Munculnya Agama Budha Di India – Oleh Grup 2: Afrida Normalita (01) Diah Ayu Retnani (08) Dita Norma Uliya (10) Fernanda Arvin A A (12) Kaluh Anindita (13)

Agama Buddha berasal dari India. Atau lebih spesifiknya, di Nepal saat ini. sebagai reaksi terhadap Brahmanisme Sejarah agama Buddha dimulai dari abad ke 6 SM hingga saat ini, sejak lahirnya Buddha Siddhartha. Karena itu, ini adalah salah satu agama tertua yang masih dianut di dunia. Agama Buddha berkembang dengan unsur kebudayaan India. Ditambah unsur budaya Helenistik (Yunani), Asia Tengah, Asia Timur. dan Asia Tenggara dalam proses pembangunan Agama ini telah menyebar ke sebagian besar Asia. dan telah menjadi agama mayoritas di banyak negara di Asia seperti Thailand, Singapura, Kamboja, Myanmar, Taiwan, dll.

Munculnya Agama Budha Di India

Munculnya Agama Budha Di India

4 Penciptanya adalah Siddhartha Gautama, atau begitulah murid-muridnya memanggilnya. Buddha Gotama Agama Buddha masuk ke Tiongkok pada tahun 399 M dengan seorang biksu bernama Facian sebagai pelindungnya. Masyarakat Tiongkok dipengaruhi oleh Tibet dan beradaptasi dengan kebutuhan dan nilai-nilai lokal. Semua aliran agama Buddha mengambil Tripitaka sebagai acuan utama karena memuat sabda dan ajaran Buddha Gautama. Murid-muridnya mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya ke dalam 3 jilid: Sutta Pitaka. (khotbah Buddha), Vinaya Pitaka (aturan atau disiplin para biksu), dan Abhidhamma Pitaka. (hukum metafisik dan psikologis)

Masuknya Unsur Budaya India Ke Indonesia Dan Pengaruh Pada Budaya Indonesia

Dahulu india digunakan sebagai jalur pelayaran strategis antara India dan China. atau sebaliknya Banyaknya pedagang Tionghoa dan India yang melewati india membawa pengaruh budaya baik dari India maupun Tiongkok. Para pedagang ini tidak hanya berdagang di pulau-pulau saja. Namun juga berperan dalam proses penyebaran agama saat itu. khususnya agama Hindu dan Budha

6 Masuknya agama Buddha ke Indonesia terjadi sekitar awal abad pertama Masehi atau saat dimulainya perdagangan maritim. Namun ini hanya perkiraan kedatangan pedagang dari India atau China. Sementara itu Ada bukti yang menunjukkan bahwa ada masyarakat Indonesia yang menganut agama Buddha sekitar abad ke-4 Masehi.

Untuk membuat situs web ini tersedia Kami mencatat data pengguna dan membaginya dengan prosesor. Untuk menggunakan situs web ini Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami. Termasuk Kebijakan Cookie Agama Hindu berkembang seiring dengan kedatangan bangsa Arya. (kulit putih, tubuh tinggi, hidung mancung) ke Mohenjodaro dan Harappa (Peradaban Lembah Indus) di SM, dan mendorong bangsa Dravida (berhidung pesek, berkulit gelap) dan Mundas sebagai kelompok etnis asli yang tinggal di daerah tersebut Suku Dravida juga dikenal dengan nama Anazah yang artinya berhidung pesek dan Dasa yang artinya raksasa. Bangsa Arya sendiri merupakan ras Indo-Jerman, pada mulanya bangsa Arya mencari nafkah dengan beternak. Setelah itu, mereka menetap dan hidup dengan bertani. Bangsa Arya merasa ras mereka adalah yang tertinggi. Oleh karena itu, mereka tidak mau bergaul dengan bangsa Dravida. Bangsa Dravida kemudian pindah ke selatan menuju pegunungan Vindhya.

4 Agama Hindu merupakan perpaduan (campuran) budaya dan kepercayaan Arya dan Dravida. Bangsa Arya percaya pada pemujaan banyak dewa (Politheisme), sedangkan bangsa Dravida masih memuja roh nenek moyang mereka. Terdapat percampuran kebudayaan Arya dan Dravida yang disebut dengan kebudayaan Hindu (Hindu). Kata Hindu berasal dari nama daerah penyebaran agama Hindu yaitu Lembah Sungai Indus/

Ditemukan, Kuil Kuno Abad Ke 6 Sm Di Tempat Kelahiran Sang Buddha

Brahma sebagai dewa pencipta segala sesuatu Wisnu adalah dewa alam. Siwa adalah dewa kehancuran, ketiga dewa ini disebut Trimurti.

Kesembilan kitab suci agama Hindu disebut Weda (Weda) yang artinya. pengetahuan agama Pemujaan terhadap dewa dipimpin oleh biksu/brahmana. Om adalah simbol agama Hindu yang bila dilantunkan dengan cara yang sangat sakral sama dengan doa.

Kehidupan desa melibatkan beternak hewan dan bertani. Mengenal tenun Membuat peralatan keramik dan pekerjaan pertukangan Raja merupakan kepala pemerintahan tertinggi yang memerintah secara turun-temurun. Raja dibantu oleh dewan tertua dan para brahmana. Mari kita belajar tentang pembagian masyarakat menjadi kasta.

Munculnya Agama Budha Di India

Brahmana bertanggung jawab atas kehidupan beragama yang terdiri dari para biksu. Kasta ini menempati posisi paling penting dan berperan besar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Mereka adalah orang-orang yang memahami agama Hindu secara mendalam dan menjadi penasehat raja. Ksatria bertanggung jawab menjalankan pemerintahan dan membela negara.Bangsawan, raja, keluarga, dan pejabat pemerintah termasuk dalam kasta ini. Kasta ini memegang posisi penting dalam pemerintahan. Mereka punya banyak hak tapi tidak punya kewajiban membayar pajak. Memberikan persembahan, dll. Vaishya bertanggung jawab atas perdagangan, pertanian, dan peternakan. Yang termasuk dalam kasta ini adalah para saudagar besar (pedagang), pengusaha, kaum Sudra yang berperan sebagai petani/peternak. pekerja/pekerja/budak Mereka wiraswasta. Mereka mempunyai banyak komitmen, terutama pekerjaan, namun keberadaannya kurang mendapat perhatian. Di luar kasta tersebut juga terdapat kasta Pariya yang terdiri dari pengemis dan pengembara.

Apa Perbedaan Agama Buddha Di India Dan Agama Buddha Di Tiongkok?

12 Pembagian kasta merupakan upaya untuk menyucikan keturunan bangsa Arya. Sehingga ada pembagian kasta menurut ajaran agama. Stratifikasi ini disebut Caturwangsa/Caturwarna. Artinya empat keturunan/empat kasta. Pembagian kasta didasarkan pada garis keturunan. Larangan perkawinan antar kasta Dan jika itu terjadi Pernikahan dipisahkan berdasarkan kasta dan termasuk dalam kelompok pagan seperti Dravida. Pariya juga disebut Hariyan. dan merupakan mayoritas penduduk India.

13 Kemunduran agama Hindu pada abad ke-6 SM. Agama Hindu mengalami kemunduran. (Kerusakan bukan berarti hilang sama sekali) Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor antara lain:

Masyarakat umum belum mengetahui seluk beluk (detail) agama Hindu. Hanya para biksu yang mengetahuinya karena mereka fasih berbahasa Sansekerta. (Bahasa yang digunakan dalam kitab Weda) Hal ini menimbulkan sentimen anti agama karena seolah-olah agama Hindu hanya diperuntukkan bagi kaum Brahmana atau setidaknya kasta Kshatriya. Tapi ini bukan untuk orang biasa.

Sistem kasta dalam agama Hindu membagi manusia berdasarkan status dan martabat berdasarkan kelahiran. Kelompok Brahmana merupakan kasta tertinggi. sedangkan orang biasa khususnya para Sudra Berada pada kasta terbawah dan mempunyai tanggung jawab yang berat Sebab kedudukan mereka adalah yang tertinggi. Oleh karena itu, tidak jarang para pendeta bertindak sewenang-wenang.

Tolong Ya Pake Penjelasannya Penyebaran Awal Agama Buddha (1500 Sm 600 M ) Pengaruh Agama Hindu Buddha

16 Telah muncul sebuah kelompok yang mencoba menemukan jalannya sendiri untuk mencapai kehidupan kekal yang sejati. Kelompok ini disebut kelompok umat Buddha yang dikumpulkan oleh Siddhartha.

Agama Buddha berkembang di India, tepatnya di timur laut, muncul sekitar tahun 525 SM. Agama Buddha muncul dan diperkenalkan oleh Siddhartha. (Semua keinginan diterima)

Terdapat kelompok Brahmana yang mendominasi ajaran agama dan ritual dalam masyarakat India. Ada sistem kasta dalam agama Hindu.

Munculnya Agama Budha Di India

Bagi Siddhartha, hidup adalah “penderitaan” oleh karena itu manusia harus mampu melepaskan diri dari penderitaan (samsara) dan mencari cara atau sarana untuk melepaskan diri dari penderitaan agar dapat mencapai kesempurnaan. Maka ia meninggalkan istana dalam kemewahan yang luar biasa untuk bermeditasi tepatnya di bawah pohon Bodhi. Daerah Bodh Gaya. Dalam meditasinya, Siddhartha akhirnya mencapai pencerahan agung. Dan saat itulah agama Buddha lahir/diciptakan. Agama Buddha lahir sebagai upaya untuk mengkodifikasikan pikiran dan diri Siddhartha untuk menemukan jalan terbaik bagi manusia untuk melepaskan diri dari penderitaan dunia ini guna mencapai kesempurnaan (nirwana) dan semoga Mereka tidak terlahir ke dunia baru. Dunia juga menderita dengan cara yang sama.

Teori Masuknya Kebudayaan Hindu Buddha Di Indonesia, Peran Besar Perdagangan

Taman Lumbini di Kapilavastu, tempat kelahiran Siddhartha (563 SM), pada waktu yang bersamaan. Masa kecil Siddhartha dihabiskan di daerah Kapilavatthu. Bodh Gaya, tempat Siddhartha menerima pencerahan agungnya, Benares (Taman Rusa) adalah tempat Siddhartha pertama kali mengajarkan ajarannya. Kusinekara adalah tempat meninggalnya Siddhartha (482 SM).

23 Kelahiran Siddhartha, pencerahan agung, dan nirwana terjadi pada hari yang sama, bulan purnama di bulan Mei. Oleh karena itu, ketiga peristiwa tersebut dirayakan oleh umat Buddha sebagai Trivaisak.

24 Perkembangan agama Buddha mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Raja Asoka dari Dinasti Maurya. Dia mampu mengubah 4 orang India menjadi Buddha. dan dia menetapkan agama Buddha sebagai agama resmi negara.

26 Penyebaran agama Buddha menggunakan bahasa rakyat sehari-hari seperti Krishna, bukan bahasa Sansekerta, yang hanya mahir dan mampu dipahami oleh para Brahmana.

Arca Awalokiteswara Jejak Budha Di Aceh

27 Ajaran agama Buddha dapat diterima/dipraktikkan dan disebarkan kepada siapapun. Bukan hanya beberapa kelompok saja Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa ajaran Siddhartha tidaklah eksklusif.

28 Dalam agama Buddha tidak ada sistem kasta. Karena sistem ini terlihat mendiskriminasi orang berdasarkan harkat dan martabatnya. Oleh karena itu, dalam agama Buddha, pria atau wanita, baik miskin maupun kaya, Setiap orang mempunyai hak yang sama dalam hidup ini.

29 100 tahun setelah kematian Buddha, terdapat banyak penafsiran terhadap doktrin Buddha. Perbedaan dalam agama Buddha muncul karena setiap orang mempunyai pendapat/mazhab masing-masing.

Munculnya Agama Budha Di India

Hinyan artinya kendaraan kecil. menurut sekolah ini Setiap orang harus menggunakan usahanya sendiri untuk mencapai nirwana. Mencapai nirwana bergantung pada upaya nyata dalam meditasi. Semakin tertutup Hinayana, semakin ia hanya mencari pembebasan untuk dirinya sendiri. Mereka yang memenuhi syarat untuk menjadi biksu termasuk biksu dan biksuni yang tinggal di kuil. Ajarannya lebih dekat dengan Buddha aslinya. Pengikutnya kebanyakan berada di Sri Lanka, Myanmar (Burma) dan Thailand.

Teori Masuknya Agama Hindu Budha Ke Indonesia: Brahmana Ksatria

Mahayana artinya kendaraan besar, Mahayana bersifat terbuka. Penganutnya mengajarkan pembebasan bagi dirinya sendiri dan mempunyai misi pembebasan bagi orang lain. Setiap orang berhak menjadi biksu asalkan mampu mengikuti ajaran dan perintah Sang Buddha. Oleh karena itu aliran Mahayana mengajarkan bahwa untuk mencapai nirwana setiap orang harus mengembangkan kebijaksanaan dan kasih sayang. Semua manusia berusaha untuk hidup berdampingan/membantu semua orang dalam mencapai nirwana. Ajarannya berbeda dengan ajaran Buddha tradisional. Pengikutnya sebagian besar berada di Indonesia, Jepang, China, dan Tibet.

Hidup adalah samsara Samsara muncul dari nafsu yang mendominasi manusia. Samsara dapat dihilangkan dengan melenyapkan nafsu keinginan. Untuk menghilangkan nafsu, harus digunakan 8 kebenaran.

Setelah kematian Ashoka (232 SM), tidak ada raja yang ingin melindungi dan mengembangkan agama Buddha di India. Agama Hindu berusaha memperbaiki kelemahannya guna meningkatkan jumlah pengikutnya.

35 Maharaja Kunduka, sangat mulia Dia memiliki seorang putra terkenal bernama Asavavaman yang menyukai Ansuman. (Dewa Matahari) karena itu memiliki keluarga yang sangat mulia. Asavavarman mempunyai tiga orang putra. Ibarat tiga api suci, yang paling menonjol di antara ketiga putranya adalah Mulavarman.Seorang raja yang berkelakuan baik, kuat, dan sakti, Mulavarman memegang kenduri (disebut keselamatan) emas dalam jumlah besar. Untuk memperingati hari raya (keselamatan), tugu batu ini didirikan oleh para Brahmana.

Jual Sejarah Nusantara Zaman Hindu Budha, Sejarah Kerajaan Kerajaan Di Indonesia Lengkap

36 Mulavarman, raja yang dulu

Sejarah hindu budha di india, penyebaran agama budha di indonesia, agama di india, sejarah munculnya agama di dunia, agama budha beribadah di, agama terbesar di india, peninggalan agama budha di indonesia, agama budha di indonesia, sejarah munculnya agama budha, agama budha di india, proses lahirnya agama budha di india, tempat suci agama budha di india

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *