Wisata Religi Di Goa Maria Lourdes, Bandung – Polres Pamekasan mengungkap bus Karina Jakarta-Madura terbakar di jurang hingga menimbulkan kerugian miliaran! Berita terkini; Bus Terbakar Luntur di Reses Pamekasan Anggota DPRD Kota Palembang Masa Uji Coba Akhir Pilkada Kabupaten IV Tahun 2023 Raih Penghargaan Inovasi Tinggi Sumenep Komitmen Bupati Kembangkan Program Permodalan Cegah Kecelakaan Jalan, Disperkimhub Sumenep Tambah Instalasi Lampu PJU

Berlibur ke Jawa Timur memang sangat menyenangkan. Satu bulan di Pulau Jawa bagian timur rasanya masih belum cukup. Ada banyak tempat untuk dikunjungi. Keindahan dan sejarah destinasi wisata ini dapat diabadikan dalam bentuk dokumen. Bisa berupa tulisan, foto, video, audio dan berbagai jenis dokumen lainnya.

Wisata Religi Di Goa Maria Lourdes, Bandung

Wisata Religi Di Goa Maria Lourdes, Bandung

Jenis Tempat Wisata Terlengkap di Jawa Timur. Mulai dari alam, alam dan religi. Untuk agama yang lengkap dari semua agama. Islam adalah agama yang paling populer. Diantaranya wisata Wali Songo, masjid dan lembaga pendidikan. Ada yang Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu, bahkan aliran sesat.

Goa Maria Sendangsono Ini Ziarah Juga Retreat Di Kawasan Sejuk Kulon Progo

Nah, dalam rangka memperingati Hari Raya Natal 2021 ini saya hadirkan sebuah tempat wisata Kristen Katolik yang berlokasi di Pohsarang, Kediri. Itu disebut “Gua Maria dari Lourdes”. Telepon lagi

Pengertian wisata religi sering juga disebut dengan wisata ziarah atau religi. Dulu, menjelang Natal, gua Pohsarang ramai dikunjungi peziarah. Untuk membantu kehidupan masyarakat Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Tempat yang terletak sekitar 14 kilometer dari Kota Kediri ini memiliki suhu udara berkisar antara 18 hingga 24 derajat Celcius. Sejuk sekali, karena terletak di lereng Gunung Wilis pada ketinggian 425 meter di atas permukaan laut (dpl).

Di kawasan ini tidak hanya terdapat Gua Maria Lourdes saja, namun terdapat berbagai jenis tempat yang menjadi bagian dari perjalanan tersebut. Terdapat gereja, makam uskup dan pendeta, Columbarium, mausoleum pieta, Jalan Salib dan Gunung Tabor. Selain itu juga terdapat gedung serbaguna Emaus, toko souvenir dan pusat seni pembuatan patung, baik dari kayu maupun batu.

Dpr Dorong Gunung Kemukus Jadi Wisata Religi Dan Keluarga

Sejarah masalah ini dimulai pada tahun 1936. Pada masa penjajahan Belanda. Sebelum hadirnya Gua Maria Lourdes dalam wisata religi, Gereja Santa Maria Pohsarang telah didirikan di sini. Di belakang gereja ini terdapat sebuah lembah yang sangat indah. Di dekat gua di lereng bukit berbatu, dipajang patung Maria. Gua di sebelah gambar ini dulunya berukuran kecil. Pada tanggal 11 Oktober 1998, tulis Wikipedia, gua Lourdes dibangun, sangat besar, mirip dengan gua Maria Lourdes di Perancis.

“Iboe Maria yang pinoerba tanpa dosa pertama, moegi mangestonana kawoela yang nggi ing Panjenengan Dalem. (Bunda Maria dikandung tanpa noda dosa asal, doakanlah aku yang datang kepadamu untuk melindungiku).

Gua Maria Louders banyak dikunjungi peziarah. Bukan hanya umat Katolik yang mendoakan buku kecil atau novena, tapi juga umat agama lain. Mereka datang untuk bermeditasi dan berdoa kepada Tuhan.

Wisata Religi Di Goa Maria Lourdes, Bandung

Patung Maria di Gua Maria Lourdes Pohsarang merupakan replika atau tiruan dari patung Maria Lourdes, terbuat dari bahan semen dan diwarnai pada bagian luarnya. Gambar ini lebih besar dari contoh pertama yang hanya berukuran 1,75 meter, sedangkan gambar Maria yang ada saat ini tingginya 3,5 meter, bahkan jika dihitung dari luas kaki, tingginya 4 meter.

Ini Dia Wisata Religi Goa Maria Lawangsih Yang Wajib Didatangi Umat Katolik!

Dari hasil kunjungan saya ke Pohsarang, pada awal Desember 2021, kompleks gereja Pohsarang didirikan atas prakarsa Pastor Jan Wolters CM dengan bantuan arsitek ternama saat itu, Ir. Henricus Maclaine Pont pada tahun 1936. Pada gambar depan jelas tertulis “Gereja Katolik Santa Maria Puhsarang 1936”.

Pastor Jan Wolters, CM dikenal sebagai seorang misionaris yang sangat menghormati budaya Jawa dan mencintai masyarakat Jawa beserta segala kekayaan budayanya.

Gereja Pohsarang merupakan simbol budaya yang jauh mendahului semangat gereja pada masa itu. Hampir seluruh bangunan gereja yang dibangun berbentuk seperti bangunan Eropa. Sedangkan Insinyur Maclaine Pont merupakan arsitek yang juga mengelola pembangunan Museum di Trowulan, Mojokerto yang melestarikan sisa-sisa sejarah Kerajaan Majapahit.

Bangunan gereja Pohsarang ini mirip dengan bangunan museum Trowulan yang hancur akibat kelalaian dan kurangnya biaya pemeliharaan pada tahun 1960an, sehingga dengan melihat gereja sekarang kita bisa membayangkan seperti apa museum Trowulan pada masa lalu.

Sejenak Bersama Tuhan Di Gua Maria Suk Daknam

Adalah Pendeta Wolters, CM yang meminta agar budaya lokal digunakan sedapat mungkin dalam pembangunan gereja di stasiun Pohsarang yang merupakan salah satu stasiun gereja Kediri saat itu. Pastor Jan Wolters CM adalah pecinta masyarakat Jawa dan budayanya. Sebagai misionaris yang mengusulkan “dialog” antara iman dan budaya, Pastor Wolters CM bisa disebut sebagai pionir pengajaran di Gereja lokal Keuskupan Surabaya.

Situs Gereja Pohsarang merupakan upaya menghadirkan iman Kristen dan tempat ibadah Katolik dalam budaya lokal. Banyak orang yang menganggap bangunan-bangunan buatan Pohsarang indah dan unik serta merupakan karya agung yang patut dilestarikan dan dijaga agar tidak hilang seperti museum Trowulan.

Gereja Puhsarang mewakili gaya Majapahit namun memadukan gaya dari daerah lain dan agama Kristen. Yulianto Sumalyo dalam buku berjudul “Arsitektur Kolonial Belanda di Indonesia, Gajah Mada University Press, Yogyakarta, 1993” menulis tentang gereja Puh Sarang sebagai berikut:

Wisata Religi Di Goa Maria Lourdes, Bandung

“Seperti bangunan di Trowulan, Tegal dan lainnya, Gereja Pohsarang selalu menggunakan material lokal. Maclaine Pont juga menggunakan tenaga lokal serta beberapa seniman berpengalaman saat membangun museum.

Destinasi Wisata Religi Gua Maria Di Pulau Jawa

Gereja yang penuh karakter ini merupakan karya desain yang sangat sukses dilihat dari berbagai aspek: mulai dari tapak, struktur massa, bahan bangunan, struktur dan tentunya fungsi dan keindahannya. “Semua aspek, termasuk budaya lokal dan filosofi agama, diintegrasikan ke dalam bentuk desain dengan sangat harmonis.”

Ada juga tempat nonton yang layak dijadikan pedoman bagi umat Kristiani, khususnya Katolik. Ada yang menarik dari kawasan Pohsarang yang menjadi daya tarik wisatawan religi. Serangkaian cerita tentang penyaliban, yaitu pembunuhan Yesus di bukit Golgota.

Sekelompok patung yang menggambarkan penyaliban Yesus, berbicara tanpa kata-kata. Anda bisa melihat corak pahatan di bukit Golhota Pohsarang.

1. Yesus dijatuhi hukuman mati 2. Yesus memikul salib 3. Yesus terjatuh pertama kali 4. Yesus bertemu dengan ibunya 5. Yesus ditolong oleh Simon dari Kirene 6. Wajah Yesus diusap oleh Veronica 7. Yesus jatuh hati kedua kalinya 8. Yesus menghibur wanita yang menangis itu 9. Yesus terjatuh untuk ketiga kalinya 10. Pakaian Yesus dirampas 11. Yesus disalib 13. Yesus diturunkan dari salib 14. Yesus dikuburkan bersama 15. Yesus dikuburkan bersama-sama 15. Yesus dikuburkan bersama-sama 15. kebangkitan.

Persiapan Natal Di Gua Maria Kediri

Menurut Aryaarayana, dari pada penasaran, ada baiknya ajak ayah, ibu, anak, kakak, adik, seluruh keluarga dan sahabat untuk mengunjungi objek wisata spiritual Goa Maria Pohsarang, Kediri, Jawa Timur. Home » Wisata Gua Maria, Wisata Religi » Enam Gua Maria di Pulau Jawa Dijadikan Wisata Religi

Setiap tahun, peziarah Katolik berziarah ke tempat suci Maria. Memang sarat dengan unsur religi, namun di sisi lain wisata ini seperti wisata spiritual.

Perjalanan favorit adalah mengunjungi Gua Maria di Pulau Jawa. Namun tempat ibadah tersebut tidak hanya menarik perhatian umat Katolik di seluruh pulau, tetapi juga wisatawan dari negara lain. Bahkan orang non-Katolik pun tertarik mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Wisata Religi Di Goa Maria Lourdes, Bandung

Beberapa memiliki sejarah khusus atau bangunan menarik, yang mencerminkan orientasi budaya lokal. Pada bulan Maria, yaitu Mei dan Oktober, Gua Maria akan dipenuhi peziarah. Berikut beberapa Gua Maria yang sangat digemari wisatawan religi.

Enam Gua Maria Di Pulau Jawa Dijadikan Wisata Religi

Gua Maria Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat. Sejuknya udara di puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat, dan harumnya lilin yang dibakar orang. Perjalanan menuju Gua Maria membutuhkan menaiki tangga batu. Panorama hutan yang indah juga menarik. Gua itu sendiri berumur 22 tahun.

Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta. Gua Maria Sendangsono terletak di Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ibadah ini didirikan pada tahun 1929. Masyarakat sering mengambil air dari mata air di kawasan ini. Mereka percaya bahwa air ini dapat menyembuhkan penyakit. Keunikan tempat ini adalah memiliki sentuhan arsitektur Jawa.

Gua Maria Ganjuran, Yogyakarta. Salah satu Gua Maria yang sering dikunjungi peziarah dan wisatawan. Keberagaman bangunannya mencerminkan pengaruh Belanda, Hindu, dan Jawa. Gua Maria berada di dalam gedung Gereja Hati Kudus Yesus. Gerejanya berbentuk candi, dan dipajang patung Yesus sebagai dewa Hindu. Gereja ini terletak di Bantul dan didirikan pada tahun 1930.

Gua Maria Kerep, Jawa Tengah. Tempat ibadah ini terletak di Desa Panjang, Ambarawa, Jawa Tengah dan dibuka pada tahun 1954. Biasanya setelah mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, wisatawan melanjutkan perjalanan menuju Gua Maria. Kawasan Gua Maria dilengkapi dengan area kemah, taman gantung, dan taman sembahyang.

Wisata Religi Gua Maria Tritis Yogyakarta, Tempat Berdoa Dan Merenungkan Ciptaan Tuhan

Gua Maria Pohsarang, Jawa Timur. Gua Maria ini terletak di kompleks Gereja Pohsarang dan dibuka pada tahun 1999. Tepatnya terletak di Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kediri, Jawa Timur. Gua Maria di kompleks ini merupakan replika Gua Maria Lourdes di Perancis. (Kompas.com) Sudah menjadi tradisi umat Katolik untuk melakukan ziarah keagamaan dan ziarah mengunjungi Gua Maria setiap tahunnya. Wisata religi ini bukan sekedar untuk berwisata, namun untuk memenuhi kebutuhan spiritual umat Katolik.

Di Pulau Jawa sendiri banyak terdapat Gua Maria yang sering dikunjungi. Tempat ibadah ini tidak hanya menarik dan diminati umat Katolik Indonesia, namun banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Beberapa Gua Maria dirancang dengan sangat baik dengan sentuhan arsitektur yang mengesankan. Desain merupakan cerminan budaya dan tradisi lokal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Gua Maria terkenal dan terkenal yang dijadikan tempat wisata religi.

Wisata Religi Di Goa Maria Lourdes, Bandung

Gua Maria di Lembah Karmel terletak di Lembah Karmel, Cikanyere, Cipanas, Puncak. Bagi umat Katolik, gua ini merupakan tempat wisata religi yang terkenal dengan penyembuhan massal pada hari Minggu kedua dan keempat setiap bulannya. Daerah sekitarnya dikelilingi oleh taman dan terdapat patung Yesus yang mengulurkan tangan untuk memberikan berkat.

Jalan Salib Images, Stock Photos, 3d Objects, & Vectors

Gua Maria terletak di puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat, dan sudah ada selama 22 tahun. Saat Anda mengunjunginya, Anda

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *