Tempat Mustajab Di Mekkah Dan Madinah – Multazam merupakan tempat yang terletak di antara batu hitam dan pintu Ka’bah dengan jarak sekitar 2 meter. Hajar Aswad adalah batu hitam yang diletakkan di salah satu sudut Ka’bah, tepatnya di Rukun Yamani.

Disebut Multazam karena merupakan kebiasaan setiap umat Islam untuk melaksanakan salat di tempat tersebut. Menurut salah satu cerita, setiap doa yang dipanjatkan di tempat itu terkabul atau terkabul.

Tempat Mustajab Di Mekkah Dan Madinah

Tempat Mustajab Di Mekkah Dan Madinah

“Maka disunnahkannya shalat sambil menempelkan tangan, dada, dan pipi ke arah Multazam sesuai dengan hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Sunan Ibnu Majah dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash,” kata Namin Asimah.

Info Haji: 13 Tempat Mustajab Untuk Berdoa Di Mekah Dan Madinah, Arab Saudi, Cekidot…

Lebih lanjut Namin Asimah menjelaskan, ada tiga faktor yang menjadikan Multazam sebagai tempat yang efektif. Ketiga faktor tersebut adalah Nabi Ibrahim AS, faktor Hajar Aswad, dan faktor jutaan orang yang melakukan Tawaf mengelilingi Ka’bah.

Nabi Ibrahim AS menjadi faktor yang menyebabkan keistimewaan Multazam karena beliau merupakan sosok manusia yang mempunyai energi positif yang sangat besar yang kemudian menular pada seluruh karyanya, salah satunya Ka’bah yang dibangunnya. Selain itu, ia juga dikenal sebagai sosok yang lemah lembut.

Sedangkan Hajar Aswad merupakan batu mulia yang juga ditempatkan oleh tangan Nabi Ibrahim AS, sekaligus orang yang melakukan Tawaf juga menyalurkan energi positif sehingga tempat ini menjadi tempat salat yang efektif.

Hal ini juga dijelaskan dalam sebuah kisah yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW meletakkan dada, pipi, dan telapak tangannya di dinding Ka’bah di Multazam bersama para sahabatnya.

Itinerary Paket Umroh 9 Hari Direct Madinah

Ibnu Abbas RA juga meriwayatkan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Multazam adalah tempat terkabulnya doa. Apapun yang diminta seseorang kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkannya.”

Multazam merupakan tujuan salat jamaah haji. Hal ini terutama dilakukan saat melakukan tawaf tujuh putaran. Tentu saja tujuan utama haji dan umrah adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Salah satu aktivitas yang wajib ditingkatkan selama berada di Baitullah adalah berdoa. Ya, karena dengan berdoa kita akan selalu mengingat Allah ketika menunaikan umrah.

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa label kacang yang direkomendasikan. Salah satunya adalah memilih waktu dan tempat yang efektif saat berdoa. Ibadah umroh merupakan waktu yang pastinya wajib dilakukan untuk beribadah. Nah, disitulah penerapannya.

Tempat Mustajab Di Mekkah Dan Madinah

Baitullah, itulah julukan kota Mekkah dan Madinah. Namun tahukah Anda kalau ada banyak tempat ajaib di Tanah Suci yang sayang untuk Anda lewatkan agar doa Anda terkabul. Manfaatkan setiap momen umroh menjadi waktu untuk menambah keluasan kebaikan di mata Allah SWT.

Rindu Kota Suci Makkah, Kangen Madinah, Tempat Mustajab Doa

Tak perlu menunggu lama lagi, berikut daftar tempat yang ampuh untuk salat saat menjalani umrah. Baca selengkapnya, yuk!

Multazam adalah suatu tempat atau dinding yang terletak di antara batu hitam dan pintu Ka’bah. Menurut cerita salah satu hadits menyebutkan bahwa multazam merupakan tempat yang ampuh agar doa cepat terkabul.

“Multazam adalah tempat terkabulnya doa. Tidak ada satupun doa yang dipanjatkan seorang hamba di Multazam kecuali akan dikabulkan oleh Allah SWT.” (HR.Ahmad)

Tak heran jika umat Islam saat menunaikan ibadah haji dan umroh rela berkerumun di sekitar Multazam hanya untuk sekedar salat. Anda bisa merencanakan sholat di Multazam, persiapkan sholat sebaik-baiknya agar lebih siap jika mendapat kesempatan sholat di tempat mujarab ini.

Ujian Di Masjid Nabawi Halaman 1

Urutan kedua adalah Hijr Ismail. Di manakah lokasi Hijrah Ismail? Hijr Ismail merupakan tempat berbentuk setengah lingkaran yang terletak tepat di sisi Ka’bah.

Dahulu, Hijr Ismail merupakan bagian tak terpisahkan dari Ka’bah yang dibangun oleh Nabi Ismail. Akibat bencana alam yang menimpa sebagian dinding Ka’bah, terjadilah pengurangan bangunan Ka’bah yang kini lebih dikenal dengan Hijr Ismail.

Jadi dapat disimpulkan Hijr Ismail merupakan tempat salat yang efektif karena masih merupakan bagian dari Ka’bah. Apalagi kalau bisa salat 2 rakaat di tempat ini, pasti banyak manfaatnya.

Tempat Mustajab Di Mekkah Dan Madinah

Pada masjid agung terdapat 4 tiang yang salah satunya disebut Rukun Yamani. Selain itu juga ada Rukun Aswad, kedua tempat ini merupakan tempat salat yang efektif. Hajar Aswad merupakan pondasi dasar pada saat Nabi Ibrahim mendirikan bangunan Ka’bah.

Umrah Reguler Plus Thaif

Selain mendirikan shalat, mencium batu hitam juga disunnahkan karena Rasulullah SAW selalu mencium batu hitam saat Tawaf. Beruntungnya Anda juga bisa berkesempatan mencium Hajar Aswad sambil memohon lebih.

Ka’bah merupakan sebuah bangunan yang bagian dalamnya juga dapat digunakan untuk berdoa atau berdoa. Namun sepertinya tidak mudah untuk memasuki Ka’bah karena mematuhi aturan yang ditentukan. Anda masih bisa memasuki area Hijir Ismail (yang merupakan bagian dari bangunan Ka’bah) untuk melaksanakan shalat sunnah mutlak dan shalat sebagai gantinya.

Bukit Shafa dan Marwa menjadi saksi bisu perjuangan ibu Ismail mencari air saat Ismail kecil haus. Momen ini diabadikan dengan menjadikan Sa’i sebagai rukun yang dilakukan saat umroh.

Sa’i dilakukan dengan cara jogging diantara perbukitan Shafa dan Marwa. Nah, di sinilah Anda disarankan untuk lebih banyak berdoa karena tempat tersebut merupakan salah satu tempat berdoa yang paling mujarab. Mulailah membaca tasbih | Subhanallah), Alhamdulillah dan Allahu Akbar sebanyak 3 kali lalu dilanjutkan dengan doa yang diinginkan.

Jemaah Haji Disarankan Ziarah Ke Makam Nabi Sebelum Tinggalkan Madinah, Ini 3 Doa Yang Bisa Dipanjatkan

Setelah menyelesaikan 7 putaran Tawaf, dianjurkan untuk berhenti sejenak di Multazam. Setelah itu Anda bisa melanjutkan salat sunah 2 rakaat di belakang Maqam Ibrahim yang berada tidak jauh dari Multazam.

Keistimewaan air Zam-sam sudah tidak perlu diragukan lagi. Sumur ini tercipta ketika Nabi Ismail menginjakkan kakinya ke tanah saat ibunya Siti Hajar berusaha mencari air untuk bayinya. Namun ternyata di sekitar kaki Ismail muncul sebuah mata air yang kini dikenal dengan nama Sumur Zam-Zam.

Nabi bersabda bahwa air Zam-Zam adalah berkah dan obat segala penyakit. Bahkan, Jibril menggunakan air Zam Zam untuk membasuh hati Nabi Muhammad SAW. Ingatlah untuk memiliki niat sebelum meminum air Zam-Zam, dan memanjatkan doa yang baik.

Tempat Mustajab Di Mekkah Dan Madinah

Jika tempat-tempat yang disebutkan sebelumnya adalah tempat mustajab di Mekkah, maka Raudhah ada di Madinah. Tepatnya di Masjid Nabawi. Raudhah dikenal sebagai tempat salat yang mujarab.

Paket Umroh Platinum

Dahulu Raudhah merupakan tempat antara kediaman Nabi Muhammad SAW dan mimbar Masjid Nabawi. Sebagaimana diketahui dalam sejarah, rumah Rasulullah SAW berada tepat di sebelah Masjid Nabawi.

Oleh karena itu, luangkan waktu untuk banyak berdoa di Raudhah ketika Anda berkunjung ke Masjid Nabawi. Ucapkan doa yang panjang, Insya Allah semua doa akan dikabulkan, apalagi jika shalat di tempat yang efisien seperti Raudhah.

Itulah beberapa tempat menakjubkan di Baitullah yang sayang untuk dilewatkan saat menuntaskan ibadah umrah. Persiapkan doa-doa dasar Anda sebelum berangkat umrah. Jika memungkinkan, tulislah sejelas-jelasnya apa permintaan Anda atau apakah ada doa dari saudara, sahabat dan lain-lain. Doa yang baik akan kembali kepada orang yang berdoa bukan? Doa yang bagus! Ada banyak tempat mustajabah di sekitar Ka’bah. Umat ​​Islam yang menunaikan ibadah haji atau umrah tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk salat di sana.

Setiap umat Islam tentu berharap untuk bisa menunaikan umroh atau haji. Dan ketika kesempatan itu datang, Anda akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Nah, jika Anda berkesempatan mengunjungi rumah Tuhan, luangkan waktu untuk berdoa di tempat-tempat efektif berikut ini.

Umroh Reguler Akhir Februari 2024 Plus City Tour

Multazam merupakan bagian dari Ka’bah yang diyakini sebagai tempat salat paling mujarab. Letaknya di antara batu hitam dan pintu Ka’bah. Untuk bisa salat di tempat ini memerlukan sedikit perjuangan. Pasalnya, area Multazam cukup kecil sehingga harus memaksakan diri untuk sampai ke tempatnya.

Hijir Ismail juga merupakan bagian dari Ka’bah yang diyakini sebagai tempat salat yang efektif. Sholat di Hijir Ismail sama dengan sholat di Ka’bah. Biasanya setelah salat, jamaah puas salat di tempat ini. Seperti Multazam, Hijir Ismail juga tidak terlalu besar sehingga jamaah salat dan salat di sini akan ramai.

Pancuran berbahan emas ini berada di kawasan Hijir Ismail. Pancuran ini konon merupakan salah satu tempat ajaib di Mekkah. Tak sedikit orang yang menyempatkan diri untuk berdoa di bawah pancuran emas. Bahkan, saat hujan turun, jemaah kesulitan mengumpulkan air yang jatuh melalui pancuran.

Tempat Mustajab Di Mekkah Dan Madinah

Setelah melakukan tawaf tujuh putaran, jamaah wajib shalat dua rakaat di belakang maqam Ibrahim. Seperti yang disebutkan dalam buku tersebut

Ini Loh 10 Tempat Istimewa Yang Akan Di Kunjungi Saat Umrah & Haji

Bukit Safa merupakan tempat dimulainya ibadah Sa’i. Biasanya jamaah akan berdoa terlebih dahulu sebelum kebaktian dilaksanakan. Sedangkan Bukit Marwah menjadi tempat berakhirnya ibadah Sa’i. Di tempat ini jemaah akan mengakhirinya dengan memotong rambut. Dalam sejarah Islam, diceritakan bahwa Siti Hajar – ibu Nabi Ismail – berlari antara Shafa dan Marwah sebanyak 7 putaran untuk mengambil air untuk bayinya. Dan banyak orang yang mengatakan bahwa Shafa dan Marwah adalah salah satu tempat salat yang mujarab.

Itulah beberapa tempat mustajabah yang bisa kita kunjungi ketika kita menunaikan ibadah haji atau umroh. Semoga Allah SWT mendengar dan mengabulkan doa kita. Amin. – Tempat bersejarah ini juga memiliki ciri khas tersendiri sehingga wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Tanah Suci. Dengan mengunjungi tempat atau tempat bersejarah tersebut, anda dapat memperluas ilmu pengetahuan dan menambah nilai keimanan anda. Berikut beberapa situs sejarah Islam di Mekkah, Madinah dan sekitarnya.

Saat menunaikan ibadah haji dan umrah, mengunjungi berbagai tempat bersejarah Islam di Mekkah dan Madinah menjadi agenda yang tidak boleh dilewatkan. Kota Mekkah dan Madinah mempunyai tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah terkait dengan kisah Nabi dan Rasul.

Salah satu tempat bersejarah Islam yang bisa Anda kunjungi selama berada di Mekah adalah Perpustakaan Al-Mukarramah Mekah yang terletak di sebelah timur Masjidil Haram, atau tepatnya di sebelah timur kawasan Sa’i. Dipercaya bahwa perpustakaan ini dulunya adalah rumah Nabi Muhammad SAW.

Melihat Kota Suci Tersehat Sekaligus Penghasil Kurma Terbesar Di Dunia

Hijr Ismail adalah tembok setengah lingkaran setinggi bahu yang terletak di utara Ka’bah. Situs ini dibangun oleh kaum Quraisy untuk merenovasi bangunan Ka’Bah yang rusak. Bangunan ini istimewa karena merupakan salah satu tempat berdoa yang paling efektif.

Sebuah gunung yang tinggi

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *