Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan Beserta Jawaban – Soal Hukum Newton tentang Gerak Lurus (GLB dan GLBB) sangat berbeda pada UTBK 2019. Sesuai dengan karakteristik model soal fisika HOTS, maka soal Hukum Newton dan Gerak Lurus memerlukan kemampuan analisis dan pemahaman konsep yang mendalam. Untuk dapat mengerjakan soal fisika UTBK 2019 topik Hukum Newton dan Gerak Longitudinal, siswa harus menguasai konsep Hukum Newton untuk benda diam dan Hukum Newton untuk benda bergerak menggunakan GLBB. Arah gaya dan vektor kecepatan juga harus dipahami dengan baik karena menentukan nilai resultan gaya dan kecepatan gerak.

Beberapa soal fisika UTBK 2019 memiliki kasus serupa, namun soal yang diajukan berbeda. Soal UTBK nomor 1 sampai 8 berikut ini berkaitan dengan konsep Hukum Newton untuk benda yang bergerak lurus. Dan soal nomor 9 sampai 13 berkaitan dengan konsep fisika gerak parabola, gerak vertikal, GLB (gerak persegi beraturan), dan GLBB (gerak persegi seragam). Pembahasan setiap soal dapat dilihat pada video dan file pembahasan soal fisika UTBK 2019 di bawah ini.

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan Beserta Jawaban

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan Beserta Jawaban

Di bawah ini adalah model Soal Hukum Newton dan Gerak Lurus (GLB – GLBB) pada Soal UTBK 2019 untuk Fisika TKA :

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan (glb) Dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (glbb) Beserta Penyelesaiannya

1. Sebuah balok bermassa 2 kg terletak pada bidang datar licin yang diberi gaya tetap F = 10 N dengan arah seperti pada gambar. Jika pada t = 0 s kecepatannya 2 m/s ke kiri, maka kecepatan balok pada t = (√3)/5 s dan pada t = (√3)/3 s adalah…

2. Sebuah balok bermassa 2 kg mula-mula bergerak ke kiri dengan kecepatan 2 m/s. Kemudian tata seperti pada gambar. Jika gaya gesek antara balok dan lantai diabaikan, maka jarak yang ditempuh balok dalam waktu t sekon adalah…

3. Sebuah balok bermassa 3 kg ditahan pada dinding dengan gaya P seperti terlihat pada gambar di atas. Gaya tersebut membentuk sudut θ dari horizontal. Koefisien gesekan statik antara balok dan dinding adalah 0,25. Gaya minimum P yang dapat menahan balok agar tidak jatuh adalah…

4. Sebuah balok bermassa 2 kg terletak pada bidang licin dikenai dua gaya konstan seperti terlihat pada gambar di atas dengan F = 10 N. Pada t = 0 s, kecepatannya 2 m/s ke kiri. Besarnya gaya normal yang bekerja pada balok (dalam satuan Newton) dan percepatan balok (dalam satuan m/s).

Contoh Soal Molalitas Dan Pembahasan

Sebuah balok bermassa 2 kg terletak pada bidang licin dikenai dua gaya konstan seperti pada gambar dengan F = 10 N. Jika pada waktu t = 0 s kecepatannya 2 m/s ke kiri, maka perpindahannya adalah blok dalam t detik yang pertama adalah… .

6. Sebuah balok bermassa 2 kg terletak pada bidang datar mengalami dua gaya konstan seperti terlihat pada gambar dengan F = 10 N. Jika pada waktu t = 0 s, kecepatannya adalah 2 m/s ke kiri. . Pernyataan yang benar tentang gaya gesekan kinetik yang bekerja pada balok jika koefisien gesekan kinetik antara balok dan lantai sama dengan 0,25 adalah…

C. Besar gaya adalah 3 N dan arah gaya mula-mula ke kanan, kemudian ke kiri setelah balok berhenti sejenak.

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan Beserta Jawaban

E. Besar gayanya adalah 5 N dengan arah gaya mula-mula ke kanan, kemudian ke kiri setelah balok berhenti sejenak.

Kumpulan Contoh Soal Gerak Lurus Pada Benda

Sebuah balok bermassa 2 kg terletak pada bidang datar mengalami dua gaya konstan seperti ditunjukkan pada gambar F = 10 N. Pada t = 0 s, kecepatannya adalah 2 m/s ke kiri. Jika koefisien gesekan kinetik antara balok dan lantai sama dengan 0,25, maka balok tersebut bergerak…

9. Sebuah bola berada di tepi sungai yang lebarnya 4 m seperti terlihat pada gambar di atas. Perbedaan ketinggian kedua tepian sungai adalah 15 cm. Kemudian bola membentur horizontal. Jika percepatan gravitasi g = 10 m/s

10. Mobil A dan B saling menjauh dengan kecepatan t = 0 s dari posisi yang sama, dengan kecepatan konstan 20 m/s dan 30 m/s. Pada waktu t = … s, keduanya berjarak 1200 m dan jarak yang ditempuh mobil A pada saat itu adalah … m

11. Dua benda bergerak, benda A ke kanan dengan kecepatan v dan benda B ke kiri dengan kecepatan 30 m/s. Jika benda mula-mula dipisahkan sejauh 1200 m, berapakah kecepatan A saat bertemu B jika pada saat itu B telah menempuh jarak 720 m?

Lkpd Gerak Lurus Online Worksheet

12. Sebuah benda dilempar sedemikian rupa sehingga jarak maksimum yang dilemparnya sama dengan tiga kali tinggi maksimumnya. Jika suatu benda dilempar dari posisi awalnya tepat di atas permukaan tanah dengan sudut elevasi α, maka nilai tan α adalah …

13. Seorang pengendara sepeda motor sedang melintasi jalan lurus dengan kecepatan 15 m/s dan hendak melintasi suatu persimpangan. Pengemudi melihat lampu lalu lintas berwarna kuning, namun tidak melambat. Akhirnya, ketika lampu berubah menjadi merah, dia melintasi perempatan tersebut. Sesaat setelah melewati pos polisi di tikungan simpang, polisi yang memarkir sepeda motornya di depan pos mulai melakukan pengejaran dengan percepatan 2 m/s. GLB adalah pergerakan suatu benda pada jalan lurus dengan kecepatan tetap . Di bawah ini adalah contoh soal GLB dan jawabannya.

Gerak lurus terbagi menjadi 2 yaitu Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Beraturan (GLBB). Di bawah ini adalah contoh soal GLB dan jawabannya. Gerak adalah proses memindahkan suatu benda dari satu tempat ke tempat lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berpindah diartikan sebagai perubahan tempat atau posisi, baik sekali maupun berulang-ulang. Sedangkan dalam hukum fisika seperti dikutip dari Berbagai Gerakan Benda (2019), gerak diartikan sebagai proses perpindahan dari posisi awal ke posisi akhir. Sederhananya, gerakan berarti mengubah posisi. Suatu benda dikatakan bergerak jika posisinya berubah. Penyebab terjadinya pergerakan ada bermacam-macam, bisa faktor alam seperti tanaman yang terkena angina, atau faktor manusia seperti gerakan yang disebabkan oleh mesin. Namun alas benda dapat bergerak karena adanya gaya. Seperti didorong, ditarik atau dipindahkan. Dalam gerak, benda biasanya mempunyai acuan tertentu. Referensi adalah titik awal atau kedudukan suatu benda. Jika suatu benda bergerak dari posisi acuannya, maka benda tersebut dikatakan bergerak. Pada gerak memanjang beraturan, benda menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang sama, seperti yang tertulis dalam buku Gerak Membujur Fisika Kelas X. Rumus GLB Apa itu Gerak Bujur Beraturan atau GLB dan apa rumusnya? Gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda sepanjang lintasan lurus pada setiap selang waktu yang sama, benda menempuh jarak yang sama (pergerakan suatu benda sepanjang lintasan lurus dengan kecepatan tetap).

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan Beserta Jawaban

Pada gerak lurus beraturan, benda menempuh jarak yang sama dalam selang waktu yang sama. Contohnya adalah pergerakan kereta api.

Contoh Gerak Melingkar Dalam Kehidupan Sehari Hari Beserta Pengertiannya

Untuk menempuh jarak 2 meter dibutuhkan waktu 1 sekon. Jadi dalam waktu 1 sekon kereta juga akan bergerak mantap menempuh jarak 2 meter.

1. Sepeda motor bapak menempuh jarak 4 km dalam waktu 10 menit, maka kecepatan sepeda motor tersebut adalah…

3. Jika seekor penyu membutuhkan waktu 20 jam untuk menempuh jarak 1 kilometer. Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkannya untuk menempuh jarak 3 kilometer?

Jawab : A (100 m) 5. Seseorang berjalan selama 10 sekon, posisinya berubah dari 30 m menjadi 50 m. Kecepatan rata-rata seseorang berjalan adalah… A. 2 m/s B. 5 m/s C. 10 m/s D. 20 m/s Jawab : A (2 m/s) Suatu benda dikatakan bergerak bergerak jika posisinya berubah dari titik acuan, sebagaimana tertuang dalam buku Pembahasan Selesai 1001 Fisika SMP Kelas VII, VIII dan IX karya Arif Alfatah dan Muji Lestari. Dalam ilmu fisika, gerak dibedakan menjadi tiga, yaitu gerak relatif, gerak semu, dan gerak persegi.

Contoh Soal & Jawaban Materi Fisika Gerak Lurus Beraturan Glb Glbb

Contoh gerak relatif adalah seorang siswa yang ditemani oleh kakak laki-lakinya mengendarai sepeda menuju sekolah. Siswa dikatakan berpindah apabila yang menjadi rujukannya adalah sekolah. Namun jika yang dimaksud adalah sepeda, maka siswa tersebut dikatakan diam.

Lalu gerak semu adalah gerak suatu benda yang diam, namun tampak bergerak. Misalnya saat kita mengendarai mobil, pepohonan yang kita lewati di jalan seakan-akan bergerak ke arah kita.

Gerak memanjang adalah gerak benda pada garis lurus. Gerak lurus ini terbagi menjadi dua yaitu gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus beraturan (GLBB).

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan Beserta Jawaban

1. Gerak membujur beraturan adalah gerak suatu benda yang bergerak lurus dan mempunyai kecepatan tetap, artinya kecepatannya tetap atau percepatannya nol.

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan

2. Suatu benda yang melakukan GLB jika diselidiki dengan timer ticker akan menunjukkan bahwa dalam selang waktu yang sama ia akan menempuh jarak yang sama.

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) adalah gerak suatu benda yang bergerak lurus dengan kecepatan yang berubah-ubah, tetapi percepatannya tetap. Ada dua jenis GLBB yaitu dipercepat dan diperlambat.

Untuk lebih memahaminya, lihat beberapa contoh soal berdasarkan buku Pembahasan Sakbenere 1001 Soal Fikasi SMP Kelas VII, VIII, dan IX serta Soal Latihan Fisaika SMA Kelas 1, 2, dan 3 karya Sahat Nainggolan.

2. Sebuah benda bergerak dari titik A ke D sepanjang lintasan berbentuk persegi panjang. Jika AB = CD = 150m dan AD = BC = 100m dan waktu yang dibutuhkan adalah 200s, maka kecepatan dan kelajuan benda tersebut adalah…

Contoh Soal Glb Dan Jawaban, Materi Gerak Lurus Beraturan Fisika

Contoh & pembahasan gerak lurus beraturan Foto: Screenshot Buku Latihan Fisika SMA Kelas 1, 2, dan 3 karya Sahat Nainggolan

3. Adi berlari dengan kecepatan tetap 2m/s. Dari tempat yang sama, lima menit kemudian, Kusno mengejar Adi dengan kecepatan konstan 6m/s. Berapa lama waktu yang dibutuhkan Kusno untuk bisa menyusul Adi?

Contoh & pembahasan gerak lurus beraturan Foto: Screenshot Buku Latihan Fisika SMA Kelas 1, 2, dan 3 karya Sahat Nainggolan

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan Beserta Jawaban

4. Grafik di bawah ini merupakan hubungan antara kecepatan (v) dengan waktu (t) mobil yang melakukan GLBB. Jarak yang ditempuh mobil tersebut adalah…

Ini 10 Contoh Soal Pts Ipa Smp Mts Kelas 8 Smt 1 K13 Disertai Kunci Jawaban Dan Pembahasan

Contoh

Soal gerak lurus berubah beraturan, pengertian gerak lurus beraturan, contoh soal dan pembahasan gerak lurus beraturan, contoh soal gerak lurus berubah beraturan, soal gerak lurus beraturan, soal dan jawaban gerak lurus beraturan, contoh soal gerak lurus beraturan dan penyelesaiannya, contoh gerak lurus berubah beraturan, contoh soal gerak lurus beraturan, contoh soal dan jawaban gerak lurus beraturan, contoh gambar gerak lurus beraturan, contoh soal fisika gerak lurus beraturan

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *