Wisata Gunung Merapi Di Jogja – Gunung Merapi merupakan gunung yang dinilai sangat aktif. Sudah 2 tahun terakhir gunung ini berstatus Waspada Level 3. Namun wisata offroad Merapi Jogja di lereng selatan Gunung Merapi tak pernah sepi peminat.

Setiap akhir pekan, penyelenggara wisata offroad Merapi selalu ramai. Kerumunan akan semakin meningkat saat akhir pekan panjang atau musim liburan. Hal itu terlihat dari berlalunya mobil jeep terbuka mereka di jalan sekitar puncak Merapi.

Wisata Gunung Merapi Di Jogja

Wisata Gunung Merapi Di Jogja

Wisata offroad Merapi merupakan wisata petualangan yang dilakukan dengan mengendarai mobil jeep terbuka. Jalur offroad melintasi lereng Gunung Merapi sisi Jogja berupa jalur sungai dangkal, kawasan berbatu, dan kawasan berpasir.

Menelisik Memori Erupsi Gunung Merapi Di Museum Sisa Hartaku

Kawasan inilah yang menjadi tempat mengalirnya lahar dan awan panas pada saat terjadi erupsi Merapi tahun 2010. Oleh karena itulah wisata ini juga biasa disebut dengan wisata lahar Merapi.

Namun perlu diketahui, kegiatan wisata ini tidak hanya melintasi kawasan jalur lahar saja. Pihak penyelenggara juga akan mengajak Anda singgah di berbagai kawasan wisata sekitar Merapi.

Petilasan atau Rumah Mbah Maridjan merupakan bangunan sederhana yang berdiri di atas bekas rumah mendiang Mbah Maridjan yang roboh akibat terhantam awan panas letusan Merapi tahun 2010. Tempat wisata ini terletak di Desa Kinahrejo, sekitar 5 km. dari puncak Merapi

Di sini Anda bisa melihat barang-barang milik almarhum, misalnya gamelan. Namun karena diterpa awan hangat, barang yang ada di sini terlihat berwarna abu-abu. Beberapa bahkan tampak seperti meleleh. Anda juga bisa melihat foto-foto letusan di gedung ini.

Jeep Wisata, Jeep Gunung & Fun Offroad: Paket Jeep Willys Wisata Merapi Lava Tour Jogjakarta

Tak jauh dari Petilasan Mbah Maridjan terdapat Bunker Kaliadem, sebuah bangunan berdinding tebal dan pintu besi tebal yang berada di bawah tanah. Bunker tersebut sebenarnya merupakan tempat berlindung warga sekitar saat terjadi erupsi Merapi.

Namun gedung ini rupanya tidak dapat berfungsi dengan baik dan memakan 2 korban jiwa. Kini Bunker Kaliadem sudah menjadi objek wisata. Wisatawan bisa memasukinya kapan saja. Mereka juga bisa menikmati keindahan puncak Merapi di kawasan sekitar bunker.

Museum Mini Sisa Hartaku merupakan museum kecil milik warga Dusun Petung, Kepuharjo. Desa ini merupakan salah satu dari sekian banyak desa yang hilang akibat letusan tahun 2010. Pasca letusan, warga sekitar mengumpulkan sisa barang miliknya di museum ini.

Wisata Gunung Merapi Di Jogja

Barang-barang tersebut tentu tidak terlihat seperti aslinya. Ada yang sudah berubah bentuk dan sebagian besar tertutup abu vulkanik. Koleksi ikonik museum ini adalah kerangka sapi yang mati akibat letusan Merapi.

Lava Tour Merapi, Aktivitas Seru Wajib Coba Saat Di Yogyakarta! Amankah Jika Bersama Anak Anak?

Kali Kuning menjadi tempat favorit wisata offroad Merapi. Jip petualangan Merapi akan melintasi aliran sungai ini dan memberikan pengalaman seru bagi wisatawan yang menaikinya.

The Lost World Park merupakan sebuah taman yang tidak terlalu besar, namun indah dan asri. Tempat wisata ini ramah anak dan memiliki banyak spot foto, misalnya rumah hobbit dan tangan raksasa. Di sini wisatawan juga bisa menaiki Flying Fox.

Jika Anda tertarik menikmati wisata offroad Merapi Jogja, Anda harus melakukan persiapan matang terlebih dahulu. Dengan begitu liburan akan terasa lebih berkesan. Berikut beberapa persiapan yang harus Anda lakukan.

Cuaca cerah akan membantu Anda mendapatkan pemandangan indah dari puncak Merapi. Selain itu, cuaca cerah juga membuat wisata medan lebih aman dan menyenangkan. Oleh karena itu, aktivitas wisata ini sebaiknya Anda lakukan pada musim kemarau.

Menatap Gagahnya Merapi Dari Bunker Kaliadem

Setelah menentukan waktu terbaik, langkah persiapan selanjutnya adalah memesan paket perjalanan offroad. Dengan melakukan persiapan tersebut, Anda tidak perlu khawatir akan terhentinya wahana hias saat sampai di kawasan wisata Gunung Merapi.

Pemesanan tiket dapat dilakukan melalui. Pengelola website ini akan segera merespon pesanan yang Anda buat dan memastikan bahwa Anda dapat menikmati wisata offroad Merapi Jogja sesuai waktu yang Anda inginkan.

Anda harus sehat dan bugar saat mengikuti wisata offroad Merapi. Jika Anda mempunyai penyakit tertentu, jangan lupa membawa obat pribadi.

Wisata Gunung Merapi Di Jogja

Selain itu, jangan lupa makan terlebih dahulu sebelum berangkat. Pasalnya, Anda membutuhkan tenaga untuk menjelajah dan naik turun tangga tempat wisata.

Bunker Kaliadem Jogja: Tiket Masuk Menikmati Lava Tour Jeep Merapi

Kawasan wisata Merapi yang dilewati jeep Merapi offroad ini terletak di ketinggian lebih dari 1000 m dan tidak jauh dari puncak Merapi. Suhu di daerah ini lebih dingin dibandingkan suhu di dataran rendah. Jadi, penting bagi Anda untuk mengenakan jaket dan pakaian yang sesuai.

Jika jeep yang Anda kendarai melewati lintasan basah Kali Kuning pasti akan terciprat air. Tak jarang wisatawan akan basah kuyup setelah melakukan tur wisata ini. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan baju ganti sebelum berangkat.

Wisata offroad Merapi diselenggarakan oleh beberapa organisasi. Namun penyelenggara terbaiknya adalah Lava Tour Merapi Jogja dan Jeep Lava Tour Jogja. Kedua organisasi ini dapat memberikan tur yang aman sekaligus memberikan pengalaman petualangan yang mengasyikkan.

Demi keselamatan wisatawan, kedua pihak penyelenggara melakukan perawatan jeep secara berkala, melakukan pengecekan kendaraan sebelum berangkat wisata, dan hanya menggunakan pengemudi yang handal dan paham dengan medan Merapi.

Lava Tour Merapi Jogja Archives

Selain itu pihak penyelenggara juga memberikan jaminan asuransi bagi wisatawan. Kedua penyelenggara juga menawarkan layanan antar jemput, serta persewaan offroad KLX.

Harga wisata offroad Merapi mulai dari Rp400.000 hingga Rp600.000 per jeep. Satu mobil jeep dapat dikemudikan oleh rombongan wisatawan yang terdiri dari 4 orang dewasa.

Harga ini sudah termasuk biaya asuransi. Namun, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan jika memasuki kawasan wisata tertentu atau ingin menikmati wahana tertentu.

Wisata Gunung Merapi Di Jogja

Wisata offroad Merapi Jogja merupakan wisata petualangan yang seru namun menyenangkan untuk dilakukan. Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kegiatan wisata ini karena pihak penyelenggara memiliki standar keselamatan yang tinggi.

Taman Nasional Gunung Merapi, Wisata Jogja Yang Penuh Historis

Melewati lereng Merapi dengan jeep terbuka sambil menyaksikan berbagai pemandangan seperti Gunung Merapi yang berdiri megah. Semua hal tersebut bisa membuat Anda bertanya-tanya akan kehebatan Sang Pencipta. Wisata lahar Jogja Merapi bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur kali ini. Jika Anda sudah memutuskan untuk mencoba tur ini, Anda perlu melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Tak perlu khawatir jika Anda belum pernah kesana dan belum tahu apa yang harus dipersiapkan, karena dibawah ini kami akan membahas apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan lava tour ini.

Poin pertama yang harus dipersiapkan untuk wisata lahar Merapi Jogja ini khusus bagi anda yang berasal dari luar Jogja. Tentukan terlebih dahulu transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk menuju Yogyakarta. Baik itu pesawat, bus, atau kereta api, segera pesan tiketnya dan datang ke Yogyakarta.

Ya, mengingat liburan wisata lahar ini terletak di lereng Gunung Merapi, bisa dipastikan cuaca di sana akan dingin.

Agar nanti Anda dan keluarga atau teman kedinginan dan tidak bisa menikmati keindahan alam Merapi, siapkan pakaian hangat. Pakaian hangat tersebut bisa berupa jaket, sweater, celana, sarung tangan, dan lain-lain.

Nyobain Lava Tour Merapi Pake Mobil Jeep 🚙✨

Sepatu khusus ini sebenarnya bisa berupa sepatu apa saja. Nanti disana kamu akan menginjakkan kaki di tanah yang tidak biasa. Terkadang Anda melewati lumpur, tanah berlumpur, dll.

Ada juga area untuk offroading, jika ingin mengikuti kegiatan ini sudah tahu sepatu apa yang akan dipakai.

Pastinya kalian akan membutuhkan item yang satu ini. Anda membutuhkan uang untuk transportasi ke Yogyakarta, seperti transportasi dari stasiun atau bandara menuju lereng Gunung Merapi.

Wisata Gunung Merapi Di Jogja

Jika memungkinkan, Anda juga memerlukan uang untuk menggunakan jasa penyedia tur. Penyedia tur akan membantu segala kebutuhan Anda selama berada di lava tour.

Wisata Jeep Merapi Jogja

Ya, anda memerlukan penyedia jasa tour yang akan memberikan anda informasi mengenai liburan wisata lahar di lereng gunung merapi. Serta berbagai perbekalan yang akan Anda perlukan nantinya selama tur lava Anda.

Lava tour Merapi Jogja merupakan penyedia wisata terpercaya dan terpercaya. Selama bertahun-tahun melayani pelanggan, kami memahami apa yang Anda butuhkan sebagai seorang pelancong. Kami menyediakan beberapa paket menarik untuk mengikuti wisata lava di lereng Gunung Merapi Jogja.

Paket yang bisa Anda pilih antara lain paket Hort Trip, Medium Trip, Long Trip dan Sunrise Trip. Setiap paket memiliki harga yang berbeda dan tujuan yang berbeda. Namun semua paket yang kami tawarkan memberikan Anda satu Jeep berkapasitas empat orang.

Paket Short Trip hanya dibandrol dengan harga 400 ribu rupiah, sedangkan tujuannya antara lain Kali Opak, Kampung Petung, Museum Jam Letusan, Kampung Kaliadem, Bunker Kaliadem dan Baru Uang.

Wisata Lava Tour Merapi, Liburan Ke Jogja Jadi Makin Asyik

Paket Medium Trip dibandrol dengan harga 500 ribu rupiah dengan tujuan yang sama dengan Short Trip, hanya saja destinasinya lebih banyak seperti Desa Jambu dan Petilasan Mbah Maridjan. Perbedaan lain dari paket Medium Trip ini adalah terdapat fasilitas offroad di Kali Kuning.

Lalu ada paket Long Trip yang harganya 600 ribu rupiah. Dan ada paket Sunrise Trip yang harganya hanya 500 ribu rupiah saja per paketnya. Paket Sunrise Trip ini direkomendasikan bagi yang ingin melihat pemandangan matahari terbit di Gunung Merapi karena paket liburan ini dilaksanakan pada pukul setengah enam pagi.

Melewati lereng Merapi dengan jeep terbuka sambil menyaksikan berbagai pemandangan seperti Gunung Merapi yang berdiri megah. Semua hal tersebut bisa membuat Anda bertanya-tanya akan kehebatan Sang Pencipta. Liburan ke Jogja tentu kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi kawasan wisata Gunung Merapi. Di lokasi wisata ini, Maudy pun menikmati sensasi mengendarai jeep sambil melintasi sungai dan jalan berbatu di kaki gunung sambil basah kuyup. (/IG/maudykoesnaedi)

Wisata Gunung Merapi Di Jogja

, Yogyakarta – Gunung Merapi mengeluarkan awan hangat berupa guguran pada Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB ke arah Sungai Bebeng. Eko Budianto, perwakilan komunitas Jeep Belantara Adventure mengatakan, objek wisata jeep Merapi masih dibuka untuk wisatawan.

Kaliadem Menjadi Pusat Wisata Edukatif

Masih buka, tapi bagian bawahnya dibuka untuk museum Stonehenge, alien, dan lain-lain. Dalam radius lima kilometer. Jadi Bunker yang sama ditutup untuk Mbah Maridjan, kata Eko, Minggu (12/3/2023).

Diakui Eko, Merapi yang mulai mengeluarkan awan panas sejak Sabtu (11/3) lalu, masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan jasanya. Namun diakuinya, mulai hari ini jeep Merapi sudah mulai beroperasi kembali

Wisata di sekitar gunung merapi, gunung merapi di jogja, tempat wisata di jogja gunung merapi, wisata di gunung merapi jogja, paket wisata gunung merapi jogja, wisata merapi di jogja, hotel di jogja dengan view gunung merapi, tempat wisata gunung merapi jogja, wisata gunung merapi jogja, wisata di gunung merapi, tempat wisata di gunung merapi, wisata sekitar gunung merapi jogja

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *