Mengatasi Jet Lag Dan Kecemasan Perjalanan – Perjalanan jarak jauh melintasi zona waktu yang berbeda seringkali menyebabkan jet lag atau pola tidur yang mengganggu. Bagaimana cara membayar?

Penerbangan jarak jauh seringkali menyebabkan jet lag bagi sebagian orang. Jet lag adalah perubahan pola tidur yang bersifat sementara, dimana tubuh merasa lelah, kehabisan tenaga, susah tidur, mual, sakit kepala, dan lain-lain.

Mengatasi Jet Lag Dan Kecemasan Perjalanan

Mengatasi Jet Lag Dan Kecemasan Perjalanan

Dan tidak berbahaya dan bersifat sementara, namun kondisi seperti ini akan sangat menyakitkan dan akan mengganggu aktivitas.

Jet Lag Bisa Diatasi Dengan Yoga: Begini Caranya

Seperti dilansir Healthline, jet lag terutama disebabkan karena tubuh secara alami diatur pada siklus 24 jam, siklus ini umumnya disebut ritme sirkadian.

Suhu tubuh, hormon, dan fungsi biologis naik dan turun seiring waktu. Saat melakukan perjalanan dengan pesawat, sering terjadi perbedaan zona waktu, dimana waktu sebelum lokasi keberangkatan dan waktu di lokasi tujuan berbeda satu sama lain.

Misalnya, jika Anda meninggalkan Atlanta pada pukul 6 sore waktu setempat dan tiba di London pada pukul 7 pagi waktu setempat.

Tubuh Anda masih mengira sekarang sudah jam 1 pagi, dan kemudian tubuh Anda berada di puncak kelelahan.

Tiba Di Indonesia, Anggun C Sasmi Anggap Karantina Hilangkan Jet Lag

Namun Anda perlu memperhatikan 12 hingga 14 jam lagi agar tubuh Anda beradaptasi dengan zona waktu baru.

Jangan tidur malam sebelum penerbangan karena terlalu bersemangat untuk pergi ke suatu tempat atau sengaja membuat tubuh terlalu lelah untuk tidur di pesawat.

Tidur malam yang cukup sebelum berangkat sangat dianjurkan untuk mempersiapkan tubuh agar tetap segar dan berenergi menghadapi perjalanan yang melelahkan.

Mengatasi Jet Lag Dan Kecemasan Perjalanan

“Jam makan memainkan peran penting dalam tubuh singa,” kata Lisa Artis, konsultan di Sleep Council, yang mempromosikan kebiasaan tidur sehat, kepada Guardian.

Apa Itu Jet Lag? Cari Tahu Penyebab Dan Cara Atasi Jet Lag, Yuk!

Atur jam sesuai zona waktu baru, lalu makan sesuai waktu makan mengikuti zona waktu baru, dan makan makanan sehat dengan gizi seimbang.

“Orang-orang biasanya tidak minum cukup air di dataran dan sering menggantinya dengan alkohol, yang menyebabkan dehidrasi dan dehidrasi, atau mereka minum terlalu banyak kafein, yang membuat mereka tetap terjaga,” kata Gardiner kepada Guardian.

Jika memungkinkan, Anda disarankan melakukan perjalanan pada siang hari di bawah sinar matahari langsung, begitu Anda tiba di tempat tujuan. Hal ini dapat membantu memperbaiki jam tubuh dan mengurangi gejala jet lag. “Ada 5 langkah sederhana yang bisa dilakukan agar cepat selesai. Dimulai dengan beradaptasi dengan zona waktu baru dalam mengonsumsi minuman berkafein.”

Merupakan gangguan tidur ritme sirkadian yang berarti gangguan pada jam tubuh dan tidur manusia. Kondisi ini umumnya terjadi ketika seseorang melakukan perjalanan jauh, seperti melintasi dataran dan melintasi zona waktu yang berbeda. Meski singkat, serangan jet lag bisa menyebabkan kelelahan dan rasa tidak nyaman. Akibatnya pola tidur, pola makan, penarikan diri, dan motivasi bisa terganggu.

Tips Mengatasi Jet Lag Dan Menyesuaikan Diri Dengan Perbedaan Waktu

Parahnya lagi, kondisi ini juga mempengaruhi pencernaan dan membuat tubuh menjadi sehat. Jadi jika Anda termasuk orang yang sering melakukan perjalanan jauh, penting untuk mengetahui langkah sederhana apa saja yang bisa mengatasi hal tersebut

Sesampainya di tempat tujuan, usahakan secepat mungkin melupakan zona waktu lama. Hal ini dapat dilakukan dengan mengatur jam. Ya, pikiran

Yang terhubung ke Internet secara otomatis mengubah informasi jam dan cuaca di area yang Anda kunjungi. Namun, jika Anda memakai jam tangan, pastikan jam tangan Anda sesuai dengan zona waktu yang baru.

Mengatasi Jet Lag Dan Kecemasan Perjalanan

Pastikan Anda tidur pada waktu yang paling sesuai dengan zona waktu yang Anda tentukan. Jika penerbangan dilakukan pada malam hari, cobalah untuk tidur di udara. Selain itu, ada beberapa hal yang juga bisa membantu Anda beristirahat, antara lain;

Mengenal Istilah ‘jet Lag’ Dan 4 Cara Mengatasinya

Pastikan juga kita menghindari keinginan untuk tidur siang ketika menjelang sore hari. Sebab, hal ini bisa membuat Anda sulit tidur di kemudian hari.

Perjalanan jarak jauh dapat menyebabkan dehidrasi. Selain itu, kebanyakan orang juga cenderung mengurangi konsumsi air saat bepergian jauh agar tidak terlalu sering buang air kecil. Padahal, cairan yang ditemui di jalan perlu dikelola dengan baik

Dan kelelahan berkurang. Jadi pastikan Anda mengonsumsi air dalam jumlah yang tepat selama perjalanan. Sesampainya di tempat tujuan, asupan cairan tubuh juga perlu selalu dipenuhi.

Jam internal tubuh manusia dapat terganggu akibat perubahan deteksi cahaya yang diterima tubuh akibat perbedaan zona waktu. Oleh karena itu, sesuai peruntukannya, jemurlah tubuh Anda di bawah sinar matahari. Sebab, hal ini bisa menyebabkan tubuh mengurangi pelepasan hormon melatonin yang memicu tidur. Itu sebabnya Anda akan mudah tidur di malam hari, karena Anda tidak akan tidur lagi di pagi hari.

Jetlag Adalah, Penyebab, Tanda Tanda Hingga Cara Mengatasi

Tapi itu bisa menjadi alat untuk membantu Anda tetap fokus dan fokus sepanjang hari. Faktanya, penelitian tersebut menemukan bahwa asupan 300 miligram kafein slow release meningkatkan kewaspadaan pada wisatawan timur. Ada banyak minuman yang mengandung kafein, misalnya teh, kopi, minuman bersoda, atau coklat panas.

Namun pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Apalagi jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi minuman bersoda. Pasalnya, minuman ini memiliki kandungan gula yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu dampak negatif bagi tubuh.

. Selain itu, pastikan juga Anda memenuhi seluruh kebutuhan asupan nutrisi penting tubuh Anda. Hal ini dapat dilakukan melalui makanan sehat atau suplemen kesehatan; Jika Anda membutuhkannya sekarang, Anda dapat mengecek kebutuhan vitamin dan suplemen Anda melalui aplikasi. Tentunya tanpa keluar rumah atau antri di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Saya datang,

Mengatasi Jet Lag Dan Kecemasan Perjalanan

Referensi: Jalur Kesehatan. Diakses tahun 2023. 8 Tips Mengatasi Jet Lag. Layanan Kesehatan Nasional (NHS). Diakses tahun 2023. Jetlag. NIH. Diakses pada tahun 2023. Jet lag: Heuristik dan terapi.

Tips Mengatasi Jet Lag, Ikuti Startegi Ampuh Ini!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *