Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari – Apakah kamu sering memperhatikan hal-hal di sekitar kita yang berhubungan dengan kimia? Yang paling sederhana adalah udara yang kita hirup merupakan campuran oksigen, nitrogen, dan gas lainnya. Perasa makanan, pewarna makanan dan pengawet makanan juga merupakan contoh bahan kimia lainnya. Atau pakaian yang kita pakai adalah serat sintetis atau serat alami (polimer). Buku-buku yang kami gunakan untuk menulis berasal dari selulosa.

Hakikat ilmu kimia adalah benda-benda di sekitar kita dapat mengubah bentuk atau susunan partikelnya menjadi bentuk lain sehingga mengubah sifat aslinya. Oleh karena itu, kimia merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari berbagai hal tentang materi, contohnya adalah struktur materi, sifat-sifat materi, wujud materi, perubahan materi, klasifikasi materi, komposisi materi dan energi yang menyertai perubahan tersebut.

Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Ada manfaat yang bisa kita peroleh dari belajar kimia. Salah satunya adalah kita dapat mengetahui perubahan atau proses yang terjadi pada lingkungan alam, sehingga kita dapat memantau perubahan/proses tersebut untuk kepentingan manusia dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, pembelajaran kimia juga memungkinkan kita untuk memanfaatkan bahan-bahan yang ada di alam dan mengubahnya menjadi produk yang dapat berguna untuk kebutuhan manusia. Sabun, pasta gigi, detergen, shampoo, makeup, bensin, obat-obatan, bumbu masak, semua itu adalah hasil belajar kimia kita. Selain itu kimia juga berperan dalam bidang teknologi seperti mesin pendingin, pesawat terbang, mobil. Semua hal tersebut membutuhkan bahan kimia untuk menunjang kebutuhan manusia.

Solution: Senyawa Organik Asam Karboksilat

Keunggulan kimia di bidang pertanian adalah dalam produksi pupuk berperan menyuburkan tanah dan pestisida berperan membasmi hama dan penyakit. Dalam pembuatannya, kami mempelajari komposisi senyawa untuk membuat pupuk atau pestisida. Proses produksinya tentu memerlukan pengetahuan biologi. Selain itu tanaman yang kita tanam juga memerlukan unsur hara (C, H, O, N, P, Ca, S, P, K, Mg) yang ada di dalam tanah untuk pertumbuhan tanaman.

Kimia bermanfaat untuk mempelajari interaksi dan proses pada makhluk hidup, misalnya fotosintesis, respirasi, pencernaan makanan dalam tubuh, dan lain-lain. Untuk mempelajari segala interaksi dan prosesnya, diperlukan pula ilmu kimia yang berkaitan dengan struktur dan sifat senyawa, misalnya karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan lain-lain.

Untuk sektor industri yang kita ketahui semen, cat, tekstil, makanan, minuman, plastik, beberapa produk industri tersebut dihasilkan dari hasil penelitian ilmu kimia.

Jika kita ingin mengetahui komposisi suatu batuan atau material untuk dimanfaatkan agar dapat bertahan hidup, dapat juga digunakan untuk menentukan jenis batuan atau material sehingga diperlukan ilmu kimia. Dalam mencari lokasi strategis penambangan, ilmu kimia juga diterapkan dengan memeriksa tanah disekitarnya untuk mengetahui kandungan tanahnya.

Hakikat Ilmu Kimia Peranan Kimia Dalam Kehidupan Pdf

Ilmu kimia sangat dibutuhkan ketika melakukan proses penambangan dan pengolahan gas dan minyak bumi untuk kebutuhan manusia.

Kimia diperlukan dalam pembuatan atau penyaluran obat. Obat ini dibuat setelah mempelajari proses dan reaksi bahan kimia.

Soal Baru Kimia Unsur yang Jari-jari Atomnya Terkecil dan Terbesar: 1. Setarakan reaksi kimia berikut: larutan C3H8 +0₂ H₂O + CO₂ Zn50 2. Pada elektrolisis larutan LSO menggunakan elektroda Pt, 0,3175 g logam di katoda L diproduksi. Larutan elektrolisis yang dihasilkan dinetralkan secara tepat dengan 50 mL larutan Ca(OH), 0,1 M. Tentukan: A. Logam Ar L B. Jika atom L mempunyai 35 neutron, tentukan posisi atom L dalam SPU 20 liter. (kelompok dan periode). Gas H, S terbakar menurut persamaan reaksi berikut: 2H, S(g) + 30, (g) –> 2H₂O(g) + 2SO₂(g) Hitung suhu dan tekanan yang sama …Glah: a. Volume gas 0, diperlukan b. Banyaknya gas SO yang dihasilkan, VH₂S…. L* Jawabanmu 6. Tentukan Hukum Hess untuk menentukan ∆H untuk reaksi C3H8(g) + 5 O2(g) → 3 CO2(g) + 4 H2O(l) Lakukan jika diketahui :C (s) + O2(g) → CO2(g) ∆H= – 94 kkal 2 H2(g) … + O2(g) → 2H2O(l) ∆H= -136kkal 3C(s ) + 4H2 (g) → C3H8(g) ∆H= -24 kkal​

Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *