian dan lain-lain.

Dikutip dari buku “Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan Kelas XI” karya Nur Hasyim, M.Pd dkk, terdapat pengertian senam lantai menurut beberapa ahli. Diantara mereka:

Pada mulanya gerakan-gerakan senam sederhana mulai dikenal 3000 tahun yang lalu oleh masyarakat Tiongkok dan Mesir. Kemudian istilah senam pertama kali dikenal luas ketika masyarakat Yunani klasik menyebut senam (termasuk senam lantai) sebagai olahraga senam.

Digunakan untuk mendefinisikan aktivitas olahraga yang dilakukan di gimnasium. Selain itu, ketika bangsa Romawi menaklukkan Yunani, mereka mengembangkan olahraga ini menjadi lebih formal sebagai metode latihan fisik militer.

Jenis Olahraga Loncat, Apa Tujuan Dan Manfaatnya?

Oleh Paiman, SPd, MO. Perkembangan senam di Eropa dipengaruhi oleh buku metodologi senam pertama yaitu “The Arial jumps” karya Archange Tuccaro (1536 – 1616). Dari buku tersebut, masyarakat mewarisi gagasan bahwa lebih dari 50% gerakan senam lantai adalah gerakan akrobatik.

Senam lantai juga telah berkembang dengan baik di Eropa dan Amerika khususnya Jerman sejak dipelopori oleh Adolf Spiess (1810 – 1858) dan Justus Carl Lion (1829 – 1901). Perkembangannya mendorong terbentuknya organisasi yang mengelola senam dan mengatur jenis-jenis perlombaan. Maka pada tahun 1881 dibentuklah organisasi olah raga yang membawahi senam lantai tingkat internasional yaitu Federation Internationale de Gymnastique (FIG).

Organisasi yang menaungi latihan lantai di Indonesia adalah Persatuan Senam Seluruh Indonesia (Persani). Persani didirikan pada 14 Juli 1963 menjelang pesta olahraga GANEFO (Games of The New Emerging Forces).

Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar

Olimpiade senam lantai modern pertama kali diadakan pada tahun 1896 dan hanya melibatkan atlet pria. Kemudian pada tahun 1928 perempuan dapat mengikuti perlombaan tersebut sehingga selama 6 tahun berikutnya olahraga senam lantai terus berkembang dengan terbentuknya peraturan yang berbeda yaitu Senam Artistik Putri (WAG) dan Senam Artistik Putra (MAG). Saat ini floor training didominasi oleh perempuan.

Macam Gerakan Senam Lantai Yang Mudah Dipraktikkan

. Gerakan roller elastis yang pertama adalah menggelinding ke depan. Sumber gerak yang benar saat melakukan gerakan elastic roll adalah pinggang. Pendaratan yang benar saat melakukan gerakan guling elastis adalah dengan menggunakan kedua ujung telapak kaki.

Pose candlestick merupakan salah satu gerakan dalam floor training yang bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan memperkuat otot perut. Gerakan ini melibatkan mengangkat kedua kaki secara bersamaan.

Untuk melakukan pose lilin, pertama-tama berbaringlah telentang di atas matras. Kemudian angkat kedua kakinya hingga badan membentuk garis vertikal mirip bentuk lilin. Sedangkan tangan diletakkan di bawah pinggang untuk menopang dan menjaga keseimbangan. Selama gerakan ini, punggung dan kepala Anda tetap berada di atas matras.

Pose candlestick menyoroti pentingnya kekuatan otot perut untuk menjaga keseimbangan. Saat melakukan gerakan ini, otot perut berperan penting dalam menopang kedua kaki agar tidak terjatuh ke lantai. Hal ini menjadikan latihan candlestick sebagai cara yang efektif untuk memperkuat otot perut dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Macam Olahraga Di Rumah, Murah Dan Aman

Squat merupakan salah satu jenis senam lantai dengan alat bantu berupa kotak lompat. Teknik lompat jongkok pada lompat didasarkan pada pangkal kuda yang sedang berlari. Pada lompat jongkok vault, dorongan dilakukan setelah gerakan lari awal dilakukan dengan kecepatan penuh. Saat mendarat, gunakan kedua jari kaki lalu rentangkan kedua tangan BREAKING NEWS: Jika gagal mengamankan posisi tiga besar Piala Asia U-23, Timnas U-23 Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Asia. Olimpiade di Paris. Klik disini!

Halodoc, Jakarta – Senam lantai merupakan salah satu kegiatan olahraga yang gerakan dan bentuk olah raganya dilakukan di lantai, sesuai dengan namanya. Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga senam yang cukup populer di dunia.

Seperti namanya, senam lantai dilakukan di permukaan lantai dengan menggunakan matras. Alas yang biasa digunakan adalah kasur.

Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar

Kehadiran kasur ini menjadi alat terpenting yang berfungsi mengurangi risiko kecelakaan. Hal ini dikarenakan saat melakukan gerakan senam sering kali Anda bersentuhan dengan lantai.

Pengertian Senam Lantai, Ketahui Sejarah Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Dalam praktiknya, senam lantai menggunakan banyak gerakan, seperti berguling, melompat, melompat, berputar di udara, menopang tangan atau kaki untuk menjaga keseimbangan postur, atau melompat ke depan atau ke belakang.

Gerakan senam lantai ini bisa dilakukan dimana saja, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Umumnya pada kompetisi resmi, senam lantai dilakukan di lantai berukuran 12×12.

Ayo gabung di channel WhatsApp untuk mendapatkan berita terkini seputar Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Bola Voli, MotoGP dan Bulu Tangkis. Klik di sini (BERGABUNG)

Keberadaan floor training belum diketahui secara pasti. Namun latihan lantai diyakini sudah ada sejak zaman Yunani kuno.

Gerakan Dibawah Ini Termasuk Dalam Gerakan Senam Lantai, Yaitu

Pada abad ke-20, senam mulai populer dan menyebar ke seluruh dunia. Perkembangan olah raga ini begitu pesat sehingga akhirnya mempunyai banyak cabang, salah satunya adalah senam lantai.

Sedangkan senam pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1912, pada masa penjajahan Belanda. Pengenalan senam bertepatan dengan ditetapkannya latihan jasmani sebagai salah satu mata pelajaran wajib di sekolah.

Senam yang pertama kali diperkenalkan pada masa itu adalah senam versi Jerman. Senam asal Jerman ini menekankan pada gerakan-gerakan berbeda yang kaya akan alat-alat pendidikan.

Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar

Pada tahun 1916, senam versi Jerman diubah menggunakan sistem dari Swedia. Sistem Swedia lebih menekankan pada manfaat gerakan senam.

Senam Yang Membutuhkan Gerakan Keseimbangan, Kekuatan Dan Kelentukan Adalah Senam Lantai

Sedangkan penemu sistem senam lantai adalah seorang petugas medis dari Angkatan Laut Kerajaan Belanda bernama Dr. HF. Minkema.

Melalui Minkema kisah perkembangan senam lantai di Indonesia mulai menyebar ke beberapa daerah. Tak hanya itu, pada tahun 1918 Minkema juga membuka kursus senam Swedia.

Dengan semakin populernya olahraga senam, maka didirikanlah sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengembangkan para pesenam berbakat. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dan diberi nama PERSANI (Persatuan Senam Seluruh Indonesia).

Baru pada tahun 1964 Indonesia pertama kali mengikuti kompetisi senam lantai internasional di GANEFO I (

Sejarah Senam Lantai Pengertian

7. Dalam melakukan senam lantai harus ada pengawasan guru atau pelatih yang ahli dalam melakukan teknik senam lantai.

Enam+ 00:59 VIDEO: Sesampainya di Indonesia, masyarakat antusias menyambut Tim Thomas dan Piala Uber di Bandara Soekarno Hatta

Persia menolak bermain di Kejuaraan Antarklub ASEAN: situasi tidak ideal karena ketidakpastian jadwal, prioritaskan BRI Liga 1 musim depan

Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar

Siaran Langsung dan Jadwal Live Streaming Kejuaraan BRI Liga 1 Seri 2023/2024: Penentuan Status Juara

Gerakan Senam Lantai Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

PLN Mobile Proliga 2024: Dihajar Jakarta Pertamina Enduro, Pelatih Petrokimia Gresik Akui Masih Lemah di Penerima dan Blokir

Beli tiket PLN Mobile Proliga 2024 di PLN Mobile dan dapatkan diskon tambahan listrik dan voucher listrik!

Setelah 22 tahun berlalu, yuk intip 6 pemain Ipswich Town yang bakal mencuri perhatian di Premier League 2024/2025

Casemiro Bermain Buruk Saat MU Dihancurkan Crystal Palace, Legenda Liverpool: Salah Pilih Klub, Lebih Baik Pindah Saja!

Jenis Senam Beserta Penjelasannya Yang Perlu Diketahui

Kebijakan ekstrim FIFA: Piala Dunia U-17 diadakan setahun sekali mulai tahun 2025, Qatar menjadi tuan rumah hingga tahun 2029

VIDEO: Sesampainya di Indonesia, masyarakat menyambut antusias Thomas dan Tim Uber Cup di Bandara Soekarno Hatta

VIDEO: Usai Maarten Paes, Erick Thohir Benarkan Calvin Verdonk dan Jens Raven Dinaturalisasi ke Timnas Indonesia

Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar

Foto: Jatuh bangun Ester Nurumi Tri Wardoyo memastikan tim Uber Indonesia mengalahkan Thailand untuk melaju ke semifinal

Gerakan Senam Lantai Pemula Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Foto: Sapu Bersih Tunggal, Indonesia menyisihkan Korea Selatan untuk mengulangi prestasi 16 tahun lalu dan melaju ke final Piala Uber 2024. Senam lantai (bahasa Inggris: floor training) merupakan kegiatan olahraga yang gerakan dan bentuk olah raganya dilakukan. di lantai dengan menggunakan alas berupa permadani. Matras berfungsi sebagai alat utama yang berfungsi mengurangi resiko kecelakaan bagi atlet yang sering bersentuhan dengan lantai.

Ukuran lantai yang digunakan untuk floor training adalah 12 x 12 meter pada ruangan berukuran 14 x 14 meter. Lantai harus ditutup dengan alas yang tahan banting setebal 0,045 meter.

Senam lantai banyak memanfaatkan gerakan berguling, melompat, melompat, berputar di udara, menopang dengan tangan atau kaki untuk menjaga keseimbangan postur atau melompat maju atau mundur.

Floor training merupakan salah satu olahraga yang dimana latihan ini dapat mengontrol aktivitas seluruh bagian tubuh. Senam lantai ini mengacu pada gerakan-gerakan yang dilakukan secara terpadu dan kemudian diwujudkan dari setiap bagian tubuh.

Apakah Nama Induk Organisasi Yang Menaungi Senam Lantai Di Indonesia? Tolong Dibantu​

Senam lantai merupakan bagian dari keluarga senam dan salah satu jenis olahraga yang digemari saat ini. Latihan ini gerakannya dilakukan di lantai dengan menggunakan matras. Senam lantai ini biasa juga disebut dengan senam bebas karena pada saat melakukan gerakan senam tidak menggunakan alat apapun.

Rangkaian senam lantai merupakan rangkaian yang menggabungkan beberapa unsur atau unsur gerakan lantai sehingga menjadi suatu rangkaian gerakan yang tidak terputus. Senam artistik merupakan senam yang memadukan aspek jungkir balik dan akrobat, yang dilakukan untuk memperoleh efek artistik dari gerakan yang dilakukan dengan menggunakan beberapa alat. Sobat pernah mendengar istilah senam lantai? Latihan lantai dikenal dengan gerakan tubuh yang rumit, namun jika dilakukan oleh para atlet, indah sekali dan membuat penontonnya betah! Ternyata floor training terbagi menjadi beberapa jenis yang menarik untuk diketahui satu per satu. Apa saja jenis-jenis senam lantai? Pertama, mari kita pahami dulu maksud dari senam lantai berikut ini.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan floor training? Pelatihan lantai salah

Mengapa Senam Lantai Termasuk Salah Satu Jenis Olahraga Dasar

Yang termasuk senam lantai, senam lantai termasuk jenis senam, harga matras olahraga senam lantai, teknik dasar senam lantai, materi olahraga senam lantai, salah satu manfaat dari olahraga renang adalah, senam lantai termasuk senam, senam lantai merupakan salah satu bagian dari senam, matras olahraga senam lantai, jalan cepat termasuk salah satu cabang olahraga, penyakit gonore merupakan salah satu jenis penyakit kelamin yang ditandai oleh, alat olahraga senam lantai

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *