Pekerjaan Yang Dapat Uang Pensiun – JAKARTA – Pegawai pemerintah pemegang perjanjian kerja (PPPK) kini berhak menerima dana pensiun. Sebelumnya, rancangan undang-undang (RUU) yang disahkan melalui Perubahan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi undang-undang (UU).

Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), dalam hal ini PPPK dan Pegawai Negeri Sipil (PNS), akan mendapat hak yang sama, demikian dikutip salinan RUU ASN, Kamis (10 Mei 2023).

Pekerjaan Yang Dapat Uang Pensiun

Pekerjaan Yang Dapat Uang Pensiun

Aturan tersebut menjelaskan, ada tujuh komponen apresiasi dan pengakuan terhadap ASN tersebut. Salah satunya adalah Jaminan Sosial, yang juga mencakup jaminan pensiun. Sebelumnya, hanya pegawai negeri sipil yang berhak menerima perlindungan pensiun.

Ingin Mencairkan Dana Pensiun, Berikut 5 Hal Yang Harus Disiapkan Dan Dilakukan

“Jaminan sosial sebagaimana dimaksud pada huruf (2) d meliputi: (a) jaminan kesehatan; (b) jaminan kecelakaan kerja; (c) jaminan kematian; (d) jaminan pensiun; dan (e) jaminan hari tua,” Baca Pasal 21, paragraf 6.

Sementara itu, pada Pasal 22 dijelaskan lebih lanjut bahwa jaminan pensiun dan jaminan hari tua dibayarkan setelah pegawai ASN berhenti bekerja. Jaminan ini dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan penghasilan pada hari tua, sebagai hak dan imbalan atas pengabdiannya.

Pasal 22 ayat 4 berbunyi: “Jaminan pensiun dan jaminan hari tua sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibiayai dari iuran Pemerintah selaku pemberi kerja dan pegawai ASN yang bersangkutan.”

RUU ASN resmi disetujui untuk diundangkan dalam rapat paripurna DPR, Selasa (10 Maret 2023). Abdullah Azwar Anas, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menegaskan RUU ini akan menciptakan kesetaraan bagi pekerja ASN, termasuk jaminan pensiun.

Menerawang Nasib Pesangon Pekerja Setelah Ada Uu Cipta Kerja

“Dari segi tunjangan, PPPK dan ASN akan disatukan dalam satu sistem. Mereka juga bisa pensiun karena ke depan sistemnya iuran pasti,” Anas mengutip CNBC.

Sedangkan iuran pasti adalah desain pensiun yang mengharuskan pesertanya menginvestasikan sebagian pendapatannya pada sarana investasi dan mengakumulasikannya selama masa kerja hingga pensiun.

Melalui rencana ini, peserta dapat membeli produk anuitas atau menerima pembayaran berkala dari saldo dananya. Manfaat yang diperoleh peserta merupakan akumulasi dari iuran dan hasil investasi selama masa kerjanya. Dalam skenario ini, biaya proyek lebih dapat diprediksi.

Pekerjaan Yang Dapat Uang Pensiun

“Nanti kita atur di PP, termasuk orang-orang yang bisa dipindahkan minimal dua tahun. (Berapa lama penyelesaiannya?) Tiga bulan,” tegasnya.

Bisakah Saya Pidanakan Kantor Yang Tidak Memberikan Hak Pensiun Karyawan?

Sebagai tambahan informasi, Wakil Menteri Sumber Daya Manusia Kementerian PANRB Alex Denni beberapa waktu lalu mengungkapkan tentang pembahasan pemberian pensiun bagi pekerja PPPK.

Dia mengatakan RUU ASN akan mengatasi persoalan kesejahteraan ASN, khususnya PPPK. Berdasarkan aturan sebelumnya, PPPK tidak menjamin manfaat pensiun. Rencana administrasi manfaat secara hukum terlalu kaku, sehingga menyulitkan pemerintah untuk melakukan penyesuaian bila diperlukan.

“Kalau kita minta profesionalisme, maka kita harus menyiapkan sistem administrasi manfaat yang adil dan kompetitif. Oleh karena itu, pada tahap selanjutnya dari undang-undang baru ini, PPPK juga akan mendapat jaminan pensiun,” kata Alex dikutip Sabtu dalam keterangan tertulis (12/1). 8/2023). (Sumber berita: Detik.com)

Berita terkait komentar Facebook: Bantuan sosial, pengentasan kemiskinan atau alat politik? Gubernur Al Haris tandatangani Nota Kesepahaman dengan RS vertikal Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan prioritas, fokus pada pelayanan masyarakat, SAH kunjungan daerah pemilihan ketiga tahun 2024, Maulana mendukung relawan antusias mengikuti senam pagi RPM ASN meski hujan, menjadi anggota politik party akan dikeluarkan begitu saja! Kisah Pernikahan Dua Tersangka Kasus Film Porno Jaksel di Rutan Link Formasi CPNS dan PPPK 2023, Simak Syarat Pendaftarannya Ini Peringatan Keras Jokowi kepada Kepala Desa, Jika Pelanggar Nekat Akan Ditangkap! Jakarta, CNBC Indonesia – Rencana perubahan skema pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk pegawai negeri sipil (PNS), masih belum jelas. Padahal ASN sangat menantikan hal tersebut.

Tahukah Anda Tentang Ketentuan Pajak Atas Uang Pensiun?

Permintaan itu disampaikan Korps Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia (KORPRI) melalui Ketua Pengurus Zudan Arid Fakrullah pada pekan lalu saat HUT KORPRI ke-51.

Acara tersebut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo serta ribuan ASN.

Zudan awalnya menyampaikan ada empat kegiatan utama yang tengah dilakukan, yakni peningkatan kualitas publik dan digitalisasi birokrasi.

Pekerjaan Yang Dapat Uang Pensiun

“Mari kita dorong reformasi birokrasi dalam empat tahun ke depan agar sistem pemerintahan yang berbasis elektronik menjadi birokrasi. Bagaimana mendigitalkan semua pekerjaan kita, salah satunya dengan menerapkan tanda tangan digital,” jelasnya.

Melek Dana Pensiun

Kedua, gagasan dan ciri-ciri ASN. Ketiga, perlindungan dan bantuan hukum ASN. Keempat, terkait kesejahteraan ASN.

“Pada kesempatan yang baik ini, kami berharap melalui Mendagri dan Menteri PANRB dapat segera melaksanakan sistem kesejahteraan ASN dan pensiunan ASN yang didanai penuh secara konkrit dan berkelanjutan,” kata Zudan.

Pernyataan serupa juga disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menurut dia, rencana penyesuaian pensiun tersebut masih dalam tahap pembahasan dengan kementerian dan lembaga lain. Meskipun program pensiun telah dibahas sejak tahun 2019, namun pembahasan mengenai program pensiun belum berkembang lebih lanjut.

“Kita wait and see, akan kita kaji bersama kementerian lain,” kata Sri Mulyani saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, “Memasuki tahapan kehidupan yang baru, tidak bisa dipungkiri penghasilan Anda tidak akan sebanyak saat Anda masih bekerja. masih bekerja.

Ini Fungsi Dana Pensiun Untuk Kehidupan Masa Tua

Sebagai seorang pensiunan, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap aktif, bekerja, dan mendapatkan penghasilan tambahan. dikutip dari

Jika Anda selalu bermimpi memiliki bisnis sendiri, masa pensiun mungkin merupakan kesempatan sempurna untuk mewujudkannya. Ada banyak bisnis yang bisa Anda geluti, mulai dari memasak hingga jasa yang bisa Anda berikan.

Jika Anda ahli di bidang pekerjaan Anda, dengan gelar yang berkualitas dan pengalaman bertahun-tahun, mengapa tidak menerapkan pengetahuan dan pengalaman Anda melalui pengajaran? Anda bisa menjadi dosen setelah pensiun.

Pekerjaan Yang Dapat Uang Pensiun

Tidak ada yang lebih baik daripada berbagi ilmu yang Anda miliki kepada generasi penerus. Selain ilmu dan pengalaman, Anda juga bisa berbagi keahlian dengan mereka.

Jaminan Pensiun Bagi Pekerja Upah

Keterampilan dan koneksi yang Anda bangun selama bertahun-tahun dapat membantu Anda menjadi konsultan paruh waktu. Anda dapat kembali ke perusahaan lama Anda atau bekerja paruh waktu dengan klien baru yang dapat memanfaatkan keahlian Anda.

Saat Anda pensiun dan mengejar karir baru sebagai konsultan, pengalaman dan keterampilan Anda mungkin lebih berharga dibandingkan sebagai karyawan jangka panjang.

Jika Anda memiliki mobil dan tidak keberatan bekerja di “jalanan” dan sering terjebak kemacetan, maka mengemudi taksi online bisa menjadi pekerjaan pensiun Anda. Di Indonesia, Anda bisa menjadi driver Go-Car atau Grab Car.

Tergantung jam kerja dan jumlah layanan, menjadi driver taksi online ternyata bisa memberikan penghasilan sampingan yang cukup menarik.

Pajak Profesi: Perhitungan Pajak Pesangon Bagi Pensiunan

Dapatkan pembaruan berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Ayo gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Berita Terkait: Kebanyakan Masyarakat Indonesia Belum Siap Secara Finansial untuk Pensiun? Belum siap pensiun, masyarakat Indonesia pilih andalkan anak Tabungan bank tidak cukup untuk persiapan pensiun Usia pensiun Singapura dinaikkan menjadi 62+ 5 langkah yang perlu dilakukan perempuan untuk mempersiapkan masa pensiun Tren virus, video Pekerja swasta bisa mendapat bulanan seperti sipil PNS Uang Pensiun, Begini Kata BPJS Ketenagakerjaan

Sebuah video yang mengklaim pekerja swasta bisa menerima dana pensiun layaknya PNS viral di media sosial TikTok.

Pekerjaan Yang Dapat Uang Pensiun

Awalnya, akun lain menanyakan apakah pegawai swasta yang terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK masih bisa menerima gaji setelah pensiun seperti PNS.

Presiden Sah Kan Uu Asn, Pppk Kini Dapat Uang Pensiun

“Itu benar, misalnya mulai tahun 2015, pekerja swasta yang telah mendaftar perlindungan pensiun dan telah mengabdi selama 15 tahun akan menerima pensiun bulanan seperti halnya PNS.”

Oni Marbun, Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJAMSOSTEK, menjelaskan pekerja swasta bisa menerima gaji bulanan pada saat pensiun jika terdaftar pada salah satu skema BPJAMSOSTEK yakni Jaminan Pensiun.

“Manfaat jaminan pensiun berupa pembayaran tunai yang dibayarkan setiap bulan dan/atau sekaligus apabila peserta mencapai usia pensiun, cacat tetap total, atau meninggal dunia,” ujarnya.

Menurutnya, Skema Perlindungan Pensiun Organisasi BPJS Ketenagakerjaan bertujuan untuk mempertahankan taraf hidup yang layak bagi peserta dan/atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan pada saat peserta mencapai usia pensiun, cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Pensiunan Janda Dan Duda Asn Di Pemkot Cilegon Dapat Uang Saku

Selanjutnya, peserta berhak menerima pembayaran tunai setiap bulan sepanjang memenuhi masa iuran minimal 15 tahun atau setara 180 bulan terhitung sejak usia pensiun hingga meninggal dunia.

Seluruh pengusaha/badan usaha menengah dan besar wajib mendaftarkan seluruh pekerjanya pada 4 skema jaminan sosial, yaitu:

Pesertanya adalah pekerja yang bekerja pada pemberi kerja selain penyelenggara negara, yakni yang menerima upah antara lain:

Pekerjaan Yang Dapat Uang Pensiun

Usia pensiun yang semula ditetapkan adalah 56 tahun, mulai tanggal 1 Januari 2019, usia pensiun menjadi 57 tahun, dan bertambah 1 tahun setiap tiga tahun hingga usia pensiun mencapai 65 tahun.

Cara Menghitung & Mempersiapkan Dana Pensiun

Iuran program perlindungan pensiun dihitung sebesar 3%, dimana pemberi kerja memberikan kontribusi sebesar 2% dan pekerja memberikan kontribusi sebesar 1%.

Biro BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan penyesuaian upah dengan menggunakan pengganda 1 ditambah tingkat pertumbuhan produk domestik bruto tahunan satu tahun.

Selain itu, badan BPJS Ketenagakerjaan Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang statistik (BPS) menetapkan dan mengumumkan penyesuaian batas upah maksimum dalam waktu satu bulan setelah rilis data produk domestik bruto.

Mekanisme pembayaran iuran mengikuti satu paket. Pengusaha harus membayar iuran paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya.

Kira Kira Butuh Biaya Berapa Sih Untuk Pensiun?

Dapatkan pembaruan berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari . Yuk gabung di grup Telegram “Berita Update”, klik link https://t.me/comupdate dan gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Berita Terkait Studi mengungkap warna yang disukai dan dibenci nyamuk Banyak yang membicarakan bisnis asuransi senilai hingga N1,1 miliar video, bagaimana caranya

Jurusan yang cepat dapat pekerjaan, pekerjaan yang dapat dilakukan dirumah, pekerjaan cepat dapat uang, pekerjaan yang cocok setelah pensiun, pensiun dini pns dapat uang pensiun, pekerjaan yang dapat dilakukan mahasiswa, pekerjaan yang dapat dikerjakan di rumah, fakultas yang mudah dapat pekerjaan, jurusan kuliah yang cepat dapat pekerjaan, doa agar cepat dapat pekerjaan yang diinginkan, jurusan yang mudah dapat pekerjaan, pekerjaan yang dapat menghasilkan uang

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *