Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah – Tahukah Anda bahwa atletik merupakan salah satu olahraga tertua di dunia? Ya, manusia telah menemukan olahraga atletik selama berabad-abad. Atletik juga banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mari pelajari tentang asal muasal atletik, olahraganya, serta perbedaan atletik versi kuno dan modern.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), atletik adalah olahraga yang meliputi cabang olahraga berjalan, berlari, melempar, dan melompat. Mayoritas acara atletik diadakan di luar ruangan.

Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah

Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah

Atlet memerlukan ketangkasan fisik, kecepatan, dan stamina yang cukup untuk dapat bertanding. Kesederhanaan gerakan atletik menjelaskan mengapa olahraga ini sudah ada sejak manusia tumbuh dan berkembang.

Ten Types Of Athletic Sports

Ada banyak teori tentang asal mula atletik dalam sejarah olahraga. Peradaban Mesir dan Asia diyakini telah mempopulerkan permainan ini berabad-abad sebelum era Kristen.

Terlibat dalam kegiatan olahraga atletik. Kemudian pada abad ke 6 SM, dua tokoh Yunani yaitu Iccus dan Herodicus mempopulerkan permainan ini.

776 SM Saat itu, hanya pria, atlet, dan penonton yang boleh mengikuti Olimpiade kuno.

Setelah itu olahraga atletik berkembang di Inggris. Sejarah mencatat atletik di Inggris tercatat pertama kali pada tahun 1154 ketika fasilitas olahraga pertama didirikan di London. Meski dilarang oleh Edward III pada tahun 1300-an, atletik bangkit kembali satu abad kemudian berkat peran Henry VIII, yang dikenal sebagai pelempar palu yang terampil.

Lompat Jauh Merupakan Salah Satu Cabang Olahraga Atletik

Pada tahun 1800-an, perkembangan atletik di banyak negara terlihat jelas dengan munculnya klub-klub olahraga. Tahun 1896 menjadi tonggak sejarah olahraga modern berkat Olimpiade modern pertama.

Atletik benar-benar mendunia karena merupakan kompetisi atlet internasional. Pengakuan dunia internasional terhadap olahraga ini semakin menguat setelah berdirinya organisasi induk olahraga tersebut, yaitu International Amateur Athletic Federation (IAAF) di Stockholm, Swedia pada tahun 1912.

Menambahkan atletik ke dalam kurikulum akademik di sekolah-sekolah Belanda dan untuk mengembangkan kebugaran jasmani militer di Hindia Belanda. Pengenalan atletik merupakan bagian integral dari pendidikan, bukan merupakan prestasi perkembangan.

Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah

Atau Persatuan Atletik Hindia Belanda didirikan pada tahun 1917 untuk menaungi klub-klub atletik yang sudah ada di kota-kota besar di Pulau Jawa.

Kamboja Tuan Rumah Sea Games 2023, Pertandingkan 39 Cabang Olahraga

Setelah kemerdekaan, atletik menjadi salah satu cabang olahraga pada PON I tahun 1948 di Sulu. Keseriusan penyelenggaraan atletik di Indonesia ditunjukkan dengan berdirinya perkumpulan atletik pertama yaitu Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau PASI pada tanggal 3 September 1950 di Semarang.

Biasanya ditempatkan di jalan raya atau lintasan lari, panjang lintasan berkisar antara 3.000 meter hingga 100 kilometer. Berbeda dengan lari, lari cepat mengharuskan kaki atlet berada di tanah, sedangkan kaki yang bergerak ke depan harus lurus sejak pertama kali menyentuh tanah.

Atlet lari dikenal karena kecepatan dan pernapasannya yang kuat. Merek atletik terpopuler ini memiliki banyak pesaing.

Menempuh jarak 800 meter, 1.500 meter, dan 3.000 meter, cabang ini membutuhkan stamina ekstra, kecepatan, dan kemampuan bernapas.

Cabang Olahraga Atletik Paling Populer Di Dunia Beserta Jenisnya

Rutenya adalah 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Pelari jarak pendek harus mampu melakukan sprint, yaitu secepat kilat, agar bisa meraih kemenangan.

Biasanya dilakukan di jalan terbuka dan finis di lintasan, seperti lomba 5 km, 10 km, half marathon, dan full marathon.

Nomor-nomor pada cabang ini juga banyak yang bervariasi dengan penggunaan peralatan khusus sehingga memerlukan keterampilan dan kekuatan otot tangan yang berbeda-beda dari para atletnya.

Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah

Melompat ke atas dengan tujuan mencapai titik tertinggi tanpa peralatan apapun merupakan ciri khas dari olahraga lompat tinggi.

Pengertian Lompat Jauh, Ketahui Teknik Dasar Dan Peraturannya

Di Yunani kuno, atletik dipandang sebagai ibu dari olahraga, karena gerakannya mencerminkan kehidupan manusia. Pada masa itu masyarakat berburu untuk mencari makan, mempertahankan diri, dan memajukan kehidupannya dengan berjalan, berlari, melompat, dan melompat.

Namun, pada Olimpiade kuno, hanya laki-laki yang diperbolehkan berpartisipasi dalam atletik. Cabang olahraga yang dipertandingkan hanyalah lompat jauh, lempar lembing, lempar cakram, dan lari.

Khususnya, laki-laki tidak diperbolehkan mengenakan pakaian dalam kompetisi karena cuaca di Yunani saat itu cukup panas. Langkah ini juga dipandang sebagai pendefinisian bentuk tubuh manusia.

Pada awal abad ke-19, perkembangan atletik sebagai olahraga modern dimulai pada masyarakat Eropa. Asosiasi atletik menyelenggarakan berbagai perlombaan dengan batasan tertentu dari panitia penyelenggara.

Mengenal Atletik, Salah Satu Cabang Olahraga Tertua Di Dunia

Misalnya jarak 400 meter harus ditempuh dalam waktu 60 detik. Tentu saja perbedaan aturan dan standar tersebut menyulitkan penyelenggaraan kompetisi atletik.

IAAF hadir sebagai organisasi induk atletik internasional dengan tujuan menciptakan standar kompetisi atletik. Dimanapun perlombaan atletik diselenggarakan, baik nasional maupun internasional, berlaku aturan baku untuk menciptakan persaingan yang sehat, obyektif, dan terukur.

Selain itu, kompetisi atletik terbuka untuk semua orang, pria dan wanita, dan segala usia. Atletik bukan lagi olahraga eksklusif yang hanya bisa dimainkan oleh segelintir kalangan saja. Siapapun bisa meraih kesuksesan dan bersaing secara global asalkan mampu memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang ditetapkan.

Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah

Inilah intisari olahraga atletik yang perlu Anda ketahui. Game ini dikatakan “murah dan menyenangkan” dan tersedia untuk semua orang, serta dapat dimainkan di mana saja. Jadi, apakah Anda tertarik menekuni olahraga atletik? Atletik Jakarta merupakan cabang olahraga tertua dan dianggap sebagai induk dari segala cabang olahraga. Saat ini, atletik merupakan salah satu olahraga yang paling umum dimainkan di berbagai belahan dunia.

Mengenal Tentang Lari Jarak Pendek Dalam Olahraga Atletik

Atletik sendiri berasal dari kata Yunani atlon yang berarti kompetisi atau perjuangan. Jadi menurut ensiklopedia bahasa Indonesia, atletik berarti perlombaan dan permainan dalam cabang olahraga atletik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, atletik adalah olahraga (terutama yang dimainkan di luar ruangan dan memerlukan kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan), yang meliputi cabang olahraga lari, berjalan, lompat, dan lempar.

Atletik sudah menjadi olahraga internasional, bahkan hampir setiap negara di dunia sering mengikuti olahraga ini, termasuk Indonesia.

Video berita tentang momen lucu seekor anjing mengikuti lomba lari estafet dan rekor waktunya hanya satu detik lebih lambat dari rekor Usain Bolt.

Lempar Lembing: Pengertian, Sejarah, Teknik, Dan Gaya

Cabang olahraga atletik lari ini secara umum dibagi menjadi empat cabang olahraga, yaitu lari jarak pendek, lari jarak jauh, lari gawang, dan estafet.

Lari jarak pendek merupakan perlombaan lari cepat dengan jarak yang lebih pendek atau pendek. Jarak yang ditempuh adalah 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

Jarak lari jarak jauh ada 3 km, 5 km, 10 km dan lebih dari 10 km.

Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah

Berbeda dengan nomor lainnya, nomor estafet ini dilakukan secara beregu yang terdiri dari empat orang anggota tim. Oleh karena itu, pada nomor tersebut tim pelari yang terdiri dari 4 orang akan saling mengoper tongkat estafet.

Apa Itu Lempar Lembing? Ini Pengertian, Sejarah, Teknik, Dan Peraturannya

Empat pelari akan berlari secara bergantian. Estafet mempunyai dua jarak yaitu 4×100 m dan 4×400 m.

Maraton adalah perlombaan lari yang menempuh jarak lebih jauh dari perlombaan lainnya. Lintasan maraton biasanya tidak berada di lapangan tertentu, melainkan di jalan raya.

Rintangannya panjang, pendek dan sedikit berbeda dengan lari estafet. Hal ini dilakukan dengan berlari dan melewati rintangan berupa palang yang jumlahnya lebih sedikit. Jadi, game ini menggabungkan lari dan lompat.

Atlet asal Kuba, Mikel Massou berlaga pada final lompat jauh putra Olimpiade Tokyo 2020 di Olympic Stadium, Tokyo, Senin (2/8/2021). (Foto: AFP/Javier Soriano)

Cabang Olahraga Atletik Beserta Sejarahnya, Tak Kalah Sehat!

Lompat merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Seperti halnya lari, lompat juga dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik dimana seorang atlet mulai berlari kemudian melompat secara horizontal atau ke depan sejauh mungkin.

Semakin jauh seorang atlet melompat maka semakin tinggi pangkatnya. Lompat jauh tidak sah apabila atlet melompat setelah melewati garis lompat.

Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah

Lompat tinggi ini dilakukan dengan cara melompat secara vertikal atau dengan kata lain atlet harus melompat setinggi-tingginya melewati suatu mistar tetap pada ketinggian tertentu.

Mengenal Lari Jarak Pendek: Pengertian Dan Teknik Dasar

Nantinya, standar tersebut akan dinaikkan tingginya berdasarkan prestasi yang diraih atlet. Lompatan tinggi dianggap tidak sah jika badan membentur mistar saat melompat.

Lompat galah mirip dengan lompat tinggi, namun lompat galah dilakukan dengan menggunakan tongkat atau tongkat yang panjang dan fleksibel agar atlet dapat melompat setinggi mungkin melewati mistar.

Lompat ganda ini merupakan lompat yang dilakukan dengan teknik yang sama dengan lompat jauh, namun atlet harus melakukan dua kali push up sebelum mendarat di area pendaratan.

Permainan lempar ini banyak dimainkan oleh pemain yang mempunyai otot lengan yang kuat. Inilah sebabnya mengapa mereka dikatakan melemparkan benda berat sejauh mungkin.

Cabang Atletik Perebutkan Tujuh Medali Emas Malam Ini

Tolak peluru merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang melibatkan pelemparan atau dorongan pukulan sejauh mungkin. Bola pada permainan ini terbuat dari besi dengan berat berkisar antara 2,76 kg hingga 7,26 g.

Lembing adalah olahraga melempar, seperti melempar lembing atau lembing sejauh-jauhnya. Lembing ini memiliki panjang 2,6-2,7 meter untuk pria dengan berat minimal 800 gram. Sedangkan untuk betina memiliki panjang 2,2 m-2,3 m dan berat 600 gram.

Lemparan cakram ini mengharuskan atlet melemparkan piringan logam ke tempat yang diberi tanda. Berat lempar cakram untuk putra adalah 2 kg dengan diameter 22 cm, sedangkan untuk putri adalah 1 kg dengan diameter 18 cm.

Salah Satu Cabang Olahraga Atletik Adalah

Lemparan palu ini bukanlah lemparan palu biasa, melainkan lemparan logam yang diikatkan pada kawat baja sepanjang 1,22 meter. Berat badannya 7,26 kg untuk pria dan 4 kg untuk wanita.

Mengenal 13 Istilah Dalam Olahraga Atletik

Jalan cepat berbeda dengan lari. Gerakan cepat ini mengharuskan atlet berjalan namun tetap satu kaki menyentuh tanah. Jarak lari cepat ini biasanya 20 km hingga 50 km.

Panahan juga merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Panahan dilakukan dengan menembakkan anak panah pada sasaran berbentuk lingkaran dengan jarak tertentu.

Semakin akurat sasaran panahnya, semakin banyak poin yang didapat. Panahan memiliki acara individu dan tim.

Atletik gabungan adalah menggabungkan beberapa cabang olahraga atletik ke dalam satu kategori. Secara umum terdapat dua divisi dalam cabang olahraga atletik gabungan ini, yaitu:

Pengertian Atletik Adalah Olahraga Kekuatan, Ketangkasan, Dan Kecepatan

Dasalomba merupakan gabungan 10 cabang olahraga atletik yang dilakukan oleh satu orang

4 cabang olahraga atletik, 5 cabang olahraga atletik, nomor cabang olahraga atletik, pembagian cabang olahraga atletik, macam cabang olahraga atletik, 10 cabang olahraga atletik, cabang olahraga atletik adalah, gambar cabang olahraga atletik, nama cabang olahraga atletik, jalan cepat termasuk salah satu cabang olahraga, induk cabang olahraga atletik, sejarah cabang olahraga atletik

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *