Perlengkapan Yg Dibawa Saat Melahirkan – Persiapan persalinan perlu dilakukan jauh sebelum waktu persalinan tiba. Pasalnya, banyak hal yang harus diperhatikan ibu hamil demi menyambut kedatangan buah hati tercinta, seperti pilihan rumah sakit atau rumah bersalin, hingga cara melahirkan.

Masa kehamilan yang mendekati tanggal perkiraan lahir (HPL) bisa membuat ibu hamil bingung dengan banyaknya persiapan yang harus dilakukan, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertamanya. Oleh karena itu, agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar, ada baiknya ibu hamil mengetahui dan mencermati dengan baik perbekalan yang perlu disediakan sebelum tanggal lahir tiba.

Perlengkapan Yg Dibawa Saat Melahirkan

Perlengkapan Yg Dibawa Saat Melahirkan

Lantas, apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati Anda? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mitos Vs Fakta Kehamilan, Benarkah Belanja Perlengkapan Bayi Dari Jauh Jauh Hari Bisa Bawa Pengaruh Buruk? Begini Penjelasannya

Memilih dokter dan tempat persalinan merupakan hal penting yang harus dipersiapkan ibu hamil jauh sebelum tanggal kelahirannya. Anda bisa memulainya dengan mencari informasi mengenai bidan yang tepat untuk melahirkan sejak awal kehamilan.

Pemilihan dokter kemudian akan mempengaruhi pilihan tempat bersalin ibu, karena umumnya Anda hanya bisa memilih tempat bersalin dimana dokter tersebut praktek. Beberapa informasi seputar persalinan dan dokter yang perlu diketahui ibu hamil sebelum melahirkan antara lain:

Selain itu, jika ibu hamil memiliki kehamilan risiko tinggi, maka ia perlu memastikan apakah klinik bersalin yang Anda pilih menyediakan unit perawatan neonatal atau NICU, dan apakah tenaga medis di klinik bersalin tersebut siap melakukan tindakan medis. seperti operasi caesar jika diperlukan.

Mempersiapkan barang-barang yang perlu dibawa ke tempat bersalin saat melahirkan juga perlu dilakukan jauh-jauh hari, agar barang-barang tersebut tidak terlupa atau tertinggal. Berikut ini beberapa perlengkapan ibu dan bayi yang perlu dibawa ke klinik bersalin sebelum persalinan:

Perlengkapan Yang Wajib Dibawa Saat Melahirkan

Metode persalinan berbeda-beda dan masing-masing metode dapat disesuaikan dengan situasi ibu hamil dan kehamilannya atau kesukaan ibu hamil, jika kehamilannya tidak bermasalah. Untuk menentukan metode persalinan yang paling aman, Bumil bisa berkonsultasi dengan dokter saat menjalani pemeriksaan ginekologi.

Kebanyakan wanita merasa telah menjadi ibu yang sempurna ketika mampu melahirkan secara alami. Belajar mengatur pernapasan dengan mengikuti kelas melahirkan dapat membantu proses persalinan normal ibu hamil berjalan lebih lancar.

Meski operasi caesar banyak dilakukan karena kondisi medis tertentu, namun tetap saja ada ibu hamil yang ingin melahirkan dengan cara ini, misalnya karena takut merasakan nyeri akibat kontraksi persalinan biasa.

Perlengkapan Yg Dibawa Saat Melahirkan

Berdiskusi dengan pasangan juga menjadi hal yang penting dilakukan sebelum bekerja. Pastikan suami mengetahui waktu yang tepat, sehingga saat Anda mengalami kontraksi dan membutuhkan pertolongan, suami sudah siap.

Perlengkapan Yang Dibawa Buat Persiapan Melahirkan Di Rumah Sakit

Selain itu, beri tahu suami Anda apa yang harus dilakukan ketika ia mulai merasakan nyeri persalinan, misalnya dengan memijat atau membasuh punggungnya atau menggunakan botol air panas yang ditutup handuk untuk mengompresnya.

Dengan adanya kerjasama yang baik antara ibu dan pasangan, semoga proses kelahiran dan persalinan dapat berjalan dengan lancar.

Menjelang waktu persalinan, sebaiknya ibu juga berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk menentukan metode persalinan yang disarankan. Jika aman untuk melahirkan secara normal, Anda bisa menanyakan apa yang perlu Anda lakukan saat mulai merasakan nyeri atau kontraksi persalinan.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan tanda-tanda persalinan dan kapan harus ke tempat bersalin untuk melahirkan, sehingga tidak menunggu lama di tempat bersalin hingga bisa dilakukan.

Bekal Persiapan Melahirkan Bagi Calon Bunda

Khususnya, Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika ada yang belum Anda pahami seputar persalinan, bahkan sebelum si kecil lahir. Hal ini penting untuk memastikan ibu dapat mempersiapkan persalinan dengan baik.

Nah itulah penjelasan mengenai berbagai persiapan yang harus dilakukan seorang ibu hamil menjelang kelahiran anaknya. Apabila Anda mempunyai keluhan atau hal-hal yang tidak Anda pahami, terutama terkait kehamilan dan persalinan, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. sebulan. Untuk itu saya sudah menyiapkan beberapa hal yang akan dibutuhkan saat melahirkan. Sebagai persiapan menyambut anak pertama, saya rajin membaca buku-buku yang ditulis oleh rekan-rekan blogger tentang persiapan melahirkan. Menurut saya, bahan persiapannya kebanyakan terlalu banyak, mungkin karena sebagian besar tinggal di kota besar yang dekat dengan jalan raya dan jarak rumah sakit dengan rumah yang terlalu jauh. Beruntung bagi saya di Pekanbaru hal ini tidak terjadi. Jarak antara rumah sakit dan rumah hanya 15-20 menit. Pendaratan? Tidak terlalu banyak juga. Stabilisator untuk mudik juga bisa bergantung pada keluarga besar, bukan hanya kendaraan yang berkeliling kesana kemari, hehehe. Hal ini berdampak pada perlengkapan persiapan melahirkan yang tidak terlalu banyak alias minimalis. Semoga

Tas/Tas untuk membawa segala keperluan persalinan dalam satu tempat. Jika sudah jadi, Anda bisa meletakkannya di dekat pintu kamar tidur atau di bawah kasur. Jangan lupa sampaikan pada suami kalau barangnya sudah siap, kalau sudah waktunya ambil saja.

Perlengkapan Yg Dibawa Saat Melahirkan

PAKAIAN seperti bra menyusui dan celana dalam bersalin. Untuk branya saya tidak menggunakan merk tertentu. Pakai saja yang ada, bawa 3-4 potong. Sedangkan untuk celana dalam saya menggunakan merk SOREX yang khusus untuk ibu hamil. Bahannya katun dengan kancing yang bisa disesuaikan dengan ukuran pinggang. Selain itu harganya juga murah. Saya menyiapkan sekitar 6-8 buah.

Penting Mengetahui Persiapan Melahirkan Menjelang Persalinan

Tetangga ATAU PAJAMAS Kancing depan Pengalaman melahirkan sebelumnya, pakaian selama di rumah sakit disediakan dari sana. Saya hanya membawa 1-2 buah jika merasa tidak nyaman. Pilih yang memiliki kancing depan untuk memudahkan menyusui bayi Anda.

KORSET Demi perut yang lebih ramping, memang perlu memakai korset. Dulu saya berpikir untuk tidak memakai korset karena rumit dan tidak nyaman. Ternyata perutnya sudah kendor dan tidak kami obati hingga kami mengetahui dia hamil lagi. Saya tidak ingin mengalami hal ini lagi dengan anak kedua saya. Setelah membaca banyak review dan bertanya kepada banyak teman, saya memutuskan untuk menggunakan KORSET MAMAWAY.

Kaus kaki untuk menghangatkan kaki Anda. Ambil saja sekitar 2 pasang. Saat saya melahirkan pertama saya kemarin, saya hanya memakai kaos kaki di rumah karena lupa. Padahal suhu di dalam ruangan sangat dingin.

ANDA PUNYA KAMAR MANDI SENDIRI Rumah sakit seringkali dilengkapi dengan perlengkapan mandi yang lengkap seperti sabun, sampo, sikat gigi, pasta gigi, obat kumur, dan handuk. Jadi yang saya sediakan hanyalah face wash merk Cetaphil (khusus untuk kulit kering) dan dry shampoo merk Ellips. Untuk riasan, siapkan barang-barang minimal seperti pelembab mata merek Hadalabo, bedak, dan pelembab bibir.

Apa Yang Perlu Dibawa Untuk Perlengkapan Ibu Melahirkan?

SARONS Di rumah sakit tempat saya melahirkan, saya menggunakan sarung selama proses melahirkan dan beberapa hari setelah melahirkan. Sebenarnya disediakan dari pihak rumah sakit, tapi untuk sarungnya saya mau bawa sendiri dari rumah karena bahannya lembut hehehe. Untuk sarungnya saya siapkan tiga potong.

BEASTPUMP Saat saya melahirkan anak pertama saya, saya tidak bisa langsung menyusuinya. ASI baru keluar satu minggu setelah kelahiran. Situasi saat itu sangat menegangkan, sehingga untuk anak kedua ini saya memutuskan untuk menyediakan pompa ASI untuk dibawa ke rumah sakit agar saya bisa memompa ASI secepatnya. Jangan lupakan botol ASI atau kantong ASI dan sabun untuk mencuci/sterilisasi alat pompa. Merk asi yang saya gunakan adalah MALISH dan untuk sabun cuci saya menggunakan SLEEK sebenarnya

TAS POMPOK untuk menaruh segala kebutuhan bayi selama di rumah sakit. Kebetulan saya sudah punya Sola, jadi itu yang saya pakai. Merk yang saya gunakan adalah babyGOinc. Keunggulannya adalah memiliki banyak saku, ukurannya besar, dan warnanya hitam sehingga lebih nyaman untuk dibawa.

Perlengkapan Yg Dibawa Saat Melahirkan

BAJU ANAK Saya menyediakan masing-masing 2-3 pasang lengan panjang dan lengan pendek. Sebenarnya selama berada di rumah sakit, pakaian bayi juga disediakan di sana. Ini hanyalah tindakan pencegahan dan juga bisa digunakan saat Anda sampai di rumah. Khusus untuk baju bayi yang digunakan untuk mengambil foto di rumah sakit, saya menyediakan 2 buah jumper panjang untuk dipakai.

Isi Tas Bersalin Menjelang Persalinan Si Kecil Mamypoko Indonesia

Kami juga menyediakan popok kain di rumah sakit. Tapi untuk berjaga-jaga saya menyiapkan banyak sekitar 1 lusin untuk digunakan selama di rumah sakit. Kami sengaja tidak menggunakan popok sekali pakai karena kami memutuskan untuk menggantinya dengan suami. Semoga kita bisa menggunakannya sesering pada anak pertama kita 🙂

Baju bedong untuk bedong bayi dan tamu yang ingin membawa bayi. Fungsinya pada dasarnya agar kulit bayi tidak bersentuhan langsung dengan pakaian yang mungkin menggunakan bahan pewangi/parfum tertentu.

KATUN dingin untuk memandikan bayi saat melepas. Saya pakai merk MEDISOFT, mudah ditemukan di toko manapun dan harganya murah.

Dokumen-dokumen penting seperti dokumen KB, Kartu Keluarga, KTP, Akta Nikah, dan Kartu Asuransi semuanya digunakan untuk keperluan administrasi, pembayaran tagihan rumah sakit, dan pembuatan akta kelahiran.

Barang Wajib Bawa Saat Bersalin

Mengapa tidak ada satu untuk suami? Sebelumnya, saya tidak mempersiapkan suami saya karena kebutuhannya sedikit dan saya dapat menitipkannya kepada anggota keluarga yang datang dan pergi. Begitu juga kalau tinggal bersama keluarga besar, hehehe. Sepertinya itulah seluruh checklist barang yang saya persiapkan untuk dibawa ke rumah sakit. Saya merasa perubahan kecil yang saya bagikan bermanfaat 🙂

Menanti kelahiran seorang anak tentu menjadi saat yang penuh kegembiraan bagi para orang tua. Saya masih ingat jelas betapa emosionalnya kami saat mengetahui sedang mengandung anak pertama. Menunggu tiga tahun dengan rencana kehamilan yang luar biasa…

Salah satu kekhawatiranku ketika adik perempuanku akan tiba adalah soal transportasi. Hidup apa yang digunakan, bagaimana menjalaninya dengan baik, dll. Di jaman orang tua kita tinggal jemput saja, itu saja. Namun jika kita sampai di sini, lebih…

Perlengkapan Yg Dibawa Saat Melahirkan

Adalah dangkal jika mengasosiasikan Montessori hanya dengan materinya. Yuk, belajar mengenal Montessori lebih dalam agar bisa memahaminya secara maksimal, biasanya saat usia kehamilan sudah menginjak tujuh bulan, bayi Anda akan mulai mempersiapkan perlengkapan bayi, mulai dari pakaian, perlengkapan bayi, pemanggang, botol susu, perlengkapan untuk menyusu. ASI dan produk alami bayi setelah lahir.

Ini Dia List Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Bersalin

Ketika saya pergi ke dokter untuk pemeriksaan ketika saya sedang hamil delapan bulan, dokter saya mulai mengingatkan saya tentang beberapa hal yang perlu saya bawa untuk keperluan bayi saya atau apa yang saya perlukan di rumah sakit. Apa yang diberitahukan kepada saya adalah peralatan yang disediakan rumah sakit dan barang-barang yang perlu saya bawa sendiri dari rumah.

Setelah saya kumpulkan informasi dari dokter, bidan, saran dari teman saya, saudara saya, orang tua saya, orang tua saya,

Perlengkapan yang harus dibawa saat melahirkan di bidan, perlengkapan yg dibawa ketika melahirkan, perlengkapan yg harus dibawa saat mau melahirkan, perlengkapan melahirkan yg harus dibawa, perlengkapan dibawa saat melahirkan, perlengkapan yg perlu dibawa saat melahirkan, perlengkapan yg harus dibawa saat melahirkan, perlengkapan yg dibawa ke rs saat melahirkan, perlengkapan yg hrs dibawa saat melahirkan, perlengkapan yg dibawa saat mau melahirkan, perlengkapan untuk dibawa saat melahirkan, perlengkapan yg harus dibawa saat akan melahirkan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *