Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak – Bogor Selain dikenal dengan Kota Hujan, Bogor juga dikenal sebagai Kota Seribu Curug. Pada tanggal 16 Desember 2017, saya pergi ke Gunung Salak untuk menikmati keindahan berbagai air terjun.

Gunung Halimun – Taman Nasional Salak (TNGHS) merupakan sebuah taman nasional yang terletak di Pulau Jawa bagian barat. Kawasan lindung seluas 113.357 hektar ini penting karena melindungi hutan hujan dataran rendah terluas di kawasan ini dan menjadi daerah tangkapan air bagi kabupaten-kabupaten di sekitarnya. Meliputi wilayah pegunungan, dua puncak tertingginya adalah Gunung Halimun (1.929 m) dan Gunung Salak (2.211 m). Keanekaragaman hayati yang dikandungnya termasuk yang tertinggi, dengan adanya beberapa jenis fauna penting yang dilindungi di sini, seperti elang jawa, macan tutul jawa, siamang jawa, surili dan lain-lain. Kawasan TNGHS dan sekitarnya juga menjadi rumah bagi beberapa kelompok adat, antara lain masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul dan masyarakat Baduy.

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Di TNGHS terdapat beberapa tempat wisata yaitu Kawah Ratu, Curug Cihurang, Curug Ngumpet I, Curug Pangeran, Curug Goa Lumut, Curug Ngumpet II, Curug Seribu, Curug Cigamea, Pemandian Air Panas Ciparay.

Ini Dia 5 Gunung Angker Di Bogor, Berani Coba ?

Untuk menuju TNGHS dari Bogor Outer Ring Road (keluar Tol Sentul City belok kanan lalu masuk Tol BORR), ambil jalan baru Yasmin lalu belok ke arah Dramaga Bogor, lurus saja hingga melewati pasar Ciampea. Tak jauh dari situ ada pertigaan dan ada tanda belok kiri menuju Gunung Bunder. Misalnya takut tersesat lihat Google Maps lebih mudah dan jangan takut bertanya.

Di Gunung Salak saya menikmati 3 air terjun, Top Selfie Ranggon Hills dan sumber air panas dalam satu hari. Tempat pertama yang saya kunjungi adalah:

Air terjun yang terkenal ini terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Air Terjun Kondang merupakan salah satu objek wisata yang ada di objek wisata Gunung Salak Endah Kabupaten Bogor. Tiket masuk Air Terjun Kondang dibanderol Rp. 10.000/orang.

Untuk mencapai air terjun terkenal itu dari pintu masuk kita akan berjalan kaki sekitar 5 menit melalui jalan yang terawat baik.

Kemping Ceria Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Air terjun yang terkenal ini juga biasa disebut Curug Ngumpet II. Air terjun yang terkenal ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter, dikelilingi pepohonan dengan air yang hijau. Air terjun ini mempunyai aliran air yang cukup deras sehingga terdapat pembatas berbentuk tali yang tidak boleh dilewati oleh pengunjung.Pengunjung hanya boleh berenang sampai batas yang ditentukan demi keselamatannya.

Aku sudah dua kali ke tempat ini dan tidak pernah bosan, karena tempatnya nyaman dan membuatku selalu merindukanmu. Ini foto pertama saya di sana:

Air Terjun Goa Lumut Indah letaknya tidak terlalu jauh dari Air Terjun Kondang, sekitar 3 menit saja. Untuk menuju Curug Goa Lumut jalannya cukup terjal dan berbatu, sehingga bagi yang menggunakan sepeda motor harus berhati-hati apalagi saat musim hujan.

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Setelah sampai di gerbang dan memarkir kendaraan, kami menuju loket air terjun Goa Lumut. Harga tiket masuk air terjun Goa Lumut adalah Rp. 10.000/orang.

Glamping Di Pondok Rasamala

Air terjun Goa Lumut sendiri tingginya hanya beberapa meter dengan aliran yang jernih dan sejuk. Dan tepat di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup besar, oleh karena itulah air terjun Goa Lumut biasa juga disebut dengan air terjun alami.

Meski air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun kolam di bawahnya memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Dasar kolam dan sekitar air terjun ditumbuhi lumut berwarna hijau sehingga membuat air mengalir dan air kolam tampak kehijauan jika terkena sinar matahari. Maka tak heran jika air terjun ini dinamakan Goa Lumut Indah

Air terjun Goa Lumut merupakan air terjun favorit saya diantara air terjun lain yang pernah saya kunjungi karena tempatnya yang damai dan pemandangannya sungguh aduhai.

Setelah dari Curug Goa Lumut kami melanjutkan perjalanan menuju Curug Pangeran. Dari Curug Goa Lumut Indah menuju Curug Pangeran jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 5 menit saja. Karena di kawasan Gunung Salak banyak terdapat air terjun yang jaraknya tidak begitu jauh.

Curug Balong Endah: Harga Tiket, Fasilitas Dan Review 2023

Tempat parkir mobil Curug Pangeran sangat luas dan mampu menampung beberapa mobil dan sepeda motor. Tiket masuk Air Terjun Pangeran berharga Rp. 10.000/orang.

Dari tempat parkir menuju air terjun pangeran kita harus berjalan kaki sekitar 5 menit dan air terjun pangeran ini sangat populer, berbeda dengan air terjun yang terkenal dan air terjun Goa Lumut.

Air Terjun Pangeran tingginya hanya beberapa meter, airnya tidak terlalu dalam, warnanya hijau muda seperti kolam renang. Dan terdapat tebing yang tidak terlalu tinggi, bisa menjadi tempat pengunjung melompat, namun hati-hati.

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Jika ingin menuju Curug Pangeran sebaiknya pagi hari karena sangat ramai, dan Curug Pangeran merupakan air terjun terakhir yang kita kunjungi.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Setelah puas bermain air di 3 air terjun tersebut, kami melanjutkan perjalanan ke tempat yang sangat populer yaitu spot selfie Ranggon Hills. Ranggon Hills sebenarnya terletak di kawasan Curug Pangeran. Dari parkiran belok kanan menuju Air Terjun Pangeran, lurus menuju Perbukitan Ranggon.

Ranggon Hills sebenarnya adalah tempat untuk berfoto selfie dan juga terdapat permainan ekstrim. Tiket masuk Ranggon Hills berharga Rp. 10.000/orang.

Di Ranggon Hills terdapat banyak spot yang bisa dipilih pengunjung untuk berfoto, yaitu spot meja gantung, spot love spot, sarang burung walet, hammock, perahu, sepeda terbang, balon udara, dll. Hanya itu yang aku tahu namanya.

Semuanya gratis kecuali sepeda glider, pengunjung harus membayar biaya tambahan sekitar Rp. 10.000 dan bisa juga difoto namun ada juga yang dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 jadi kalau mau foto di glider dengan cara difoto biar hasilnya lebih bagus, harganya Rp. 20.000

Tempat Wisata Bogor: Pesona Air Terjun Bertingkat Curug Lembah Tepus, Segini Harga Tiket Masuknya

Karena saat ke sana sedang hujan, saya tidak bisa memotret semuanya dan penuh, jadi saya hanya menikmati beberapa tempat saja. Berikut dokumentasinya:

Setelah hujan reda, kami bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan menuju sumber air panas, karena kami sangat ingin berendam di air panas tersebut.

Pemandian Air Panas Ciparay Gunung Salak Endah merupakan pemandian air panas alami yang terletak di Desa Ciparay, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasi pemandian air panas Gunung Salak Endah Ciparay berjarak sekitar 5 km dari pintu masuk kawasan Gunung Salak Endah.

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Tiket masuk Sumber Air Panas Ciparay dibandrol dengan harga Rp. 10.000/orang. Setelah membayar tiket masuk, kita akan melewati beberapa anak tangga. Di Sumber Air Panas Ciparay terdapat kolam untuk menyelam, namun harus mengeluarkan biaya lagi sebesar Rp. 5.000/orang.

Inilah Destinasi Wisata Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Oh ya, saya tidak menyelam karena ramai sekali karena ada rombongan yang menyelam di kolam, sedangkan anak laki-laki dan perempuan ikut berenang.Harga Tiket Masuk dan Lokasi Bukit Halimun Salak Bogor – Kota Bogor, kota yang memiliki berbagai tempat wisata. , baik wisata budaya maupun wisata alam. Bogor menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Barat. Kini kota bogor mempunyai objek wisata baru, objek wisata baru ini masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tempat wisata baru ini bernama Bukit Halimun.

Bukit Halimun merupakan sebuah bukit yang berada di Gunung Salak, tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan masih alami. Udara segar dan pepohonan hijau menciptakan suasana nyaman dan damai untuk bersantai. Tempat ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang menantang.

Bukit Halimun memiliki jembatan gantung yang menghubungkan satu titik dengan titik lainnya. Tempat ini mulai terkenal dan populer karena tersebar luasnya foto-foto di jembatan gantung ini. Memang foto-foto yang diambil di Jembatan Gantung Bukit Halimun sangat indah dan tentunya Instagrammable banget. Dari situlah tempat ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sekedar untuk berfoto selfie atau menenangkan pikiran.

Tempat yang berada di atas bukit ini tentunya memiliki ciri khas tersendiri, selain udaranya yang segar juga dikelilingi pepohonan yang hijau. Bukit Halimun memiliki berbagai spot foto selfie yang unik dan menarik, salah satunya adalah Jembatan Gantung. Jembatan Gantung Bukit Halimun inilah yang membuat Bukit Halimun terkenal.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Lembah Tepus Gunung Salak Bogor

Selain itu di tempat ini juga terdapat semacam taman bunga di bawah jembatan gantung. Taman bunga ini turut menciptakan suasana indah di Bukit Halimun. Jika Anda melewati jembatan gantung ini, Anda akan melihat dengan jelas taman bunga di bawah jembatan ini. Selain itu juga terdapat spot foto berupa rumah atau tembok yang dihias seperti wajah. Ayo buruan ajak teman atau keluarga kamu berlibur ke tempat ini, karena Bukit Halimun merupakan tempat wisata baru. Mungkin artikel ini saya tulis sebagai yang pertama menjelaskan tentang objek wisata baru di Bukit Halimun.

Lokasi Bukit Halimun Gunung Salak Endah Bogor terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasi Bukit Halimun berada di Gunung. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mengklik link Google Maps berikut. Karena lokasi wisata ini masih tergolong baru (GoogleMaps). Sedangkan untuk jam buka Bukit Halimun Bogor mulai pukul 09:00 – 21:00 WIB setiap hari.

Jalan menuju lokasi wisata ini masih berbatu-batu dan belum ada penunjuk arah menuju lokasi wisata ini, karena lokasi wisata ini masih baru dan belum dibuka. Sehingga kedepannya aksesibilitas menuju lokasi wisata ini bisa lebih ditingkatkan.

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Untuk menikmati keindahan alam Bukit Halimun Gunung Salak Endah Bogor, wisatawan harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Bukit Halimun adalah Rp 10.000 per orang. Namun jika masuk dari gerbang Gunung Salak akan dikenakan biaya sebesar Rp 37.500 untuk dua orang dan satu sepeda motor mengingat tempat ini merupakan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang tentunya masih dilindungi oleh pemerintah.

Gunung Pangrango, Objek Wisata Alam Memukau Di Tiga Kabupaten

Namun, jika mau, Anda bisa masuk

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *