Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat Pandemi – Mata adalah salah satu organ indera manusia yang paling penting. Kita banyak menerima informasi tentang benda-benda di sekitar kita melalui berbagai proses. terjadi pada mata Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang penting bagi kita, apalagi di era online dimana sebagian besar aktivitas kita dilakukan di depan layar laptop/smartphone.`

Sebagai respons terhadap penyebaran virus COVID-19 Berbagai peraturan telah dikeluarkan pemerintah. Salah satunya adalah pembelajaran online. Pembelajaran online dapat diartikan sebagai pembelajaran yang mempertemukan siswa dan guru untuk berinteraksi dan melakukan proses pembelajaran melalui internet. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya Perkuliahan/pembelajaran online membutuhkan perangkat seperti smartphone, laptop, komputer, tablet, dll untuk mengakses informasi kapanpun dan dimanapun (Kuntarto, 2017; Gikas & Grant, 2013).

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Dengan sistem pembelajaran online Apakah Anda suka atau tidak Saya harus menatap layar laptop/smartphone lebih lama dari biasanya. Jika mata kita terus menerus menatap layar laptop/smartphone. Kemungkinan terjadi gangguan penglihatan yang disebut dengan Computer Vision Syndrome, masalah ini disebabkan oleh dua hal yaitu mata kering dan mata lelah/lelah. Mata kering bisa terjadi jika kita terlalu lama menatap layar. Sampai kita lupa/kurang berkedip. Berkedip diperlukan untuk mengembalikan lapisan tipis cairan pada mata, yang melindungi permukaan mata. Jika kita tidak cukup berkedip Mata kita bisa terasa kering, tidak nyaman dan pandangan kita menjadi kabur. Sementara itu Ketegangan/ketegangan mata juga merupakan masalah yang terjadi karena kecerahan layar elektronik yang terlalu terang (Harvard Health Publishing, 2017).

Yuk, Jaga Kesehatan Mata Di Era Daring!

Lalu bagaimana cara kita menjaga kesehatan mata di era online ini? Berikut beberapa saran yang bisa kita gunakan:

Mata bekerja lebih keras ketika bidang penglihatan kita terlalu dekat. Jadi sebaiknya jangan terlalu dekat agar tidak mudah buta.

Layar yang terlalu terang tidak nyaman bagi mata Anda. untuk mengurangi kecerahan layar Pada beberapa tampilan Kita dapat memilih mode gelap. Mode ini akan terasa lebih nyaman saat menonton.

Artinya rumus ini “Setiap kali melihat layar laptop/smartphone selama 20 menit, istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter).” Hal ini akan membuat mata Anda rileks.

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Mata Paling Mudah

Untuk mengurangi kelelahan mata Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan: memijat lembut area sekitar mata untuk meningkatkan aliran darah. Gosok kedua tangan hingga hangat dan letakkan di atas mata. Atau Anda bisa menempelkan kain hangat/dingin pada mata Anda.

Makanan kaya vitamin A, seperti wortel, bayam, brokoli, susu, dan kuning telur, dapat meningkatkan kesehatan mata kita. Apalagi di era wabah COVID-19 saat ini, mengonsumsi makanan bergizi sangat penting dalam membangun daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Tahukah Anda banyak cara menjaga kesehatan mata? Mari kita terapkan bersama-sama agar kita bisa memasuki era online dengan mata sehat seperti ini!

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Gikas, J. dan Grant, M. M. (2013) Perangkat komputasi seluler di pendidikan tinggi: perspektif siswa terhadap pembelajaran dengan ponsel, telepon pintar, dan media sosial. Internet dan pendidikan tinggi. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002

Pidato Menjaga Kesehatan Mata

Kuntarto, E. 2017. Efektivitas model pembelajaran online pada perkuliahan Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Studi dan Sastra Indonesia, 3(1), 99-110.10.24235/ileal.v3i1.1820

Air yang ditambahkan adalah air mineral yang dicampur dengan berbagai buah-buahan segar, sayuran, bumbu dapur, atau rempah-rempah. Kemudian simpan dan dinginkan di lemari es agar jus dapat menyatu dengan air. Setelah sekian lama meninggalkannya Potongan sayur atau buah yang digunakan biasanya lunak. Menambahkan air mungkin menjadi pilihan lain untuk mengonsumsi air. Tentu saja minuman ini lebih baik dibandingkan dengan kopi, teh atau minuman berkarbonasi yang memiliki kandungan gula tinggi.

Manfaat reguler dari infused water termasuk detoksifikasi dan teknik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Anti penuaan dan dapat menurunkan berat badan dengan lebih tepat.Buah-buahan Namun semua manfaat tersebut bisa didapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan dengan bahan yang tepat.

Bahan infusnya sangat beragam, bisa berupa buah-buahan seperti jeruk, lemon, blueberry, blackberry, raspberry, kiwi, mentimun, atau bahan herbal seperti kayu manis, jahe, dan mint. Tergantung selera masing-masing orang.

Menjaga Kesehatan Mata Di Era Daring

Air tambahan ini pasti bisa digunakan oleh orang yang kesulitan minum air atau mengonsumsi buah.

Fitriani, Nur.2020. Studi Literatur Pengaruh Pengolahan Air Aditif Terhadap Kesehatan. Tesis Sarjana (S1) Universitas Muhammadiyah Malang [online] http://eprints.umm.ac.id/63820/ Diakses 14 Desember 2020.

Fadli, Rizal 2020. Mengurangi lemak perut Berikut manfaat air lemon [online] https://images.app.goo.gl/GnmqPRsFU98RqTSbA Diakses 14 Desember 2020.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Sobat mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Junk Food, Apa sebenarnya Junk Food itu? Junk food identik dengan makanan yang tidak sehat. Tinggi kalori dari gula atau lemak Ia juga memiliki sedikit serat makanan, seperti protein, vitamin, mineral, atau nutrisi lainnya.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan Dengan Cuci Tangan Saat Pandemi

Menurut Sutrisno dkk (2018), junk food merupakan makanan yang tinggi kalori namun nilai gizinya sedikit. atau memiliki sedikit atau tidak ada nilai gizi Junk food adalah makanan yang tinggi garam, tinggi lemak, soda, dan makanan yang mengandung bahan tambahan (pengawet, pewarna, pemanis buatan, perasa), makanan yang dimasak terlalu lama/dipanaskan berulang kali Istilah nutrisi junk food mengacu pada sekelompok makanan yang kekurangan nutrisi, vitamin, dan mineral, serta umumnya tinggi kalori dari lemak dan gula.

Selain makanan cepat saji Mungkin Anda sering mendengar tentang makanan cepat saji dan biasanya keduanya adalah hal yang sama. Nyatanya, Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Ali Komsan, saat menjadi reporter di kampus bersama Danone, mengatakan keduanya berbeda. Meski terlalu sering mengonsumsi kedua hal tersebut menimbulkan bahaya yang sama. Makanan cepat saji mengacu pada makanan cepat saji yang tinggi garam dan lemak. Tapi rendah serat.Makanan cepat saji berarti makanan cepat saji, dan meskipun sebagian besar makanan cepat saji memiliki kalori dan lemak yang cukup tinggi. Namun fast food seringkali dipadukan dengan sayur-sayuran dan sumber protein seperti daging dan telur. Agar lebih aman dikonsumsi, misalnya burger dicampur sayuran dan daging Pizza sayur dan banyak lagi

Sedangkan junk food mengacu pada makanan yang tinggi kalori namun memiliki sedikit atau tanpa nilai gizi, seperti keripik kentang dan permen, yang banyak mengandung perasa, pengawet, pewarna, dan bahan tambahan lainnya. Terlalu sering mengonsumsi makanan seperti ini berbahaya bagi tubuh.

Menurut Departemen Kesehatan Pemerintah Australia Barat, Konsumsi junk food secara teratur dan terus menerus dapat memicu berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner. Peningkatan risiko obesitas Diabetes tipe 2 bahkan memicu kanker.

Perlunya Menjaga Kesehatan Mental Di Tengah Pandemi Covid 19

Junk food mengandung banyak sodium. yang dapat meningkatkan jumlah darah dalam tubuh Hal ini menyebabkan jantung memompa darah lebih keras. Mengakibatkan tekanan darah menjadi lebih tinggi. (Hipertensi) (Sumarni, R., dkk., 2015)

Gula yang ada dalam junk food dan pemanis atau perasa buatan yang ditambahkan ke banyak makanan menyebabkan kadar gula darah tinggi. Dan jika hal ini terus berlanjut, tubuh menjadi ‘lelah’ memproduksi insulin untuk mengimbangi tingginya gula darah. dan pada akhirnya akan terjadi Hiperglikemia terjadi dan menyebabkan diabetes tipe 2, di mana insulin menjadi resisten dan tidak lagi sensitif terhadap kadar gula darah.

Lemak yang paling sering terkandung dalam junk food adalah lemak jenuh/lemak jahat. Jika terakumulasi akan menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Dan jika jumlahnya terlalu banyak maka akan menyumbat pembuluh darah yang masuk dan keluar jantung sehingga memicu berbagai penyakit seperti stroke. dan bahkan serangan jantung

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Junk food memiliki kadar natrium/garam yang tinggi. Dan jika menumpuk di dalam tubuh, maka akan menumpuk di ginjal dan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras. Ada juga risiko batu ginjal karena peningkatan kadar kalsium dalam urin.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa

Mengonsumsi junk food tanpa olahraga yang cukup terbukti meningkatkan risiko jaringan parut pada hati dan perlemakan hati. Ini merupakan tanda sirosis hati, yaitu hati mengeras dan tidak mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

Junk food dan minuman seperti soda cenderung meningkatkan asam di mulut. Hal ini menyebabkan email gigi rusak dan rentan terhadap bakteri. Ini menyebabkan kerusakan gigi dan kerusakan gigi. Selain itu, junk food melemahkan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis.

Setelah melihat betapa berbahayanya junk food Sedikit nasehat untuk teman Berikut beberapa cara makan sehat meski di tengah pandemi saat ini:

Hindari stres. Karena dalam beberapa kasus Stres bisa membuat Anda ingin makan berlebihan dan berakhir dengan obesitas.

Rumus Sehat Menjaga Kondisi Mata Anak Saat Sekolah Daring

Makan keempat kelompok makanan dan 5 menu sehat. Artinya, jangan hanya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Namun vitamin dan mineralnya juga harus tercukupi.

Hindari konsumsi makanan berlemak jenuh atau gorengan secara berlebihan. Tingkatkan asupan lemak yang menyehatkan/menyehatkan jantung seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

“Makanan yang Anda makan adalah bentuk obat yang paling aman dan paling ampuh, atau bentuk racun yang paling lambat.” – Ann Wigmore

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Priyatharasini, Indira, 2020, Cara menghindari makan junk food saat lockdown, https://www.newindianexpress.com/cities/chennai/2020/jul/01/how-to-avoid-eating- junk-food-during-lockdown -2163593.html Diakses 14 November 2020.

Website Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta

Sumarni, R., dkk., 2015, Konsumsi junk food berhubungan dengan tekanan darah tinggi pada lansia di Kecamatan Kasihan Bantul Yogyakarta, Jurnal Keperawatan dan Kebidanan Indonesia, hal. 1. 59-63.

Sutrisno et al., 2018, kajian bahaya junk food (Makanan dan Jajanan) dan Jajanan Acak pada Remaja, Jurnal Keterlibatan Masyarakat dalam Kesehatan, hal. 7-10

Indonesia adalah negara tropis. Karena ini adalah negara tropis Aktivitas sehari-hari tidak lepas dari paparan sinar matahari. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang mempunyai banyak manfaat. Sinar ini dapat membantu pembuatan vitamin D3 yang membantu pembentukan tulang dan perlindungan sel kekebalan tubuh (Cefali,

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *