Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta – “Taman Sari Yogyakarta. Harga tiket: Rp 2.000-3.000. Jam Buka: 08.30 – 17.00 WIB. Alamat: Mangunan, Dlingo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 66783.”

. Jogja dengan sejuta pesonanya kini merepresentasikan kawasan hutan pinus. Hutan Pinus Mangunan yang merupakan hutan lindung kini diubah menjadi kawasan ekowisata. Lokasinya sangat cocok untuk melepas penat dan rehat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta

Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta

Deretan pohon pinus yang tinggi dilengkapi dengan fasilitas yang menyatu dengan alam. Tampaknya Anda dibawa ke dalam suasana film Hollywood “Twilight”. Hal inilah yang membuat para remaja menyukai Hutan Pinus Mangunan. Selain lokasinya yang Instagrammable, juga menimbulkan kesan romantis.

Outbound Hutan Pinus Mangunan

Baca Juga: Bisa Jalan Kaki Sendirian, 8 Tempat Wisata Murah di Yogyakarta Baca Juga: Taman Sari Yogyakarta, 6 Keindahan Istana Air Keraton Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY, sekitar 24 km dari pusat kota Yogyakarta. Jika ingin kesini, dari pusat kota Yogyakarta cukup melalui Jl. Imogiri, dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit.

Hutan Pinus Mangunan merupakan sebuah resor pengelolaan hutan di Mangunan. Karena letaknya yang dekat dengan makam Imogiri, maka Hutan Pinus Mangunan disebut juga dengan Hutan Pinus Imogiri (secara administratif kawasan ini bukan bagian dari kawasan Imogiri).

Hutan pinus seluas 500 ha ini dikelola oleh masyarakat setempat. Anda akan disambut deretan pohon pinus dan udara sejuk. Bisa dibilang kawasan ini masih steril dari sampah.

Hutan Pinus Pengger: Lokasi, Daya Tarik, Hingga Harga Tiket

Lingkungan yang asri dan bersih sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga. Jika Anda berkunjung ke kawasan ini, disarankan untuk membawa jas atau payung. Lokasi wisata yang terletak di ruang terbuka mengharuskan pengunjung untuk waspada jika terjadi hujan.

Tak lengkap rasanya jika tidak berfoto dengan latar belakang hutan pinus yang luas. Apalagi bagi yang suka mengunggah foto ke Instagram. Kawasan ini menjadi tujuan para anak muda yang mencari foto tempat terbaik.

Ada beberapa spot foto yang tersedia seperti rumah pohon dan pemandangan alam sederhana. Pemandangan alam ini terletak di tengah hutan pinus, strukturnya terbuat dari kayu.

Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta

Bisa juga digunakan saat acara sekolah alam. Dilengkapi dengan gardu pandang yang tinggi. Di sini pengunjung harus mendaki untuk berfoto selfie, dan maksimal 2 orang yang bisa naik ke puncak.

Tidak Ngeri, Wisata Hutan Di Jogja Ini Justru Jadi Spot Selfie!

Bosan berjalan-jalan di hutan pinus, Anda bisa menikmati keindahan alam dari hammock. Anda bisa menyewa hammock di sini dengan harga yang relatif murah. Cukup belanjakan Rp 10.000 saja, Anda sudah bisa bersantai sambil berbaring sambil menikmati rindangnya pepohonan.

Kegiatan ini menjadi salah satu favorit pengunjung karena sedang tren di kalangan wisatawan. Tempat tidur gantung berwarna-warni kontras dengan latar belakang Hutan Pinus.

Di sisi selatan kawasan hutan pinus ini, pihak pengelola memberikan pemandangan yang tak kalah bagusnya. Saat Anda berjalan di sepanjang jalan setapak, Anda akan melihat hamparan bunga berwarna-warni. Pemandangan terbuka memperlihatkan kawasan perbukitan di selatan Yogyakarta.

Di tempat ini hutan pinus nyaris tak terlihat. Berfoto di taman bunga menunjukkan sisi feminim Anda. Tak heran jika semakin banyak wanita yang berfoto di sini.

Jeep Wisata Hutan Pinus Mangunan Yogyakarta By Go Explore Harga Tiket Promo Oktober 2023

Anda yang ingin merasakan sensasi bermalam di tengah hutan pinus tak perlu khawatir. Pengelola kawasan ini menyediakan tempat berkemah khusus dengan tenda. Anda juga dapat menyewa jip wisata di sini untuk pengalaman off-road di area tersebut.

Anda akan dikenakan tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket yang ditawarkan hanya Rp 3.000 saja. Tak heran jika sejak dibuka pada tahun 2014, kawasan ini tak pernah sepi pengunjung.

Kawasan hutan wisata ini dapat dikunjungi setiap hari pada jam buka mulai pukul 08.30 pagi hingga sore hari.

Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta

Demi kenyamanan para tamu, pihak pengelola menyediakan sejumlah fasilitas pendukung, mulai dari tempat parkir, tempat makan, toilet, ruang ganti hingga musala. Kedepannya kawasan Hutan Pinus akan semakin memberikan pelayanan wisata sehingga dapat menarik pengunjung dari segala usia.

Pinus Pengger Nature Tourism

Nah, bagi Anda yang ingin melepas penat dan menikmati kesejukan alam, Hutan Pinus Mangunan bisa menjadi pilihan. Selain hanya berjarak 30 menit dari pusat kota Yogyakarta, kamu juga bisa menikmati segar dan sejuknya udara pegunungan serta memilih spot foto yang cantik!

Setiap kali Anda membeli produk di toko, Anda membantu pengrajin lokal, melindungi lingkungan, dan merawat orang miskin dan anak yatim. Semua produk berasal dari perajin lokal, 0.5% pembelian anda disumbangkan untuk kegiatan sosial peduli lingkungan, dan 2.5% pembelian anda disumbangkan ke dhuafa dan anak yatim di DIY dan sekitarnya.Jika kita berbicara tentang destinasi wisata Jogja mungkin banyak sekali. salah satunya terlintas di pikiran karena Jogja penuh dengan tempat-tempat menakjubkan.

Tak heran jika Jogja banyak dikunjungi oleh masyarakat, tak hanya wisatawan lokal, banyak juga wisatawan mancanegara yang kerap ditemui di setiap sudut Jogja. Bukan hanya kota pelajar, kulinernya saja, tempat wisata di jogja juga tidak kalah indahnya dengan kota lainnya, konon setiap sudut jogja mempunyai keunikan tersendiri.

Salah satu tempat keren yang wajib Anda kunjungi dan sayang untuk dilewatkan jika ke Jogja adalah objek wisata “Hutan Pinus”. Yang lebih menakjubkannya lagi, destinasi wisata hutan pinus di Jogja ini tidak hanya ada satu saja, namun ada beberapa hutan pinus yang ada di kota ini, salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan yang terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Istimewa Yogyakarta. Wilayah.

Potensi Wisata Hutan Pinus Kragilan

Jarak kota wisata ini dari Kota Yogyakarta sekitar 25 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam jika menggunakan sepeda motor.

Meski jarak dari pusat kota Yogyakarta cukup memakan waktu, namun semua akan terbayar begitu Anda sampai di sana. Anda dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dan ada banyak tempat untuk mengambil foto.

Udara disana masih sangat asri karena banyak pepohonan disana. Tempat ini juga bersih dan bebas sampah, petugas kebersihan selalu menjaga kebersihan lingkungan, pokoknya tempat ini nyaman banget dan asri.

Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta

Untuk properti yang berada di Kawasan Wisata Hutan Pinus Mangunan juga tersedia tempat parkir dengan biaya tiga ribu rupee untuk sepeda motor dan lima ribu rupee untuk mobil. Selain itu juga terdapat musala yang cukup nyaman dengan tempat wudhu yang bersih.

Liburan Seharian Di Hutan Pinus Seribu Batu Songgo Langit

Namun untuk toilet, salah satu tamu mengatakan toiletnya kurang bersih. “Mushollanya nyaman, tapi toiletnya agak kurang bersih dan baunya kurang enak, mungkin salah petugasnya,” ujar Ibu Dayang, salah satu pengunjung.

Hal lain yang kurang di tempat wisata ini selain toilet adalah mukenah, mungkin hal ini biasa terjadi di masjid atau musala lainnya. Seringkali kita menjumpai muken umum yang disediakan untuk pengunjung masjid atau musala yang kurang bersih dan nyaman digunakan.

Selain itu pengunjung juga kurang memperhatikan kondisi sistem mukenah, terkesan setelah dipakai ditempatkan sembarangan sehingga kurang nyaman bagi pengunjung lainnya.

Oh iya, kalau soal makanan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, banyak masakan yang bisa dicoba, semuanya tertata rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Selain itu, di antara gerai makanan tersebut terdapat salah satu yang menjual berbagai oleh-oleh.

Destinasi Wisata Hutan Pinus Terdekat Untuk Liburan Akhir Pekan

Banyak tamu yang tampak hadir bersama pasangannya, bahkan ada pula yang bersama teman, keluarga, bahkan ibu-ibu yang sedang berkumpul kembali. Jadi, tiket masuknya juga sangat murah dan ramah di kantong.Untuk menikmati destinasi wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket:

Dengan tiket masuk senilai lima ribu rupee, Anda bisa masuk dan melihat keindahan alam hutan pinus Mangunan tanpa batasan waktu, sehingga Anda bisa menginap di sana selama yang Anda mau. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Jadi kalau ke Jogja jangan lupa mampir ke objek wisata Hutan Pinus Mangunan.

Namun tahukah Anda bahwa dibalik asrinya suasana tempat ini, dahulunya hutan pinus ini merupakan kawasan yang tandus. Oleh karena itu pengelola hutan melakukan penghijauan dengan menanam beberapa pohon antara lain pinus, akasia, mahoni dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta

Pada akhirnya, aksi tersebut membuahkan hasil, karena selain menjadi hutan lindung, kawasan tersebut juga dijadikan objek wisata dan dibangun berbagai fasilitas untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Hutan Pinus Pengger: Surga Asri Nan Sejuk Di Yogyakarta

Tersedia juga banyak kursi untuk duduk menikmati indahnya hutan pinus, sekaligus melepas lelahnya aktivitas sehari-hari. Hutan Pinus Mangunan merupakan tempat penyembuhan yang cocok, memungkinkan Anda untuk rehat sejenak dari pekerjaan yang tiada henti.

Oh iya, dalam perjalanan menuju tempat ini harus berhati-hati karena terdapat beberapa tempat dengan jalan berkelok-kelok dan tikungan yang cukup menegangkan, apalagi jika kembali dari tempat wisata. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan.

Mengenai jam buka, Hutan Pinus Mangunan buka setiap hari mulai pukul 06:00 WIB hingga 17:30 WIB. Namun jika Anda tetap ingin menikmati hutan ini hingga malam hari, bisa saja. Biasanya di akhir pekan dan hari libur, karena adanya tanggal merah, tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Jadi yuk, rehat sejenak sejenak dari pekerjaan yang tiada henti, tenangkan hati dan pikiran dan nikmati keindahan alam hutan pinus Mangunan Bantul.

Presiden Jokowi: Hutan Pinus Mangunan Layak Dikunjungi Wisatawan

Ajak keluarga, teman atau pasanganmu untuk bersama-sama menjelajahi hutan pinus Mangunan, berfoto selfie di spot foto yang keren dan estetik. Anda tidak akan menyesal memilih tempat ini karena sayang jika dilewatkan. Dijuluki kota gudeg dan kota pelajar, Yogyakarta terkenal dengan unggulan wisata alamnya yang tersebar di berbagai pelosok kota dan daerah. Jadi, ketika Anda datang ke Yogyakarta tidak hanya mengunjungi Malioboro saja, tapi juga menjelajahi tempat lain berupa hutan pinus, salah satunya.

Menawarkan suasana dan suasana yang sejuk dan menenangkan, kini hutan pinus telah direnovasi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik. Bagi Anda yang ingin menjelajahi wisata hutan pinus di Yogyakarta, berikut beberapa rekomendasi yang bisa Anda jadikan referensi.

Letaknya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Diketahui, dahulunya hutan pinus Mangunan merupakan kawasan tanah tandus tanpa pepohonan. Kemudian dilakukan penanaman

Wisata Hutan Pinus Di Yogyakarta

Wisata hutan pinus di bogor, wisata hutan pinus di jogja, wisata hutan pinus gunung pancar, hutan pinus di indonesia, wisata hutan pinus semarang, hutan pinus di yogyakarta, camping di hutan pinus bogor, hutan pinus yogyakarta, penginapan di hutan pinus lembang, wisata hutan pinus di bandung, wisata hutan pinus yogyakarta, wisata hutan pinus bandung

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *