Yg Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda – “Bolehkah berhubungan intim saat hamil? Sejak aku hamil, aku merasa tidak nafsu makan, tapi aku kasihan pada suamiku yang mulai memberiku kode. Kalau kamu tidak terus memberiku, kamu akan melakukannya.” aku akan mencari ‘makanan ringan’ di luar lagi. Oh, amit-amit…”

Belum lama ini salah satu komunitas Mommies Daily ramai membahas masalah tersebut, mengapa hubungan seksual diperbolehkan di awal kehamilan? Selain itu, banyak informasi yang menyebutkan bahwa kehamilan dini memiliki banyak risiko. Kehamilan juga dianggap belum matang. Banyak pula ibu hamil muda yang khawatir jika bayinya akan terganggu dan merasa tidak nyaman jika melakukan hubungan intim.

Yg Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Yg Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

, ibu hamil dan suami tidak perlu khawatir hubungan intim dapat membahayakan janin. Bayi yang berkembang di dalam tubuh ibu sebenarnya terlindungi oleh cairan ketuban yang ada di dalam rahim, termasuk kuatnya otot-otot rahim itu sendiri.

Kehamilan, Tentang Hamil Yang Jarang Diketahui Sobat Sehat

Artinya, aktivitas seksual sebenarnya tidak akan berdampak pada bayi. Selama ibu hamil tidak mengalami komplikasi, hubungan intim di awal kehamilan bisa tetap dilakukan. Jika calon ibu sedang tidak mood dan kehilangan nafsu makan, bahkan menyebabkan perubahan tingkat kenyamanan dan hasrat seksual, hal ini juga wajar.

Jadi, jika Anda memang sedang mood atau kehilangan nafsu intimasi saat awal hamil, tak perlu merasa aneh atau merasa bersalah pada pasangan. Dalam hal ini, kuncinya adalah perlunya komunikasi.

Sekadar dikatakan, ada beberapa alasan mengapa beberapa wanita mungkin mengalami penurunan nafsu seks selama kehamilan. Bila perlu, diskusikan juga hal ini saat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Sebab, suami juga harus mengetahui bahwa ada beberapa situasi yang membuat ibu hamil tidak mood.

Ini adalah alasan yang paling penting. Kehamilan membawa perubahan besar pada hormon tubuh, termasuk peningkatan kadar hormon progesteron. Hal ini dapat mempengaruhi respons seksual dan libido.

Ketahui 3 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Kehamilan, terutama kehamilan pertama, dapat menimbulkan rasa cemas atau khawatir terhadap kesehatan ibu dan janinnya. Hal ini pula yang membuat banyak calon ibu baru merasa was-was untuk berhubungan seks, mengingat aktivitas tersebut dapat membahayakan kehamilan.

Mual dan muntah sering terjadi pada awal kehamilan. Nah, kondisi ini sering sekali dirasakan, terutama pada trimester pertama kehamilan. Istilahnya, mual di pagi hari. Kebanyakan hal ini bisa menyebabkan ibu hamil kurang tertarik pada seks. Susah berhubungan seks, hanya tidak nafsu makan dan minum.

Kelelahan berlebihan sebenarnya merupakan gejala umum yang terjadi pada trimester pertama. Rasa lelah ini bisa membuat seseorang merasa kurang berenergi atau ingin istirahat dibandingkan berhubungan seks.

Yg Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Kehamilan membawa perubahan fisik seperti peningkatan ukuran perut dan payudara. Beberapa orang mungkin juga merasa tidak nyaman dengan perubahan ini dan tidak ingin melakukan aktivitas seksual.

Makanan Pantangan Ibu Hamil Yang Perlu Dihindari

Nah, faktor ini juga berpengaruh besar. Beberapa calon ibu mungkin memiliki masalah psikologis yang mempengaruhi libido, seperti depresi atau kecemasan. Hal inilah yang membuat Anda semakin khawatir.

Jadi, jika kehamilan Anda sehat dan Anda bisa mengatasinya serta memulihkan jantung Anda, saat ingin berhubungan seks, lakukanlah. Lagipula, seks juga punya banyak manfaat untuk mempererat ikatan dengan pasangan.

Berbeda jika sudah ada risiko sejak awal kehamilan. Risiko ini juga sebenarnya beragam. Ada beberapa situasi di mana hubungan seks di awal kehamilan sebaiknya dihindari.

Terlebih lagi bila pendarahan vagina tidak diketahui penyebabnya. Dalam beberapa kasus, berhubungan seks saat awal kehamilan bisa menyebabkan pendarahan ringan. Hal ini bisa terjadi akibat adanya perubahan pada pembuluh darah di leher rahim (serviks) saat hamil. Perdarahan ini biasanya tidak berbahaya, namun bila perdarahan lebih dari bercak dan disertai nyeri perut hebat, segera hubungi dokter.

Penyebab Perut Mulas Dan Kram Saat Hamil Muda, Bumil Wajib Tahu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cairan ketuban merupakan cairan yang melindungi janin dalam kandungan. Oleh karena itu, kebocoran cairan ketuban di awal kehamilan merupakan masalah serius yang memerlukan perhatian medis segera. Ketika terjadi kebocoran atau kerusakan pada cairan ketuban, risiko infeksi dan komplikasi serius bagi ibu dan janin meningkat. Oleh karena itu, jika terjadi kebocoran cairan ketuban, disarankan untuk tidak melakukan hubungan intim dan segera berobat.

Riwayat kelahiran prematur (persalinan yang terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu) juga menjadi faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya kelahiran prematur pada kehamilan berikutnya. Oleh karena itu, pada beberapa kasus, dokter atau bidan mungkin menyarankan Anda untuk berhati-hati dan tidak melakukan hubungan seksual di awal kehamilan. Hal ini untuk mencegah rangsangan kontraksi saat orgasme. Termasuk mencegah potensi infeksi.

Prinsipnya, hubungan intim tidak menyebabkan keguguran. Namun pada beberapa wanita, perlu dilakukan tindakan preventif pada kehamilan berisiko agar tidak terjadi kontraksi rahim. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) mendefinisikan keguguran berulang sebagai pengalaman keguguran dua kali atau lebih. Memang 1% wanita bisa mengalami hal ini. Alasannya bisa bermacam-macam.

Yg Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Plasenta previa adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika plasenta (organ pemberi makan janin) menempel atau berada dekat dengan leher rahim, sehingga menutupi sebagian atau seluruh leher rahim. Bila seorang calon ibu mengalami kondisi ini tentu bisa menjadi hal yang sangat serius karena berpotensi membahayakan ibu dan janinnya, apalagi jika tidak ditangani dengan baik.

Kehamilan Berisiko Hindari Naik Motor, Ini Alasannya

Oleh karena itu, pada kasus plasenta previa, dokter atau bidan biasanya akan menyarankan untuk menghindari hubungan seksual saat hamil. Untuk mencegah pendarahan, termasuk infeksi.

Oleh karena itu, selama Anda dan pasangan merasa nyaman, sebagian besar posisi seksual dapat diterima selama kehamilan. Faktanya, menurut artikel di Mayo Clinic, seks oral juga aman dilakukan selama kehamilan. Namun perlu diingat, pasangan sebaiknya menghindari meniupkan udara ke wajah ibu hamil karena dapat menyebabkan emboli udara, yaitu gelembung udara menyumbat pembuluh darah. Hal ini juga bisa berbahaya bagi ibu dan janin.

Namun mengenai posisi seksual, termasuk melakukan oral seks, tentu kembali pada preferensi masing-masing. Selama kehamilannya aman, tidak berisiko, seiring dengan perkembangan kehamilan, tidak ada salahnya bereksperimen untuk menemukan mana yang terbaik. Biarkan kreativitas dan imajinasi mengambil alih. Kuncinya adalah kesenangan dan kenyamanan bersama suami atau istri.

Mommies Daily didedikasikan untuk seluruh ibu Indonesia di luar sana, yang seperti kami, berupaya menjadi ibu yang realistis dan praktis. Kami harap dapat menghibur Anda, Ada beberapa area yang dilarang melakukan pijatan selama kehamilan, karena dapat menyebabkan gangguan kehamilan atau gangguan pada janin. Yuk Bu, cari tahu area mana saja dan tips melakukan pijat kehamilan yang aman.

Bolehkah Ibu Hamil Keluar Rumah Saat Malam Hari?

Kehamilan bisa membuat sebagian besar ibu hamil merasakan segala macam keluhan pada tubuhnya, seperti mudah merasa lelah dan nyeri. Keluhan ini umumnya muncul akibat banyaknya perubahan yang terjadi pada tubuh ibu hamil, misalnya akibat perubahan hormonal atau perubahan bentuk tubuh akibat pembesaran rahim.

Jadi, pijat kehamilan kerap menjadi pilihan untuk mengurangi rasa lelah dan nyeri. Pada umumnya pijat kehamilan akan dilakukan oleh terapis pijat profesional dengan anjuran dokter karena tidak boleh dilakukan sembarangan.

Pijat kehamilan bisa dilakukan kapan saja. Namun, ibu biasanya tidak disarankan melakukan pijatan saat awal kehamilan atau trimester pertama. Pasalnya, pijatan yang terlalu kuat atau dilakukan secara tidak tepat diduga dapat meningkatkan risiko keguguran.

Yg Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Pijat kehamilan juga tidak dianjurkan jika ibu memiliki masalah selama kehamilan, seperti solusio plasenta, tekanan darah tinggi, preeklamsia, gangguan pembekuan darah, dan rahim lemah.

Vitamin Untuk Ibu Hamil Muda Agar Tidak Lemas, Wajib Tahu!

Selain pantangan di atas, ada juga beberapa area yang melarang pijat selama kehamilan. Beberapa bagian tubuh tersebut antara lain:

Perut merupakan area yang harus dihindari untuk dipijat selama kehamilan karena merupakan tempat berkembangnya janin. Pijat kehamilan yang dilakukan pada area perut, termasuk pinggang dan pinggul, dikhawatirkan dapat memberikan tekanan dan melukai janin. Oleh karena itu, pijat ibu hamil di area ini sebaiknya dihindari.

Selain perut, kaki juga termasuk area yang dilarang untuk dipijat saat hamil lho, Bun. Soalnya, kaki rentan mengalami penggumpalan darah saat hamil karena darah mengalir lebih lambat di area tersebut.

Namun pijat kehamilan di area kaki sebenarnya masih diperbolehkan, asalkan dilakukan secara perlahan. Oleh karena itu, terapis pijat dapat memijat area tersebut dengan lembut. Jangan lupa beritahu terapis jika pijatannya terlalu kuat ya, Bu.

Ciri Ciri Orang Hamil Muda Dan Cara Menghitung Usia Kehamilan

Meski dapat membantu produksi ASI lebih lancar, ibu hamil sebaiknya menghindari pijat dada jika mengalami pembengkakan dan nyeri pada dada. Masalahnya, pijatan kehamilan yang terlalu keras atau kasar justru bisa membuat dada semakin terasa nyeri dan bengkaknya mungkin tak kunjung mereda.

Dalam teknik pijat, terapis biasanya akan memberikan tekanan pada berbagai titik di tubuh, seperti pergelangan tangan dan jari tangan atau kaki. Jadi, dalam pijat kehamilan, bagian ini dilarang. Masalahnya, pijatan bisa memicu kontraksi yang bisa berujung pada kelahiran prematur bahkan keguguran.

Umumnya pijat ibu hamil berlangsung selama 1 jam. Beberapa tempat pijat ibu hamil menyediakan kursi atau tempat tidur khusus. Pasalnya, saat dipijat, ibu hamil sebaiknya berbaring miring agar lebih aman.

Yg Tidak Boleh Dilakukan Saat Hamil Muda

Nah, itulah beberapa area yang dilarang untuk dipijat saat hamil ya, Bu. Selain menghindari area tersebut, Anda juga harus ingat bahwa pijat kehamilan juga dapat membahayakan janin jika Anda mengalami kondisi tertentu. Oleh karena itu, selalu konsultasikan ke dokter terlebih dahulu jika Anda berencana melakukan pijatan.

Jenis Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil Muda

Panduan Tetap Sehat di Awal Kehamilan Saat Anda positif hamil, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama Anda, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa melewati kehamilan ini dengan baik.. Inilah sebabnya mengapa Anda sebaiknya mengonsumsi suplemen prenatal Pertumbuhan dan perkembangan janin sangat ditentukan oleh asupan ibu selama hamil. Maka dari itu, penting bagi para ibu untuk memenuhi segala asupan nutrisi penting selama hamil… Hal inilah yang menyebabkan menurunnya libido saat hamil Masalah ini terkadang cukup membuat para ibu khawatir saat hamil: menurunnya libido saat hamil. Meski di berbagai acara, film atau seni…

Panduan Anjuran & Larangan untuk Tetap Sehat Selama Kehamilan Dini Diulas oleh Dr. Linda Lestari, Sp.OG Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Vaksin & Pengobatan Ini

Hal yg tidak boleh dilakukan saat hamil, yang tidak boleh dilakukan ketika hamil muda, yg tidak boleh dilakukan saat hamil, apa saja yg tidak boleh dilakukan saat hamil muda, apa saja yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda, hal hal yg tidak boleh dilakukan saat hamil muda, yg tidak boleh dimakan saat hamil muda, apa yg tidak boleh dilakukan saat hamil muda, yang tidak boleh dilakukan saat hamil muda, kegiatan yg tidak boleh dilakukan saat hamil muda, apa yg tidak boleh dilakukan ibu hamil muda, yg tidak boleh dilakukan ibu hamil muda

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *