Sebutkan Peristiwa Adsorpsi Dalam Kehidupan Sehari Hari – Guys, pernahkah kalian bertanya-tanya kenapa saat kita membuka jendela di pagi hari, dan sinar matahari masuk, kita melihat banyak sekali debu beterbangan? Padahal, sebelum jendela dibuka, tidak terlihat debu. Hmm, bagaimana mungkin ya?

Ternyata, itu adalah fenomena sifat koloid yang dikenal dengan efek Tyndall. Wah, apa itu koloid dan apa saja sifat-sifatnya? Baiklah, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan kita jawab satu persatu pada artikel kali ini ya?

Sebutkan Peristiwa Adsorpsi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sebutkan Peristiwa Adsorpsi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Masih ingatkah kamu tentang koloid? Koloid merupakan salah satu jenis campuran heterogen yang terbentuk karena adanya pendispersian suatu zat ke dalam zat lain yang tercampur. Koloid umumnya berukuran 1 nm hingga 100 nm. Meskipun koloid merupakan salah satu jenis campuran, namun berbeda dengan larutan dan suspensi. Oleh karena itu, koloid juga mempunyai sifat unik yang berbeda dengan sistem dispersi lainnya. Yuk, kita bahas satu per satu!

Lem: Peran Bagi Manusia Dan Cara Kerja

Sifat koloid yang pertama adalah Efek Tyndall. Efek Tyndall pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan asal Inggris bernama John Tyndall. Efek Tyndall adalah efek penghamburan cahaya oleh partikel koloid. Hmm, apa maksudmu? Begini kawan, ketika seberkas cahaya diarahkan ke suatu larutan, maka cahaya itu akan diteruskan sehingga kita tidak bisa melihatnya. Hal ini disebabkan karena larutannya homogen. Namun bila berkas cahaya diarahkan pada koloid dan suspensi, maka berkas cahaya tersebut akan dihamburkan sehingga terlihat jejaknya. Contohnya adalah gambar di bawah ini.

Contoh Efek Tyndall dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita membuka jendela di siang hari. Saat sinar matahari masuk ke dalam ruangan, partikel debu yang beterbangan akan terlihat jelas. Hal ini disebabkan karena ukuran partikel debu jauh lebih besar dibandingkan panjang gelombang cahaya.

Pada tahun 1827, seorang ahli botani Skotlandia, Robert Brown, mampu mengamati pergerakan partikel koloid. Ia menemukan bahwa, secara mikroskopis, partikel koloid akan bergerak secara acak dalam jalur zigzag dalam media pendispersi. Nah, pergerakan tersebut disebabkan oleh tumbukan antara partikel koloid dengan medium pendispersi.

Adsorpsi adalah proses melekatnya partikel bermuatan (ion) pada permukaan koloid. Adsorpsi terjadi karena kemampuan partikel koloid untuk menarik atau menempel pada partikel kecil. Kemampuan menarik ini disebabkan oleh tegangan permukaan koloid yang relatif tinggi.

Pengertian Adsorpsi, Jenis, Faktor, Fakta, Perbedaan & Contoh

Ke dalam air yang sangat panas sehingga menyebabkan terbentuknya koloid berupa besi (III) oksida atau sol Fe hidrat.

Koagulasi adalah proses penghancuran sistem koloid yang ditandai dengan proses penggumpalan akibat terbentuknya partikel yang lebih besar dari koloid (lebih besar dari 100 nm). Koagulasi dapat dipengaruhi oleh pemanasan, pendinginan, penambahan elektrolit, peluruhan, pencampuran koloid dengan muatan berbeda, dan elektroforesis. Contoh koagulasi koloid dalam kehidupan sehari-hari antara lain mengentalkan susu dan telur yang sudah tua yang direbus hingga putih dan kuning telurnya menggumpal atau mengeras.

Baiklah guys, itulah beberapa sifat-sifat koloid yang harus kamu tahu kan? Sebenarnya sifat-sifat koloid tidak hanya seperti yang telah dijelaskan di atas saja. Namun masih ada elektroforesis, koloid pelindung, dialisis, koloid liofilik dan liofobik. Nah, jika anda ingin mengetahui penjelasan tentang sifat-sifat koloid lainnya anda bisa menyimak materinya di ruang belajar. Sekarang kita lanjut ke materi berikutnya yaitu cara membuat koloid.

Sebutkan Peristiwa Adsorpsi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pada metode ini, produksinya dilakukan dengan menggabungkan partikel kecil atau partikel larutan dengan partikel yang lebih besar. Sediaan ini hanya menggabungkan koloid yang ada dengan partikel kecil lainnya. Penggabungan ini dapat dilakukan melalui tiga cara yaitu reaksi redoks, dekomposisi dan hidrolisis.

Kumpulan Contoh Soal Sifat Koloid

Reaksi redoks adalah reaksi yang ditandai dengan perubahan bilangan oksidasi. Misalnya pada pembuatan sol belerang dengan mengalirkan gas H

Cara pembuatan ini kebalikan dari evaporasi, cara dispersi adalah dengan memecah partikel besar atau suspensi menjadi partikel kecil atau koloid. Penyelesaian ini dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu peptisasi, pembiakan busur, dan mekanik.

Arc Bredig : Cara ini digunakan untuk membuat sol berbahan logam seperti Ag, Au, dan Pt. Metode ini melibatkan arus listrik tegangan tinggi yang mengalir melalui dua elektroda logam (bahan tersebar). Kemudian kedua elektroda tersebut direndam dalam air, hingga kedua ujung elektroda hampir bersentuhan, sehingga terjadi percikan api.

Mekanis: Dalam metode ini, butiran kasar digiling atau digiling dengan penggiling koloid, hingga tingkat kehalusan tertentu. Kemudian diaduk dalam media pendispersi. Contoh: sol belerang dapat dibuat dengan cara menggiling bubuk belerang bersama gula pasir, kemudian mencampurkan bubuk halus tersebut dengan air.

Materi Kimia Lanjut Sistem Koloid

Ok guys, sudah selesai pembahasan kita mengenai sifat-sifat dan cara pembuatan koloid. Materi koloid memang asyik untuk dibicarakan karena bahan ini banyak dijumpai dalam kehidupan kita. Jika anda ingin mempelajari lebih lanjut materi sistem koloid, anda dapat mengaksesnya di ruang belajar. Kini, Ruangstudy punya fitur-fitur baru yang lebih keren dan memudahkan kamu dalam belajar lho! Buruan download dan nikmati semua fiturnya.

Contoh peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari hari, peristiwa fisika dalam kehidupan sehari hari, contoh adsorpsi dalam kehidupan sehari hari, contoh peristiwa listrik statis dalam kehidupan sehari hari, sebutkan peranan kimia dalam kehidupan sehari hari, contoh peristiwa difusi dan osmosis dalam kehidupan sehari hari, contoh peristiwa difraksi cahaya dalam kehidupan sehari hari, sebutkan contoh gerak lurus beraturan dalam kehidupan sehari hari, peristiwa osmosis dalam kehidupan sehari hari, sebutkan keutamaan sifat jujur dalam kehidupan sehari hari, contoh peristiwa difusi dalam kehidupan sehari hari, sebutkan 3 contoh peristiwa kapilaritas dalam kehidupan sehari hari

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *