Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui – Putri Aprilia Ikuti Putri, . Dia memiliki pengalaman menulis SEO tentang topik bisnis dan teknologi.

Di era online saat ini, pemasaran online nampaknya jauh lebih menguntungkan dibandingkan pemasaran tradisional. Apalagi hampir semua orang menggunakan internet setiap hari.

Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui

Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui

Tidak mengherankan jika banyak bisnis mulai beralih ke strategi pemasaran online. Seperti diketahui, sebenarnya ada 3,79 juta UMKM yang sudah online. Jika Anda masih hanya beriklan di surat kabar, Anda bisa kalah dengan pesaing Anda.

Apa Itu Digital Marketing ? Pengertian Dan Manfaat Digital Marketing

Oleh karena itu, sebelum Anda mulai melakukan pemasaran online, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu penjelasan pada artikel ini mengenai pengertian, manfaat dan jenis-jenis pemasaran online. Siap? Mari kita mulai menjelaskannya!

Pemasaran online adalah upaya mempromosikan produk dengan menggunakan platform online yang dapat diakses melalui internet. Misalnya melalui media sosial, website, blog, iklan online dan sejenisnya.

Mengingat pengguna internet global mencapai lebih dari 4 miliar orang, banyak pelaku bisnis yang mulai berbondong-bondong memilih pemasaran online. Terbukti jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk iklan online selalu meningkat setiap tahunnya.

Memang benar, pemasaran online memiliki manfaat yang lebih baik untuk bisnis Anda. Baik itu bisnis kecil ataupun bisnis besar. Apa kelebihan dan manfaat pemasaran online? Lanjutkan membaca penjelasan pada bagian selanjutnya.

Strategi Pemasaran Online Paling Efektif Dan Mudah

Seperti yang kami sebutkan di atas, ada miliaran orang di dunia yang aktif menggunakan internet setiap hari. Ada lebih dari 200 juta orang yang menggunakan internet di Indonesia saja.

Terlebih lagi, 70% orang lebih memilih menggunakan internet untuk mempelajari produk dibandingkan iklan tradisional. Ini berarti Anda memiliki peluang menjangkau jutaan orang dengan pemasaran online.

Bandingkan jika Anda masih menggunakan brosur yang hanya disebar atau dipasang di lokasi tertentu. Anda mungkin hanya bisa menjangkau area tertentu saja.

Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui

Misalnya saja Anda mempunyai bisnis pakaian wanita. Jadi Anda bisa mengatur iklan Anda agar hanya tampil kepada audiens wanita. Sebenarnya pada usia dan tempat tertentu. Anda juga dapat memilih iklan mana yang muncul di desktop dan perangkat seluler.

Manfaat Promosi Media Live Streaming Untuk Pemasaran

Anda belum tentu mendapatkan manfaat ini dalam pemasaran tradisional. Misalnya saja Anda memasang iklan di poster atau billboard. Belum tentu target audiens Anda akan melihat banner yang Anda gantung.

Misalnya, saat Anda memasang iklan di platform Google Ads, Anda menerima laporan kinerja iklan. Seperti jumlah orang yang melihat iklan, mengklik tombol tertentu, dan jumlah orang yang membeli produk dari iklan tersebut.

Dengan metrik kinerja yang jelas, Anda dapat mengetahui apakah pemasaran Anda berhasil atau tidak. Anda juga bisa mengetahui apakah Anda perlu melakukan perbaikan pada bagian tertentu (misalnya menambah anggaran, mengubah desain, dll).

Sama seperti pemasaran tradisional, menjalankan pemasaran online memerlukan biaya. Namun biayanya lebih terjangkau dan pengembalian investasinya lebih mudah. Karena iklan dilihat langsung oleh konsumen sasaran.

Iklan Internet: Pengertian, Manfaat, Dan Jenis Jenisnya

Dibandingkan dengan brosur yang diantar langsung dalam waktu 6 jam di lokasi pribadi, Anda perlu mengeluarkan anggaran minimal Rp300.000 untuk sebuah SPG, belum lagi anggaran minimum yang Anda perlukan untuk mencetak brosur adalah Rp300.000.

Untuk mengiklankan brosur selama 6 jam di satu tempat seperti pusat perbelanjaan atau pameran, Anda harus mengeluarkan total dana minimal Rp 600.000.

Berbeda dengan Facebook Ads misalnya. Anda hanya belanja minimal Rp 10.000 sehari dan bisa menjangkau ratusan ribu orang di Facebook. Jika Anda ingin keuntungan lebih, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan anggaran Anda sendiri. Selain itu, iklan tersebut langsung menyasar audiens Anda di seluruh Indonesia.

Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui

Selain iklan, ada juga beberapa metode pemasaran online yang bisa dijadikan investasi untuk promosi jangka panjang. Misalnya dengan menerapkan strategi pemasaran online melalui blog atau SEO. Dengan langkah ini, Anda bisa terus menjangkau target audiens secara konsisten setiap bulannya selama bertahun-tahun.

Pemasaran Tidak Langsung: Pengertian, Manfaat, Dan Contohnya

Nah, setelah mengetahui pengertian pemasaran online dan beberapa manfaat pemasaran online, media pemasaran online apa yang bisa Anda gunakan? Berikut penjelasannya!

Pemasaran online tanpa website ibarat lauk pauk tanpa garam. Meski pemasaran online bisa dilakukan di berbagai media internet seperti media sosial dan email, namun kinerjanya akan kurang ideal.

Buktinya, bisnis tanpa website berpotensi kehilangan 70-80% calon konsumennya. Selain itu, menurut survei Verisign, 84% konsumen lebih mempercayai bisnis dengan situs web.

Anda dapat menambahkan informasi tentang fitur produk, promosi, dan alur penjualan produk ke situs web bisnis Anda. Selain itu, dengan adanya website, Anda akan lebih mudah menerapkan strategi pemasaran online seperti SEO dan email marketing.

Analisis Pemasaran: Pengertian Dan 7 Proses Yang Harus Anda Ketahui

Bingung cara membuat website? Tenang saja, membuat website tidak serumit yang dikira, bahkan tidak perlu coding. Ini juga menyediakan pembuatan situs web termudah. Tinggal install, pilih tema dan masukkan konten, website siap digunakan.

Contoh pemasaran online lain yang patut Anda coba adalah media sosial. Pasalnya, pengguna media sosial terus meningkat dari tahun ke tahun.

Selain jumlah penggunanya yang semakin meningkat, media sosial dinilai sangat efektif dalam promosi produk. Pasalnya, 54% pengguna umumnya menggunakan media sosial untuk meneliti produk yang akan dibeli.

Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui

Oleh karena itu, jenis media sosial yang bisa Anda gunakan cukup beragam seperti Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan YouTube. Setiap media yang digunakan mempunyai ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, strategi pemasaran yang perlu diterapkan juga berbeda-beda.

Ketahui Apa Itu Crm, Fungsi, Dan Manfaatnya

SEO sendiri yang dalam bahasa Indonesia artinya optimasi mesin pencari adalah proses membuat website bisnis Anda muncul di halaman pertama pencarian Google.

Anda pasti pernah mencari informasi produk di Google bukan? Setiap website yang muncul di bagian atas halaman pertama Google menarik lebih banyak pengunjung.

Menurut Jurnal Mesin Pencari, rata-rata rasio klik-tayang situs web peringkat teratas adalah 28,5%. Sedangkan website di peringkat ke-2 memiliki rate sebesar 15,7%. Perbandingannya cukup jauh bukan?

Itu sebabnya banyak bisnis mulai bersaing untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google. Salah satunya adalah menerapkan strategi SEO.

Manfaat Domain .store Yang Belum Anda Ketahui

Nah, agar strategi SEO Anda berhasil, Anda bisa mempelajari digital marketing tentang SEO terlebih dahulu. SEO sendiri terbagi menjadi dua jenis:

Oleh karena itu, SEO merupakan upaya mengantarkan pengunjung ke halaman pencarian secara organik. Anda juga bisa mendapatkan pembeli potensial dengan mengiklankan website Anda di Google. Langkah ini disebut juga dengan strategi Search Engine Marketing (SEM).

Hasil dari SEM dikatakan lebih cepat dibandingkan melakukan SEO. Karena dengan sejumlah uang tertentu, sebuah website bisa muncul di halaman pertama Google.

Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan sejumlah anggaran untuk menggunakan strategi ini. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menentukan anggaran untuk strategi ini. Jangan sampai biaya iklan Anda meningkat namun Anda tidak mendapatkan hasil yang baik.

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Menjalankan Strategi Pemasaran Online

Contoh lain dari strategi pemasaran online adalah bayar per klik (PPC). PPC merupakan upaya memasarkan produk dengan menggunakan iklan berbayar, dimana pembayaran dilakukan berdasarkan jumlah iklan yang diklik konsumen.

Tertarik menggunakan PPC? PPC sering ditemukan pada iklan berbayar (ads) seperti Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, LinkedIn Ads, dan iklan media sosial lainnya.

Strategi ini jauh lebih hemat karena promosi dijalankan oleh mitra atau afiliasi Anda. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran untuk beriklan.

Tahukah Anda, sudah banyak bisnis yang menerapkan strategi pemasaran ini! Misalnya Tokopedia, Tiket.com, Afiliasi dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Pemasaran Online Yang Baik Dan Benar

Contoh pemasaran online lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan pemasaran influencer. Secara sederhana, influencer marketing adalah mempromosikan produk melalui influencer.

Strategi influencer marketing ini banyak digunakan oleh para pemilik bisnis karena hasilnya yang memuaskan. Faktanya, 89% pemasar setuju bahwa ROI (laba atas investasi) pemasaran influencer lebih baik daripada saluran pemasaran lainnya.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan influencer untuk promosi produk, pastikan Anda memilih influencer yang sesuai dengan target konsumen Anda. Misalnya saja jika Anda mempunyai produk fesyen wanita, Anda bisa meng-endorse selebriti wanita seperti Rachel Vennya, Dwi Handana dan masih banyak lagi.

Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui

Karena Anda akan berkolaborasi dengan influencer untuk promosi online, Anda pasti perlu menyiapkan sejumlah dana. Setiap influencer memiliki tarif yang berbeda-beda. Semakin tinggi jumlah pengikutnya, maka semakin mahal pula tingkat turnovernya.

Internet Marketing: Rahasia Sukses Bisnis Di Era Digital! Pelajari Pengertian, Manfaat, Dan Contohnya!

Email marketing adalah upaya mempromosikan produk dengan menggunakan media email. Mengingat 90% konsumen memeriksa emailnya setiap hari, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran online ini juga. Faktanya, 86% konsumen ingin mendapatkan informasi terkini tentang produk langganannya.

Untuk menerapkan strategi email marketing, Anda tidak bisa hanya mengirimkan email ke konsumen Anda. Ada kemungkinan email Anda berakhir begitu saja di spam bin tanpa terlihat oleh konsumen.

Anda perlu mengikuti beberapa langkah yang tepat, mulai dari membuat alamat email profesional, membuat daftar email, membuat buletin, dan masih banyak lagi.

Langkah pertama dalam memulai strategi pemasaran online adalah menentukan target audiens Anda. Menurut Anda, orang seperti apa yang akan ditargetkan oleh promosi Anda? Laki-laki, perempuan, pelajar, ibu rumah tangga atau yang lainnya?

Apa Saja Kelebihan Iklan Online Yang Perlu Kamu Ketahui?

Untuk mempermudahnya, Anda bisa membuat persona pembeli. Sederhananya, persona pembeli ini adalah deskripsi profil yang mewakili target audiens bisnis Anda.

Untuk menciptakan persona pembeli yang tepat, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui apa profil bisnis yang dituju.

Ada banyak sekali media pemasaran online yang bisa Anda gunakan! Dari yang gratis hingga berbayar. Setiap jenisnya bahkan memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing.

Uraikan Manfaat Pemasaran Online Yang Anda Ketahui

Untuk sesuatu yang gratis dan mudah, Anda dapat menggunakan pemasaran media sosial dan Google Bisnisku. Namun menggunakan kedua platform ini saja tentu kurang maksimal. Faktanya, tanpa branding yang lebih kuat di website, kredibilitas bisnis Anda akan berkurang.

Apa Itu Pemasaran Online? Simak Pengertiannya Di Sini!

Oleh karena itu, dalam membuat website Anda juga perlu menggunakan alat pemasaran online lainnya seperti iklan PPC, pemasaran email, SEO dan SEM.

Anda dapat melakukan pemasaran online dengan lebih maksimal dengan membuat website. Misalnya menjalankan strategi SEO dan SEM, menjadi pusat pemasaran email dan pemasaran media sosial.

Jika Anda sudah menentukan target audiens dan media pemasarannya, jangan melakukan promosi produk secara langsung. Strategi pemasaran online Anda bisa gagal tanpa perencanaan yang matang.

Membuat rencana pemasaran juga akan membantu Anda mencapai tujuan promosi online Anda. Anda juga akan lebih mudah melakukan evaluasi dan menyusun strategi terbaru jika diperlukan.

Brand Story Adalah? Fungsi Dan Manfaatnya Bagi Bisnis?

Mengingat pemasaran online juga membutuhkan biaya, maka sangat penting bagi Anda untuk membuat anggaran pemasaran yang jelas. Tujuannya adalah untuk membuat anggaran untuk strategi pemasaran

Apa yang anda ketahui tentang, apa yang anda ketahui tentang pemasaran, uraikan yang anda ketahui tentang manfaat dedicated server, uraikan jenis jenis asuransi yang anda ketahui berikut contohnya, apa yang anda ketahui tentang marketing online, uraikan yang anda ketahui tentang implementasi hosting server iix jakarta, uraikan yang anda ketahui tentang analisis swot, uraikan yang anda ketahui tentang fungsi samba server, uraikan yang anda ketahui tentang learning management system lms, uraikan yang anda ketahui tentang mysql client, uraikan yang anda ketahui tentang franchise waralaba, apa yang anda ketahui tentang asuransi syariah

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *