Pahala Shalat Di Masjid Quba – Ketika Nabi (saw) hijrah dari Makkah ke Madinah pada hari Senin 8 Rabiul Awal, pertama-tama beliau singgah di Quba bersama anak-anak Amru bin Auf di rumah Kaltsum bin Alhadm. Pada hari pertama kunjungannya, beliau langsung membangun Masjid Quba yang dibangun atas dasar ketakwaan dan keimanan yang kuat kepada Tuhan. Pentingnya masjid bahkan membuat Nabi membandingkan pahala shalat di masjid Quba dengan menunaikan umrah.

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW. Setelah bangun, Nabi melihat. salat di Masjid Quba berjamaah bersama sahabat yang kiblatnya menghadap Masjid Aqsa.

Pahala Shalat Di Masjid Quba

Pahala Shalat Di Masjid Quba

Nabi berada di Madinah. beliau selalu menyempatkan diri pergi ke masjid Quba untuk shalat dua rakaat. Dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Umar, beliau bersabda;

Hadits Keutamaan Membangun Masjid

“Pada suatu ketika, Rasulullah SAW datang ke Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendara dan menunaikan shalat dua rekaat.”

“Sangat dianjurkan untuk pergi ke Masjid Quba, terutama pada hari Sabtu, untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan berdoa kepada-Nya.”

Berkunjung dan salat di Masjid Quba mempunyai nilai yang besar, salat di dalamnya pantas sebagai pahala umrah. Dalam hadits riwayat Imam Ibnu Majah dari Sahl bin Hunaif, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW. dia berkata;

“Barangsiapa yang keluar dari rumahnya lalu datang ke Masjid Quba, lalu shalat di sana, maka dia mendapat pahala umrah.”

Mencoba Jalur Pedestrian Masjid Nabawi

Oleh karena itu, ketika kita berada di Madinah, kita sangat dianjurkan untuk pergi ke Masjid Quba dan shalat di sana, baik wajib maupun sunnah. Selain mengikuti Sunnah Nabi SAW, pergi ke Masjid Quba dan shalat di dalamnya mempunyai nilai yang besar, sama berharganya dengan pahala umrah. REPUBLIKA.CO.ID, Madinah adalah kota suci sejarah umat Islam. Kota ini tidak hanya memiliki Masjid Nabawi, bekas makam Nabi SAW. Namun hal itu juga menjadi saksi bisu banyaknya masjid yang biasa dijadikan tempat salat Nabi. Jumlahnya mencapai puluhan. Berikut beberapa masjid yang dipilih Rasulullah sebagai tempat ibadah:

Masjid ini terletak di sebelah barat daya kota Madinah, tempat dilaksanakannya salat Jumat oleh Rasulullah dan para sahabat ketika singgah di Quba dalam perjalanan menuju Madinah. Jarak ke Masjid Quba 900 meter.

Masjid as-Sajdah berjarak 900 meter di utara Masjid Nabawi. Di sinilah Nabi bersujud lama sebagai bentuk rasa syukurnya. Saat itu, menurut Abdurahman bin Auf, Jibril menyampaikan kabar gembira kepada Nabi. Oleh karena itu, masjid ini disebut juga Masjid a-Syukr. Dalam sejarah al-Bazar, pahala shalat di masjid yang disebut juga Masjid Abu Dzar al-Ghifar ini setara dengan 10 amal shaleh.

Pahala Shalat Di Masjid Quba

Dinamakan Ghamamah yang dalam bahasa arab artinya awan, karena saat salat di masjid ini awan gelap melindungi nabi dari terik matahari. Masjid ini terletak 500 meter dari arah barat daya pintu as-Salam Masjid Nabawi, yang konon merupakan tempat salat pada Hari Raya Nabi. Masjid ini sudah berkali-kali direnovasi, sekarang sudah tidak berfungsi lagi karena ada Masjid Nabi.Masjid Quba merupakan masjid pertama yang didirikan Nabi Muhammad SAW pada tahun 1 Hijriah atau 622 M di Quba. Masjid Quba terletak di sebelah tenggara kota Madinah dengan jarak 5 kilometer.Disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun untuk ketakwaan. Dear, kali ini aku akan bercerita tentang pengalaman aku dan suami saat mengunjungi Masjid Quba saat umrah tanggal 29 April hingga 8 Mei 2019 bersama Alhijaz.

Keutamaan Sholat Di Masjid Nabawi

Berkunjung dan salat di Masjid Quba mempunyai nilai yang besar, salat di dalamnya pantas sebagai pahala umrah. Dalam hadits riwayat Imam Ibnu Majah dari Sahl bin Hunaif, disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa pulang dan datang ke Masjid Quba, lalu shalat di sana, maka dia mendapat pahala umrah”.

“Sesungguhnya masjid yang dibangun atas dasar ketakwaan (Masjid Quba) sejak hari pertama patut bagimu (wahai Muhammad) berdoa padanya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin bersuci”, QS Attaubah: 108 .

Arsitektur Masjid Quba sederhana namun elegan dan indah. Terdapat empat menara yang berdiri di setiap sudut masjid. Terdapat ruang terbuka pada bagian tengahnya sehingga sinar matahari dan udara dapat masuk dengan leluasa.

Saya baca di Wikipedia, gaya ini dianggap sebagai contoh struktur masjid yang dibangun orang-orang di kemudian hari. Masjid ini memenuhi syarat untuk mendirikan masjid dengan ruangan berbentuk persegi dan dindingnya. Masjid Quba memiliki 19 keluarga dengan fungsi berbeda-beda.

Masjid Quba, Masjid Pertama Yang Didirikan Nabi Muhammad Saw » Nabawi Mulia

Tiga pintu utama berdaun lebar menjadi pintu masuk pengunjung masjid. Dua pintu untuk gereja laki-laki sedangkan satu pintu lagi untuk gereja perempuan. Terdapat juga ruang belajar dan mengajar khusus yang terletak di seberang masjid utama.

Menurut Abu Abdullah Yaqut dalam kitabnya “mu’jam buldan”, kata quba artinya baik, pada waktu itu dikenal dengan nama desa yang dibangun oleh Amru bin Auf. Mengapa disebut Masjid Quba? Sebab ketika Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah, beliau singgah di desa Quba. Di sinilah beliau membangun masjid pertama yang diberi nama Masjid Quba.

Saya membaca di bincangsyariahdotcom tentang Masjid Quba dan Haditsnya. Dalam hadits riwayat Imam Muslim dari Abdullah bin Umar, beliau bersabda: “Nabi SAW biasa pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau naik mobil dan menunaikan shalat dua rakaat.”

Pahala Shalat Di Masjid Quba

Melalui Hadits tersebut, Imam Nawawi dalam kitabnya Almajmu menganjurkan agar kita selalu berkunjung dan shalat di Masjid Quba, khususnya pada hari Sabtu. “Sangat dianjurkan untuk pergi ke Masjid Quba, terutama pada hari Sabtu untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan berdoa kepada-Nya”.

Infografis: Empat Tempat Favorit Di Madinah Selain Masjid Nabawi

Iya sayang, yang jelas Masjid Quba sudah beberapa kali direnovasi. Khalifah Umar bin Abdul Aziz lah yang membangun menara masjid pertama. Saat ini renovasi dilakukan oleh keluarga Saud. Pada masa pemerintahan Rafa Fahd bin Abdul Aziz, direnovasi pada tahun 1986 dan diperluas dengan biaya 90 juta rial atau sekitar 225 miliar. Masjid Quba mampu dikunjungi sekitar 20 ribu orang.

Saat itu, saya dan pengunjung lainnya sedang mandi di hotel sebelum berangkat. Kami naik bus ke Masjid Quba yang tidak jauh dari hotel. Kami semua turun dari bus dan bersiap memasuki masjid. Ya, muthowif Ustadz Ali mempersilakan para biksu yang diberhentikan dari wudhu untuk berwudhu selanjutnya di tempat yang telah disiapkan.

Ada juga toilet di sebelah keran shower. Ada banyak orang yang mengantri, tapi itu cukup keren. Seperti biasa, setiap wisatawan hendaknya menyiapkan kantong plastik untuk menyimpan sepatu atau boots, membawanya dan dimasukkan ke dalam tas atau diletakkan di dekat tempat ibadah. Kekhawatiran hilang ketika ditempatkan di tempat umum karena banyaknya orang, begitu pula ketika kita salat di Masjid Nabawi.

Kegembiraan dan kebahagiaan memenuhi jiwa saat kedua kaki memasuki Masjid Quba. Saya sebenarnya ingin lebih banyak salat sunah di dalamnya, namun pengunjungnya banyak dan waktu bersama rombongan sedikit. Di masjid Quba kita bisa salat tahiyatul sunnah masjid, salat sunah lainnya. Jika ada cukup waktu, 2 atau 4 rakaat dan shalat, karena kita saling menunggu agar tidak ada yang tertinggal atau tertunda.

Ziarah Kota Madinah

Sangat menarik melihat dan mendengar burung-burung terbang di atas kepala. Rasanya ingin menangkapnya hehehe 😃 Banyak juga burung yang berjalan pelan di halaman.

Alhamdulillah kita bisa sholat sunnah dan sholat disini. Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada saya dan suami untuk mengajak anak-anak umrah dan berkunjung ke Masjid Quba, amin. Berikut ini cerita singkat tentang keunikan Masjid Quba. Saya ucapkan salam dan terima kasih Bagi yang menunaikan umrah atau haji karena diberi rezeki yang banyak maka dapat melakukan amalan berikut ini, yaitu bila berada di kota Madinah mengunjungi masjid Quba untuk shalat minimal dua rakaat. ‘ ah, pahalanya seperti umrah.

Barangsiapa datang ke rumahnya, lalu pergi ke Masjid Quba, lalu shalat di sana, maka pahalanya seperti pahala umrah.

Pahala Shalat Di Masjid Quba

Dia biasa pergi ke Masjid Quba sambil mengemudi, dan (terkadang) berjalan kaki. (HR. Bukhari, no. 1194 dan Muslim, no. 1399)

Perjalanan Haji Hari Ke 37: Tour Madinah 1 Masjid Quba’, Masjid Qiblatain, Pasar Kurma

عَنَّ عْنَ عُمَرَ كَانَ يَاْتِي قُبَاً كُلَّ سبْتٍ وَكَانَ يَقُولُ رَايْت ُ النَّّيَّ -صلى الله عليه وسلمَ- يَاْتِيهِ كُلَّ سبْ

Sunnah umroh salaf, wisata sunnah umroh, wisata sunnah umroh, sunnah umroh, sunnah umroh badal, wisata sunnah umroh jakarta, wisata sunnah umroh padang, wisata sunnah umroh riau, wisata sunnah umroh pekanbaru, payakumbuh

Paket Umroh 2024, Paket Umroh Ramadhan, Paket Umroh Ramadhan 2024, Paket Umroh Ramadhan, Paket Umroh Ramadhan 2024, Paket Umroh Januari 2024, Paket Umroh Februari 2024, Paket Umroh Maret 2024, Paket Umroh Mei 2024, Paket Umroh Juli 2024 20 24 Umroh Januari 2024, Paket Umrah Februari 2024, Paket Umrah Maret 2024, Paket Umrah Mei 2024, Paket Umrah Juni 2024, Paket Umrah Juli 2024, Paket Umrah Agustus 2024, Paket Umrah September 2024, Paket Umroh 2024, Umroh November 2024, Umrah Desember 2024, harga umrah 2024, harga umrah Ramadhan, harga umrah Ramadhan 2024, harga umrah Ramadhan, harga umrah Ramadhan 2024, harga umrah Januari 2024, harga umrah Februari 2024, harga umrah Maret 2024, harga umrah Mei 2024, harga umrah Juni 2024, Harga Umroh Juli 2024, biaya umroh Agustus 2024, biaya umrah september 2024, biaya umrah oktober 2024, biaya umrah november 2024, biaya umrah desember 2024, biaya umrah 2024, biaya umrah ramadhan, biaya umrah ramadhan 2024, biaya umroh Umrah Ramadhan, biaya Umrah 2024,

Pahala shalat berjamaah di masjid, masjid quba di madinah, amalan di masjid quba, pahala shalat di masjid, pahala shalat di masjid nabawi dan masjidil haram, doa di masjid quba, keutamaan shalat di masjid quba, sejarah masjid quba di madinah, pahala infaq di masjid, pahala shalat di masjid nabawi, foto masjid quba di madinah, masjid quba terletak di

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *