Wisata Kota Tua Jakarta Hari Ini – Suasana kawasan Museum Fatahillah tenang di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta, Sabtu (15/5/2021). Pemda DKI Jakarta menutup kawasan wisata Kota Tua hingga 16 Mei 2021. (/Faizal Fanani)

, Wisata Kota Tua Jakarta menjadi salah satu tujuan utama wisatawan ketika berkunjung ke Jakarta. Kawasan ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan cara kerja tempat ini di hari libur.

Wisata Kota Tua Jakarta Hari Ini

Wisata Kota Tua Jakarta Hari Ini

Wisata Kota Tua Jakarta menyuguhkan beragam arsitektur bersejarah yang mayoritas berasal dari masa kolonial Belanda. Sebagai kawasan dengan bangunan-bangunan tua, banyak tempat menarik untuk berfoto bagi semua kalangan.

Pengunjung Padati Kawasan Kota Tua Untuk Liburan Akhir Tahun 2022

Wisata Kota Tua menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jakarta. Liburan sendiri, bersama pasangan atau bersama keluarga akan menyenangkan jika ke Kota Tua, karena banyaknya pilihan olahraga yang tersedia.

Anak-anak bermasker menaiki sepeda wisata di kawasan Kota Tua Jakarta, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang selama masa penerapan PSBB perubahan di Jakarta dimanfaatkan warga untuk mengunjungi lokasi wisata. (/Helmi Fithriansyah)

Objek wisata terpenting di Kota Tua Jakarta pastinya adalah Museum Fatahillah. Museum Fatahillah menjadi simbol utama wisata kota tua Jakarta, karena banyak orang yang berfoto di halamannya. Selain itu, museum ini juga menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan.

Museum ini dulunya merupakan balai kota yang juga merupakan gedung pengadilan. Bahkan ada penjara. Artinya, masih banyak peninggalan zaman Belanda yang ada di Museum Fatahillah. Sebelumnya, museum Fatahillah lebih populer dengan nama Museum Batavia pada masa penjajahan VOC.

Melihat Kota Tua Jakarta Di Malam Hari

Taman Fatahillah tentunya tidak lepas dari Kota Tua Jakarta yang wajib dinikmati wisatawan. Di depan Museum Fatahillah, Anda bisa melakukan banyak aktivitas di taman ini, salah satunya mengendarai sepeda. Anda bisa berkeliling Kota Tua Jakarta dengan sepeda ini, yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Anda bisa berfoto dan menikmati suasana Kota Tua di Taman Fatahillah.

Anda juga bisa mampir ke Museum Bahari sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Tua Jakarta. Memang kebanyakan wisata ke kota tua Jakarta adalah wisata museum. Museum kelautan ini terletak di pelabuhan mana saja di Sunda Kelapa. Bagi yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan laut, maka tempat ini akan sangat baik untuk dikunjungi.

Di Museum Bahari, Anda bisa melihat berbagai jenis kapal tradisional yang digunakan pada masa penjajahan VOC. Bahkan Anda bisa melihat berbagai kombinasi biota laut dan sebaran ikan di perairan Indonesia. Pada zaman dahulu tempat ini merupakan tempat penyimpanan hasil pertanian.

Wisata Kota Tua Jakarta Hari Ini

Wisata kota tua Jakarta selanjutnya adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Dulunya Pelabuhan Sunda Kelapa digunakan sebagai tempat persinggahan kapal asing, namun berubah fungsinya menjadi pelabuhan kegiatan niaga. Pelabuhan ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menghubungkan Indonesia dengan negara lain.

Wisata Kota Tua Jakarta Paling Populer Untuk Liburan Gratis!

Di sini Anda bisa melihat aktivitas kapal pin yang merupakan kapal niaga di Indonesia. Meski pelayanan di stasiun ini mungkin tidak seaktif dulu, namun mengunjungi Kota Tua Jakarta akan terasa kurang jika tidak mengunjungi stasiun Sunda Kelapa.

Museum Bank Indonesia merupakan bangunan khas bergaya kolonial Belanda yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota tua Jakarta. Museum yang berdiri sejak tahun 1828 ini merupakan milik De Javasche Bank.

Museum Bank Indonesia merupakan tempat dimana Anda dapat mengetahui banyak informasi mengenai perkembangan dunia perbankan Indonesia bahkan sebelum kedatangan Belanda dan Jepang. Anda bisa browsing melihat benda bersejarah dan mengambil foto di Museum Bank Indonesia.

Wisata kota tua Jakarta selanjutnya adalah Jembatan Kota Intan. Jembatan yang dibangun pada tahun 1628 ini merupakan jembatan tertua di Indonesia dan dibangun pada masa rezim VOC.

Spot Wisata Di Kawasan Kota Tua Jakarta Terbaik!

Jembatan Kota Intan merupakan jembatan gantung yang mengalami perubahan nama sesuai dengan posisi jembatan pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Di sini Anda bisa berfoto dengan latar belakang jembatan bernuansa kuno.

Kawasan Kali Besar menjadi saksi bisu berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Kawasan Kali Besar menjadi Wisata Kota Tua yang sayang untuk dilewatkan. Pasalnya, sungai yang mengalir di tengah kawasan Kota Tua ini memiliki taman yang luas dan indah serta kawasan pejalan kaki yang bagus untuk dinikmati. Kawasan Kali Besar cocok untuk yang mencari tempat menarik dan instagrammable.

Museum wayang tidak hanya menyediakan wayang golek asal Indonesia saja, namun juga wayang golek dari negara lain seperti Thailand, China, Kamboja, dan Suriname. Pertunjukan wayang juga bisa Anda saksikan setiap bulannya di objek wisata Kota Tua Jakarta ini. Museum wayang yang dibangun pada tahun 1640 ini wajib Anda kunjungi untuk menambah pemahaman Anda tentang dunia wayang, seni tradisional asli Indonesia.

Wisata Kota Tua Jakarta Hari Ini

Pengendara sepeda motor melewati kawasan wisata Kota Tua yang ramai di Jakarta, Rabu (26/5/2020). Tersedianya sistem PSBB memungkinkan kawasan yang biasanya ramai saat hari libur itu menjadi sepi pengunjung sehari setelah Idul Fitri. (/Imanuel Antonius)

Tips Penting Sebelum Ke Kota Tua‼️

Masih soal museum, wisata Kota Tua Jakarta selanjutnya adalah museum seni rupa dan keramik. Selain museum wayang, di museum seni rupa dan keramik Anda tidak hanya akan menemukan karya-karya dari Indonesia saja, namun Anda juga bisa menemukan banyak karya dari luar negeri, seperti dari Asia dan Eropa.

Terdapat 350 lukisan dan 1.350 jenis tembikar yang dapat ditemukan di museum ini. Bahkan, Anda bisa melihat tembikar yang sangat tua, berasal dari kerajaan Majapahit pada abad ke-14. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi toko oleh-oleh untuk membeli berbagai oleh-oleh menarik.

Toko Merah merupakan tempat wisata Kota Tua yang juga wajib Anda kunjungi. Pasalnya, situasinya sangat instagrammable. Ada banyak tempat menarik untuk Anda ambil foto yang bagus. Toko Merah disebut-sebut merupakan bangunan tertua di Kota Tua Jakarta dan terkenal dengan warna merahnya yang mencolok sehingga menarik perhatian wisatawan.

Arsitektur kolonial terlihat jelas pada rumah ini karena memiliki jendela yang tinggi. Toko Merah sering digunakan sebagai tempat pameran seni, konferensi dan kegiatan pada waktu-waktu tertentu. Meski tidak dibuka untuk umum, keindahan objek wisata jaman dulu Jakarta ini tetap bisa Anda nikmati dari luar.

Warga Bekasi Ini Pilih Habiskan Libur Lebaran Ke Kawasan Kota Tua Karena Berbiaya Murah

* Kebenaran atau Hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp Truth Check nomor 0811 9787 670 hanya dengan mengetikkan kata yang diinginkan.

Sebelum menghadapi Madura United dan Persib Bandung di BRI Liga 1, Persis Solo Jadwalkan 2 Laga Uji Coba. Kota Tua merupakan harta karun sejarah yang tidak boleh dilewatkan saat kita ke ibu kota. Di tengah gemerlap kota metropolitan modern, Kota Tua menjadi saksi bisu perjalanan panjang Jakarta, dari masa kolonial hingga saat ini.

Dengan keindahan arsitektur Belanda yang sangat indah, museum yang menakjubkan, serta bangunan yang terlihat kuno namun indah, destinasi ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Wisata Kota Tua Jakarta Hari Ini

Sejarah Kota Tua Jakarta dimulai pada tahun 1526, ketika Fatahillah penguasa Kesultanan Demak menyerang Pelabuhan Sunda Kelapa milik Kerajaan Pajajaran. Setelah diambil alih oleh Demak, stasiun ini diberi nama Jayakarta. Kota ini hanya memiliki luas 15 hektar dan memiliki tata letak kota pelabuhan tradisional Jawa.

Wisata Kota Tua Jakarta, Tempat Paling Instagramable

6 Alasan Kesehatan Mengapa Pria Harus Memakai Celana Dalam dalam Kehidupan Sehari-hari Mengenakan celana dalam merupakan kebiasaan umum yang dilakukan banyak pria.

Lengkapi shalat wudhu dengan petunjuk setiap gerakannya sesuai kaidah dalam Islam.

8 Orang Tewas dan Nyaris Binasa, Ini Jejak Bangunan Tanah di Pulau Rempang. Penghuni asli Pulau Rempang yang hidup di gurun pasir berada di ambang kepunahan.

Asyiknya Bermain Salju dan Ski, Berikut 8 Foto Aura Kasih Mengajak Putrinya Liburan ke Jepang untuk Pertama Kalinya. Jepang memang menjadi tujuan wisata favorit para selebritis.

Wisata Kota Tua Jakarta Ini 5 Aktivitas Terbaik

Kemudian pada tahun 1619, VOC dibawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen, Jayakarta dihancurkan. Setahun kemudian, kota baru bernama Batavia dibangun VOC untuk menghormati Batavieren, nenek moyang orang Belanda. Kota ini berpusat di kawasan timur Sungai Ciliwung yang kini terlihat sebagai Lapangan Fatahillah. Masyarakat Batavia disebut Batavianen, yang pada waktu itu dikenal sebagai suku Betawi yang merupakan keturunan dari suku-suku yang ada di Batavia.

Kota Batavia selesai dibangun pada tahun 1650. Kota ini menjadi markas VOC di Hindia Timur dan berkembang pesat dari perdagangan rempah-rempah. Kanal-kanal terisi karena munculnya epidemi di dalam tembok kota akibat sanitasi yang buruk. Kota ini mulai berkembang ke arah selatan setelah wabah penyakit pada tahun 1835 dan 1870 mendorong banyak orang keluar kota dan menetap di kawasan Weltevreden (sekarang kawasan sekitar Alun-Alun). Batavia kemudian menjadi pusat administrasi Hindia Belanda.

Kemudian pada tahun 1942, tepatnya pada masa pendudukan Jepang, Batavia berganti nama menjadi Jakarta dan masih menjabat sebagai ibu kota Indonesia hingga saat ini.

Wisata Kota Tua Jakarta Hari Ini

Museum yang menjadi simbol utama wisata Kota Tua Jakarta, hal ini membuat museum populer sebagai tempat berfoto di pekarangannya. Fakta menariknya, museum ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia dalam mencapai kehamilan.

Wisata Malam Di Kota Tua Jakarta — Steemit

Museum Fatahillah dulunya merupakan balai kota yang juga berfungsi sebagai ruang sidang. Bahkan ada penjara. Artinya, masih banyak peninggalan zaman Belanda yang ada di Museum Fatahillah. Sebelumnya, museum Fatahillah lebih populer dengan sebutan Museum Batavia pada masa penjajahan VOC.

Profil Joseph Simatupang Ferguson, bek berdarah Batak yang sebelumnya digadang-gadang bakal gabung Timnas Indonesia.

Untuk tiket masuknya, orang dewasa perlu merogoh kocek sebesar Rp5 ribu, sedangkan anak-anak perlu Rp2 ribu. Jangan lupa, jika kamu seorang pelajar, kamu bisa menunjukkan kartu pelajarmu dan membayar Rp 3 ribu saja.

Taman Fatahillah

Yuk, Eksplor 10 Wisata Kota Tua Jakarta Weekend Ini!

Wisata kota tua di jakarta, paket wisata kota tua jakarta, wisata kota tua malam hari, tempat wisata kota tua jakarta, kawasan wisata kota tua jakarta, info wisata kota tua jakarta hari ini, alamat wisata kota tua jakarta, peta wisata kota tua jakarta, wisata kota tua hari ini, wisata kota tua jakarta malam hari, wisata kuliner kota tua jakarta, wisata kota tua jakarta

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *