Perlengkapan Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan – Para ibu atau Mommy atau Umi atau Amma serta ibu yang baru saja mempunyai anak pertama harus mempersiapkan segala sesuatunya agar buah hatinya dapat lahir ke dunia ini. Semua perlengkapan bayi biasanya dibeli pada bulan ketujuh kehamilan. Saya juga merasakan hal yang sama karena katanya normal kalau belum 7 bulan, dan pastinya biasanya sudah 7 bulan, bahkan sejak usia kehamilan 5 bulan sudah jelas jenis kelamin bayinya laki-laki atau perempuan.

Saat saya hamil tujuh delapan bulan, saya mulai mencicil perlengkapan bayi di toko perlengkapan bayi, pertama ke suami, kedua ke orang tua. Baju bayi lucu yang terbuat dari bahan lembut seharusnya tidak membuat kita tergila-gila. Soalnya bayi cepat tumbuh jadi beli baju bayi baru lahir/NB secukupnya saja.

Perlengkapan Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Perlengkapan Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Kita pasti akan mendapat catatan dari rumah sakit tempat kita akan melahirkan yang perlu dibawa dan dipersiapkan. Anda harus membawa barang-barang berikut ini saat melahirkan:

Perlengkapan Bayi Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan Di Bidan, Mulai Dari Pakaian Bayi Hingga Kontak Dokter Anak

Di rumah kami juga menyiapkan popok kain lebih banyak jika saya membeli lebih dari 20, jadi saya ke rumah sakit dengan 9. Di rumah ada 11 lagi, dan juga ada 5 set pakaian bayi, tisu basah, kapas, tisu kering, popok bayi dan ibu di rumah. (Ini juga saya bawa ke rumah sakit. Karena kemarin saya ke rumah sakit untuk mencari popok nifas dan tidak dapat menemukannya, saya membeli popok dewasa, saya takut darahnya banyak. Dan saya masih kalau kesakitan sebaiknya aku memakaikan dia popok dulu hehe.

Bak mandi bayi plastik dan wastafel plastik, tempat bayi mengompol untuk mengganti popok atau pup di kamar, wadah berisi air hangat. Wadah bedak bayi. Oh iya siapkan juga baby oil, minyak telon, bedak bayi, sabun bayi dan krim anti ruam popok karena takut bayi tergores popok. Jangan lupa untuk mencuci perlengkapan bayi terlebih dahulu dengan sabun khusus pakaian bayi di rumah dan saat membawanya ke rumah sakit agar bayi tidak mengalami iritasi atau alergi. Saya juga membawa 6 bayi gurita dan 1 induk gurita, ada gurita yang di lem, ada yang di tali.

Kami juga membawa 2 set pakaian, 1 handuk dan celana dalam untuk ayah sebagai ayah dari bayi yang akan menemani ibu dan bayinya saat dirawat di rumah sakit.

Perhatikan juga anjuran dokter untuk melahirkan normal atau SC, karena hal ini tentunya demi keselamatan dan kesehatan ibu dan anak. Jangan membantah, karena kedua cara melahirkan tersebut mewakili upaya mempertaruhkan nyawa dan mendapat pahala dari Allah, serta menghapus dosa-dosa ibu.

Apakah Yang Perlu Dilakukan Setelah Melahirkan?

Biasanya dokter memutuskan untuk melakukan operasi caesar saat kontrol kehamilan pada usia kehamilan 37 minggu, dan operasi caesar dilakukan pada usia kehamilan 38 minggu. Sebelum hari operasi, dokter menganjurkan pemeriksaan laboratorium kembali dan ibu didampingi ayah anak berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam/internis dan dokter anestesi.

Jika semuanya, periksa lab. Oke dan catat EKG jantung dan tekanan darah Oke, pada hari yang dijadwalkan ibu harus berpuasa dari jam 6 pagi sampai operasi. Saya juga merasakan hal yang sama, disarankan sarapan jam 5 pagi dengan nasi plus lauk pauk terlebih dahulu. Jam 6 pagi harus menghindari makan dan minum. Separuh badan saya akan dimati rasa/dibius, dengan epidural di bagian belakang tulang ekor saya, Insya Allah.

Kalau mau normal saja karena saya berumur 37 tahun dan sebentar lagi berumur 38 tahun dan saya hamil pertama setelah lebih dari 10 tahun menunggu dengan serangkaian program, disarankan untuk menjalani SC karena walaupun saya dan bayi saya dalam keadaan sehat, posisi bayi saya menyilang pada usia 6 dan 7 bulan, dan kembali lagi pada usia 8 bulan. Normal, setelah 9 bulan dia kembali. Dan semuanya sesuai dengan takdir yang tertulis dalam Lauhul Mahfouz-Nya. Yang penting ibu dan anak dalam keadaan sehat dan aman.

Perlengkapan Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Selain itu, kita perlu persiapan mental agar kita bisa menjalani apapun dengan bahagia dan percaya diri. Bagi saya dan suami semuanya sesuai kehendak Allah. Kita manusia melakukan yang terbaik dan berdoa yang terbaik. Bismillah Insya Allah SC Selasa depan, 12 November 2019/15 Robiul Awal 1441 H, ketemu dengan kakek kecilku yang cantik yang telah kita nantikan selama 10 tahun 2 bulan dan ini merupakan kado di hari jadi pernikahan kita yang ke 11 di bulan desember ini, kita Pastinya saat kakek kecil kami menginjak usia 40 tahun, Insya Allah bulan Desember kemarin saya sudah dijadwalkan menjalani operasi caesar. Jadi saya melahirkan melalui operasi caesar, yang sudah direncanakan sebelumnya dan tidak tiba-tiba. Dari awal saya tahu rencananya menginap 4 hari 3 malam. Jadi tentu saja saya melakukan riset terlebih dahulu dan membuat daftar barang-barang yang perlu saya bawa ke rumah sakit. Lagipula, inilah barang-barang yang akhirnya kubawa di tasku. Saya membawa tiga tas, masing-masing satu untuk ibu hamil, calon ayah, dan calon bayi. Saya memilih untuk memisahkan tasnya daripada mengacak-acak atau mengacaukan isinya 🙂

Perlengkapan Melahirkan Yang Harus Dibawa Ke Rumah Sakit

Dua hari sebelum operasi caesar, rumah sakit menelepon saya untuk mengonfirmasi dan mengingatkan barang apa saja yang perlu saya bawa. Selain barang pribadi, dokumen administrasi ini harus dibawa dan dikompilasi. Jangan lupa beritahu suami dimana kita menyimpan dokumen-dokumen penting, karena biasanya suami mengurus pendaftaran, pembayaran, dan lain-lain hehe.

REKAM MEDIS Sejak saya berada di Surabaya pada awal kehamilan saya dan kemudian di Bandung pada trimester kedua kehamilan saya, saya memiliki dua rekam medis. Saya membawa semuanya untuk berjaga-jaga.

KARTU ASURANSI Jangan lupa untuk mengecek jauh sebelum melahirkan apakah rumah sakit tempat kita akan melahirkan berasuransi. Jika ingin menggunakan BPJS, pelajari prosesnya terlebih dahulu.

LEMBAR PEMESANAN Karena saya berencana menjalani operasi caesar, saya mendapat surat rekomendasi dari dokter Spog untuk melakukan operasi dua minggu sebelum harinya.

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Melahirkan

PAKAIAN MALAM Kancing DEPAN Pertama, konfirmasikan apakah rumah sakit akan menyediakan baju tidur kancing depan selama Anda menginap. Secara kebetulan, hal ini tidak terjadi di rumah sakit saya, jadi bawalah sendiri.

PAKAIAN UNTUK RUMAH DARI RUMAH SAKIT Bawalah sesuatu yang mudah untuk menyusui dan berjaga-jaga jika bayi Anda ingin makan dalam perjalanan pulang.

Perlengkapan mandi Kalaupun tersedia, biasanya kita menggunakan sabun dan sampo yang enak setiap hari bukan? Bawa saja travel size biar tidak penuh. Selain itu, jangan lupa membawa sabun pembersih wajah.

Perlengkapan Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

PERAWATAN KULIT Tujuannya adalah untuk melakukan perawatan kulit bahkan selama Anda tinggal di rumah sakit. Padahal, alhamdulillah, yang perlu Anda lakukan hanyalah mencuci muka dan menggunakan pelembap. Jangan lupa membawa lipbalm. Setelah operasi, sebaiknya jangan langsung makan/minum sampai perut kembung atau usus berfungsi kembali. Secara pribadi, setelah operasi jam 6 pagi, saya tidak bisa minum sampai jam 3 sore. Bayangkan Anda begitu haus dan sedih hingga bibir Anda kering.

Kado Untuk Ibu Melahirkan

Bawalah riasan saja agar tidak terlalu berantakan saat ada tamu yang datang. Tapi pada akhirnya aku benar-benar bodoh. HAHAHA jengkel banget, mikirin drama wajah bengkak akibat alergi obat pasca operasi.

CORSET Tanyakan terlebih dahulu kepada dokter Anda masing-masing apakah ini bisa langsung digunakan setelah operasi atau tidak. Dokter saya saat itu tidak menganjurkan saya langsung memakai korset. Saya akhirnya tidak memakai korset sampai saya tiba di rumah. Saya membeli korset murah dari Sorella.

Pembalut pasca melahirkan tidak disediakan oleh rumah sakit. Jika mau, Anda cukup mengenakan biaya tambahan. Dari awal saya bawa 2 bungkus. Jika sudah selesai, lanjutkan saja dengan pembalut biasa. Saya membeli merek Dacco.

KRIM PUTING Untuk berjaga-jaga jika tergores. Malah sakit banget pas drama menyusui pertama 🙁 Tapi aku gak pake krim puting, cuma ASI aja kaya kata orang. Alhamdulillah sembuh dalam beberapa hari.

Melahirkan .bun Mau Tnya Nih? Perlengkapan Apa Aja Yaa Bu Yg

SAMPO KERING Suatu hari setelah operasi saya bisa langsung bangun dari tempat tidur dan mandi. Dan sehari setelah operasi, padahal ruangannya full AC ya, tapi kok rambutnya kering banget kayak habis lari ke lapangan?!?! Pastikan untuk memiliki sampo kering sampai Anda siap mencuci rambut. Meski sudah berhijab, tetap saja saya merasa tidak nyaman jika sudah kendur.

PAKAIAN UNTUK RUMAH DARI RUMAH SAKIT Periksa kembali ke rumah sakit untuk mengetahui apakah pakaian disediakan untuk bayi selama Anda tinggal di rumah sakit. Jika iya, Anda hanya perlu membawa pakaian untuk pulang. Saya pribadi membawa berbagai jenis pakaian (piyama, kemeja panjang, dan celana terpisah), namun sebaiknya yang model berkancing agar mudah dikenakan.

KAOS KAKI + SARUNG TANGAN Untuk melindungi kaki dan tangan bayi agar tidak kedinginan. Kalau kamu ingat, tangan dan kaki bayi baru lahir masih sangat kecil 🙂

Perlengkapan Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

TOPI ini juga dimaksudkan untuk melindungi kepala Anda dari hawa dingin. Saat membeli perlengkapan Bali, saya membeli topi dengan ukuran paling kecil dengan harapan agar kepalanya kecil. Ternyata itu tidak cukup! Meski ukuran kepalanya normal saat lahir, yaitu 36,5 cm. Oleh karena itu, saat membeli perlengkapan, ada baiknya Anda membeli beberapa ukuran topi saja. Saat itu saya akhirnya membelinya di baby shop RS.

Pembalut Nifas Terbaik

LEMBAR BELONG/TUKAR Sebenarnya sudah disediakan di rumah sakit. Aku hanya membawa ini agar aman. Bisa juga digunakan bagi yang ingin menggendong bayi agar tidak langsung terkena pakaian.

Popok Sekali Pakai Hal ini juga berlaku apabila popok yang disediakan rumah sakit tidak muat untuk bayi kita. Rumah sakit tempat saya melahirkan segera mulai menggunakan popok sekali pakai merek Mamy Poko untuk bayi baru lahir. Alhamdulillah pas dan tidak ada gegabah.

Perlengkapan mandi Sebenarnya saya tidak pakai ini karena saya tidak pernah memandikan bayi selama saya perawatan, hehe. Bayi selalu dibawa ke kamar bayi untuk dimandikan.

Aku tidak ingin suamiku bertanya padaku saat aku di rumah sakit (yah, setidaknya meremehkan): “Yang, ini dimana?” Yang, dimana itu?” Hehehe. Pada dasarnya, saya mengumpulkan barang-barang yang dia butuhkan di dalam tas.

Barang Bawaan Ziarah Wali 8 1

BANTAL + SELIMUT Kasihan suami. Kemarin dari rumah sakit saya, waktu belum ada kursus VVIP, kasur untuk satpamnya tidak ada, yang ada hanya sofa. Agar bisa tidur dengan nyaman, cukup bawa bantal dan selimut dari rumah.

CHARGER + POWER BANK Sekaligus bawalah terminal agar Anda tidak perlu kesulitan untuk mengisi daya ponsel Anda. Apalagi, tak hanya suami saja yang menunggu di rumah sakit. Home › Stories › Cerita Kehamilan › Percaya Diri › Daftar Perlengkapan Bayi › Ibu Hamil › Kanker › Kesehatan › Perlengkapan Bayi Baru Lahir › Perlengkapan Bayi › Perlengkapan Persalinan yang Perlu Dibawa ke Rumah Sakit › Raffi

Kebidanan yang perlu dibawa ke rumah sakit. Awal trimester ketiga, persiapan persalinan

Perlengkapan Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Melahirkan

Perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat mau melahirkan, perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan, perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan, perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat akan melahirkan, perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat persalinan, apa saja yang harus dibawa saat melahirkan, perlengkapan yang harus dibawa saat mau melahirkan, perlengkapan apa saja yang dibawa saat melahirkan, apa saja yang dibawa saat melahirkan, apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan, apa saja yang harus dibawa saat persalinan, perlengkapan apa saja yang dibawa saat persalinan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *